10.sistem tterdistribusi (dhaa10)
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share

10.sistem tterdistribusi (dhaa10)

  • 396 views
Uploaded on

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
396
On Slideshare
396
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
7
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. SISTEM TERDISTRIBUSI St. Mawaddatanwwarahmah Pert 10
  • 2. SISTEM OPERASI CLIENT SERVER
  • 3. PENGERTIAN SISTEM OPERASI Sistem operasi adalah perangkat lunak yangberfungsi sebagai jembatan antara aplikasi danperangkat keras di mana aplikasi tersebut dioperasikan.Ketika sebuah aplikasi membuthkan akses ke perangkatkeras, misalnya saat melakukan penyimpanan data kedisket, maka proses tersebut akan dilakukan olehaplikasi melalui perantara sistem operasi.
  • 4. Saat ini banyak sekali jenis sistem operasi yangberedar dipasaran. Oleh karena itu, pemilihan sistemoperasi yang akan digunakan menjadi tidak mudah. Apalagijika berkenaan dengan sistem operasi yang akan menjadidasar bagi aplikasi client server yang akan dibangun.Kesalahan pemilihan sistem operasi dapat berakibat fatalbagi pengoprasian aplikasi tersebut
  • 5.  Sekilas jika dilihat dipasaran, mungkin sistem operasi Windows saaat ini dianggap sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan sehingga tidak ada pilihan lain dalam mengembangkan palikasi selain menggunakan sistem operasi gersebut. Namun, dalam dinia client server, tidak ada sistem operasi yang dominan . banyak sekali jenis sistem operasi yang tergabung ke dalam jaringan, terutama pada jaringan internet. Hal ini masih ditambah dengan teknologi internet yang sifatnya terbuka dan teknologi java yang dapat beroperasi di berbagai jenis platform sehingga tidak ada monopoli dalam teknologi yang digunakan. Beberapa contoh sistem operasi client server yang digunakan saat ini antara lain Windows, Mac OS, Unix, Linux, dan Netware.
  • 6. SISTEM OPERASI WINDOWS Sistem Operasi Windows dikembangkan olehMicrosoft. Titik awal sistem operasi ini dimulai pada tahun1985 dengan diperkenalkannya Windows 1.0. Kala itu,sistem operasi ini kurang diminati. Demikian juga Windows2.0 yang merupakan pengembangan dari versi sebelumnya.Baru setelah Windows 3.0 dikembangkan, sistem operasiini diterima dengan luas di pasar. Pada versi ini Microsoftjuga mengeluarkan Windows Software Development Kit(SDK) yang membantu programer untuk membuatperangkat lunak dalam platform Windows dengan lebihmudah.
  • 7.  Baru kemudian pada tahun 1993, seiring dengan perkembangan aplikasi client server, Windows memiliki fasilitas untuk mendukung perangkat jaringan dengan diperkenalkannya Windows for Workgroup 3.11 dan Windows NT 3.1 Dalam perkembangan selanjutnya, Windows for Workgroup 3.11 dikembangkan menjadi Windows 95 dengan mengubah tampilan menjadi lebih mudah digunakan dan fasilitas plug and play yang memudahkan dalam menambah atau mengurangi perangkat keras.
  • 8. Tiga tahun kemudian pada tahun 1998, kembalidiperkenalkan Windows 98 yang merupakanpengembangan dari Windows 95 dengan penambahandukungan terhadap USB dan drive DVD. Setahunkemudian Windows 98 SE diperkenalkan sebagai updatedari Windows 98. Kemudian pada tahun 2000,diperkenalkan Windows Millenium Edition (ME), WindowsME adalah versi terakhir yang merupakan pengembangandari Windows 95, pengembangan Windows selanjutnyaakan menggunakan kode dari Windows NT.
