Presentation1
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
362
On Slideshare
339
From Embeds
23
Number of Embeds
1

Actions

Shares
Downloads
2
Comments
0
Likes
0

Embeds 23

http://hamamsolecha.blogspot.com 23

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. a. Pengertian bibliografiBibliografi bisa disebut daftar pustaka atau daftar kepustakaanyang mendaftar terbitan/baik berupa buku atau terbitan lain yangdipergunakan untuk acuan dalam menulis suatu tulisan ataukarangan, dan disusun menurut urutan yang telah ditentukan.Jenis terbitan yang dapat dipergunakan sebagai acuan ataureferensi dalam penulisan suatu tulisan atau karangan,antaralain:buku,majalah,jurnal,ensiklopedia,surat kabar,siaranradio,siaran televisi,CD-ROM,informasi internet.
  • 2. Ada beberapa model penulisan bibliografi yang dapat dijadikancontoh dalam penulisannya,antara lain Chicago Style,American Psychological Association (APA) Style, ModernLanguage Association (MLA) Style, maupun komposisi karanganGorys Keraf.1. Penulisan Bibliografi menurut Chicago Style a. jenis dokumen buku a) Karya satu pengarang
  • 3. Dalam penulisan bibliografi entri disusun menurut abjad namabelakang pengarang dan cara penulisannya dibalik. B) karya dua pengarangUntuk karya 2 pengarang penulisan nama pengarang pertamadibalik, sedangkan nama pengarang kedua seperti apa adanya. C) karya 3 pengarangUntuk karya 3 pengarang hanya nama pengarang pertamayang dibalik, nama pengarang lainnya dirulis seperti apaadanya. D) karya lebih dari 3 pengarangBisa ditulis semua atau hanya pengarang pertama dan diikutidengan et al. Atau dan kawan-kawan.
  • 4. e) Karya tanpa pengarang f) Karya Badan Korporasi (Institusi) g) Karya editor (sama seperti karya berpengarang)b. Jenis dokumen laporan1) Nama pengarang2) Nama ketua panitiac. Jenis dokumen prosidingd. Jenis dokumen buku tahunan 1) Terbitan dari Departemen (Terbitan Pemerintah) 2) Artikel dalam Buku Tahunan
  • 5. e. Jenis dokumen jurnal atau majalah 1. Artikel dalam jurnal 2. Artikel dalam majalahf. Jenis dokumen ensiklopedia 1. Signed artikel 2. Unsigned artikelg. Jenis dokumen surat kabarh. Jenis dokumen microform (reproduksi)i. Jenis dokumen yang tidak dipublikasikan 1. Koleksi manuskrip 2. Tesis dan Paper lainj. Janis dokumen hasil wawancarak. Jenis dokumen buku elektronik
  • 6. 2. Penulisan Bibliografi Menggunakan Gaya ModernLanguage a. Penulisan bibliografi berpedoman pada gaya MLA untuk jenis dokumen berupa buku atau monograf ada ketentuan penulisan sebagai berikut: 1. Baris pertama terletak pada margin paling kiri,baris kedua,dan berikutnya dibuat indensi. 2. Nama belakang atau nama keluarga diletakkan dimuka,diikuti dengan koma diikuti nama depan pengarang 3. Judul buku dengan garis bawah atau miring 4. Kota terbit, penerbit dan tahun terbit b. Penulisan bibliografi berpedoman pada MLA style untuk jenis dokumen berupa terbitan berseri (periodicals) ada ketentuan penulisan berikut ini:
