Your SlideShare is downloading. ×
Secercah harapan buat Raka         “Ngapain lu ngikutin gue” sungut Oliv kesel.“yeee, ada uler makan kedondong, jangan ge-...
ngomongnya aja medhok gitu. Saking senengnya amabahasa Indonesia, ngomongnya selalu diselingi pantun.Oliv juga heran, kok ...
dan buku. Tapi dasar udah gak bakat, lagian persiapanmepet bener, jadinya malah gak karuan. Pas di tesconversation, Oliv m...
kata bunda pada Oliv. “Haaah, ngapain tuh anak, belagubanget” Oliv langsung mengomentari.“Hush, ngomong yang bener dong, t...
Oliv bertekad akan melunasi tunggakan spp Raka biarbisa sekolah lagi. Tanggung, tinggal satu semester lagidia udah ujian n...
“Tiga puluh lima!” sahut Echa“Tinggian dong,” seru Erly“Tigaaa puluhhhh limaaa” jawab Echa pakai nada lebihtinggi, kira-ki...
Ongkosnya lima ribu perak doang. Dari becak Olivmelihat plang nama panti asuhan “SAYANG BUNDA”.Kondisinya cukup memprihati...
“Lu inget, kalo’ prestasi lu meningkat, lu bakalan bisanerusin kuliah di univ. nusa bangsa gratis ka…”“ tapi….”“ demi adik...
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Serial Oliv Buku 3 Bab 2 : Secercah harapan buat raka

522

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
522
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
3
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Transcript of "Serial Oliv Buku 3 Bab 2 : Secercah harapan buat raka"

  1. 1. Secercah harapan buat Raka “Ngapain lu ngikutin gue” sungut Oliv kesel.“yeee, ada uler makan kedondong, jangan ge-er dong”jawab Raka. “alah.. udah deh nggak usah mungkir, udah2 minggu ini gue amatin lu selalu ngikutin gue ada apasih, lu mau ngapain? Mau minta tanda tangan? Lagianharusnya lu kan tinggal di asrama!” balas Oliv bertubi-tubi grubi Scooby. “ada uler makan tahu ,udah ge-er soktahu, kalo’ nggak ngerti mending nggak usah nuduhdeh” Raka menjawab kalem. Oliv sebel banget, dari tadingomongnya pake’ pantun mulu, “edi sud rahmatkartolo, maksud lo?” Oliv nggak mau kalah berbalaspantun, walaupun kata-katanya menyadur iklan tv.“pak camat jualan daleman, pak rahmat itu paman”Raka menunjuk rumah pak Rahmat yang sebelahansama rumah Oliv. Oliv jadi tersipu-sipu.“Oh…., jadi lu ponakan pak Rahmat, ya sorry deh, abis lujalan selalu dibelakang gue, jadi gue curiga lu maungapa-ngapain gue”“pake sandal jangan yang bolong, makanya jangan asalngomong!”Raka juga kesel. Sudah dua sabtu ini Raka selalu nampakberjalan mengikuti Oliv. Dasar Oliv terlalu curiga, diajadi ngomel-ngomel sama Raka. Raka adalah personilbaru kelas bahasa. Dia baru pindah dari Jogja,
  2. 2. ngomongnya aja medhok gitu. Saking senengnya amabahasa Indonesia, ngomongnya selalu diselingi pantun.Oliv juga heran, kok anak itu bisa cepat nemuin kalimatsampiran dan isi dalam setiap pembicaraannya. Sejakperistiwa itu, Oliv malu ketemu Raka. Dia rupanya salahpaham dengan sikap Raka selama ini. Maklumlah, sejakditinggal fans beratnya Aldo, Oliv yang sedang jablai jadisuka sesitif sama cowok. Hari ini ulangan bahasa Inggris dibagi, Erlydapet lima puluh, Oliv juga. Sebel deh, Mr. Alfianngajarnya bikin orang stress. Dari awal ampe akhirpelajaran ngomongnya pake’ bahasa Inggris mulu. (Yaiyalah…., namanya juga pelajaran bahasa Inggris).“dapat berapa lu?” Tanya Erly. “Gocap” Oliv menjawabsingkat. “Ngetok papan pake’ palu, kasihaaaan deh lu”Raka yang ngedenger langsung mengomentari. “Ehhh,medhok lu tuh ilangin dulu, baru nyela orang! Emang ludapet berapa?”Oliv merebut kertas ulangan Raka. Gile dapet cepek!Iiiiih sebel… sebel… sebel….