Distribution value chain alfa

1,494 views
1,412 views

Published on

:)

Published in: Business
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,494
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Distribution value chain alfa

  1. 1. CURRICULUM VITAEDhany FirdausJl. Duta 4 no.11 Pondok Duta 1 Cimanggis Depok(HP) 081315744340Email: dhany.firdaus@rocketmail.comPERSONAL DETAILSFull Name : Dhany FirdausPlace, Date of Birth : Bogor, March 8, 1991Nationality : IndonesiaHeight, Weight : 170 cm, 72kgAddress : Jl. Duta 4 no.11 Pondok Duta 1 DepokPhone : 0856 911 50 243 / 081 315 744 340Email : dhany.firdaus@rocketmail.comSex : MaleReligion : Moslem
  2. 2. EDUCATIONAL BACKGROUND2009 – Now STMT TRISAKTI JAKARTA2007 – 2009 BINTARA Senior High School, DepokEXPERIENCE ORGANIZATION2012 – Now - Vice President in Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STMT TRISAKTI2011 – 2012 - BPH Coordinator Logistics Student Association (Education Division) STMT TRISAKTI2011 - Project Officer Pemira Pemijur - Coordinator Leadership Training 1 Events on Logistics Student Association - Coordinator Steering Committee Logistics Student Association (Scientific Visits) - Coordinator Leadership Training 1 Events UKM TaekwondoCOURSE & EDUCATION2009Leadership Training 1 UKM Taekwondo STMT TRISAKTI2010Leadership Training 1 Logistics Student Association STMT TRISAKTI2011- Leadership Training 2 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STMT TRISAKTI.- National seminar on Association Logistics Indonesia (ALI) “The Role of the National Logistics System MasterPlan In Support of Economic Development Acceleration and Expansion of Indonesia 2011-2025 Free EconomicEra”.- Seminar “Improved Functions And Role of Logistics Competence Through Human Resources And ConcernOver Interest Environmental, Health, and Safety.“- General Discussion "Dangerous goods" Air Student Association- Seminar on "Role of ASDP In Transportation Systems in Indonesia".
  3. 3. value chain merupakan sebuah aktivitas-aktivitas nilai daribahan baku sampai menjadi produk yang diterima oleh konsumen.(Shank dan Covindarajan (1993:13) ). Value Chain adalah model yang digunakan untuk membantumenganalisa aktifitas-aktifitas spesifik bisnis yang terjadi, yang dapatmenciptakan nilai dan keuntungan kompetitif bagi organisasi. Analisayang dilakukan berdasarkan efisiensi dan efektifitas. Tiap langkah yangdiambil pada suatu segmen, akan berdampak pada keseluruhan proses.Jadi dapat dikatakan bahwa semua segmen saling bergantungan.(Porter’s Value Chain)
  4. 4. Aktivitas Utama1. Inbound logistics – Aktivitas yang berhubungan dengan menerima, menyimpan dan penyebaranmasukan untuk produk-produk dan jasa2. Operations - Aktivitas yang berhubungan dengan mentranformasikan masukan ke dalam produk danjasa akhir3. Outbound logistics – aktivitas yang berhubungan dengan pengumpulan, penyimpanan danmendistribusikan secara fisik produk-produk dan jasa4. Marketing and sales – Aktivitas dimana pembeli dapat membeli produk dan membujuk mereka untukmembeli5. Service – aktivitas yang menyediakan pelayanan untuk meningkatkan atau memelihara nilai dariproduk-produk dan jasa. Aktivitas Pendukung1. Procurement – berkaitan dengan proses akuisisi input/sumber daya2. Technology Development - pengembangan peralatan, software, hardware, prosedur, didalamtransformasi produk dari input menjadi output3. Human Resource Management – Pengaturan SDM mulai dari perekrutan, kompensasi, sampaipemberhentian4. Firm Infrastructure – terdiri dari departemen-departemen/fungsi-fungsi(akuntansi, keuangan, perencanaan, GM, dsb) yang melayani kebutuhan organisasi dan mengikatbagian-bagiannya menjadi sebuah kesatuan.
