• Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
  • Ijin download ya....nice info.....
    Are you sure you want to
    Your message goes here
  • informasi yang bagus. membantu saya dalam tugas menanam terong. ijin download yaa..
    Are you sure you want to
    Your message goes here
No Downloads

Views

Total Views
17,232
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3

Actions

Shares
Downloads
114
Comments
2
Likes
1

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Budidaya TanamanTerongOleh :Arneray Vega H (04)Siti Mahmudah (31)XI IPA 3
  • 2. Dari berbagai macam jenis terong yangada. Kami menanam jenis terong gelatikungu atau yang biasa disebut dengan teronglalapan. Kami memulai menanam terong darisaat penyemaian hingga panen. Kemudianterong tersebut kami olah menjadi makananyang lebih inovatif. Disini kami tidakmenggunakan terong tersebut sebagailalapan seperti pada umumnya. Berikutadalah laporan kami selama menanam terongdan cara pengolahannya.
  • 3. TANAMAN TERONG
  • 4. Deskripsi Terung (Solanum melongena) merupakan tanaman setahun berjenis perdu yang dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 60-90 cm. Daun tanaman ini lebar dan berbentuk telinga. Bunganya berwarna ungu dan merupakan bunga yang sempurna, biasanya terpisah dan terbentuk dalam tandan bunga.
  • 5. Jenis – Jenis Terong Terong Telunjuk Terong Gelatik Ungu Terong Gelatik Putih Terong Jepang Terong Putih Terong Belanda
  • 6. TERONGTELUNJUK Orang menyebutnya terong telunjuk karena bentuknya memang mirip jari telunjuk. Warnanya hijau dan tidak terlalu besar. Cocok diolah menjadi semur, balado atau dipecak terong.
  • 7. TERONGGELATIK UNGU Sebagian orang menyebutnya terong lalap karena biasanya di makan mentah sebagai lalapan. Rasanya tidak pahit dan aromanya tidak terlalu langu. Bentuknya bulat sebesar bola bekel dan berwarna ungu.
  • 8. TERONGGELATIK PUTIH Bentuk dan besarnya sama dengan gelatik ungu. Perbedaannya terletak pada warna kulit yang hijau dengan semburat putih pada bagian ujung buah. Cocok sebagai lalapan atau di olah menjadi terancam dan karedok.
  • 9. TERONG JEPANG Banyak digunakan masyarakat Jepang sebagai bahan membuat tempura sayuran. Bentuknya mirip dengan terong kopek namun dengan warna lebih gelap(ungu tua) dan lebih kecil.
  • 10. TERONG PUTIHTerong pendatang baru yang belum banyak dipasaran. Bentuknya hampir sama dengan terongJepang namun sedikit lebih besar. Warna kulit putihbersih, sangat lezat diolah sebagai tumisan, diisidaging atau campuran olahan pasta.
  • 11. TERONNGBELANDATerong Belanda(Cyphomandra betacea) lebih banyakdikonsumsi sebagai buah, baik di makan segar,dibuat sirup atau dijuice. Bentuknya oval sebesartelur. Sewaktu muda warnanya kuning dan seiringdengan matangnya buah, kulit buah berubah menjadikeunguan. Terong ini rasanya asam menyegarkan
  • 12. Manfaat Terong
  • 13. Mengatasi epilepsi Terong memiliki kandungan skopolamin, striknin, skoparon, dan skopoletin sehingga dapat membantu mengatasi penyakit epilepsi beserta gejalanya yang meliputi gugup/sawanan, hingga kekejangan saraf.
  • 14. Menghambat kerusakanpembuluh darah Manfaat terong ini dapat kita peroleh karena buah terong memiliki kemampuan untuk menekan dan mengatasi arterosklerosis atau bisa juga disebut sebagai buah penetral kerusakan pembuluh arteri. Dengan adanya kemampuan ini, buah terong dapat mengatasi timbunan lemak dan mengatasi gangguan transportasi darah pada pembuluh arteri.
  • 15. Mengatasi Kanker danSebagai Kontrasepsi Buah terong merupakan buah yang sangat bagus untuk membantu mengurangi serangan kanker. Buah ini mengandung tripsin (protease) inhibitor yang dapat melawan zat pemicu kanker. Jus terong yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu mengatasi kerusakan yang terjadi pada sel yang mengalami penyimpangan kromosom/terkena kanker. Buah terong memang dikenal dapat menjadi antikanker. Di Nigeria, masyarakatnya menggunakan terong sebagai kontrasepsi untuk para pria. Mereka meyakini bahwa terong dapat mengatasi gugup. Hal ini terbukti setelah dilakukan penelitian dengan memberikan makanan terong ke hewan marmut.
  • 16. Hama Tanaman Terong
  • 17. Kumbang Daun(Epilachna spp.) Gejala serangan adanya bekas gigitan pada permukaan daun sebelah bawah Bila serangan berat dapat merusak semua jaringan daun dan tinggal tulang-tulang daun saja Cara pengendalian; kumpulkan dan musnahkan kumbang, atur waktu tanam, pencegahan dengan PESTONA atau PENTANA + AERO 810 setiap 1-2 minggu sekali.