“Oke sebentar lagi ada pemilihan siswa yang maudiikutin lomba debat bahasa Inggris, siapa yang bisaikutan, bakalan nraktir bakso selama satu bulan” Olivnantangin Raka.“burung dara burung perkutut, siapa takut?” Oliv kesel dilecehin anak baru kayak Raka, yangkalo’ ngomong medhoknya minta ampun deh. Paspemilihan personil yang mau diikutkan lomba debat,Oliv belajar mati-matian. Mulai dari cara ngomong (difasih-fasihin biar kelihatan kayak bule), manambahperbendaharaan kata (dengan membaca kamus bolakbalik), menambah wawasan dengan membaca koran
  3. 3. dan buku. Tapi dasar udah gak bakat, lagian persiapanmepet bener, jadinya malah gak karuan. Pas di tesconversation, Oliv malah nyampurin bahasa Indonesia,Jawa sekaligus Inggris yang bikin ketawa orang. Olivmalu bener deh, mukanya merah padam melihat Rakayang jago banget cas cis cus meskipun medhok nya gakilang. Walhasil, Oliv kalah dan gak kepilih, Raka otomatisjadi kandidat kuat untuk dikirim mewakili sekolah. Sial,bakalan habis nih uang saku Oliv! Udah tiga minggu Raka nggak kelihatan batanghidungnya. Padahal kurang seminggu lagi merekabakalan ikutan Lomba debat. Oliv emang gak kepilih jadianggota tim, tapi dia cemas juga kalo’ SMU Nusa Bangsabatal ikutan lomba. Mr. Alfian menitipkan pesan agarOliv mencari tahu keberadaannya, sebab tim debatakan pincang tanpanya. Kebetulan Mr. Alfian tahurumah Oliv berdekatan dengan rumah paman Raka.Sebenernya Oliv agak sebel juga mendapat tugas ini,tahu sendiri kan, dia masih punya utang nraktir baksosebulan? Oliv melemparkan tasnya ke ujung tempattidur. Hari Sabtu begini biasanya mudik ke rumah untuksantai sejenak. Oliv merebahkan tubuhnya diatas kasur.“Huuuuh, dasar jawa medhok! Kemana aja sih kamu?Bikin susah gue aja!” sungutnya kesal.“liv…, Oliv sayang…”“ya bunda” Oliv bangkit dan membuka pintu kamar.“Tadi tantenya Raka kesini, nitip surat buat bu Ratna,katanya Raka bakalan keluar dari SMU NUSA BANGSA”
  4. 4. kata bunda pada Oliv. “Haaah, ngapain tuh anak, belagubanget” Oliv langsung mengomentari.“Hush, ngomong yang bener dong, temennya lagikesusahan kok malah dikatain sih”“Emang ada apa bunda?”Sebulan lalu pak Rahmat ketahuan korupsi diperusahaannya, dia di berhentikan dengan tidakhormat. Otomatis penghasilan keluarga itu nggak adalagi. Rumah dan tanah udah disita, buat makan ajasusah, apalagi buat biaya sekolah Raka yang mahal.Dulu Raka memang dapat beasiswa, tapi prestasinyamenurun sejak banyak persoalan menimpa dirinya.Beasiswa lalu dicabut. Ibu dan bapaknya meninggalakibat bencana gempa di Jogja beberapa waktu lalu.Mereka lalu hidup terpisah-pisah. Raka ikut pamannya,kedua adiknya tinggal di panti. Belakangan ikutpamannya pun tak memberi harapan cerah baginya.Paman dan bibinya sering bertengkar, sehinggamengganggu konsentrasi belajarnya. Belum lagimasalah istri muda pak Rahmat yang matrialistis, bikinbibinya tambah stress. Tiga minggu ini Raka sudahpindah kembali ke Jogja, dia tinggal di panti bersamakedua adiknya. Dia juga jualan siomay keliling buatsekedar uang jajan dan sekolah adiknya. Dia harus bayartunggakan uang spp sebesar 450 ribu kalo’ mau sekolahlagi disana. Kasihan ya…Mendengar cerita bunda, mata Oliv jadi berkaca-kaca.Orang bilang don’t judge the book by its cover. Ya adabenernya juga. Raka yang medhok dan nyebelin mintaampun itu ternyata kisah hidupnya bisa bikin Oliv nangisBombay. Raka ternyata sayang keluarga dan adiknya.Aduh jadi terheru deh…., eh terharu maksudnya.