  5. 5. ALFAMARTAlfamart termasuk jaringan bisnis waralaba retail terkemuka yang berorientasipadapemberdayaan pengusaha kecil. Franchise Alfamart merupakanperusahaan nasional yangbergerak dalam bidang perdagangan umum dan jasaeceran yang menyediakan kebutuhansehari-hari.Profil PerusahaanNama Perusahaan : PT. Sumber Alfaria Trijaya atau AlfamartJenis Industri : Retail dan servisWaktu didirikan : 27 Juni 1999Jumlah Outlet : 2266 toko ( Desember 2007)Prestasi1.Perolehan penghargaan Franchise Gold 20062.Perolehan sertifikat ISO 9001:2000 dan rekor MURI tanggal 22 Januari 20073.Brand Retailer peringkat pertama di Indonesia tahun 2007 (menurut surveyolehNielsen)Motto“Belanja Pas Harga Pas”
  6. 6. VISI "Menjadi jaringan distribusi retail terkemuka yang dimiliki oleh masyarakatluas, berorientasikepada pemberdayaan pengusaha kecil, pemenuhankebutuhan dan harapan konsumen, sertamampu bersaing secara global"MISI1. Memberikan kepuasan kepada pelanggan / konsumen dengan berfokus padaproduk danpelayanan yang berkualitas unggul.2. Selalu menjadi yang terbaik dalam segala hal yang dilakukan dan selalumenegakkantingkah laku / etika bisnis yang tertinggi.3. Ikut berpartisipasi dalam membangun negara dengan menumbuh-kembangkan jiwawiraswasta dan kemitraan usaha.4. Membangun organisasi global yang terpercaya, tersehat dan terus bertumbuhdanbermanfaat bagi pelanggan , pemasok, karyawan, pemegang saham danmasyarakat padaumumnya
  7. 7. • Terus memperluas jaringan dan meningkatkan jumlah geraiminimarket di Indonesia.•Memperluas jaringan distribusi gerai dengan format yang beragam.•Pengembangan Distribution Center.•Memberikan kepuasan kepada pelanggan/konsumen dengan berfokus pada produk dan pelayananprima.•Mengedepankan aspek pemilihan lokasi-lokasi gerai strategis.•Pemanfaatan jaringan gerai perseroan.•Hubungan yang baik dengan mitra bisnis perseroan.•Peningkatan pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial (CorporateSocial Responsibility).•Perencanaan keuangan yang matang.
  8. 8. Integritas yang tinggi.Inovasi untuk kemajuan yang lebih baik.Kualitas & Produktivitas yang tertinggi.Kerjasama Team.Kepuasan pelanggan melalui standar pelayanan yang terbaik.
  9. 9. 1. PEMASOKMelakukan pembelian barang-barangnya dari sekitar 400 pemasok aktif,yang keseluruhannyamerupakan pemasok lokal. Dalam menjaga hubungan antara SAT denganpemasok,Merchandising merupakan bagian yang sangat penting dalam kegiatan operasikarena berhubungan langsung dengan pemasok.2. DISTRIBUTOR CENTERBarang-barang yang telah dibeli dari pemasok, sebagian besar dipusatkan di DC sebelum disalurkanke masing-masing gerai, namun untuk beberapa jenis barang seperti es krim, roti, buah dan telurdisalurkan kemasing-masing gerai. Proses penyaluran produk yang efisien merupakankunci utamakesuksesan DC. Pembagian ruang DC dibagi dengan ruang penyimpanan utama (warehouse) danruang khusus untuk penyimpanan barang-barang dengan sifat khusus seperti coklat, obat-obatan, kosmetik, baterai, rokok dan majalah (Over The Counter /OTC).3. GERAI MINIMARKETPemilihan gerai minimarket merupakan salah satu keputusan pentingdalam usaha pengembangan SAT.Sebelum memutuskan untuk membukagerai di suatu lokasi, SAT melakukan survey dan evaluasiterlebih dahuludengan cermat dan teliti. Survey dilakukan oleh tim khusus SAT yangmemantau danmelakukan studi kelayakan serta mengumpulkan danmemperoleh gambaran mengenai situasidemografi seperti jumlah kepadatan penduduk, kepadatan lalu lintas, fasilitas-fasilitas yang ada disekitar lokasiseperti bank dan ATM, serta informasi mengenai gerai-gerai sejenis yangtelah ada danyang akan dibuka untuk mendapatkan gambaran mengenaitingkat dan potensi persaingan sertaprospek dari lokasi tersebut.
