• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Panduan  Membuat  Wordpress
 

Panduan Membuat Wordpress

on

  • 4,731 views

 

Statistics

Views

Total Views
4,731
Views on SlideShare
4,703
Embed Views
28

Actions

Likes
3
Downloads
247
Comments
0

7 Embeds 28

http://manajemenkoprasi.blogspot.com 9
http://dotproductions.wordpress.com 8
http://o-zone.jimdo.com 5
http://www.slideshare.net 2
http://www16.jimdo.com 2
http://rekasya.blogspot.com 1
http://bahasadalampnp.blogspot.com 1
More...

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Adobe PDF

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Panduan  Membuat  Wordpress Panduan Membuat Wordpress Document Transcript

    • Total Guide : Membuat Blog Wordpress ! A. Pendahuluan Wordpress merupakan sebuah Tools Opensource yang ditulis dalam kode pemprograman PHP dan membutuhkan Database MySQL. Sebenarnya Wordpress merupakan Bloging tools tetapi dia memiliki keleluasaan sehingga yang tadinya hanya bias digunakan untuk Blog dapat dikembangkan menjadi sebuah CMS yang serba guna. Sebagai contoh adalah blog saya sendiri www.nafasku.com merupakan website yang dibangun menggunakan aplikasi Wordpress. Seperti yang Anda lihat, website saya gabungan antara Blog dan juga unsur website yang lain (seperti page-page : galery, About me, dll). Panduan ini akan membahas menggunakan blog wordpress seperti di www.nafasku.com dengan hosting dan domain sendiri secara gratis. B. Langkah-langkah Langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat sebuah site Worpress yang utuh adalah pertama-tama kita harus memiliki web server agar situs yang kita miliki dapat dilihat orang. Tidak usah takut, kita akan menggunakan web hosting gratis yang mensuport segala kebutuhan untuk installasi Wordpress yaitu hosting yang mendukung PHP dan juga MySQL. Untuk turoturial ini saya menggunakan webhosting www.orgfree.com. Setelah itu tools yang Anda butuhkan adalah sebuah FTP tool. Sangat banyak sekali tools FTP yang freeware, diantarana adalah FileZila http://www.sourceforge.net/projects/filezilla. Ketiga adalah source Wordpress yang bisa di download di: http://wordpress.org/download/ C. Mendaftarkan Diri di WebHosting Gratis Ada dua yang bisa saya gunakan dengan gratis, yaitu: www.orgfree.com dan www.byethost.com keduanya menawarkan free space dan semua yang dibutuhkan untuk membuat situs dengan Wordpress.
    • Bukalah halaman utama www.orgfree.com yang akan muncul seerti gambar di bawah ini: Scroll ke bawah layar sampai menemukan form quick registrasion: Isikan alamat yang Anda inginkan. Sebagai catatan saja, nama yang anda masukan di form tersebut akan menjadi alamat website Anda nantinya. Bila berhasil, Anda akan dibawa ke halaman penuh Form yang harus Anda isi untuk melakukan registrasi. Ikuti saja apa yang mereka inginkan. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan email konfirmasi dan seluruh data account Anda. Sampai disini semuanya sudah beres. Selanjutnya And abisa lanjut ke lengkah berikutnya.
    • Untuk Anda yang ingin menggunakan www.byethost.com Anda bisa mencobanya sendiri. Registrasinya terhitung jauh lebih mudah dibandingkan di www.orgfree.com. Sebagai catatan pilihlah plan yang mendukung MySQL(bukan yang Storage ataupun Trafic). Tetapi setelah selesai setup webhosting, Anda harus login ke dalam Control panel (CP) untuk membuat account FTP sendiri. Caranya: Pilih menu seperti pada gambar berikut ini:
    • Isilah field “Username”,” password” dan “password repeat” yang lain biarkan saja apa adanya. Bila berhasil akan muncul keluaran seperti berikut ini: Okey, untuk setup registrasi serer selesai D. Download Wordpress Source Wordpress source bisa di download di http://wordpress.org/download/ untuk mendownloadnya tidak dikenakan biaya. File yang di download sekitar 500 KB lebih. Setelah selesai, Unzip file tersebut. Setelah selesai di unzip, maka akan muncul sebuah folder bernama “Wordpress” di dalam folder tersebut berisi banyak sekali file-file ber-ekstensi PHP yang nantinya kita upload. Tak usah kawatir, kita tidak akan membukanya kemudian menelisiri satu demi satu line codingnya. Seperti yang sudah saya ucapkan, semuanya bisa selesai tanpa coding!
