Power point pengantar ekonomi 2

8,172 views
8,071 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
8,172
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
137
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide
  • NamaAnggota : Mimi Sumiati
  • DEFENISI
  • Power point pengantar ekonomi 2

    1. 1. PENGANTAR EKONOMINama Anggota:Mimi Sumiati Lidya Febrianti Sapriwan LubisKelompok : IVClass : IV-A1-MI Arus Lingkar Pendapatan dalam Perekonomian
    2. 2. Arus Lingkar Kegiatan Ekonomi (Circular Flow):Arus lingkar (circular flow) kegiatan ekonomi disederhanakandengan aliran pendapatan yang menggambarkan sirkulasipendapatan dan belanja yang berlaku dalam suatuperekonomian. Sirkulasi pendapatan dan pengeluaran tersebutdibedakan dalam beberapa bentuk perekonomian, yaitu; duasektor, tiga sektor, dan empat sektor atau perekonomianterbuka. Sirkulasi aliran pendapatan untuk perekonomianterbuka memberi gambaran yang paling mendekati kenyataanyang sebenarnya berlaku dalam setiap perekonomian.
    3. 3. Gambar 3.1 adalah contoh kegiatan ekonomi dalamperekonomian subsisten, dimana pelaku ekonomidiasumsikan hanya tediri dari rumah tanggga danperusahaan. Rumah tangga memiliki faktor produksi yaitutenaga kerja (labor), lahan/aset (land), modal (kapital),dan kewirausahaan (entrepreneurship). Faktor produksidijual di pasar faktor (lihat aliran 1), dan dibeliperusahaan, sehingga rumah tangga memperolehupah/gaji (wage/salary), sewa (rent), bunga/bagi hasil(interest/profit sharing), dan laba (profit). Faktor-faktprodukasi selanjutnya terlibat dalam proses produksi yangmenggunakan bahan baku dan bahan penolongmenghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan olehrumah tangga. Barang dan jasa di jual perusahaan dipasar barang dan jasa, sehingga terjadi aliran barang danjasa (lihat aliran 2), dan rumh tangga membayar uangsebagai pengeluaranya. Dalam sistem ekonomi subsisten,seluruh produksi hanya untuk memenuhi kebutuhanpelaku ekonomi dalam sistem itu sendiri, belum adaorientasi di jual/diekspor ke luar sistem masyarakat yangada.
    4. 4. Perekonomian Dua Sektor Modern
    5. 5. deposito di bank. Bank yang kelebihan dana, kemudianmenyalurkan dana masyarakat ke perusahaan atauperorangan yang membutuhkan dana untuk investasi.Dengan investasi yang dilakukan tadi maka kegiatanekonomi akan terus berkembang. Disinilah gambaran nyatakegiatan ekonomi masyarakat saat ini yang dinamakanperekonomian modern. Perekonomian dua sektor modern,elemen sistemnya mirip subsisten, tetapi mereka sudahmemanfaatkan lembaga keuangan, yaitu perbankan dalamtransaksi ekonomi yang mereka lakukan (lihat Gambar 3.2).Hadirnya perbankan mempermudah transaksi ekonomi yangdilakukan, dimana kelebihan sumber dana masyarakat dapatdisimpan berupa tagungan atau
    6. 6. Perekonomian Tiga sektor Modern
    7. 7. Perekonomian tiga sektor modern, telah melibatkan sektorpemerintah. Hadirnya pemerintah dalam kegiatan ekonomimenjadi penting karena pemerintah menjalankan kekuasaannegara. Masyarakat rumah tangga dan perusahaan diperkuatdengan hadirnya pemerintah dalam rangka membentuknegara nasional yang kuat. Fungsi pemerintah (lihat Gambar3.3)memperlancarkan kegiatan ekonomi dalam konteksstruktur dan hubungan ekonomi antar masyarakat, negara,dan perusahaan. Pemerintah memberikan gaji dan upah kerumah tangga, dan memungut pajak perseorangan (individu),dan memberikan subsidi ke perusahaan dan menarik pajakperusahaan (pajak badan, pertambahan nilai, pajakkeuntungan, dll).