  10. 10. 1. PERSEDIAANSetiap tipe gerai memiliki tingkat persediaan barang minimum yangharus dipantau secararutin.2. KARYAWANSetiap gerai rata-rata memiliki 8-10 karyawan berdasarkan luas geraiyang terdiri darikepala toko, asisten toko, merchandiser , pramuniaga dan kasir. Para karyawanbertanggung jawab untuk memantau penjualandan persediaan barang dagangan. Selainitu para karyawan harusmempunyai pengetahuan serta informasi yang lengkap mengenaiproduk yang dijual, termasuk lokasi atau tata letak dari masing-masing produk maupunpengawasan terhadap mutu produk serta barang dagangan yang tersedia (producthandling ) dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan(customerhandling ).3. JAM KERJAKebijakan SAT tentang jam kerja disesuaikan dengan jam buka gerai.Gerai beroperasitujuh hari dalam seminggu dimulai pukul 08.00 sampai pukul 22.00 yang terbagi dalamdua shift kecuali gerai-gerai yang terletak pada lokasi yang sibuk dan padat dapatberoprasi 24 jam yangterbagi dalam tiga shift . Pada hari libur nasional dan hari-haritertentu dilokasi-lokasi tertentu, jam buka gerai dapat diperpanjang ataudisesuaikandengan kebutuhan pelanggan.
  11. 11. 4. PENAMPILAN GERAI SAT berkeyakinan bahwa penampilan dapat mempengaruhi daya tarik konsumen untukberbelanja dan dapat memberikan persepsi yang baik tentang kualitas produk danpelayanan. Maka dalam hal tersebut, SATmenerapkan penataan barang yang menarik,pencahayaan yang cukup, penyusunan barang sesuai dengan kategorinya, menjagatersedianyakeragaman barang serta menjaga kebersihan dan kerapihan.Selain sebagaiarea penjualan, SAT juga menyewakan beberapa areastrategis di dalam lingkungan geraisebagai media promosi produknya,seperti front dan end gondola dan floor display kepadapihak ketiga, baik produsen maupun pemasok.5. STORE MANAGEMENTUntuk mengelola gerai dalam jumlah yang besar, SAT menerapkanstandar pengelolaangerai dengan penekanan pada aspek pengendalianhal-hal berikut:•Pengendalian persediaan barang•Pengendalian penjualan•Pengendalian laba kotor•Pengendalian biaya•Pengendalian administrasi•Pengendalian lingkungan•Pengendalian pendapatan gerai
  12. 12. SISTEM GERAI WARALABA PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk memberikan peluang bagimasyarakat luasuntuk memiliki gerai minimarket Alfamart dengan carakemitraan. Pengertian dariwaralaba minimarket Alfamart adalah tokoatau minimarket yang dimiliki dandikelola oleh terwaralaba (Franchisee)yang diatur dengan perjanjian waralaba(Franchise) dengan PT SumberAlfaria Trijaya Tbk. Toko ini memakai merek dagang dan sistemAlfamart. Hubungan kerjasama antara penerima waralabadengan SATsebagai pemberi waralaba (franchisor ) dituangkan dalamsuatu perjanjian waralaba yang berjangka waktu 5 tahun.