    • E. Setting Control Panel Server Okey, next step! Setelah kita punya webhosting, dan juga sudah ada source code dari Wordpress,kita harus melakukan setting untuk Databasenya. Caranya sebagai berikut (untuk yang hosting di Byethost): Masukan nama database yang diinginkan(cek option “Use numerical ID), kemudian klik “Add” bila berhasil akan mucul tampilan seperti di bawah ini: Langkah selajutnya adalah menambahkan user untuk database yang ada, dengan cara klik “Add SQL user”
    • Ingat kasih tanda cek pada option ”use Numerical ID” untuk mengurangi kemungkinan kegagalan. Untuk User yang menggunakan hosting www.orgfree.com Anda tidak butuh melakukan hal-hal tersebut karena sudah dibuatkan oleh pihak admin. Tetapi jikalau Anda ingin menginstall banyak aplikasi, orgfree memiliki kekurangan karena hanya bisa memberi database sebanyak satu saja, tetapi untuk yang di Byethost dapat memiliki sampai 10 Database(atau minimal 2 SQL database). Sampai saat ini, persiapan webhosting telah selesai! Next step!!!! F. Upload using FTP program Semua source code dari Wordpress (yang tadi sudah kita download) harus di Upload ke server kita. “How to Upload Them??? It’s Easy!!!” Gunakan FTP tools seperti FileZila yang bisa di download di: http://www.sourceforge.net/projects/filezilla . FTP tools ini freeware dan sangat mudah digunakan.
    • Untuk menguploadnya, pertama-tama kita harus melakukan beberapa hal sebagai berikut (supaya bisa kita lakukan lagi tanpa harus mengingat- ingat accont kita) hal ini dilakukan apabila menggunakan komputer pribadi. 1. Pilih “File >> Site Manager” sampai kotak dialog Site manager keluar Kemudian pilih “New Site” kemudian isilah nama situsnya 2. kemudian isilah seperti contoh di bawah ini(untuk Host, disesuaikan dengan server, lihat di email konfirmasi pendaftaran web hosting yang Anda terima), username dan password juga disesuaikan dengan langkah-langkah sebelumnya (untuk Byethost, untuk yang di orgfree, lihat di email konfirmasi). klik “save and exit” kemudian pilih conect ke server yang Anda 3. mau dengan mengeklik icon di kiri atas. Kemudian program FTP akan melakukan koneksi. Apabila koneksi berhasil, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini!
    • Untuk pengguna Byethost: Untuk pengguna OrgFree: 4. Untuk pengguna Byethost masuklah ke folder htdocs dan hapuslah semua isinya, untuk orgfree, hapus semua files yang ada di main directory (diatas ada 3 files dan satu folder) Pilih folder Wordpress Anda, kemudian bukalah folder tersebut. 5. Kemudian pilih semua file di dalam diretory tersebut. Kemudian klik kanan dan pilih “upload” Tunggulah sampai proses Upload selesai
    • catatan: Sebaiknya Anda mengupload sedikit demi sedikit untuk menghindari error. Setelah selesai, berati Upload file telah selesai!!! 6. Jangan tutup dulu FT tools Anda karena kita masih sedikit bermain dengannya. G. Setting Setup Sebelum kita mulai setup, kita lihat kembali FTP Anda. Di sebelah kanan setiap file yang berada di server ada seperti huruf-huruf aneh seperti ini: Itu adalah permission atau dengan kata lain status tersebut menentukan apakah directory atau file tersebut bisa “dibaca(R)”, “Ditulis(W)” dan “Execute(X)”. Apabila satu file saja permissionnya tidak benar, maka Wordpress tiak akan bisa berjalan. Maka lakukan beberapa hal berikut ini: 1. Klik kanan pada directory atau file-file berikut ini(tahan Control lalu click file/foldernya): Main folder(ex: public_html bila ada) wp-admin wp-content wp-includes wp-config.php 2. Kemudian klik kanan dan pilih “File Attributes” maka akan muncul kotak daialog seperti ini:
