Your SlideShare is downloading. ×
Marketing kummara
Marketing kummara
Marketing kummara
Marketing kummara
Marketing kummara
Marketing kummara
Marketing kummara
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Marketing kummara

360

Published on

Konsep Dasar Masketing Kummara

Konsep Dasar Masketing Kummara

Published in: Business
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
360
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
9
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Berbagi Bahagia Konsep dan Strategi Marketing KUMMARA
  • 2. Marketing dan promosi tidak bisa dipungkiri merupakan salah satu faktor penting keberhasilan suatu usaha. Dalam setiap as- pek kehidupan, setiap individu disadari atau tidak pasti pernah terlibat dalah suatu bentuk promosi, baik yang untuk dirinya sendiri ataupun hal-hal lain di luar dirinya. Sebagian yang lain melakukan tahapan lain yang lebih kompleks yang dinamakan proses marketing. Promosi adalah suatu proses penyampaian in- formasi dan merupan salah satu bagian pernting dari suatu proses marketing. Marketing send- iri adalah suatu proses manajerial dan sosial yang komplek yang dilakukan oleh seseorang atau group untuk memperoleh segala hal yang dibutuhkan dengan cara mengembangkan atau melakukan pertukaran produk/jasa/informasi. Semua tulisan disini hanyalah sebuah bahasan sederhana tentang konsep dan strategi market- ing dan promosi yang coba penulis terapkan. Semua informasi yang ada disini sepenuhnya adalah pandangan pribadi penulis yang tentunya tidak lepas dari kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu penulis mohon agar semua informasi yang tersaji di sini kembali ditelaah dan disaring sebaik-baiknya. Apa yang dirasa ada manfaatnya silahkan diterapkan dan apa yang dirasa kurang tepat mohon bisa dijadikan landasan untuk sebuah proses diskusi dan proses perbaikan ke arah yang lebih baik. Sebelumnya penulis juga mohon maaf jika ada kata atau kalimat yang kurang pantas. Semoga bermanfaat Eko Nugroho
  • 3. Kreativitas Aspek dasar Marketing & Promosi KUMMARA Banyak orang yang berkata, “kita bisa karena kita ter- biasa”. Hal tersebut adalah benar adanya, tapi perhatikan, asal kata terbiasa adalah biasa. Sesuatu yang biasa tentu beda den- gan sesuatu yang istimewa. Jadi ketika seseorang memiliki suatu kemampuan karena ia terbiasa melakukannya, hal terse- but bukanlah sesuatu yang istimewa, itu hal adalah yang biasa. Penulis pribadi selalu beranggapan, “kita pasti bisa kalau kita terpaksa” dan penulis sepenuhnya percaya hal ini. Dari sini- lah konsep KUMMARA sebenarnya dibentuk. Penulis meli- hat, kreativitas adalah salah satu faktor utama agar seseorang bisa berhasil dalam kehidupannya. Untuk itu KUMMARA sengaja dibentuk untuk memaksa seluruh pihak yang terli- bat di dalamnya untuk terus mengembangkan kreativitasnya. Atas landasan tersebut, setiap kru KUMMARA kemudian di- tuntut untuk bisa bekerja cerdas. Penulis beranggapan bah- wa semua orang mampu bekerja keras (jika mereka mau), tetapi hanya mereka yang cukup kreatif yang akan mampu bekerja cerdas. Oleh karena itu, mengembangkan kreativitas adalah kewajiban seluruh pihak yang terlibat di KUMMARA. Kreativitasadalahlandasanutamadarisegalaprosesmarketingdan promosiyangtelah,sedang,danakandilakukandiKUMMARA. Dengan landasan kreativitan ini kita sedang mencoba menerap- kan suatu proses marketing yang “tidak biasa” (unconvesional). referensi: Belajar Kreatif (oleh Kanty Kusmayanty)
  • 4. Unconventional Marketing = Marketing KUMMARA Perkembangan teknologi yang ada telah memungkinkan kita untuk melakukan suatu revolusi marketing, unconvensional Market- ing. Dengan segala fasilitas dan teknologi yang ada,sejak awal KUMMARA telah coba mengembangkan konsep unconvensional Marketing. KUMMARA telah memanfaat- kan berbagai media online untuk segala aspek marketing dan promosi. Bahkan KUMMARA. com terbilang sebagai blog usaha kecil pertama di Indonesia yang benar-benar mampu meng- kombinasikan berbagai teknologi dan fasilitas jejaring sosial (facebook, twitter, plurk). Wa- lau demikian, hasil yang dirasakan belumlah seperti apa yang diharapkan. Berbagai strategi marketing dan promosi online dan offline kreatif yang telah dilaku- kan masih saja belum mampu men- datangkan hasil yang optimal. Mengapa?
