Pembelajaran-3 (Jaringan Komputer) Pengenalan Protocol Jaringan

1,018 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,018
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
71
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pembelajaran-3 (Jaringan Komputer) Pengenalan Protocol Jaringan

  1. 1. Pembelajaran 3 Jaringan Komputer Kelompok Studi Linux – UNG 2013 Pengenalan Protocol Jaringan
  2. 2. Protocol Menurut saya : Protocol adalah sebuah bahasa yang dimengerti dan digunakan untuk saling bertukar informasi.
  3. 3. Protocol jaringan Protokol adalah himpunan aturan-aturan main yang mengatur komunikasi data. Protokol mendefinisikan apa yang dikomunikasikan bagaimana dan kapan terjadinya komunikasi. Atau himpunan-himpunan yg memungkinkan komputer satu dapat berhubungan dengan komputer lain.
  4. 4. Elemen-elemen penting dalam protokol (1) Syntax mengacu pada struktur atau format data, yang mana dalam urutan tampilannya memiliki makna tersendiri. Sebagai contoh, sebuah protokol sederhana akan memiliki urutan pada delapan bit pertama adalah alamat pengirim, delapan bit kedua adalah alamat penerima dan bit stream sisanya merupakan informasinya sendiri.
  5. 5. Elemen-elemen penting dalam protokol : (2) Semantics mengacu pada maksud setiap section bit. Dengan kata lain adalah bagaimana bit-bit tersebut terpola untuk dapat diterjemahkan. Timing mengacu pada 2 karakteristik yakni kapan data harus dikirim dan seberapa cepat data tersebut dikirim. Sebagai contoh, jika pengirim memproduksi data sebesar 100 Megabits per detik (Mbps) namun penerima hanya mampu mengolah data pada kecepatan 1 Mbps, maka transmisi data akan menjadi overload.
  6. 6. Konsep Bilangan Komputer ● Bilangan Biner ● Bilangan Oktal ● Bilangan Heksadesimal
  7. 7. Bilangan Biner (1) Sistem bilangan biner atau sistem bilangan basis dua adalah sebuah sistem penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 dan 1. Sistem bilangan biner modern ditemukan oleh Gottfried Wilhelm Leibniz pada abad ke-17. Sistem bilangan ini merupakan dasar dari semua sistem bilangan berbasis digital.
  8. 8. Bilangan Biner (2) Sistem ini juga dapat kita sebut dengan istilah bit, atau Binary Digit. Pengelompokan biner dalam komputer selalu berjumlah 8, dengan istilah 1 Byte/bita. Dalam istilah komputer, 1 Byte = 8 bit. Kode-kode rancang bangun komputer, seperti ASCII, American Standard Code for Information Interchange menggunakan sistem peng-kode-an 1 Byte.
  9. 9. Bilangan Biner (3) “Power of Two Concept” Contoh: mengubah bilangan desimal menjadi biner Desimal = 10. 10 : 2 = 5 -sisa>(0) 5 : 2 = 2 -sisa>(1) 2 : 2 = 1 -sisa>(0) 1 : 2 = 0 -sisa>(1) sisa hasil bagi dibaca dari belakang menjadi = 1010
  10. 10. Bilangan Oktal Oktal atau sistem bilangan basis 8 adalah sebuah sistem bilangan berbasis delapan. Simbol yang digunakan pada sistem ini adalah 0,1,2,3,4,5,6,7
  11. 11. Bilangan Heksadesimal Heksadesimal atau sistem bilangan basis 16 adalah sebuah sistem bilangan yang menggunakan 16 simbol. Berbeda dengan sistem bilangan desimal, simbol yang digunakan dari sistem ini adalah angka 0 sampai 9, ditambah dengan 6 simbol lainnya dengan menggunakan huruf A hingga F. Sistem bilangan ini digunakan untuk menampilkan nilai alamat memori dalam pemrograman komputer.
  12. 12. Heksadesimal
  13. 13. Pengenalan Jenis-Jenis Protocol Dasar Jaringan Komputer
  14. 14. TCP Transmission Control Protocol (TCP) adalah suatu protokol yang berada di lapisan transpor (baik itu dalam tujuh lapis model referensi OSI atau model DARPA) yang berorientasi sambungan (connection-oriented) dan dapat diandalkan (reliable). TCP dispesifikasikan dalam RFC 793.
  15. 15. UDP User Datagram Protocol merupakan sebuah mekanisme pengiriman datagram antaraplikasi. Pesan UDAP memuat nomor port sumber dan tujua. UDP dapat menghantarkan pesan ke penerima yang tepat, dan selanjutnya penerima dapat merespon. UDP menggunakan IP untuk mentransportasikan pesan diantara mesin.
  16. 16. Sekian, dan Terimakasih Semoga bermanfaat “Tetap semangat untuk belajar jaringan” @kslung1

×