Program Kelas Karyawan
Artikel Komputer Masyarakat
(Kelas Elearning TM-5)
“ Komputer Dalam Pemerintahan “
Created By Krist...
Komputer Masyarakat Page 1
KOMPUTER DALAM PEMERINTAHAN
Pemerintah pada dasarnya adalah pelayan masyarakat yang selalu beru...
Komputer Masyarakat Page 2
Ada tiga model penyampaian E-Government, antara lain :
1. Government-to-Citizen atau Government...
Komputer Masyarakat Page 3
PEMANFAATAN UTAMA KOMPUTER DALAM e-GOVERNMENT
a) Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyar...
Komputer Masyarakat Page 4
h) Terdapatnya informasi transportasi, informasi valuta asing, serta info tentang tinggi
muka a...
Komputer Masyarakat Page 5
• Aplikasi kepegawaian
Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN) adalah badan yang
mengadmin...
Komputer Masyarakat Page 6
Komputer telah memegang peran yang penting di masyarakat. Dari mulai pengaturan
lalulintas, pen...
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Komputer dalam pemerintahan

2,864

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
2,864
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
128
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Komputer dalam pemerintahan

  1. 1. Program Kelas Karyawan Artikel Komputer Masyarakat (Kelas Elearning TM-5) “ Komputer Dalam Pemerintahan “ Created By Kristiani / 41811120028 (Sistem Informasi)
  2. 2. Komputer Masyarakat Page 1 KOMPUTER DALAM PEMERINTAHAN Pemerintah pada dasarnya adalah pelayan masyarakat yang selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanannya dari waktu ke waktu. Pemerintah di negara manapun di dunia ini, merupakan administrator data yang besar. Data merupakan salah satu bagian yang amat penting dalam administrasi pemerintahan. Lancarnya pelayanan amat tergantung dari kelengkapan data. Berbagai jenis data seperti data kependudukan, perdagangan, kesehatan, industri, pegawai negeri, angkatan bersenjata, dll membuat pemerintah merupakan pemakai komputer terbesar. Berbagai jenis komputer digunakan untuk menunjang administasi pemerintahan. E-GOVERNMENT The World Bank Group mendefinisikan e-government sebagai: E-government mengarahkan untuk penggunakan TI oleh semua agen pemerintahan (seperti WAN, internet, mobile computing) yang mempunyai kemampuan untuk mengubah hubungan dengan masyarakat, bisnis, dan pihak yang terkait dengan pemerintahan. Definisi lain dari referensi lain: electronic government, or "e-government," el- government adalah merupakan proses transaksi bisnis antara public dan pemerintah dengan menggunakan system secara otomatis dan jaringan internet, yang mengarah pada word wide web) e-government adalah menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ict) untuk mempromosikan pemerintahan yang lebih effisien dan penekanan biaya yang efektif, kemudahan fasilitas layanan pemerintah serta memberikan akses informasi terhadap masyarakat umum, dan membuat pemerintahan lebih bertanggungjawab kepada masyarakat. Melihat dari dua pengertian di atas saya menyimpulkan, e-government adalah semua kegiatan penyelenggaran pemerintahan yang berbasis elektronik untuk memaksimalkan fungsi kerja pemerintahan dan memberikan transparansi kegiatan pemerintahan kepada masyarakat luas. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis.
  3. 3. Komputer Masyarakat Page 2 Ada tiga model penyampaian E-Government, antara lain : 1. Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C) Adalah penyampaian layanan publik dan informasi satu arah oleh pemerintah ke masyarakat, Memungkinkan pertukaran informasi dan komunikasi antara masyarakat dan pemerintah. Contohnya G2C : Pajak online, mencari Pekerjaan, Layanan Jaminan sosial, Dokumen pribadi (Kelahiran dan Akte perkawinan, Aplikasi Paspor, Lisensi Pengarah), Layanan imigrasi, Layanan kesehatan, Beasiswa, penanggulangan bencana. 2. Government-to-Business (G2B) Adalah transaksi-transaksi elektronik dimana pemerintah menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan bagi kalangan bisnis untuk bertransaksi dengan pemerintah.Mengarah kepada pemasaran produk dan jasa ke pemerintah untuk membantu pemerintah menjadi lebih efisien melalui peningkatan proses bisnis dan manajemen data elektronik. Aplikasi yang memfasilitasi interaksi G2B maupun B2G adalah Sistem e-procurement. Contoh : Pajak perseroan, Peluang Bisnis, Pendaftaran perusahaan, peraturan pemerintah (Hukum Bisnis), Pelelangan dan penjualan yang dilaksanakan oleh pemerintah, hak paten merk dagang, dll. 3. Government-to-Government (G2G) Adalah Memungkinkan komunikasi dan pertukaran informasi online antar departemen atau lembaga pemerintahan melalui basisdata terintegrasi. Contoh : Konsultasi secara online,blogging untuk kalangan legislative, pendidikan secara online, pelayanan kepada masyarakat secara terpadu.
  4. 4. Komputer Masyarakat Page 3 PEMANFAATAN UTAMA KOMPUTER DALAM e-GOVERNMENT a) Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat. Informasi dapat disediakan 24 jam, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor . Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan. b) Peningkatan hubungan antara pemeritah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum. Adanya keterbukaan [transparansi ] maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari semua pihak. c) Pemberdayaan msyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Sebagai contoh, data-data tentang sekolah; jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilih sekolah yang pas untuk anaknya. d) Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien. Sebagai contoh, koordinasi pemerintahan dapat dilakukan melaluji e-mail atau bahkan vidio confernce. e) Tenologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar. f) e-government juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri. g) Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah. Selain tampilan dan paduan warna yang menarik, informasi-infromasi yang disajikan sangatlah lengkap dan up to date.