  • 9.  Tahun 2001 kembali diperkenalkan Windows XP yang dikembangkan dari kode Windows 2000, XP merupakan singkatan dari experience. Produk ini ditujukan untuk pemakaian desktop. Sistem operasi yang paling banyak digunakan di pasar perangkat lunak saat ini masih dikuasai oleh Windows kemudian disusun Mac OS dan Linux. Sistem operasi seperti DOS atau Windows 3.1 sudah tidak layak lagi dijadikan landasan bagi aplikasi client server karena kapasitasnya yang terbatas. Untuk mendukung pengembangan aplikasi client server, industri sistem operasi bergerak ke sistem operasi 32 bit.
  • 10. Sistem operasi Windows sendiri sudah bergerakke sistem operasi 32 bit dengan menghentikanpengembangan Windows 95/98 yang merupakan sistemoperasi 16 bit dan mengembangkan Windows 2000 untukserver dan Windows XP untuk client yang keduanyamerupakan sistem operasi 32 bit.
  • 11. SISTEM OPERASI MAC OS Komputer Macintosh pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 oleh perusahaan yang bernama Apple, sistem operasi yang digunakan untuk menjalakan komputer tersebut diberi nama Mac System Software yang merupakan sistem operasi single user. Seiring perkembangan komputer Macintosh, sistem operasi tersebut juga ikut dikembangkan. Beberapa tahun kemudian, muncul beberapa versi penerusnya yang disebut System 2, kemudian System 3 dan System 4. Sampai versi itu, sistem operasi tersebut tidak dapat menjalankan lebih dari satu program sekaligus (single taksing).
  • 12.  Versi berikutnya yaitu System 5 sudah mendukung untuk menjalankan lebih dari satu program sekaligus (multi tasking). Pada System 6, sistem operasi tersebut mulai dikembangkan menjadi system operasi 32 bit, tetapi pada saat itu masih belum murni 32 bit. Pada tahun 1991, diperkenalkan System 7 yang memiliki perubahan sangat drastis daripada versi sebelumnya. Pada versi ini, sistem operasi tersebut sudah secara internal mendukung jaringan. Pada tahun 1994, sistem operasi ini berubah namanya secara resmi menjadi Mac OS.
  • 13.  Pada Mac OS 8, secara umum tidak ada perubahan yang besar. Sebuah perubahan yang ada pada versi ini hanya perubahan pada antarmuka grafisnya yang saat ini mendukung skin untuk mengubah-ubah bentuk tampilannya. Versi berikutnya yang muncul adalah Mac OS 9. Pada versi ini tidak banyak pengembangan dilakukan dari versi sebelumnya. Versi ini digunakan untuk mempersiapkan pengguna untuk menggunakan versi berikutnya yaitu versi Mac OS X. Pada versi Mac OS 9 terdapat Carbon yang merupakan Application Programming Interface (API) terbaru yang nantinya akan digunakan dalam OS X.
  • 14. Kemudian, sistem operasi Mac OS juga beralih keteknologi 32 bit dengan mengeluarkan Mac OS X. Sistemoperasi ini pertama kali diperkenalkan pada bulan Maret2001 dengan versi 10.0, kemudian pada bulan September2001 diperkenalkan versi 10.1, selanjutnya pada bulanAgustus 2002 keluar versi 10.2 (Jaguar), kemudian padabulan bulan Oktober 2003 keluar versi 10.3 (Panther).Versi terakhir adalah versi 10.4 (Tiger) yang diperkenalkanpada April 2005. Adapun pada sistem operasi untuk serverdibuat versi Mac OS X untuk server dengan versi yangsama dengan versi clientnya, versi server akan keluar tidaklama kemudian.
  • 15. Saat pertama kali server Mac OS X dipasang, semualayanan yang dimilikinya dalam keadaan mati dan semuaport komunikasi dalam keadaan tertutup. Akibatnya, ketikapungguna perlu membuka port-port tertentu, hanya portitu saja yang akan terbuka sehingga tingkat keamanannyamenjadi lebih baik. Mac OS X juga telah menyediakanfasilitas keamanan seperti firewall, Kerberos, SSH, VPNdan lain sebagainya.
