RAKA
Tujuan
1. Mendapatkan Keuntungan
2. Meningkatkan Daya Tarik
Produk
3. Meningkatakan Jiwa Kreativitas
dan Kewirausahaan bag...
Segmentasi Produk
1. Segmentasi pasar/mapping market
Kelompok kami membedakan pangsa pasar
menjadi 2 segmen.
a. Segmen Per...
2. Targetting
Target utama dari pemasaran Banana Godhok adalah
segmen pertama dan segmen kedua. Kedua segmen ini
dipilih k...
Keunggulan Produk
Keunggulan Banana Godhok adalah adanya
beberapa rasa yang ditawarkan pada banana
godhok yaitu rasa cokla...
Analisa SWOT
1. Kekuatan
Usaha produksi Banana Godhok dan
pengemasannya dilakukan guna meningkatkan
nilai tambah buah pisa...
2. Kelemahan
Kelemahan dari produk Banana Godhok adalah umur
simpannya yang tidak lama. Banana Godhok hanya tahan
beberapa...
Strategi Pemasaran
1. Product
Dalam upaya membidik semua segmen yang
ada, Banana Godhok hadir dalam satu ukuran,
bentuk da...
2. Price
Dalam pemasaran Banana Godhok tidak ada
diferensiasi harga. Strategi ini dipilih untuk
membuat produk ini terjang...
4. Promotion
Salah satu elemen penting untuk mendukung usaha pencitraan produk adalah
strategi promosi. Promosi akan dilak...
Grand Strategy Pemasaran
“Banana Godhok”
1. Riset Pasar
Riset pasar bertujuan untuk mengetahui gambaran keadaan pasar. Kam...
2. Riset Pesaing (Competitors)
Belum adanya pesaing utama produk dari ”Banana Godhok”.
Kelompok kami berusaha untuk memban...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Raka

324 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
324
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
3
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Raka