  5. 5. Oliv bertekad akan melunasi tunggakan spp Raka biarbisa sekolah lagi. Tanggung, tinggal satu semester lagidia udah ujian nasional. Lagian, tanpa Raka, tim debatnggak bisa ikutan lomba debat bahasa Inggris. Sayangbanget kan….“Ini bakalan gue jual” Oliv mengeluarkan kotak hartakarun empat sekawannya.“Jangan dong, tanda tangan Glenn Fredly yang asli ininggak boleh dijual, gue aja mintanya aja mesti rebutan,dorong-dorongan, mesti usel-uselan, lihat aja nih adacoretan sedikit di pinggir ” seru Engel sambil menciumisapu tangannya.“Kalo’ gitu tas sophie martin ini, ini kan udah lamanggak lu pake’”“Jangan gitu dong, ini masih bagus, dan ada nilaihistorisnya” jawab Kiki“Kalo’ gitu kliping kumpulan resep masakan ini,”“aduh gue nyari nya aja setengah mati, dua tahun guengumpulin ampe segini banyaknya, jangan ya Liv?” Erlymerengek“Kalian emang nggak solider, ini satu-satunya caratercepat buat dapet uang sebanyak 450 ribu dalamwaktu satu minggu. Gue nggak punya harta bendaberharga lagi buat dijual. Semua barang yang kita punyadi peti harta karun ini, kita lelang, ini demi Raka” Ketigatemennya cuma diem, sambil membatin “dasar jawamedhok bikin susah!”“Dua puluh ribu!” tawar Pompi pada sehelai kertasbertanda tangan Glenn Fredly
  6. 6. “Tiga puluh lima!” sahut Echa“Tinggian dong,” seru Erly“Tigaaa puluhhhh limaaa” jawab Echa pakai nada lebihtinggi, kira-kira a=do he he he ….“sialll….” Jawab Erly kesal.“oke, tiga puluh lima satu kali, dua kali, tiga kali… toktok tok…” Oliv mengetok palu.Selanjutnya baju daleman Kiki merek Triumph asli.Banyak banget yang nawar, termasuk Agus yang diem-diem naksir berat ama Kiki. Tapi Kiki mensyaratkanuntuk barang yang ini hanya khusus untuk cewek. Agus,dan cowok lainnya kecewa berat.Akhirnya terkumpul uang sekitar 400 rb, yah… udahngejual semua harta karun, tetep aja masih kurang.Coba ada Aldo, dia kan tajir…, kalo’ Oliv yang mintapasti dikasih deh…, ah udah ah kok jadi mikirin Aldo?Engel masih menangis memikirkan tanda tangan GlennFredly yang udah jatuh ke tangan Echa. Sebelum dikasihke Echa udah buat lap ingus dulu ama Engel. Kurang ajarbanget tuh anak! “Udah deh, kapan-kapan kalo’ diamanggung di sini lagi, kita minta tanda tangan yangbanyak oke?” hibur Oliv. “tapi kapan?” “Yaaaaa, kapan-kapan!” Bus jurusan Jogja-Purwokerto sudah memasukiterminal umbul harjo. Terlihat suasana Jogja yang hirukpikuk, antara pelajar, mahasiswa, dan turis. Uhhhh,kangennya ama Jogja… tapi inget, ini kan membawamisi kemanusiaan, cepet-cepet Oliv mencari pantiasuhan yang ditinggali Raka dan adik-adiknya. Dariterminal Oliv naik becak, ternyata gak jauh loh.
  7. 7. Ongkosnya lima ribu perak doang. Dari becak Olivmelihat plang nama panti asuhan “SAYANG BUNDA”.Kondisinya cukup memprihatinkan. Banyak anakterlantar yang cuma tidur beralaskan tikar. Usia merekaantara 1 sampai 17 tahun. Ada yang menangis mintasusu, ada yang usil ngejahilin temennya. Ada jugayang…., mit amit jabang bayi, naudzu billah, anak yangkurang beruntung, sepertinya idiot, sedang melempar-lempar benda di sekelilingnya kea rah teman-temannya.Sungguh biadab orang tua yang tega membuang anak-anak mereka. Oliv miris melihat keadaannya. Airmatanya sembab, sedih mengingat masa depan merekamasih panjang. Lalu pikirannya kembali ke Raka. Dia takingin Raka pun bernasib tragis. Dia ingin Raka bangkitdan kembali. “Ini uang buat bayar sekolah lo” Olivmenyodorkan amplop berisi uang. "burung dara burungcendrawasih, aku dan keluarga mengucapkan terimakasih,… tapi aku tak pantas menerima semua ini Liv, akubukan siapa-siapa lagi, aku sudah mengundurkan diridari sekolah itu…”“tenang ka,… ini masalah kecil, gue udah bilang kekepsek, lu boleh sekolah lagi, tanggung… tinggal satusemester lagi ka…, lagi pula, tim debat bakalan gagalikut lomba, inget? Tim udah berjuang mati-matian ditingkat kabupaten trus lu mau cuci tangan begitu aja?Plis deh ka…, demi kamu, demi tim debat, demi kitasemua…” Oliv memegang tangan Raka, diangsurkannyaamplop berisi uang itu…“Lu bakalan balik kan?” Oliv setengah berharap…
  8. 8. “Lu inget, kalo’ prestasi lu meningkat, lu bakalan bisanerusin kuliah di univ. nusa bangsa gratis ka…”“ tapi….”“ demi adik-adik lu, demi masa depan lu yang cerah….”Oliv terus nyerocos, nggak peduli apa yang dipikirkanRaka. Akhirnya Raka kembali sekolah, meskipun nggakberhasil menang lomba debat, tapi OLiv telahmenyelamatkan nasib Raka. Bukan Oliv, lebih tepatnyaTuhan masih sayang sama Raka, berkat rasa sayangRaka pula kepada adiknya, rupanya Tuhan masihmemberikan pintu rejeki padanya.

×