    8. 8. Perusahaan juga berkaitan dengan perusahaan penanammodal (investor), dan sering perusahaan itu pula yangmenjadi investor, yang memanfaatkan kelebihan danamasyarakat yang disimpan diperbankan. Hubungan bankdengan masyarakat dan penanam modal sama, yakni darimasyarakat bank menghimpun dana dan ke investorlahbank menyalurkan dana.Kemudian bank menarik bunga kredit dari investor danmebayarkan bunga simpangan ke masyarakat.
    9. 9. Dalam konteks perbankan syariah yang berlaku adalahsistem islam yang non ribawi, maka ada pembagian bonusatau bagi hasil berupa profit-loss sharing atau revenue-losssharing. Profit-losst sharing adalah sistem bagi hasil ataubagi resiko jika usaha itu memperoleh keutungan ataukerugian. Sedangkan revenue-loss sharing, ada bagi hasilyang dihitung dari penerimaan (tidak memasukkan biaya)dan membagi kerugian jika usaha yang dilakukan pelakuekonomi yang terlibat usaha mengalami kegagalan. Porsipembagian hasil (untung atau rugi) sesuai kesepakatandalam akad yang sesuai dengan tuntunan syariah.
    10. 10. Perekonomian Terbuka Empat Sektor
    11. 11. Perekonomian terbuka empat sektor adalahgambaran nyata pola kegiatan ekonomi modern yangada di dunia saat ini. Dikatakan perekonomianterbuka atau empat sektor, karena adanya hubunganpara pelaku ekonomi suatu negara dengan negaralain. Peranan perekonomian luar negeri sangat besardalam rangka menjalin kerja sama ekonomi berupaperdagangan dan investasi, serta diantara negarajuga dapat melakukan hubungan diplomatik.Kegiatan ekonomi seperti ekspor dan diimpor sangatmewarnai perkonomian modern saat ini (lihatGambar 3.4). Bahkan penduduk antar negara jugadapat menjalin perdagangan internasional denganpenduduk atau perusahaan di pasar global tanpahalangan yang berarti.
    12. 12. Apalagi saat ini berlaku globalisasi informasi,sehingga transaksi dapat dilakukan antarpenduduk di benua Asia dengan Amerika misalnya,dalam waktu yang singkat. Mereka dapatmenggunakan internet dan layanan perbankanantar negara dengan mudah, sehingga kegiatanekonomi dalam perekonomian terbuka inilahbentuk nyata pola kegiatan ekonomi yang berlakudi banyak negara termasuk Indonesia.
    13. 13. DEFENISIDalam perekonomian yang sebenarnya kegiatanekonomi adalah jauh lebih rumit dari digambarkan .Untuk memberikan gambaran yang lebih mendekatikepada keadaan sebenarnya, dalam hal ini akan dianalisis keseimbangan pendapatan nasional dalamperekonomian tiga sektor . Yang diartikan denganperekonomian tiga sektor adalah perekonomianyang terdiri dari sektor-sektor yang berikut:rumahtangga,perusahaan,dan pemerintah. Dengandemikian dalam menganalisis perekonomian tigasektor pada hakikatnya akan diperhatikan peranandan pengaruh pemerintah ke atas kegiatan dalamsesuatu perekonomian.
    14. 14. Campur tangan pemerintah dalam perekonomianmenimbulkan dua perubahan penting dalam prosespenentuan keseimbangan pendapatan nasional,yaitu:1.Pungutan pajak yang dilakukan pemerintah akanmengurangi pengeluaran agregat melaluipengurangan ke atas konsumsi rumah tangga.2. Pajak memungkinkan pemerintah melakukanperbelanjaan dan ini akan menaikkan perbelanjaanagregat.
