kontrasepsi presentasi

2,355 views

Published on

it's my presentation whit my group

Published in: Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,355
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
142
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

kontrasepsi presentasi

  1. 1. Apa itu kontrasepsi??  Pengertian Kontrasepsi: berasal dari kata Kontra berarti mencegah atau melawan, konsepsi adalah pertemuan antara sel telur yang matang dan sel sperma yang mengakibatkan kehamilan. Maksud dari kontrasepsi adalah menghindari dan mencegah terjadinya kehamilan sebagai akibat pertemuan antara sel telur yang matang dengan sel sperma tersebut. Cara kerja Kontrasepsi: Mengusahakan agar tidak terjadi ovulasi, Melumpuhkan sperma dan Menghalangi pertemuan sel telur dengan sperma.
  2. 2. Jenis-jenis Kontrasepsi 1. Kontrasepsi Sederhana (non permanen) 2. Kontrasepsi Permanen
  3. 3. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-JenisKontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi SEDERHANA(Non Permanen) PERMANEN Kontrasepsi sederhana merupakan cara kontrasepsi atau pencegahan kehamilan yang dilakukan atau digunakan secara sederhana atau sewaktu-waktu, bahkan untuk sekali pemakaian saat melakukan hubungan seksual. Kontrasepsi sederhana dibagi atas dua cara yaitu 1. cara kontrasepsi tanpa menggunakan alat-alat atau obat, 2. cara kontrasepsi dengan menggunakan alat atau obat.
  4. 4. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-JenisKontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi SEDERHANA cara kontrasepsi tanpa menggunakan alat-alat atau(Non Permanen) obat PERMANEN 1. Coitus interruptus Coitus interruptus atau senggama terputus merupakan salah satu usaha kontrasepsi yang paling tua dan masih merupakan cara yang paling banyak digunakan sekarang. Cara ini dilakukan dengan mengeluarkan penis dan membuang sperma diluar vagina saat pria ejakulasi. Cara ini banyak digunakan dalam abad ke-18 dan 19 dan memegang peranan penting dalam pembatasan penduduk. 2. Istibra/ pantang berkala Abstinensi atau tidak melakukan hubungan seksual dalam jangka waktu tertentu merupakan suatu cara kontrasepsi yang telah tua, yaitu sejak manusia menyadari bahwa hubungan seks dapat menyebabkan kehamilan. Kemudian orang menduga bahwa ada masa subur dan masa tidak subur pada seorang wanita, sehingga tidak usah melaksanakan abstinensi secara terus menerus.
  5. 5. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-JenisKontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi SEDERHANA Tahun 1930, Ogino (Jepang) dan Knaus (Austria) membuktikan(Non Permanen) bahwa ovulasi terjadi antara menstruasi, dan bukan saat menstruasi. Mereka juga mengemukakan bahwa saat ovulasi tetap ialah 2 minggu sebelum haid PERMANEN yang akan datang. Dengan diketahuinya saat ovulasi, maka diketahui juga masa subur dan masa tidak subur. Sehingga abstinensi hanya perlu dilakukan secara periodik, yakni sewaktu masa subur. Atas dasar teori ini lahirlah cara kontrasepsi yang disebut Rhytme method yang melukiskan abstinensi yang periodik dan bersifat siklik dari masa subur dan tidak subur seorang wanita. Dasar dari metoda ini ialah pengetahuan mengenai saat terjadinya ovulasi. Untuk menentukan saat ovulasi dapat dilakukan beberapa cara yaitu: a. Metoda kalender; sering juga dikenal sebagai metoda Ogino Kraus dan mulai digunakan sejak tahun 1930. Metoda ini menunjukkan bahwa ovulasi dapat terjadi antara hari ke-12 dan hari ke-16 sebelum haid. Jadi 5 hari diantara hari tersebut merupakan masa yang terlarang untuk berhubungan seks.
  6. 6. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-JenisKontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi SEDERHANA b. Metode suhu basal badan(Non Permanen) ialah naiknya suhu basal pada waktu ovulasi karena kadar PERMANEN progesteron naik. Kenaikan suhu ini 0,3-0,50C. kenaikan suhu ini dapat terjadi segera atau berangsur-angsur dan terus menerus. Yang paling penting ialah perubahan suhu dan bukan nilai absolutnya, maka pengukuran harus dilakukan setiap hari yaitu pada pagi hari sebelum bangun dari tempat tidur dan sebelum makan atau minum. c. Metode menilai lendir rahim Hormon estrogen mencapai puncaknya pada saat ovulasi terjadi dan mempengaruhi lendir rahim. Menjelang ovulasi biasanya lendir rahim jadi agak encer dan bila diraba dengan dua jari membentuk benang dan berwarna bening Ketiga hal ini dapat menjadi petunjuk masa ovulasi/masa subur anda
  7. 7. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-JenisKontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi SEDERHANA(Non Permanen) 3. Prolonged lactation / PERMANEN menyusui Selama 3 bulan setelah melahirkan saat bayi hanya minum ASI dan menstruasi belum terjadi, otomatis Anda tidak akan hamil. Tapi jika seorang ibu hanya menyusui kurang dari 6 jam sehari, kemungkinan kehamilan cukup besar.