  • 5. Konsisten Untuk Tidak KonsistenKonsisten adalah kunci ke- berhasilan. Konsisten disini berarti melakukan sesuatu dengan lebih baik, selalu lebih baik dari waktu ke waktu.Begitu juga dalam menerap- kan strategi marketing dan promosi, kemampuan untuk bisa belajar dan terus berpromosi secara konsisten adalah kunci keberhasilan. Walau telah dibekali dengan teknolo- gi dan fasilitas yang sangat memadai untuk melakukan segala bentuk pro- mosi, tanpa konsistensi segala hal tersebut tidak akan berhasil optimal. Sayangnya konsistensi atau budaya untuk bisa konsisten bukanlah satu hal yang bisa dibangkitkan dalam satu malam. Dibutuhkan kerja keras, dibutuhkan suara keras, dan dibu- tuhkan kemauan keras untuk bisa membangkitkan budaya ini. Blog, facebook, twiiter, plurk, flyer, event promo, voucher, assesories, video; apapun media promosi dan proses marketing yang coba diterapkan, akan menajdi media dan proses yang sia-sia jika tanpa dibarengi dengan konsistensi. Sejak awal, KUMMARA coba menyiapkan media dan pros- es promosi yang mengedepankan efektivitas dan biaya ren- dah. KUMMARA juga selalu coba membuka ruang dan kes- empatan bagi semua pihak untuk bisa bersama-sama terlibat aktif dealam proses marketing dan promosi KUMMARA. Penulis tidak menutup mata bah- wa berbagai pihak terutama selu- ruh keluarga besar KUMMARA telah coba ikut serta dalam proses promosi dan penulis sungguh ber- terima kasih atas segala hal terse- but. Namun sebagaimana kita lihat; kita masih belum mampu memperoleh hasil yang optimal, Tidak bisa dipungkiri, kita (terma- suk penulis tentunya) masih belum bisa konsisten untuk berpromosi melalui media dan fasilitas yang kita miliki. Perlu diingat, proses promosi bu- kanlah hanya melalui media online semata. Bahkan promosi secara langsung (offline) adalah bentuk yang paling efektif, tapi juga yang paling sulit. Ketika kita masih belum mampu menerapkan promosi online (yang sederhana dan mudah) secara kon- sisten, kapan kita akan mampu menerapkan promosi off-line se- cara baik?
  • 6. Ketika Dunia Maya Membuat Kita Berbeda Kalau penulis menggunakan baju pink ketat dengan corak bunga-bunga kemudian coba berjualan buku tentang bagaimana menjadi seorang Gentlemen mungkin akan sedikit sekali orang yang mau membeli buku yang ditawarkan. Adalah wajar menilai suatu produk dari seseorang yang menawar- kan produk tersebut. Ketika sang penjual meyakinkan tentu akan mudah menerima produk yang ditawarkan. Saat ini promosi KUMMARA yang paling gencar adalah melalui dunia maya (internet). Semua kru dan keluarga besar KUMMA- RA yang aktif di dunia maya adalah perwakilan dari KUMMA- RA. Semua orang berhak menilai KUMMARA melalui sikap dan tingkah laku kita semua, baik dalam keseharian (offline) maupun lewat aktivitas kita di dunia maya (online). Konsistensi bukan hanya penting dalam bekerja, tapi juga dalam sikap dan tingkah laku. Dunia maya menawarkan sebuah ruang tanpa batas, dimana seseorang bisa menjadi apa saja yang dia inginkan. Tapi sekali lagi, konsistensi adalah kunci penting dalam upaya promosi kita. Jika kita terbiasa berkata sopan dan santun dalam keseharian kita, bukankah juga akan lebih baik jika kita tetap berkata sopan dan santun di dunia maya? Jika kita suka berpenampilan baik dalam keseharian kita, bukankah juga lebih baik klo kita tetap berpenampilan baik di dunia maya? Ketika kita suka melihat wajah kita sendiri ketika bercermin, bukankah akan lebih baik jika kita juga melihat wajah dan nama kita mewakili kita di dunia maya? KUMMARA coba mengajak semua orang untuk berkumpul (silatur- ahmi), bermain (berkreasi), dan bergembira (berbagi). Hal ini akan sulit bisa dipercaya kalau kita semua belum mampu menunjukkan secara baik bahwa kita mampu menjalin silaturahmi dengan baik (sopan dan santun), mampu berkreasi (terus belajar), dan senang berbagi (apapun yang bermanfaat) baik dalam keseharian (offline) maupun di dunia maya (online).
  • 7. Berbagi bahagia adalah konsep dan strategi marketing KUM- MARA. Semua Kru KUMMARA wajib mencari cara paling kreatif untuk bisa berbagi bahagia dan lakukan hal tersebut secara konsisten, offline dan online. Offline: • Buka kesempatan seluas-luasnya bagi semua pihak bisa meman- faatkan fasilitas KUMMARA untuk kegiatan positif. • Desain flyer dan poster se-kreatif mungkin dan bagikan secara kon- sisten. • Kumpulkan input (saran) dari pengunjung sebanyak-banyaknya. Beri respon secepatnya dan lakukan secara konsisten. • Ciptakan berbagai produk baru yang kreatif. • Ciptakan dan kembangkan berbagai promosi kreatif secara kon- sisten • Adakan berbagai event kreatif untuk bebagi gembira. • Jalin kerjasama dengan baik atas landasan berbagi bahagia. Se- lama kita bisa membantu (untuk hal yang baik) jangan pernah ragu. Lakukan dengan kreatif dan lakukan secara konsisten. Online: • Tunjukkan kebangaan sebagai bagian dari KUMMARA • Bagi informasi tentang KUMMARA secara sopan, kreatif, dan konsisten. • Gunakan segala media yang ada untuk mempererat dan mempeluas persahabatan, bukan sebaliknya. Jaga setiap kata dan tulisan untuk mendukung tujuan tersebut. • Gunakan setiap media dan fasilitas yang ada untuk terus belajar dan berkreasi

×