    • 3. Ubah permission tiap file/folder diatas(point satu) menjadi: main folder : Owner/Group/Public beri tanda cek semua wp-admin : Owner cek semua, Group dan Public read dan execute saja wp-content : cek semua wp-includes : sama seperti wp-admin wp-config.php : cek semua 4. bila semua sudah selesai, Anda bole menutup FTP Anda karena kita mulai bekerja di browser. Langkah pertama, Buka browser Anda. Bukalah alamat situs Anda. Maka akan muncul layar seperti ini jika berhasil: create a wp-config.php file through a web interface setelah di Piliha dan klik klk akan muncul tampilan berikutnya:
    • Klik “Let’s go” dan selanjutnya Anda diminta mengisi informasi Database MySQL yang akan digunakan: Isilah dengan informasi sesuai dengan langkah “E” bila benar akan muncul pesan: right sparky! You've made it through this part of the installation. WordPress can now “All communicate with your database. If you are ready, time now to run the install!” Anda tinggal mengeklik link “Run The install” dan anda akan dibawa ke langkah berikutnya. Dan munculah halaman set-up dari Wordpress:
    • Klik “First Step” dan kemudian akan muncul halamana berikutnya sbb: Isilah kedua field diatas (Bisa diganti nantinya) kemudian klik “Continue to Second Step” Hati-hatilah di second step, karena bila Anda sampai salah melangkah, Anda harus mengulangi setup dari awal!
    • Selamat!!! Anda telah memiliki Blog sendiri!!! Sekarang yang harus Anda lakukan adalah mengcopy password (Jangan gunakan ctrl+C kalau Anda tidak yakin pada keyoard Anda) lalu bukalah link di bawahnya di window Baru! Login dengan account Anda! Username Anda : “admin” dan password Anda seperti yang tertera dalam halaman sebelumnya!
    • Yup kini Anda telah masuk di Admin Control Panel!! Disini Anda mengelola seluruh isi Blog Anda dengan mudah! Okey, semenjak kita mendapat password yang aneh dan sulit diingat, Anda bisa merubahnya menjadi password yang mudah Anda ingat. Caranya, pergilah ke User Admin Control Panel, dengan mengeklik pilihan user di menu bagian atas. Lihatlah gambar berikut: Di bagian kanan bawah tuliskan Password Anda yang baru sebanyak dua kali, kemudian klik “Update Profile” Ok Sekarang Sudah beres. Sekarang kita melangkah ke Langkah berikutnya! H. Managing Wordpress Okey sekarang saya akan mencoba menjelaskan beberapa hal yang penting. Beberapa yang penting diantaranya yaitu: 1. Post & membuat Page 2. managing (edit&Delete post/Page, Add/remove categories, Edit/Delete Comment, Awaiting Moderation) 3. Link (Add/remove Link & Add/edit/remove Link categories)
    • 4. Presentation (themes) Kita mulai saja mulai dari yang paling dasar: Posting Posting berarti membuat tambahan isi pada Blog kita. Ada dua jenis post. Pertama posting ‘Post’ dan yang kedua pasting “page” Bedanya dimana? Cobalah Anda pilih “Write>>Write Post” ketikan sesuatu disana kemudian tekan publish. Lalu Pilih sekali lagi pilih “Write>>Write Page” kemudian tulis sesuatu disana dan tekan “publish” Setelah Anda melakukan keduanya, sekarang lihat di bagian atas halaman Anda sekarang (sebelah kiri) kemudian bukalah di halaman baru (view Site>>). Dan seharusnya Anda mendapatkan tampilan seperti ini: Bila Anda membuka salah satu page, maka akan muncul tampilan seperti ini:
    • Sudah keliatan kan bedanya? Post merupakan inti dari Blog kita ini. Jadi kita bisa membuat post sebanyak mungkin setiap hari. Page lebih berguna untuk menyimpan informasi khusus seperti Biodata atau mungkin Hobby yang ingin Anda buat page secara terpisah agar orang yang berkunjung tidak perlu mencari di lusinan post yang Anda buat. Sekarang saya akan mencoba menjelaskan bagaimana dan apa saja fasilitas yang ditawarkan dalam Wordpress ini dalam membuat postingan baik post biasa ataupun dalam pembuatan page. Kita mulai dari text formating: Pada Wordpress versi 2.0.x telah mendukung fasilitas What You See, What You Get atau WYSWYG. Tetapi sejauh ini editor milik Wordpress ini hanya