  8. 8. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-JenisKontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi SEDERHANA (Non Permanen) Cara kontrasepsi dengan PERMANEN menggunakan alat atau obat. Pada cara ini, mencegah pertemuan ovum dengan spermatozoa, dapat dilakukan dengan berbagai alat bantu, misalnya: kondom, spiral, jelly, dan lain- lain. Kontrasepsi dengan menggunakan alat bantu dibedakan menjadi tiga macam, yaitu: a. Secara mekanik b. Secara kimiawi c. Secara hormonal
  9. 9. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-JenisKontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi SEDERHANA Secara Mekanik (Non Permanen) Dinamakan mekanik karena sifatnya PERMANEN sebagai pelindung. Maksudnya, kontrasepsi ini mencegah bertemunya sperma dan sel telur dalam rahim. Ada beberapa kontrasepsi yang termasuk dalam golongan mekanik ini, yaitu : 1. Kondom 2. Diafragma dan Kap Cervix 3. IUD (Intra Uterine Device) atau spiral
  10. 10. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-JenisKontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kondom SEDERHANA (Non Permanen) Kondom atau istilah bahasa Indonesianya PERMANEN ‘Sarkon’ merupakan alat kontrasepsi yang tertua walaupun dulu terutama dipergunakan sebagai pencegah penyakit kelamin. Pemakaian kondom untuk tujuan kontrasepsi baru dimulai kira-kira pada abad ke-18 di Inggris. Kondom yang paling umum dipakai ialah kondom dari karet dengan tebal kira-kira 0,05 mm, tersedia berbagai ukuran dengan bermacam- macam warna. Saat ini kondom telah digunakan secara luas di seluruh dunia dengan program keluarga berencana..
  11. 11. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-JenisKontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi SEDERHANA Prinsip kerja kondom ialah sebagai perisai dari penis sewaktu (Non Permanen) melakukan hubungan seks (koitus) dan mencegah pengumpulan sperma dalam vagina. Bentuk kondom silindris dengan pinggir yang tebal pada ujung yang PERMANEN terbuka, sedang ujung yang buntu berfungsi sebagai penampung sperma. Diameternya biasanya kira-kira 31-36,5 mm dan panjangnya kurng lebih 19 cm Sebab-sebab kegagalan memakai kondom ialah bocor atau koyaknya alat itu atau tumpahnya sperma yang disebabkan oleh tidak dikeluarkannya penis segera setelah terjadi ejakulasi. Efek sampingan kondom tidak ada, kecuali jika ada alergi terhadap bahan untuk membuat kondom Kondom wanita Kondom wanita adalah sebuah kantung berlubrikasi dengan dua cincin fleksibel di ujung-ujungnya. Sebuah cincin lunak yang dapat dilepas memudahkan pemasangannya dan menjaga kondom di tempat. Sebuah cincin fleksibel yang besar tetap berada di luar vagina, yang meliputi pembukaan vagina (vulva) dan memberikan perlindungan tambahan.
  12. 12. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-JenisKontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi SEDERHANA Cara pemakaiannya: (Non Permanen) Kondom yang baik tidak perlu dites dulu, misalnya PERMANEN dengan meniupnya terlebih dahulu karena tindakan ini justru dapat merusaknya misalnya karena kuku tajam. Yang penting adalah bahwa kondom perlu dipasang sebelum ejakulasi dan harus terpasang dengan baik. Waktu memasang, udara harus keluar dari ujung kondom, karena kalau ada udara pada ujungnya, maka ujung bisa pecah atau mendesak mani keluar dari pangkalnya. Waktu penis dicabut, sebaiknya pangkal kondom dipegang agar kondom tidak ketinggalan.
  13. 13. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-JenisKontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Diafragma dan Cervical Cap SEDERHANA (Non Permanen) Diafragma adalah topi karet lunak yang dipakai di dalam vagina untuk menutupi leher rahim (pintu PERMANEN masuk ke rahim). Fungsinya adalah mencegah sperma memasuki rahim. Diafragma seefektif kondom, namun dapat dicuci dan digunakan lagi selama satu sampai dua tahun. Diafragma diletakkan posterior dari simfisis pubis sehingga serviks (leher rahim) tertutupi semuanya. Sedangkan Cervical cap (penutup serviks) adalah kop bulat yang diletakkan menutupi leher rahim dengan perlekatan di bagian forniks. Terbuat dari karet dan harus tetap di tempatnya lebih dari 48 jam. Diafragma memiliki efektifitas yang paling rendah dibandingkan dengan alat kontrasepsi lainnya, selain itu pemasangannya harus oleh tenaga kesehatan dan harganya relatif lebih mahal. Efektivitas : 85%.