  13. 13. Perekrutan Pelatihan Penempatan Good karyawan Karyawan Divisi Kerja employee oleh manajemen HRD Teknologi Informasi Pendukung Evaluating PelayananKOMUNITAS Prima
  14. 14. Analisis value chaindapat diklasifikasikan menjadi 2 yaitu analisiscompany’s external value chain dan company’s internal value chainA.Company’s external value chain Yaitu analisis yang berhubungan dengan pihak luar perusahaan ; meliputi hubungannyadengan pemasok (supplier linkages) dan dengan konsumen (customer linkages).1. Hubungan dengan pemasok memberikan manfaat dalam hal peningkatan kualitasbahan baku, waktupengantaran lebih tepat dan hemat biaya.2. Hubungan baik dengan konsumen memberikan manfaat dalam hal loyalitaskonsumen terhadapproduk perusahaan.Life-cycle costing memandang bahwadalam konsep value chain peranan konsumen penting dalampeningkatan laba.B.Company’s internal value chain Terdiri atas seluruh aktivitas dalam perusahaan, baik yang bersifat fisik maupun teknologi,yang dapat menambah nilai produk. Kemudian aktivitas-aktivitas tersebut dikelola secara lebih baikdaripada perusahaan-perusahaanlain untuk menciptakan keunggulan komperatif.
  15. 15. ALFAMART INTERNAL VALUE CHAIN :1. Perluasan Jaringan dengan Sistem Waralaba.2. Menggunakan Manajemen Training untuk para karyawannya.3. Penerapan sistem marketing dengan word of mouth yang akan meningkatkan brandequity, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pemasaran dapat dikurangi.4. Menggunakan sistem teknologi informasi yang dikembangkan secara cepat dan tepatdengan memiliki 5 distribution center ,yaitu di serpong, bandung, cileungsi, bekasi dancirebon.5. Melakukan promosi secara gencar disertai dengan diskon pada tiap produknya secararutin.6. Ragam produk disukai oleh semua segmen dan berkualitas tinggi dengan hargayangterjangkau dan lebih murah daripada para kompetitornya.7. Pengaturan tata ruang dan peletakan barang-barang di toko yang rapi dan mudahditemukan oleh pelanggan.8. Pembuatan Kartu AKU yang diberikan kepada pelanggan yang telahmemenuhipersyaratan. Dengan adanya Kartu AKU, pelanggan akan semakin senangberbelanja diAlfamart karena ada tiga bonus jika memiliki kartu AKU, yaitu potonganharga, bisamembeli produk eksklusif dengan harga spesial dan bisa mendapat hadiahsecara undianataupun langsung.
  16. 16. ALFAMART EXTERNAL VALUE CHAIN ANALYSIS:1. Alfamart memiliki kurang lebih 38 supplier dan terbina hubungan baikdengan para pemasoknya sehingga dapat menghemat biaya dankualitas produk bisa di tingkatkan.2. Loyalitas konsumen terhadap alfamart dengan memperhatikan darisegi functional benefit dan juga emotional benefit yang mengacu padakepuasan para konsumen.3. Penyediaan kredit lunak terhadap mitra usaha dengan menggandeng3 bank terkemuka , yaitu bank mandiri, BCA , dan BRI.
  17. 17. - Memiliki sarana dan prasarana pendukung yang baik di setiap gerainya.- Mempunyai program CSR / kegiatan sosial yang aktif.- Membentuk komunitas melalui member card dengan memberikankeuntungan-keuntungan bagi yang memilikinya sehingga menjadi daya tarikkonsumen.- Menawarkan berbagai macam produk dengan kualitas yang baik, ketersediaan barang yang cepat dan tepat dan juga harga yang bersaing.- Tata letak penempatan barang di setiap gerai nya di buat dengan simpel danpraktis agar para konsumen dapat dengan mudah menjangkau nya.

×