menganalisis laporan kls 8 smt 1

30,658 views

Published on

1 Comment
6 Likes
Statistics
Notes
  • thank's for like my presentation and download it
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
No Downloads
Views
Total views
30,658
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
315
Comments
1
Likes
6
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

menganalisis laporan kls 8 smt 1

  1. 1. STANDAR KOMPETENSI1.Memahami wacana lisan berbentuklaporanKOMPETENSI DASAR1.1 Menganalisis laporanINDIKATORMampu menuliskan pokok-pokok laporan yangdiperdengarkan dengan kalimat singkatMampu menganalisis pola urutan waktuatau ruang dalam laporan yang diperdengarkan
  2. 2. Laporan adalah suatu keterangan mengenaisuatu peristiwa atau perihal yang ditulisberdasarkan berbagai data, fakta, danketerangan yang melingkupi peristiwa atauperihal tersebut
  3. 3. * Menganalisis laporan berarti melakukansuatu kajian atau penelitian terhadapsuatu laporan* Hal yang dianalisis dalam laporan dapatmeliputia.isi peristiwa,b.kronologi waktu,c.kelengkapan data,d.kebahasaan, dane.bentuk laporan
  4. 4. 1. Menyimak laporan dengan saksama, sehinggadapat menangkap informasi yang disampaikansecara utuh dan lengkap serta terperinci.2. Melakukan pengecekan terhadap setiap halyang dilaporkan secara detail dan cermat.3. Tidak mencampuradukkan antara fakta (yangbersifat objektif) dan opini atau pendapat(yang cenderung bersifat subjektif).4. Melakukan kajian terhadap kebenaran atauketepatan hasil laporan tersebut.
  5. 5. langkah – langkah menganalisis laporanadalah :1. Memahami isi laporan dari bentuk, isi,maupun kebahasaan.2. Menguraikan secara detail atau rincipokok-pokok isi laporan.3. Memberikan suatu pandangan ataupendapat terhadap laporan berdasarkansuatu teori atau definisi (referensi).
  6. 6. Hal-hal yang perlu diperhatikandalam menulis Laporan :1. Mengungkapkan keterangan secara lengkap.2. Objektif, apa adanya.3. Tidak memasukkan unsur pendapat pribadi.4. Menggunakan bahasa komunikatif, lugas, dansantun.5. Disajikan secara sistematis berdasarkanurutan peristiwa.
  7. 7. Contoh Menganalisis LaporanBacalah Laporan di bawah iniHeru Wicaksono, Diplomat RI Tokoh Penting PembebasanSandera KorselKrisis sandera 23 warga Korea Selatan oleh kelompok pejuangTaliban di Afganistan selama 1,5 bulan menjadi berita utama di mediaseluruh dunia. Menjelang krisis berakhir, muncul nama DiplomatIndonesia Heru Wicaksono dalam penyelesaian krisis tersebut. Upayapenyelesaian melibatkan tiga pihak, yakni pemerintah Korsel,kelompok pejuang Taliban, dan pemerintah Afganistan. Namun, upayapenyelesaian tersebut belum juga berhasil.Pejuang Taliban menuntut agar Korsel segera menarik seluruhpasukannya dari Afganistan. Tuntutan pejuang Taliban tersebut sulitdipenuhi oleh dua pihak lainnya. Sampai empat kali ketiga pihakberunding, tapi belum juga membuahkan kesepakatan.
  8. 8. Bermula dari hal tersebut, Erman Hidayat kemudianmenugaskan Heru Wicaksono bergabung dalam kelompok perunding.Heru Wicaksono ialah Wakil Dubes RI di Afganistan. Dalam tugasnya,Heru Wicaksono didampingi oleh penerjemah seorang wargaAfganistan yang bekerja di Kedubes RI.Heru menuturkan bahwa kehadirannya dalam perundingandifasilitasi oleh IRC (Palang Merah Internasional). Pada awalnya, Herukhawatir kehadiran Indonesia ditolak oleh pejuang Taliban. Namun,rasa khawatir itu lenyap saat tim Indonesia bertemu pim- pinanpejuang Taliban. Pertemuan itu terjadi pada Kamis, 30 Agustus."Ternyata mereka sangat respek ketika mengetahui bahwa yangmenjadi mediator perundingan adalah Negara netral. Tidak sepertiyang dibayangkan orang bahwa kaum Taliban itu barbar, prosesperundingan yang diatur Kamis kemarin berlangsung sangat kondusif,"ungkap Heru.Dari situlah Indonesia mulai terlibat. Pemerintah Korsel,meminta kepada Presiden SBY, agar Indonesia terlibat dalamperundingan pembebasan sandera. Permintaan ini disampaikanPresiden Roh Moon Hyun saat berkunjung ke Seoul, 25 Juli 2007.