  14. 14. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-JenisKontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi3. IUD (Intra Uterine Device) atau spiral SEDERHANA ADKR (alat kontrasepsi (Non Permanen) dalam rahim/Intra uterine divice) PERMANEN atau dalam bahasa populernya disebut spiral adalah alat kontrasepsi kecil yang ditempatkan dalam rahim wanita. Spiral mencegah embio menempel pada dinding rahim.Ada dua jenis AKDR: AKDR tembaga yang terbuat dari plastik kecildengan tembaga meliliti batangnya dan AKDR progestogen yangberbentuk T kecil dengan silinder berisi progestogen di sekelilingbatangnya.
  15. 15. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Bentuk dan macamnya : Ada yang terbuat dari plastik seperti bentuk huruf S(Lippes Loop). Ada pula yang terbuat dari logam tembaga berbentuk seperti angka tujuh SEDERHANA (Non Permanen)(Copper Seven) dan mirip huruf T (Copper T). Selain itu, ada berbentuk sepatu kuda(Multiload). Alat ini bisa bertahan dalam rahim selama 2-5 tahun, tergantung jenisnya dan PERMANENdapat dibuka sebelum waktunya jika Anda ingin hamil lagi. Kondisi dimana seorang wanita tidak seharusnya menggunakan AKDR adalah :•Kehamilan•Sepsis•Aborsi postseptik dalam waktu dekat•Abnormalitas anatomi yang mengganggu rongga rahim•Perdarahan yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya•Penyakit tropoblastik ganas•Kanker leher rahim, kanker payudara, kanker endometrium•Penyakit radang panggul•PMS (premenstrual syndrome) 3 bulan terakhir dan imunokompromise (penurunankekebalan tubuh)•TBC panggul
  16. 16. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-JenisKontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi KontrasepsiSecara kimiawi SEDERHANA yaitu dengan menggunakan spermisida (Non Permanen) senyawa kimia yang dapat membunuh sel-sel sperma. PERMANEN Misalnya bisa berbentuk jelly, busa, dan lain-lain. SpermatisidaPenggunaan obat-obat spermatisida (pembunuh sperma) untuk tujuankontrasepsi telah dikenal sejak zaman dahulu. Obatspermatisida yangdigunakan sebagai kontrasepsi terdiri dari 2 komponen yaitu zat kimiawiyang mampu mematikan spermatozoa dan yang diperlukan untuk membuattablet atau krim.Cara kontrasepsi dengan obat spermatisida umumnya digunakan bersama-sama dengan cara lain (diafragma vaginal) atau apabila ada kontraindikasiterhadap cara lain.
  17. 17. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-JenisKontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Tipe spermisida mencakup suppositoria, jelly, krim, atau busa. Saat ini SEDERHANAdiusahakan supaya mengandung germicide untuk mencegah infeksi. (Non Permanen) Suppositoria mudah dipakai tapi kurang dapat dipercaya. Suppositoria PERMANENMerupakan bentuk yang paling mudah dipakai, tapi patut diketahui bahwa jikamelakukan hubungan seksual beberapa kali, maka beberapa kali pulasuppositoria harus dimasukkan. Jelly, wahananya gelatin yang larut air dan mencair dengan mudahdalam badan. Baik dipakai pada wanita yang kering vaginanya, sering dipakaibersamaan dengan diafragma dan kondom. Krim dan pasta, bahan dasar adalah sabun stearat, sering dipergunakanbersamaan dengan diafragma dan kondom. Tablet berbusa dan aerosol, kalau tablet ini dimasukkan ke dalam vagina,ia berbusa dan busa ini masuk ke celah-celah yang kecil yang mungkinmengandung spermatozoa. Secara singkat, obat kimiawi ini mudah sekali dipakai, tapi sebaiknyaselalu dipakai bersamaan dengan diafragma atau kondom. Banyak wanita tidakmenyukainya karena terlalu basah.
  18. 18. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-JenisKontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi KontrasepsiSecara Hormonal SEDERHANA Kontrasepsi hormonal adalah jenis yang paling sering (Non Permanen) digunakan dan efisien. Umumnya kontrasepsi ini hanya bisa diperoleh dengan resep dokter, karena jika digunakan tanpa PERMANEN resep, bisa memicu reaksi dengan obat-obatan tertentu. Kontrasepsi hormonal berfungsi mencegah kehamilan karena dapat menghambat ovulasi. Kontrasepsi ini juga biasa digunakan untuk mengatasi ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Cara kerja kontrasepsi hormonal Pada umumnya, kontrasepsi hormonal mengandung hormon estrogen dan progestin. Sekalipun demikian, ada juga kontrasepsi hormonal yang hanya mengandung progestin saja, karena tambahan estrogen ke dalam tubuh meningkatkan risiko terjadinya gangguan kesehatan. Adapun cara kerja kontrasepsi hormonal adalah sebagai berikut: 1. Mencegah terjadinya ovulasi, atau proses pelepasan sel telur matang dari indung telur, sehingga tidak terjadi proses pembuahan jika ada sperma yang sampai ke rahim.