  1. 1. RAKA
  2. 2. Tujuan 1. Mendapatkan Keuntungan 2. Meningkatkan Daya Tarik Produk 3. Meningkatakan Jiwa Kreativitas dan Kewirausahaan bagi Mahasiswa
  3. 3. Segmentasi Produk 1. Segmentasi pasar/mapping market Kelompok kami membedakan pangsa pasar menjadi 2 segmen. a. Segmen Pertama, yaitu pengunjung alun- alun yang sedang jalan-jalan bersama keluarga, teman maupun pacar . b. Segmen Kedua, yaitu kelompok mahasiswa
  4. 4. 2. Targetting Target utama dari pemasaran Banana Godhok adalah segmen pertama dan segmen kedua. Kedua segmen ini dipilih karena memiliki daya beli yang tinggi terhadap produk makanan. Hal ini didasarkan oleh fakta bahwa segmen pertama dan kedua memiliki ukuran pasar yang besar . 3. Positioning Dalam melakukan pemasaran, kami mencoba membangun image Banana Godhok adalah makanan yang menawarkan berbagai macam rasa.
  5. 5. Keunggulan Produk Keunggulan Banana Godhok adalah adanya beberapa rasa yang ditawarkan pada banana godhok yaitu rasa coklat, strawberi, nanas, keju, gula merah, dan kacang. Jadi konsumen bisa menikmati banana godhok dengan aneka rasa. Selain itu keunggulan produk ini adalah dilihat dari kemasan yang digunakan. Kemasan banana godhok menggunakan daun pisang dengan pita yang menarik sesuai rasa yang ditawarkan, sehingga produk terlihat bagus dan dapat menarik minat konsumen untuk membelinya.
  6. 6. Analisa SWOT 1. Kekuatan Usaha produksi Banana Godhok dan pengemasannya dilakukan guna meningkatkan nilai tambah buah pisang. Usaha ini ditekankan pada peningkatan nilai tambah dan diversifikasi produk Banana Godhok sebagai makanan yang aneka rasa. Kami menawarkan alternatif konsumsi makanan dengan menonjolkan keunggulan penambahan rasa yang unik karena kesegarannya. Pada segi pemasaran kita merencanakan dalam bentuk biji dan rencana kedepannya dalam bentuk mika atau besek.
  7. 7. 2. Kelemahan Kelemahan dari produk Banana Godhok adalah umur simpannya yang tidak lama. Banana Godhok hanya tahan beberapa jam atau hanya satu hari hanya saja. 3. Peluang Banana Godhok memiliki peluang yang sangat besar dipasaran karena pada saat ini masih belum ada pesaing utama dari produk kami. 4. Ancaman Banana Godhok yang diproduksi tim RAKA tidak ada produk yang dapat mengancaman karena tidak adanya pesaing.
  8. 8. Strategi Pemasaran 1. Product Dalam upaya membidik semua segmen yang ada, Banana Godhok hadir dalam satu ukuran, bentuk dan harga. Kemasan banana godhok dibungkus dengan daun pisang dan pita sesuai rasa yang ditawarkan. Adanya kemasan ini diharapkan dapat menekan biaya produksi yang pada akhirnya bertujuan untuk menjangkau semua segmen pasar yang ada.
  9. 9. 2. Price Dalam pemasaran Banana Godhok tidak ada diferensiasi harga. Strategi ini dipilih untuk membuat produk ini terjangkau oleh semua kalangan serta untuk memaksimalkan margin laba yang didapatkan. 3. Place Untuk mendukung strategi pemasaran yang ditetapkan, Banana Godhok akan didistribusikan ke tempat strategis yang mewakili semua segmen yang ada, yaitu dialun-alun Jember. Untuk menjangkau segmen pasar kedua, kami berusaha untuk lebih memaksimalkan distribusi ke pengecer-pengecer kue, warung-warung di pusat pemukiman warga serta direct selling.
  10. 10. 4. Promotion Salah satu elemen penting untuk mendukung usaha pencitraan produk adalah strategi promosi. Promosi akan dilakukan secara intensif dan efektif sebagai upaya membangun citra Banana Godhok sebagai makanan yang mengandung protein yang bermanfaat bagi tubuh. Usaha promosi yang kami rencanakan antara lain: a. Pemberian informasi secara langsung (direct promotion) Pemberian informasi secara langsung dilakukan oleh para personil RAKA ketika melakukan dirrect selling. b. Pemberian informasi secara tidak langsung (undirect promotion) Promosi tidak langsung dilakukan dalam bentuk penyebaran poster dan leaflet merupakan pendukung dari pemasaran yang menurut kami efektif dan efisien. Penggunaannya tidak mengeluarkan biaya besar dan efeknya sangat besar. Pamflet dan poster disebar ke beberapa lokasi strategis di daerah pemasaran sehingga memberikan kemudahan bagi calon konsumen untuk membeli dan melakukan pemesanan produk. Promosi secara langsung dianggap cukup efektif karena adanya interaksi langsung antara konsumen dan produsen. Usaha promosi tidak langsung juga ditambah dengan terjadinya promosi mulut ke mulut (Word to Mouth) yang akan dilakukan oleh konsumen yang merasa puas akan produk kami.
  11. 11. Grand Strategy Pemasaran “Banana Godhok” 1. Riset Pasar Riset pasar bertujuan untuk mengetahui gambaran keadaan pasar. Kami membagi pembahasan riset pasar menjadi riset konsumen dan riset pesaing. a. Riset Konsumen Riset konsumen dilakukan dengan metode penyebaran kuisioner. Kuisioner pertama bertujuan untuk mengetahui gambaran ketertarikan konsumen akan produk Banana Godhok. Kemudian ditindak lanjuti dengan uji coba produk yang dilengkapi dengan kuisioner kedua. Kuisioner kedua ini bertujuan untuk mengetahui minat konsumen lebih lanjut mengenai efek yang ditimbulkan dan kesegaran rasanya. Masukan dari para konsumen, akan kami jadikan sebagai perbaikan bagi kami untuk produksi-produksi selanjutnya.
  12. 12. 2. Riset Pesaing (Competitors) Belum adanya pesaing utama produk dari ”Banana Godhok”. Kelompok kami berusaha untuk membangun image Banana Godhok adalah makanan yang mengandung protein yang bermanfaat bagi tubuh. Sehingga dengan melakukan pendekatan yang berbeda kepada target pasar. Kunci kesuksesan pemasaran adalah kemampuan produk tersebut untuk diterima oleh konsumen. Adanya perubahan trend serta variable- variabel lain yang mempengaruhi selera pasar menuntut kami untuk mengetahui selera pasar dari konsumen. Kami berencana untuk terus melakukan inovasi dan meningkatkan mutu dari Banana Godhok agar dapat menguasai mind share sebagai komoditi yang berkualitas internasonal. Usaha yang kami lakukan adalah penyebaran angket selera konsumen secara berkala, quality control yang baik serta membuka layanan informasi kepada konsumen.

×