    15. 15. ALIRAN PENDAPATAN DAN SYARAT KESEIMBANGANAnalisis Keseimbangan pendapatan nasional dalamperekonomian tiga sektor bertujuan untuk menunjukkanpenentuan pendapatan nasional dalam perekonomiandimana terdapat pemerintah untuk memahami anallisistersebut dengan baik perlulah terlebih dahulu disadaripola ali pendapatan dan pengeluaran yang berlaku dalamperekonomian tersebut dan selanjutnya di gambarantersebut dutunjukkan syarat keseimbangan pendapatannasional dalam perekonomian tiga sektor.
    16. 16. ALIRAN PENDAPATAN DAN PENGELUARANCampur tangan pemerintah dalam perekonomian akan menimbulkantiga jenis aliran yang baru tersebut adalah :1. Pembayaran pajak oleh rumah tangga dan perusahaan kepada pemerintah.pembayaran pajak tersebut menimbulkan pendapatan pemerintah yang terutama.2. Aliran baru yang kedua adalah pengeluaran dari sektor pemerintah ke sektor perusahaan.aliran ini menggambarkan nilai pengeluaran pemerintah ke atas barang-barang dan jasa-jasa yang diproduksikan oleh sektor perusahaan.3. Aliran yang ketiga adalah aliran pendapatan dari sektor pemerintah ke atas sektor rumah tangga.aliran itu timbul sebagai akibat dari pembayaran keatas konsumsi faktor-faktor produksi yang dimiliki sektor rumah tangga oleh pemerintah.
    17. 17. KesimpulanArus Lingkar Pendapatan dalam perekonomian dapatmenggambarkan sirkulasi pendapatan yang berlaku dalamperekonomian tersebut. Sirkulasi ini dapat dibedakandalam beberapa bentuk perekonomian yaitu,Dua sektor yang melalui sistem yang mirip dengansubsisten tetapi sudah memanfaatkan lembaga yang ada.Sedangkan Tiga sektor melibatkan pemerintah untukmemberi gaji dan upah kepada rumah tangga danperusahaan.pemerintah memberi nilai pengeluaran ke atasbarang dan jasa yang akan diproduksikan oleh sektorperusahaan.
    18. 18. Empat sektor memiliki hubungan dengan para pelakuekonomi suatu negara sangat besar menjalani kerja samaekonomi serta diantara negara juga dapat melakukanhubungan diplomatik bahkan penduduk antar negaradapat menjalani perdagangan internasional denganperusahaan dipasar global tanpa ada yang menghalangdiantara mereka.Ketiga sektor ini dapat diartikan sebagai sirkulasipendapatan yang memiliki kemiripan dengan melibatkanpemerintah memberi nilai pengeluaran kepada sektorperusahaan untuk di produksi,serta memper erathubungan antar negara dapat membaik sehingga kerjasama dianatra mereka berjalan tanpa ada hambatanApapun.
    19. 19. TEORI PENDAPATAN DALAM PEREKONOMIANTeori pendapatan perekonomian menunjukkan perananinvestasi sebagai faktor yang menimbulkan pertambahanpengeluaran agregat. Teori ini pada dasarnya menekankanperanan dari segi permintaan dalam mewujudkanpertumbuhan.akan tetapi yang terutama diperhatikan adalahpendapatan ekonomi menurut mereka jika perekonomianberkurang maka akan mempengaruhi pertumbuhanperekonomian yang mereka hadapi sekareng.maka dari itupembayaran pajak oleh rumah tangga dan perusahaankepada pemerintah timbul akibat dari pembayaran keataskonsumsi faktor-faktor produksi yang dimiliki sektor rumahtangga kepada pemerintah. Ada dua perbedaan pendapat yangsangat bertentang di antara mereka yaitu:1. Faktor-faktor yang menentukan tingkat tabungan,tingkatinvestasi dan suku bangsa dalam perekonomian.2. Sifat-sifat terkait antara tingkat upah dengan rumah tangga olehpemerintah.

    ×