  19. 19. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-JenisKontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi SEDERHANA 2. Mencegah pembuahan dengan cara mengubah sifat (Non Permanen) cairan vagina, sehingga bisa menghambat sperma mencapai rahim. Hal ini berarti tidak akan mencapai sel PERMANEN telur. 3. Mencegah embrio hasil pembuahan menempel pada dinding rahim, sehingga embrio tidak bisa berkembang. Dokter sangat jarang menyarankan jenis kontrasepsi hormonal dengan cara kerja ke-3, mengingat keberhasilannya cenderung kecil. Ada beberapa cara/metode yang dapat diberikan yaitu suntikan, bentuk pil yang diminum serta susuk atau implant.
  20. 20. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-JenisKontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi KontrasepsiPil KB Pil kontrasepsi bekerja dengan ‘menganggu’ SEDERHANA (Non Permanen) proses hormonal yang normal pada tubuh seorang wanita. Gangguan ini akan menyebabkan pematangan PERMANEN dan pelepasan sel telur dari indung telur akan ikut ikutan terganggu. Sel sperma tentu tidak akan berhasil membuahi sel telur bila memang tidak ada sel telur yang keluar dari indung telur. Pil bertujuan meningkatkan efektifitas, mengurangiefek samping, dan meminimalkan keluhan. Sebagian besar wanita dapat menerimakontrasepsi ini tanpa kesulitan. Di Indonesia, jenis ini menduduki jumlah kedua terbanyakdipakai setelah suntikan. Pil ini tersedia dalam berbagai variasi. Ada yang hanya mengandunghormon progesteron saja, ada pula kombinasi antara hormon progesteron dan estrogen. Pil KB atau kontrasepsi oral berisi bentuk sintetis dua hormon yang diproduksi secaraalami dalam tubuh: estrogen dan progesteron. Kedua hormon tersebut mengatur siklusmenstruasi wanita. Pil KB bekerja dengan dua cara. Pertama, menghentikan ovulasi(mencegah ovarium mengeluarkan sel telur). Kedua, mengentalkan cairan (mucus) servikssehingga menghambat pergerakan sperma ke rahim.
  21. 21. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-JenisKontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Pil Kontrasepsi Kombinasi (OC / Oral SEDERHANA Contraception). (Non Permanen) Kontrasepsi pil kombinasi adalah pil yang mengandung PERMANEN sintetik estrogen dan preparat progesteron yang mencegah kehamilan dengan cara menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur) melalui penekanan hormon LH dan FSH, mempertebal lendir mukosa serviks (leher rahim), dan menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium Berupa kombinasi dosis rendah estrogen dan progesteron. Merupakan metode KB paling efektif karena bekerja dengan beberapa cara sekaligus sbb: • Mencegah ovulasi (pematangan dan pelepasan sel telur) • Meningkatkan kekentalan lendir leher rahim sehingga menghalangi masuknya sperma • Membuat dinding rongga rahim tidak siap menerima hasil pembuahan. Beberapa kondisi dimana kontrasepsi pil kombinasi tidak boleh diigunakan adalah pada wanita dengan kondisi : •Kehamilan •Menyusui atau kurang dari 6 minggu setelah melahirkan
  22. 22. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi•Usia lebih dari 35 tahun dan merokok 15 batang sehari SEDERHANA (Non Permanen)•Faktor risiko multipel untuk penyakit jantung (usia tua, merokok, diabetes,hipertensi) PERMANEN•Tekanan darah sistolik lebih dari sama dengan 160 atau TD diastolik lebih dari samadengan 100 mmHg•Riwayat trombosis vena dalam atau emboli paru•Operasi besar dengan istirahat lama di tempat tidur•Kelainan serebrovaskular•Migrain dengan atau tanpa gejala neurologi fokal (dengan aura), stroke•Riwayat kanker payudara•Sirosis dan kanker hati Bila pasien disiplin minum OC-nya, bisa dipastikan perlindungankontrasepsi hampir 100%. Selain itu, OC merupakan metode yang paling reversibel,artinya bila pengguna ingin hamil bisa langsung berhenti minum pil dan biasanyabisa langsung hamil dalam 3 bulan.
  23. 23. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi KontrasepsiMANFAAT TAMBAHAN OC SEDERHANA Selain berfungsi sebagai alat kontrasepsi, OC ternyata juga memberikan manfaat (Non Permanen)yang tidak langsung berhubungan dengan efek kontrasepsi (non-contraceptive benefits) yaitumenyembuhkan atau mengurangi resiko terjadinya beberapa kelainan atau keluhan tertentu PERMANENseperti:1. Manfaat penyembuhan OC :Menyembuhkan kelainan menstruasi. Pil kontrasepsi dapat menyembuhkan beberapa kelainanmenstruasi umum antara lain:• Siklus menstruasi yang tidak teratur (irregular cycle)• Darah yang keluar pada saat menstruasi terlalu banyak (hiper-menore)• Sindroma sebelum haid (premenstrual syndrome / PMS)• Haid dengan rasa nyeri hebat di perut (dismenore).2. Dengan mengkonsumsi OC, siklus haid menjadi teratur dan lebih ringan sehingga resikoterkena anemia dan defisiensi besi berkurang s/d 50%.3. Mengatasi masalah hiper-androgenismeHormon androgen (testosteron) yang umum disebut hormon reproduksi pria dibutuhkan olehwanita dalam jumlah sangat sedikit (± 0,5 mg / liter darah) untuk daya tahan tubuh dangairah seksual (libido).