    • bekerja pada Browser tertentu. Berhubung saya pengguna AvantBrowser(IE- based browser), Mozilla Firefox, dan Opera saya menemukan bahwa dalam browser IE-based browser dan Firefox, editor ini dapat berjalan dengan baik, sebaliknya, dalam browser Opera, Editor WYSWYG tidak bekerja, sehingga yang muncul adalah HTML Editor sehingga mungkin bagi pengguna awam HTML akan kebingungan. Dalam contoh ini saya menggunakan Browser Internet Explorer 7 Beta 2 tidak banyak berbeda dengan browser tipe IE dan Firefox. Tapi walau sudah menerapkan editor WYSWYG, Wordpress 2.0.x ini masih terdapat banyak kesalahan. Sehingga terkadang menimbulkan keanehan saat website kita lihat. Jadi mau tak mau, kita harus mengandalkan sedikit pngetahuan HTML. Tenang saja, saya akan menjelaskannya di bab terakhir! Saya rasa untuk elemen-elemen standart sepert “Title , Bold, Italic, formating rata kiri, rata kanan, center” sudah tidak asing lagi bagi Anda. Yang saya akan terangkan adalah “ Quote”, “Split Post….”, “insert Link”, “Unlink”, “Insert Image” Pertama adalah Quote, Text yang kita quote(Sebelah kanan) akan tampil dalam post seperti gambar berikut ini: Cara menggunakannya simpel saja, blok text yang ingin di quote, kemudian klik tombol quoye(yang kanan) apabila mau mebatalkannya, blok tulisan yang telah di quote kemudian klik icon yang sebelah kiri. Link Adalah text yang bila klik akan membawa kita ke halaman lain. Cara membuat link sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengeblok kata atau gambar(kalau gambar hanya cukup klik ada gambar tersebut sehingga
    • gambar tersebut terseleksi) kemudian klik tombol link(sebelah kiri) Maka akan muncul kotak dialog seperti gambar berikut ini: Link URL diisikan dengan alamat yang mau dituju misalnya http://www.yahoo.com (ingat selalu menambahkan http:// sebelum alamat situs atau link) Untuk “target” untuk mengatur link apakah link akan dibuka di halaman baru atau di halaman yang sama. Title berguna untuk memberi penjelasan kemana link tersebut akan menuju. Untuk menghapus link di sebuah kata atau lebih, cukup blok link tersebut kemudian klik “unlink”(sebelah kanan dari icon Link) Split post Merupakan salah satu cara memagi satu buah post apabila post yang kita buat sangatlah panjang. Sehingga yang tampil hanyalah sebagian dari post tersebut. Sehingga Apabila pembaca ingin membaca keseluruhan, harus mengeklik sebuah link. Contoh: Cara menggunakannya sangat mudah, taruh kursor di baris yang ingin anda hilangkan(masukan ke halaman detail), kemudian klik tombol icon Split post. Terakhir, kalau yang sudah expert atau sudah agak kenal dengan HTML script, bisa mencoba melihat susunan script HTML-nya dengan menekan tombol ”Edit HTML Source”
    • Need help? Click Icon help di samping HTML editor Option Lain: Allow Comment dan Categories Comment memberikan hak pada pembaca memberikan komentar tentang post kita. Semua coment yang disubmit oleh pembaca, akan butuh ijin dari kita untuk dapat dilihat oleh orang lain (lihat sub-bab berikutnya). Categories memberikan pengkelompokan berdasarkan tema post kita dan ini hanya terdapat dalam post biasa tidak ada dalam posting page. Dapat ditambah lagsung di kolom yang disediakan atau di dalam menu manage. Setiap post bisa memiliki kategori lebih dari satu. Upload files:
    • Anda bisa mengupload berbagai macam files yang Anda inginkan, tetapi mungkin Anda harus memperhatikan space yang Anda miliki. Manage Manage , adalah tempat untuk mengedit/menghapus Post dan page, menampilkan seluruh coment yang kita punya, memberi aproval/menolak terhadap comment yang masuk, serta menambah/mengedit/menghapus categories. Untuk mengedit post dan pages, Anda tinggal memilihih post mana yang hendak Anda edit, kemudian Anda tinggal memilih opsi “Edit” maka Anda akan dibawa ke halaman editor(sama dengan halaman “write”). Untuk menambah dan mengurangi kategori, Anda tinggal menuju ke “categories”