  5. 5. Komputer Masyarakat Page 4 h) Terdapatnya informasi transportasi, informasi valuta asing, serta info tentang tinggi muka air. i) Website ini mencakup banyak aspek seperti hukum, agama, sosial dan budaya, bisnis dan kawasan bisnisnya, pendidikan, dan sebagainya. j) Semua terbuka untuk pemerintah dan masyarakat. KONSEP DAN MISI e-GOVERNMENT Revolusi di bidang Teknologi informasi dan komunikasi telah menghasilkan informasi dan komunikasi teknologi tinggi yang dikenal sebagai ICT. Penerapan ICT sudah banyak dipraktekkan dalam administrasi pembangunan dan pelayanan pemerintah. Pelaksanaan pemerintahan elektronik (e-Government) dalam proses pemerintahan birokrasi adalah salah satu contoh aplikasi ICT. Di Indonesia, Instruksi Presiden No 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government telah dirilis. Dengan memberlakukan undang-undang ini, pemerintah daerah memiliki lebih kekuatan hukum dalam menerapkan e-government. Secara umum, kemajuan ICT dapat membantu dan membuat komunikasi di masyarakat, organisasi, dan lebih mudah banyak individu. Meskipun tujuannya positif atau negatif, ICT dianggap membuat penggunanya jauh lebih sederhana dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam banyak kasus implementasi e-Government dengan menggunakan TIK di Indonesia telah gagal. Hal ini menunjukkan bahwa tujuan dan fungsi e-Government hanyalah sebatas sebagai penyedia akses informasi kepada publik sedangkan fungsi dan hakekatnya terabaikan. Selanjutnya, "band wagon" fenomena telah datang, dimana pemanfaatan inovasi teknologi informasi melalui e-Government di beberapa pemerintah daerah hanyalah kecenderungan untuk mengikuti orang lain. APLIKASI KOMPUTER YANG DITERAPKAN PADA BADAN PEMERINTAHAN Berikut ini adalah jenis –jenis aplikasi yang penting yang menunjang kegiatan- kegiatan pemerintahan secara langsung baik yang bersifat operasional maupun yang mengarah kepada terciptanya kebijakan-kebijakan dalam masalah kenegaraan.
  6. 6. Komputer Masyarakat Page 5 • Aplikasi kepegawaian Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN) adalah badan yang mengadministrasikan seluruh data kepegawaian. Aplikasi pengolahan datanya meliputi : kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, mutasi pegawai, penentuan masa pensiun. • Aplikasi di pemerintahan daerah Aplikasi komputer yang digunakan meliputi : bidang kependudukan (KTP), kepegawaian tingkat daerah, pajak-pajak daerah, perumahan dan lalu lintas. • Surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK) Dibandingkan dengan negara-negara maju, perkembangan aplikasi komputer dalam pemerintahan Indonesia tergolong lambat. Hal ini disebabkan karena : Biaya. Sistem administrasi pemerintahan masih dalam proses pengembangan. Jadi, secara umum permasalahan yang timbul dengan adanya komputerisasi di pemerintahan belum cukup besar untuk dipermasalahkan secara nasional. Sedangkan di negara-negara maju, perkembagan aplikasi komputer dalam bidang pemerintahan berlangsung dengan cepat, sehingga komputerisasi mulai menimbulkan masalah di negara- negara tersebut. ISU SOSIAL DAN MASALAH Kemajuan teknologi komputer selain memberi dampak positif juga menimbulkan dampak negatif yang kurang diperhitungkan sebelumnnya. Teknologi memberikan banyak keuntungan pada masyarakat seperti komunikasi yang lebih baik, transportasi yang lebih cepat dan lebih aman, penyelesaian pekerjaan yang lebih cepat dan akurat serta efisiensi dalam penggunaan tenaga kerja. Walaupun tidak terungkap secara terbuka selalu ada perasaan takut di kalangan masyarakat bahwa akhirnya manusia menjadi budak dari mesin yang diciptakannya sendiri karena banyak posisi penting dalam pekerjaan yang diambil alih oleh mesin dengan alas an biaya, kecepatan kerja dan ketelitian. Banyak kalangan yang berpendapat bahwa mesin pandai akan terwujud dan memasyarakat. Mereka percaya bahwa keberadaan mesin ini akan amat bermanfaat yang akan menindih dampak negatifnya.
  7. 7. Komputer Masyarakat Page 6 Komputer telah memegang peran yang penting di masyarakat. Dari mulai pengaturan lalulintas, pengendalian penerbangan, pencarian informasi sampai kepada permainan video yang sangat digemari. Banyak produk teknologi lain yang amat meningkat mutunya setelah memanfaatkan komputer sebagai komponennya. Sejalan dengan keuntungan yang ditimbulkan komputer, muncul permasalahan sosial yang cukup memerlukan perhatian. Banyaknya penggunaan komputer di berbagai bidang seperti robot dalam industri, otomasi perkantoran, sistem uang elektronik, komputer pribadi, sistem informasi perumahan dan berkembangnya aplikasi dari kecerdasan buatan menimbulkan permasalahan sendiri di masyarakat. Isu sosial yang mengena meliputi lingkup pekerjaan, kesehatan, tanggung jawab, citra pribadi dan kepentingan nasional. Sejak pemunculannya yang pertama, komputer telah menimbulkan perasaan takut dan prihatin. Walaupun keakraban terhadap komputer meningkat akhir-akhir ini, gambaran yang wajar tentang peran komputer yang sesungguhnya di dalam berbagai bidang pekerjaan perlu untuk di masyarakatkan. - Terima Kasih -

×