  24. 24. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Wanita usia reproduktif (± 15 – 40 tahun) sering mengalami ketidakseimbangan SEDERHANAhormonal dimana produksi hormon androgennya akan meningkat sehingga terjadi hiper- (Non Permanen)androgen yang bisa menyebabkan:• Masalah pada kulit dan rambut: kulit berminyak, komedo, jerawat, ketombe (yang bisa PERMANENmenyebabkan kebotakan) atau hirsutisme (pola tumbuh rambut pada yang wanita yangmenyerupai pria / male hair pattern)• Masalah ginekologis: gangguan siklus haid, PCOS (poly-cystic-ovarian-syndrome) yang bisamenyebabkan sulit punya anak, kegemukan (obesitas) dan abnormalitas metabolisme tubuh. OC istimewa mengandung CPA (Siproteron Asetat), zat anti-androgen palingefektif saat ini yang bekerja khusus mengatasi masalah hiper-androgen dengan menekanproduksi androgen (dalam tubuh) dan minyak (di bawah permukaan kulit) sehingga mencegahtimbulnya komedo dan ketombe bahkan jerawat.Manfaat pencegahan, yaitu OC mengurangi resiko terkena: • Infeksi pada organ reproduksi internal, s/d 50% • Kanker ovarium dan endometrium, s/d 40% • Benjolan jinak payudara, s/d 40% • Kista ovarium, s/d 80% • Infertilitas primer, s/d 40% • Kehamilan ektopik (di luar kandungan), s/d 90%
  25. 25. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-JenisKontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Susuk (Implant) SEDERHANA Susuk: Disebut alat kontrasepsi (Non Permanen) bawah kulit, karena dipasang di bawah kulit pada lengan atas, Susuk KB adalah batang PERMANEN kecil berisi hormon yang ditempatkan di bawah kulit di bagian lengan wanita. Batang itu terbuat dari plastik lentur dan hanya seukuran korek api. Alat kontrasepsi bawah kulit atau dikenal juga dengan istilah implant progestin umumnya berupa kapsul plastik, tipis, fleksibel, yang mengandung 36mg levonorgestrel yang dimasukkan ke dalam kulit lengan wanita. Setelah diberi obat bius, dibuat sayatan dan dengan bantuan jarum dimasukkan kapsul implan. Tidak perlu dilakukan penjahitan. Kapsul ini melepaskan progestin ke dalam aliran darah secara perlahan dan biasanya dipasang selama 5 tahun. Mencegah kehamilan dengan cara menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur), mempertebal lendir mukosa leher rahim, mengganggu pergerakan saluran tuba, dan menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium. Kontrasepsi ini efektif dalam waktu 48 jam setelah diimplan dan efektif selama 5-7 tahun.
  26. 26. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi KontrasepsiSuntikan SEDERHANA Kontrasepsi suntik atau injeksi adalah suntikan hormon yang (Non Permanen) mencegah kehamilan. Setiap tiga bulan sekali mendapatkan suntikan baru. Selama periode tersebut, menstruasi normal. PERMANEN JENIS KB SUNTIK Jenis-jenis alat KB suntik yang sering digunakan di Indonesia antara lain: a. Suntikan / bulan ; contoh : cyclofem b.Suntikan/3 bulan ; contoh : Depo provera, Depogeston (Harnawati, 2008). Cara kerja suntikan KB salah satunya yaitu menyebabkan pengentalan mukus serviks, sehingga menurunkan kemampuan penetrasi sperma. Yang perlu diketahui, jika kontrasepsi suntikan dihentikan harus menunggu 1 tahun atau lebih untukbisa hamil kembali. Pemakai akan menerima suntikan hormon setiap 1-3 bulan sekali, yaitu:1. Suntikan progestin; Suntikan yang hanya mengandung hormon gestagen saja. Contohnya, depo provera dan depo noristerat.2. Suntikan terpadu Suntikan yang mengandung hormon gestagen dan estrogen, misalnya, depo estrogen-progesteron atau cyklofem.
  27. 27. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-JenisKontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi SEDERHANA Kontrasepsi Permanen(Non Permanen) Kontrasepsi permanen disebut juga dengan kontrasepsi yang menetap atau tidak dapat irreversibel (tidak dapat kembali kebentuk semula), PERMANEN yaitu membuat kemampuan untuk hamil sulit atau tidak dapat dikembalikan. Kontrasepsi ini dapat dilakukan dengan melakukan operasi kelamin baik pria ataupun wanita. Pada wanita dikenal dengan tubektomi, yakni pemotongan saluran tuba fallopii (oviduk). Kadang-kadang juga dapat dilakukan dengan mengikat oviduk, sehingga ovum tidak dapat lewat dan mengahalangi pertemuannya dengan sperma, yang pada akhirnya tidak terjadi proses fertilisasi atau: pembuahan. Namun odel ini dapat dikatakan semi-permanen karena dapat diakhiri kontrasepsinya dengan melepas kembali ikatan oviduk tersebut.