  • 7. 1. Judul artikel dalam tanda kutip,judul terbitan berseri(jurnal,majalah,surat kabar) digaris bawahi atau tulisan miring. 2. Tahun/data terbitan dalam tanda kurung. 3. Halaman artikel ditempatkan paling akhir.c. Penulisan untuk jenis hasil wawancarad. Penulisan untuk program televisi atau radioe. Penulisan untuk jenis dokumen sumber elektronik3. Penulisan Bibliografi Menggunakan Gaya American PsychologicalAssociation (APA).Pada gaya APA penulisan dokumen yang berupa buku mempunyai urutansebagai berikut.a. Baris pertama terletak paling kiri, baris kedua dan berikutnya indensi (hanging).
  • 8. b. Nama belakang/keluarga pengarang diikuti koma,kemudian inisial/singkatan pengarang, jadi bukan nama lengkap.c. Data ternitan/tahun terbit dalam kurung, mengikuti nama pengarangd. Judul buku digaris bawahi/italic , hanya huruf pertama yang memakai huruf kapital.e. Titik dua diantara kota terbit dan penerbit.Penulisan bibliografi yang diambil dari artikel terbitan berseri (periodical),mempunyai urutan sebagai berikut.a. Nama belakang/keluarga pengarang diikuti koma, kemudian inisial/s ingkatan pengarang,jadi bukan nama lengkap.b. Tahun terbit dalam tanda kurung diletakkan setelah nama pengarangc. Judul artikel dalam tanda kutip,huruf besar dipergunakan untuk huruf pertama saja.
  • 9. d. Judul terbitan berseri digaris bawahi/talic, diikuti nomor volume dan halaman artikel yang dibatasi dengan tanda koma.e. Nomor volume digaris bawahi/italic juga.4. Penulisan bibliografi berpedoman pada komposisi5. Langkah-langkah dalam penysunan bibliografi.Daftar pustakaa) Buatlah daftar pustaka secara konsisten,ambil salah satu gaya yang sesuai keinginan.b) Pembuatan daftar pustaka/bibliografi dapat dicmpur seluruh jenis dokumen ataupun dipisah-pisah menurut jenis dokumen.c) Nama pengarnag disusun menurut abjad.d) Apabila tidak ada nama pengarang,judul dimasukkan dalam urutan abjad.
  • 10. e. Jika seorang pengarang lebih dari satu karya yang dijadikan sitiran/rujukan maka karya kedua dan seterusnya nama pengarang digantikan dengan garis sepanjang 5 atau 7 ketukan.f. Jarak antarbaris dalam satu referensi satu spasi,sedangkan jarak antarentri adalah satu setengah sampai 2 spasi.g. Baris kedua dan seterusnya harus dimasukkan sebanyak 2 atau 4 ketukan (indensi/hanging).h. Baris pertama dimulai pada margin kiri.
  • 11. A. KUTIPANB. CATATAN KAKI (FOOTNOTE DAN ENDNOTE)
  • 12. Menurut Gorys Keraf, Kutipan adalah pinjaman kalimat atau pendapat dariseorang pengarang arau ucapanberikut: seseorang yang terkenal,baik yang terdapat dalam buku maupun majalah.Menurut Parera (1987: 152) kutipan mempunyai fungsi sebagai berikut:a. Materi kutipan mempunyai kualitas yang tinggi sehingga akan hilang nilainya jika dikatakan dengan kata-kata penulis atau diparafrasis.b. Materi kutipan merangkum satu pokok bahasan yang akan disetujui atau dibantah.c. Materi kutipan mengungkapkan satu pendapat atau evaluasi yang menjadi bahan diskusi.d. Jangan terlalu banyak mengutip kutipan yang panjange. Usahakan membuktikan dengan kata dan data sendiri sambil tidak lupa menunjukkan sumbernya dalam catatan kaki dan bibliografi.
  • 13. Catatan kaki adalah suatu catatan yang berada sibawah tulisan pada halamanyang sama dan memberikan keterangan tentang sumber, keterangan lanjutandari kutipan-kutipan yang ada pada tulisan.karya ilmiah tersebut.Menurut Gorys Keraf tujuan catatan kaki sebagai berikut:a. Untuk menyusun pembuktian.b. Menyatakan utang budi.c. Menyampaikan keterangan tambahan.d. Merujuk bagian lain dari teks.