    • “Name” diisikan nama kategori, untuk “category parent” bila kategori yang Anda buat merupakan kategori induk(yang mungkin bukan bagian dari sebuah kategori yang lebih luas) maka dibiarkan saja menjadi “none” Themes Themes Wordpress hampir sama dengan seperti Skin Winamp… membuat wordpress berganti kulit atau tampilan. Kita tidak akan belajar bagaimana membuat Themes itu karena sudah barang tentu minimal Anda harus sudah bisa HTML dan PHP. Saya rasa, saya sendiri belum mampu membuatnya. Maka dari itu, sampai saat ini yang saya lakukan hanya memodifikasi themes yang sudah ada. Beberapa Contoh Skin dapat Anda cari di www.wordpress.org atau mungkin cari di dengan menggunakan Google atau Yahoo. Biasanya, Skin Wordpress di download dalam bentuk ZIP. Dan untuk dapat menggunakannya, Anda harus meng-ekstrak file tersebut kemudian meng-upload-nya ke folder : “wp-content/themes/” Pada mulanya, ada 2 buah themes default yang disediakan oleh Wordpress Uploadlah file Themes tersebut bersama Foldernya:
    • Setelah itu Anda loginlah ke Account Anda di Wordpress Anda. Dan pergilah ke “Presentation” maka aka muncul satu themes baru: Untuk mengaktifkanya, cukup mudah. Klik themes yang Anda ingin gunakan. I. Masalah? Seperti yang sudah saya katakan, Wordpress 2.0.x masih belum sempurna. Beberapa kesalahan yang terjadi mungkin seharusnya tak terjadi. Masalah yang selalu terjadi kebanyakan berasal dari WYSWYG editor pada post.
    • Perhatikan tulisan Path yang diberi kotak hitam di sebelah kiri bawah…. Dan tag <div /> yang yang ada di sebelah kanan. Ini sering terjadi apabila saat mengetik kita menekan enter sebanyak 2 kali apabila Path saat kita menekan berubah menjadi tag div. Ask : Apa yang terjadi bila kesalahan diatas disubmit post-nya? Yang akan terjadi adalah: Dapat dilihat bahwa Sidebar yang seharusnya berada di samping akan berpindah ke bawah.
    • Ask: Memangnya ada tag selain div/bagaimana cara mengatasinya? Seharusnya yang benar saat kita menekan enter satu kali, yang tampil pada path adalah huruf “p”!! Contoh: Perhatikan beda antara yang error tadi dan yang benar. Seharusnya saat kita menekan “Enter” sekali yang keluar adalah TAG “P”. Setiap awal paragraf baru diawali oleh <p> dan akhir paragraf selalu diakhiri oleh </p>. Apabila Anda ingin memulai baris baru tanpa membuat pargraf baru, tekan kombinasi “shift+ENTER” maka di HTML Source Editor akan muncul sebuah tag baru <br /> yang merupakan tag/perintah untuk membuat baris baru. Apabila path telah menunjukan tag “p” apabila Anda menekan Enter 5 kali- pun tidak ada kejadian seperti tag div seperti diatas. Apabila sudah terlanjur berubah menjadi tag div, tak perlu kawatir!! Anda cukup membuka HTML Source Editor dan mengganti tag <div> dengan tag <p> dan untuk tag penutup </div> diganti dengan </p>. Apabila ada tag <div /> yang berdiri sendirian ganti saja dengan tag <p>[space]</p> maka semuanya akan beres. Untuk masalah lain seperti image juga bisa anda pakaikan tag <p> dan </p> untuk mencegah kembalinya tag menjadi tag <div>
    • Masalah lainnya: Lagi-lagi yang membuat masalah adalah editor WYSWYG-nya. Terkadang hal ini memang membuat sebal dan kesal. Masalah lainnya yang tidak begitu fatal tetapi cukup membuat penampilan berubah adalah adanya tag pembuka tetapi tak ada tag penutup. Dalam dunia koding bahasa mana saja, selalu ada Awal dan Akhir begitu pula dengan HTML. Biasanya yang terjadi adalah tag penutup “Strong” (pembuat tulisan menjadi Bold) kelebihan (yang kita tidak tahu darimana asalnya). Contoh : . . . . <strong /><strong /><strong /><strong /><strong /> </p> Cara mengatasinya sangatlah mudah, cukup hapus tag yang berlebihan. Tetapi Anda tak bisa sembarangan menghapusnya. Ingatlah bahwa setiap satu tag <strong> harus memiliki satu tag penutup <strong /> atau </strong> Created and Edit by : http://www.nafasku.com