  28. 28. Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-Jenis Jenis-JenisKontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi SEDERHANA(Non Permanen) PERMANEN Pada pria, kontrasepsi dapat dilakukan dengan pemotongan saluran sperma pada vas deferen, sehingga apabila terjadi pengeluaran sperma akan tidak dapat keluar penis, karena terhambat pada vas deferen. Seperti tuba fallopi, vas deferen ini juga dapat diikat saja dan dapat dilepas kembali. Sebagai tempat saluran sperma, uretra di dalam penis adalah tempat terakhir sperma untuk ke luar tubuh. Selain itu uretra juga merupakan saluran air seni (kandung kemih).
  29. 29. Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi 1. Coitus interruptus Keuntungannya, cara ini tidak membutuhkan biaya, alat-alat maupun persiapan. Kekurangannya, untuk mensukseskan cara ini dibutuhkan pengendalian diri yang besar dari pihak pria. Beberapa pria karena faktor jasmani dan emosional tidak dapat mempergunakan cara ini. Dulu dikatakan bahwa coitus interruptus dapat menyebabkan hipertrofi (pembesaran) prostat, impotensi dan bendungan panggul, namun bukti ilmiah tidak ada. Tapi jika salah satu anggota dari pasangan tidak menyetujuinya, dapat menimbulkan ketegangan dan dengan demikian mungkin merusak hubungan seks. Efektifitas cara ini umumnya dianggap kurang, sungguhpun penyelidikan yang dilakukan di AS dan Inggris membuktikan bahwa angka kehamilan dengan cara ini hanya sedikit lebih tinggi daripada cara yang mempergunakan kontrasepsi mekanis dan kimiawi. Kegagalan dengan cara ini dapat disebabkan karena adanya pengeluaran mani sebelum ejakulasi yang dapat mengandung sperma apalagi pada hubungan seksual yang berulang, dan terlambatnya pengeluaran penis dari vagina. Cara ini mudah diterima karena merupakan cara yang dapat dirahasiakan dan tidak perlu minta nasihat pada orang lain.
  30. 30. Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi 2. Istibra/ pantang berkala a. Metoda kalender Kekurangan dari metoda ini adalah waktu yang tepat dari ovulasi sulit untuk ditentukan apalagi pada wanita dengan haid yang tidak teratur, saat terjadinya ovulasi sulit atau sama sekali tidak dapat diperhitungkan. b. Metode suhu basal badan Kekurangan dari cara ini ialah bahwa kita hanya dapat menentukan masa aman setelah ovulasi. Keuntungan dari cara rhytme method dengan cara kalender dan mengukur suhu basal badan ini adalah aman dan tidak berbahaya bagi penggunanya karena tidak menggunakan obat atau alat. Efektifitas istibra berkala atau pantang berkala (Rhytme method) ini rendah, angka kegagalan 30 dari 100 wanita. Efektifitas akan lebih tinggi jika kedua cara penentuan masa ovulasi diatas digunakan bersama-sama.
  31. 31. Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi 1. Kondom Keuntungan kondom yang penting antara lain dapat diandalkan karena cukup efektif, selain digunakan untuk tujuan kontrasepsi juga untuk memberi perlindungan terhadap penyakit kelamin dan juga terhadap infeksi alat kandungan lainnya, murah dan merupakan cara yang sederhana dan non medis artinya pemakaiannya tidak usah diawasi oleh tenaga dokter dan dengan demikian pula distribusi dan pemasarannya dapat bebas serta merupakan suatu cara dimana pihak pria aktif ikut bertanggung jawab dalam usaha keluarga berencana. Kekurangannya ialah ada kalanya pasangan yang mempergunakannya merasakan selaput karet tersebut sebagai penghalang dalam kenikmatan sewaktu melakukan hubungan kelamin. Ada pula pasangan yang tidak menyukai kondom oleh karena adanya asosiasi dengan soal pelacuran. Sebab-sebab kegagalan memakai kondom ialah bocor atau koyaknya alat itu atau tumpahnya sperma yang disebabkan oleh tidak dikeluarkannya penis segera setelah terjadi ejakulasi. Efek sampingan kondom tidak ada, kecuali jika ada alergi terhadap bahan untuk membuat kondom Efektifitas kondom tergantung dari mutu kondom dan ketelititan dalam penggunannya. Kalau kondom digunakan sebagaimana mestinya, kegagalan tidak seberapa yakni hanya sekitar 3 %. Efektifitas kondom dapat ditingkatkan dengan penambahan spermisida atau pembunuh sperma.