  • 18. Kutu Daun(Aphis spp.) Menyerang dengan cara mengisap cairan sel, terutama pada bagian pucuk atau daun-daun masih muda Daun tidak normal, keriput atau keriting atau menggulung Sebagai vektor atau perantara virus Cara pengendalian; mengatur waktu tanam dan pergiliran tanaman, pencegahan semprot PENTANA + AERO 810 atau Natural BVR setiap 1-2 minggu sekali.
  • 19. Tungau(Tetranynichus spp.) Serangan hebat musim kemarau. Menyerang dengan cara mengisap cairan sel tanaman, sehingga menimbulkan gejala bintik-bintik merah sampai kecoklat-coklatan atau hitam pada permukaan daun sebelah atas ataupun bawah. Cara pengendalian sama seperti pada pengen dalian kutu daun.
  • 20. Ulat Buah(Helicoverpa armigeraHubn.) Bersifat polifag, menyerang buah dengan cara menggigit dan melubanginya, sehingga bentuk buah tidak normal, dan mudah terserang penyakit busuk buah. Cara pengendalian; kumpulkan dan musnahkan buah terserang, lakukan pergiliran tanaman dan waktu tanam sanitasi kebun, pencegahan semprotkan PESTONA atau PENTANA + AERO 810 setiap 1-2 minggu sekali
  • 21. Penyakit Tanaman Terong
  • 22. Layu Bakteri Penyebab : bakteri Pseudomonas solanacearum Bisa hidup lama dalam tanah Serangan hebat pada temperatur cukup tinggi Gejala serangan terjadi kelayuan seluruh tanaman secara mendadak
  • 23. Busuk Buah Penyebab : jamur Phytophthora sp., Phomopsis vexans, Phytium sp. Gejala serangan adanya bercak- bercak coklat kebasahan pada buah sehingga buah busuk.
  • 24. Bercak Daun Penyebab : jamur Cercospora sp, Alternaria solani, Botrytis cinerea Gejala bercak-bercak kelabu- kecoklatan atau hitam pada daun
  • 25. Antraknose Penyebab : jamur Gloesporium melongena Gejala bercak-bercak melekuk dan bulat pada buah lalu membesar berwarna coklat dengan titik-titik hitam
  • 26. Syarat Tumbuh Terung sangat mudah dibiakkan karena ia dapat hidup di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi sekitar 1.200 m dpl. Namun demikian, tanah itu harus memiliki cukup banyak kandungan bahan organik dan berdrainase baik. Selain itu, pH tanah harus berkisar antara 5-6 agar pertumbuhannya optimal. Jenis tanah yang paling baik, jenis lempung berpasir, subur, kaya bahan organik, aerasi dan drainase baik. Waktu tanam yang baik adalah saat musim kering.
  • 27. PENYEMAIAN Bibit yang akan kami semai bukanlah bibit yang dijual di toko – toko tetapi kami memperoleh bibit tersebut dari tanaman terong milik tetangga. Kami meminta terong yang sudah tua dan kering untuk kami semaikan. Sebelum malakukan penyemaian bibit terlebih dahulu siapkan alat dan bahan yang diperlukan yaitu : polybag, sekop, gembor, tanah, air dan bibit terong.
  • 28. Langkah – langkah penyemaian : Isi polybag dengan media yaitu tanah. Sebar bibit terong dan beri jarak agar nantinya akar tanaman terong tidak menyatu satu sama lain. Tutup benih tersebut dengan tanah tipis Kemudian ditutup dengan daun pisang Setelah beberapa hari dan benih tampak berkecambah muncul, buka penutupnya Siram persemaian pagi dan sore hari. Perhatikan serangan hama dan penyakit sejak di penyemaian. Setelah berumur 1-1,5 bulan atau berdaun empat helai siap dipindahtanamkan
  • 29. PENANAMAN Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menanam terong adalah sekop, pot, gembor, tanah, air dan tanaman terong. Sedangkan langkah – langkah untuk menanam terong tersebut adalah : Isi pot dengan media yaitu tanah. Pilih bibit yang tumbuh subur dan normal Tanam bibit di lubang tanam secara tegak lalu tanah di sekitar batang dipadatkan Siram lubang tanam yang telah ditanami hingga cukup basah (lembab)
  • 30. PERAWATAN Untuk perawatan tanaman terong kami melakukan penyiraman rutin tiap hari, terutama pada fase awal pertumbuhan dan cuaca kering. Setelah tanaman dewasa (mulai setelah penanaman hingga panen) kami jarang menyirami tanaman terong kami karena tanahnya sudah lembab terkena air hujan yang hampir setiap hari turun hujan. Tanaman terong kami sempat terserang hama belalang namun kami segera melakukan pencegahan agar serangan tersebut tidak berkelanjutan. Hingga akhirnya tanaman terong kami dapat berbunga.
  • 31. PENGOLAHAN Dalam pengolahan ini kami memasak erong kami menjadi terong balado.
  • 32. Bahan – bahan : Terong Bawang merah Bawang putih Cabai Kemiri Daun jeruk purut Serai Kencur
  • 33. Cara pembuatan : Terong dipotong-potong kecil kemudian dicuci dan digoreng setengah matang. Cuci bersih cabai, bawang merah, bawang putih,kemiri, daun jeruk purut, serai, dan kencur lalu digiling kasar menggunakan blender. Siapkan wajan, tuang minyak goreng secukupnya. Tumis bumbu yang digiling tadi hingga minyaknya berwarna bening. Baru masukkan terong yang sudah digoreng, aduk rata, sajikan.