ORGANISME PENDIDIKAN ISLAM DAN BUDAYA ORGANISASI
PENDIDIKAN ISLAM

Ariyo Wirawan

Liana Sari Putri
SELAMAT
DATANG
Organisme Pendidikan Islam
Pengertian Organisme Pendidikan
• Organisme ialah alat yang saling mengikat unsur-unsur
dari yang terkecil dalam konteks p...
Kebijakan pengembangan madrasah berusaha
mengakomodasikan tiga kepentingan utama, yaitu :
• Sebagai wahana untuk membina r...
Budaya Organisasi Pendidikan
Islam
• Budaya menurut Edward B. Tylor mengatakan adalah suatu
keseluruhan yang kompleks dari...
Lanjutan
• budaya organisasi menurut Luthans (1998), budaya organisasi
merupakan norma-norma dan nilai-nilai organisasi ak...
Karakterisitk Budaya Organisasi Pendidikan Islam

Planning

Konsep yang baik

Actuating

Controlling
Faktor-Faktor Yang Membentuk Budaya
Organisasi Pendidikan Islam

FA K T O R - FA K T O R P E M B E N T U K N YA A N TA R A...
Pengaruh Kultur (Budaya) Organisasi Terhadap
Manajemen Lembaga Pendidikan Islam
Antara
pendidikan
dan
kebudayaan terdapat ...
Lanjutan
• Di dalam lembaga pendidikan islam sistem budaya sangat
berpengaruh,karna adanya interaksi sosial antara individ...
Nilai-Nilai Budaya Organisasi Pendidikan Islam
Nilai-nilai (values) Islam yang perlu dikembangkan menjadi
budaya organisas...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Manajemen pendidikan islam

916 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
916
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
29
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Manajemen pendidikan islam

  1. 1. ORGANISME PENDIDIKAN ISLAM DAN BUDAYA ORGANISASI PENDIDIKAN ISLAM Ariyo Wirawan Liana Sari Putri
  2. 2. SELAMAT DATANG
  3. 3. Organisme Pendidikan Islam
  4. 4. Pengertian Organisme Pendidikan • Organisme ialah alat yang saling mengikat unsur-unsur dari yang terkecil dalam konteks pendidikan sampai yang terbesar demi mencapai suatu tujuan guna menghilangkan hambatan dan kesenjangan-kesenjangan. • Pendidikan islam adalah kesatuan atau sebuah sistem (yang terdiri atas komponen-komponen yang rumit) yang berusaha mengembangkan pandangan atau semangat hidup Islam, yang dimanifestasikan dalam sikap hidup dan ketrampilan hidup yang Islami.
  5. 5. Kebijakan pengembangan madrasah berusaha mengakomodasikan tiga kepentingan utama, yaitu : • Sebagai wahana untuk membina ruh atau praktek hidup keislaman: • Memperjelas dan memperkokoh keberadaan madrasah sederajat dengan sistem sekolah, sebagai wahana pembinaan warga negara yang cerdas, berpengaruh, berpengetahuan, berkepribadian, serta produktif dan. • Mampu merespon tuntutan-tuntutan masa depan, dalam arti sanggup melahirkan manusia yang memiliki kesiapan memasuki era globalisasi, industrialisasi maupun era informasi.
  6. 6. Budaya Organisasi Pendidikan Islam • Budaya menurut Edward B. Tylor mengatakan adalah suatu keseluruhan yang kompleks dari pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat, serta kemampuan-kemampuan dan kebiasaan lainnya yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat. • Dalam kebudayaan yang disebutkan termasuk kepada organisasi dalam pendidikan atau suatu sekolah, asal proposinya disesuaikan dengan waktu dan tempat. • Sedangkan organisasi berasal dari bahasa Inggris “Organization”, yang berarti hal yang mengatur atau menyusun bagian-bagian yang berhubungan satu sama lain, yang tiap-tiap bagian mempunyai fungsi tersendiri sesuai kapasitasnya.
  7. 7. Lanjutan • budaya organisasi menurut Luthans (1998), budaya organisasi merupakan norma-norma dan nilai-nilai organisasi akan berprilaku sesuai dengan budaya yang berlaku agar diterima oleh lingkungannya . • Budaya organisasi dapat dipandang sebagai sebuah sistem. Dimana sebuah system adalah “A system is collections of interacting and interdependent parts forming a unifified whole...” (Cleland dan King).
  8. 8. Karakterisitk Budaya Organisasi Pendidikan Islam Planning Konsep yang baik Actuating Controlling
  9. 9. Faktor-Faktor Yang Membentuk Budaya Organisasi Pendidikan Islam FA K T O R - FA K T O R P E M B E N T U K N YA A N TA R A L A I N : P E N D I R I A N , P E R I L A K U , S I K A P. ISLAMI DALAM DIPERLUKAN T E RT I N G G I , : M O T I VA S I , B U D AYA ORGANISASI, ORGANISASI KOMITMEN KOMUNIKASI, DAN SECARA PIMPINAN LINGKUNGAN K E R J A , D I S I P L I N , P E R U B A H A N D A N PA R T I S I PA S I . SEHINGGA ORGANISASI DIATAS PADA DASARNYA APABILA DILIHAT DARI BENTUKNYA, ORGANISASI MERUPAKAN SEBUAH MASUKAN (INPUT) DAN KELUARAN (OUTPUT)
  10. 10. Pengaruh Kultur (Budaya) Organisasi Terhadap Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Antara pendidikan dan kebudayaan terdapat hubungan yang sangat erat dalam arti keduanya berkenaan dengan suatu hal sama yaitu nilai-nilai. Pendidikan selalu berkaitan dengan manusia, sedang setiap manusia selalu menjadi anggota masyarakat dan pendukung kebudayaan tertentu. Dalam lembaga pendidikan islam sebagai budaya haruslah dapat membuat anakanak mengembangkan kata hati dan perasaan taat terhadap ajaran-ajaran agama yang dipeluknya. Bukan hanya pemahaman dan perasaan yang harus dikembangkan melainkan juga tindakan atau prilaku sehari-hari yang cocok dengan ajaran agama perlu dibina sehingga anak-anak melakukanya inilah operasional keimanan dan ketakwaan terhadap agama dalam lembaga pendidikan islam.10
  11. 11. Lanjutan • Di dalam lembaga pendidikan islam sistem budaya sangat berpengaruh,karna adanya interaksi sosial antara individu dengan individu,individu anta kelompok, pendidikan adalah suatu proses membuat orang kemasukan budaya, membuat orang berprilaku mengikuti budaya yang memasuki dirinya. • Didalam lembaga pendidikan islam, kebudayaan (kultur) itu disatu pihak dipengaruhi oleh anggota masyarakat, tetapi dilain pihak anggota masyarakat itu dipengaruhi oleh kebudayaan.
  12. 12. Nilai-Nilai Budaya Organisasi Pendidikan Islam Nilai-nilai (values) Islam yang perlu dikembangkan menjadi budaya organisasi pendidikan Islam, di antaranya adalah: Ibadah Prestasi Profesional Kualitas Perbaikan

×