  9. 9. Permintaan itu segera direspons Presiden SBY. Presiden SBYmemerintahkan Menlu Hasan Wirayudha untuk mendekati kelompokpejuang Taliban. Oleh Menlu, perintah Presiden SBY diteruskan ke DubesIndonesia di Kabul, Erman Hidayat. Menlu Hasan Wirayudha memintaErman Hidayat agar menghubungi pemerintah Afganistan untukmemastikan bahwa keterlibatan Indonesia sepenuhnya didukung olehkelompok pejuang Taliban.Dalam perundingan tersebut, dikemukakan bahwa pejuang Talibansebenarnya tidak ingin menyandera kedua puluh tiga warga Korseltersebut. Mereka hanya ingin pemerintah Korsel menarik 200 pasukannoncombatnya dari Afganistan.Menurut Heru, dalam perundingan antara Korsel dengan Talibantersebut, pejuang Taliban hanya meminta Korsel menarik pasukannya dariwilayah Afganistan. Akhirnya juru runding Korsel berjanji menarik 200pasukannya dari wilayah Afganistan. Setelah permintaannya dipenuhi, jururunding pejuang Taliban langsung menyatakan setuju melepaskan parasandera.Prestasi diplomat Indonesia dalam perundingan tersebut langsungmendapatkan apresiasi Presiden Roh Moon Hyun. Melalui telepon seluler,Moon mengucapkan terima kasih kepada Presiden SBY.(Sumber: Jawa Pos, 2 September 2007,denganpengubahan seperlunya)
  10. 10. Setelah menyimak dengan cermat dan memahami isi laporan tersebut,kalian dapat menuliskan pokok-pokok isi laporan sebagaimana contohberikut1. Krisis sandera 23 warga Korea Selatan oleh kelompok pejuang Taliban diAfganistan melibatkan Indonesia.2. Upaya penyelesaian yang melibatkan tiga pihak, yakni pemerintah Korsel,kelompok pejuang Taliban, dan pemerintah Afganistan, belum juga berhasil.3. Pemerintah Korsel, melalui Presiden Roh Moon Hyun meminta kepada PresidenSBY agar Indonesia terlibat dalam perundingan pembebasan sandera.4. Permintaan itu segera direspons Presiden SBY dengan memerintahkan MenluHasan Wirayudha untuk mendekati kelompok pejuang Taliban.5. Heru Wicaksono yang menjabat sebagai Wakil Dubes RI di Afganistan bergabungdalam kelompok perunding yang difasilitasi oleh IRC (Palang Merah Internasional).6. Dalam perundingan tersebut, dikemukakan bahwa pejuang Taliban hanya inginpemerintah Korsel menarik 200 pasukan noncombat-nya dari Afganistan.7. Pejuang Taliban langsung menyatakan setuju melepaskan para sandera setelah jururunding Korsel berjanji menarik 200 pasukannya dari wilayah Afganistan.8. Prestasi diplomat Indonesia dalam perundingan tersebut langsung mendapatkanapresiasi Presiden Roh Moon Hyun. Melalui telepon seluler, Moon mengucapkanterima kasih kepada Presiden SBY.
  11. 11. Contoh hasil analisis terhadap laporantersebut adalah berikut1. Laporan peristiwa keterlibatan Indonesia yang diwakilioleh Wakil Dubes RI, Heru Wicaksono, untukAfganistan, dalam peristiwa penyanderaan oleh pejuangTaliban.2. Dari segi bentuk penyampaian, laporan tersebutdisampaikan dalam bentuk narasi dengan modelpenyampaian bahasa yang tidak resmi atau nonilmiah.3. Kronologi waktu kejadian yang berkenaan denganperistiwa disampaikan secara urut, tapi kurangmendetail.4. Data dan penjelasan pendukung belum disampaikansecara lengkap dan terperinci.
  12. 12. Bacalah paragraf yang berisi kutipan laporan berikut!
  13. 13. LATIHANJawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!1. Mengapa Bali menjadi tujuan wisata favorit?2. Sebutkan tempat-tempat yang menakjubkan diBali!3. Berapa kali Rosy Ainun Nadhifah, siswi SMPN 24,berkunjung ke Bali?
  14. 14. Kerjakanlah perintah soal berikut dengansaksama di buku tugasmu!1. Apakah tema pokok yang disampaikan dalamlaporan di atas?2. Tuliskanlah pokok-pokok penting dalam laporan diatas!3. Bagaimanakah kelengkapan isi laporan tersebut?4. Tunjukkan kelebihan dan kekurangan isi laporan diatas dengan menyertakan data!5. Bandingkan hasil analisismu mengenai laporantersebut dengan hasil analisis temanmu!TUGAS TERSTRUKTUR
  15. 15. Setelah menyimak laporan tadi!1. Bagaimanakah kelengkapan isi laporan tersebut?2. Tunjukkan kelebihan dan kekurangan isi laporandi atas dengan menyertakan data!3. Bandingkan hasil analisismu mengenai laporantersebut dengan hasil analisis temanmu!UJI KOMPETENSI

×