  32. 32. Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kondom wanita keuntungan : •melindungi dari PMS, •tidak mudah slip atau bocor, •tidak memengaruhi hormone •tidak menimbulkan alergi (karena terbuat dari polyurethane, bukan lateks). kerugiannya : •beberapa orang merasakan kurang nyaman, •tidak efektif untuk semua posisi, •harganya mahal. 2. Diafragma dan Kap Cervix Kekurangan dari diafragma dan kap servix ini ialah diperlukannya motivasi yang cukup kuat, umumnya hanya cocok untuk wanita yang terpelajar dan tidak dipergunakan secara massal, pemakaian yang tidak teratur dapat menimbulkan kegagalan dan tingkat kegagalan lebih tinggi dari pil dan IUD. Keuntungan dari cara ini adalah hampir tidak ada efek sampingan, dengan motivasi yang baik dan pemakaian yang betul, hasilnya cukup memuaskan dan dapat dipakai sebagai pengganti pil atau IUD pada wanita-wanita yang tidak boleh mempergunakan pil atau IUD oleh karena suatu sebab. Saat ini cara ini sudah sangat jarang digunakan.
  33. 33. Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi 3. IUD (Intra Uterine Device) atau spiral Keunggulan : • Berjangka panjang (minimal lima tahun), • Mudah mempertahankan (tidak mungkin lupa menggunakannya), • Lebih murah dibandingkan kontrasepsi lain (lebih mahal pada awalnya, tetapi lebih murah dalam jangka panjang) • Jika Anda ingin hamil, kesuburan Anda dapat dikembalikan dengan cepat setelah Anda melepaskannya. • AKDR progestogen memiliki manfaat tambahan mengurangi perdarahan haid. • Bahkan sama sekali tidak menganggu produksi ASI, jika ibu sedang menyusui. Efektifitas pemakaian kontrasepsi dalam rahim ini, dari seribu pasangan, sekitar 5 wanita dalam setahun akan hamil Kekurangan : • Bila gagal dan wanita menjadi hamil, • Perangkat ini harus dibuang sesegera mungkin karena meningkatkan risiko keguguran. • Ada risiko kecil infeksi setelah pemasangan AKDR, kehamilan ektopik dan berbagai efek samping seperti menstruasi tidak teratur, vagina kering, sakit kepala, mual dan jerawat. Efektivitas Kehamilan terjadi pada 0,3-0,8/100 wanita Efek samping Nyeri, perdarahan, peningkatan jumlah darah menstruasi Pengembalian kesuburan Segera setelah dilepaskan.
  34. 34. Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Spermatisida Penggunaan spermisida kurang efektif apabila tidak dikombinasi dengan kontrasepsi lain seperti kondom atau diafragma. efek samping: Beberapa perempuan yang memakainya mengeluh gatal-gatal atau lecet dalam vagina. Efektivitas Kehamilan terjadi pada 6-26/ 100 wanita Keuntungan Tidak mengganggu kesehatan, berfungsi sebagai pelumas, dapat mencegah PMS bakterial Kerugian Angka kegagalan tinggi, dapat meningkatkan transmisi virus HIV, hanya efektif; 1-2 jam, rasa yang tidak enak Pil KB Kelebihan : • Pil KB sangat bisa diandalkan (efektivitasnya mencapai 99%). •Pil KB juga memberikan kendali di tangan wanita untuk mencegah kehamilan. Pil ini dapat meningkatkan libido, sekaligus untuk pengobatan penyakit endometriosis. •Haid menjadi teratur, mengurangi nyeri haid, mengatur keluarnya darah haid Kekurangan Pil KB : • Tidak melindungi terhadap PMS, harus diambil setiap hari sesuai jadwal (tidak boleh terlewatkan barang sehari pun agar efektif), • Menambah hormon sehingga meningkatkan risiko trombosis, • Penambahan berat badan,sakit kepala, mual dan efek samping lainnya.
  35. 35. Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi •Pil KB tidak boleh diambil oleh wanita dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes, penyakit liver, dan penyakit jantung. • Tidak melindungi terhadap PMS • Penggunaan pil secara teratur dan dalam waktu panjang dapat menekan fungsi ovarium. • Mudah lupa, • Ada bercak di kulit wajah seperti vlek hitam • Juga dapat mempengaruhi fungsi hati dan ginjal. • Kandungan hormon estrogen dapat mengganggu produksi ASI. Pil Kontrasepsi Kombinasi (OC / Oral Contraception). Efektivitas kehamilan terjadi pada 0,1–5/100 wanita Keuntungan sangat efektif, mencegah kanker indung telur dan kanker endometrium, menurunkan ketidakteraturan menstruasi dan anemia yang berkaitan dengan menstruasi, dan mengurangi nyeri haid Kerugian tidak direkomendasikan untuk menyusui, tidak melindungi dari Infeksi Menular Seksual (IMS), harus diminum setiap hari, membutuhkan resep dokter
  36. 36. Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Efek samping mual, nyeri tekan pada payudara, pertambahan berat badan, sakit kepala, perdarahan tidak teratur (umumnya menghilang setelah 3 bulan pemakaian), meningkatkan tekanan darah (dapat kembali normal bila pil kombinasi dihentikan), bekuan darah pada vena tungkai (3-4 kali pada pil KB dosis tinggi), meningkatkan faktor risiko penyakit jantung, risiko stroke (pada wanita usia > 35 tahun) Subur kembali: 1 sampai 2 bulan setelah menghentikan pemakaian pil. Implant (Susuk) Efek samping Implant Pada umumnya efek samping yang ditimbulkan implant tidak berbahaya. Yang paling sering ditemukan adalah gangguan haid yang kejadiannya bervariasi pada setiap pemakaian, seperti pendarahan haid yang banyak atau sedikit, bahkan ada pemakaian yang tidak haid sama sekali. Keadaan ini biasanya terjadi 3 – 6 bulan pertama sesudah beberapa bulan kemudian. Efek samping lain yang mungkin timbul, tetapi jarang adalah sakit kepala, mual, mulut kering, jerawat, payudara tegang, perubahan selera makan dan perubahan berat badan.
  37. 37. Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Keuntungan Implant. 1). Efektifitas tinggi setelah dipasang 2). Sistem 6 kapsul memberikan perlindungan untuk 5 tahun. 3) Tidak mengandung estrogen 4) Efek kontraseptif segera berakhir setelah implantnya dikeluarkan 5). Implant melepaskan progestin dengan kecepatan rendah dan konstant, sehingga terhindar dari dosis awal yang tinggi. 6). Dapat mencegah terjadinya anemia Kerugian Implant. 1). Insersi dan pengeluaran harus dikeluarkan oleh tenaga terlatih. 2). Petugas medis memerlukan latihan dan praktek untuk insersi dan pengangkatan implant. 3). Lebih mahal 4). Sering timbul perubahan pola haid 5). Akseptor tidak dapat menghentikan implant sekehendaknya sendiri. Suntikan Keunggulan : - keandalannya yang setara dengan pil KB atau susuk dan hanya perlu memikirkan kontrasepsi setiap 3 bulan sekali. tidak mengganggu produksi ASI. Pemakaian hormon ini juga bisa mengurangi rasa nyeri dan darah haid yang keluar.
  38. 38. Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kelemahannya, : • Tidak terlindungi terhadap PMS dan mendapatkan hormon. • Tidak bisa menghentikannya tiba-tiba karena hormon selama tiga bulan tetap aktif di dalam tubuh. • Perlu waktu lama untuk subur kembali. • Bisa membuat badan jadi gemuk karena nafsu makan meningkat. • Kemudian lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali. • Perdarahan tidak menentu. • Tingkat kegagalannya hanya 3-5 wanita hamil dari setiap 1.000 pasangan dalam setahun Subur kembali: 9 sampai 12 bulan setelah suntikan terakhir a). Kontrasepsi Suntikan Progestin Efektivitas kehamilan terjadi pada 0,3/100 wanita Keuntungan mula kerja cepat dan sangat efektif, bekerja dalam waktu lama, tidak mengganggu menyusui, mengurangi rasa nyeri dan haid yang keluar, dapat dipakai pada hari ke 3 – 5 pasca persalinan, dan segera setelah keguguran
  39. 39. Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kerugian meningkatkan berat badan karena nafsu makan yang meningkat, lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu, suntikan harus dilakukan oleh tenaga kesehatan secara teratur, tidak melindungi dari PMS Efek samping peningkatan berat badan, rambut rontok, tulang menjadi keropos, kelainan metabolisme lemak, ketidakteraturan menstruasi termasuk menometroragi (umumnya beberapa bulan pertama) dan amenorea ( 1 tahun pertama), jika pemakaian suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun Pengembalian kesuburan, 5-7 bulan setelah penghentian suntikan b ). Kontrasepsi Suntikan Kombinasi Efektivitas kehamilan terjadi pada 0,3/100 wanita Keuntungan mula kerja cepat dan sangat efektif, bekerja dalam waktu lama, tidak mengganggu menyusui, mengurangi rasa nyeri dan haid yang keluar, dapat dipakai pada hari ke 3 – 5 pasca persalinan, dan segera setelah keguguran
  40. 40. Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Keuntungan, dan Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kerugian Alat Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kontrasepsi Kerugian meningkatkan berat badan karena nafsu makan yang meningkat, lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu, suntikan harus dilakukan oleh tenaga kesehatan secara teratur, tidak melindungi dari PMS Efek samping peningkatan berat badan, rambut rontok, tulang menjadi keropos, kelainan metabolisme lemak, ketidakteraturan menstruasi termasuk menometroragi (umumnya beberapa bulan pertama) dan amenorea (1 tahun pertama), jika pemakaian suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun Pengembalian kesuburan tidak selama kontrasepsi suntikan progestin Kontrasepsi Permanen Keuntungan : tidak akan perlu memikirkan kontrasepsi selamanya. Kekurangannya, : • sifatnya permanen (tidak bisa dibatalkan), • tidak memberikan perlindungan terhadap PMS, • memerlukan operasi mayor.

×