  • 16. SISTEM OPERASI UNIX UNIX termasuk salah satu sistem operasi serveryang memiliki sejarah panjang. UNIX memilikiskalabilitas yang tinggi sehingga dapat digunakan mulaidari komputer mainframe sampai ke komputer destkop.Sistem operasi ini banyak digunakan di universitas-universitas sehingga sering dijadikan landasan bagipenciptaan aplikasi-aplikasi baru.
  • 17. UNIX dimulai pada tahun 1960-an di manaMassachusetts Institute of Technology, AT&T Bell Labsdan General Electric bekerja sama untuk membuat sistemoperasi yang bernama Multiplexed Information andComputing Service (Multics), yang didesain untuk berjalanpada sebuah komputer mainframe yang bernama GE-645.Tujuan proyek ini adalah membuat sebuah sistem operasiyang interaktif dan memiliki keamanan yang baik. Proyekini akhirnya membuahkan hasil, namun sistem operasi yangdihasilkan masih jauh dari memuaskan.
  • 18. Pada tahun 1994, Novell kemudian menjual lisensiUNIX tersebut secara terpisah, lisensi nama UNIX dijualke X/Open yang akhirnya bergabung dengan OpenSoftware Foundation (OSF) membentuk Open Group yangsaat ini mengeluarkan spesifikasi sistem UNIX pada tahun1998 yang disebut UNIX98. Adapun lisensi pengembanganUNIX yang berbasis System V dijual oleh Novell ke SantaCruz Operation (SCO).
  • 19.  Pada tahun 2000, semua aset UNIX tersebut dijual oleh SCO kepada Caldera System yang kemudian berubah nama menjadi SCO Group. Perusahaan ini kemudian mengembangkan UNIX berdasar kode dari UNIX System V Release 4 dan kode versi mereka sendiri, yaitu UNIX System Release 5. Perkembangan UNIX yang paling besar berada pada bidang Internet, standar yang digunakan pada sistem operasi ini telah dijadikan standar untuk internet seperti FTP, TCP/IP, DNS dan lain-lain. Di dalam teknologi, UNIX selangkah lebih maju daripada kompetitornya.
  • 20. Kelemahan lainnya dari sistem operasi ini adalahperbedaan standar yang digunakan. Banyak sekali variasidari sistem operasi UNIX yang beredar di pasaransehingga fungsi yang digunakan menjadi bermacam-macam.Hal ini kadang mengakibatkan aplikasi yang berjalan padasuatu versi UNIX tertentu belum tentu dapat berjalanpada sistem operasi UNIX jenis yang lain.
  • 21. SISTEM OPERASI LINUX Sejarah linux dimulai ketika seorang mahasiswa Ilmu Komputer di Universitas Helsinki yang bernama Linus Torvalds ingin mengembangkan sistem operasi MINIX pada tahun 1991. Sistem operasi MINIX merupakan salah satu turunan UNIX. Pada saat itu, sistem operasi MINIX diedarkan kepada mahasiswa di universitasnya sebagai prototip sebuah sistem operasi. Dalam perkembangannya, kode program yang diberi nama Linux ini disebarkan melalui internet sehingga dapat dipelajari oleh orang lain. Ini yang menyebabkan Linux berkembang dengan pesat karena dibuat oleh ribuan programer dan hacker yang tersebar diseluruh dunia.
  • 22.  Linux pertama kali dikembangkan untuk berjalan pada komputer bberbasis Intel 386/486, tetapi kemudian dikembangkan juga untuk mesin-mesin yang lain hingga saat ini Linux dapat berjalan pada mesin DEC, Alpha, SUN Sparcs, M68000, MIPS serta PowerPC. Saat ini linux didistribusikan dibawah General Public License (GNU) yaitu sistem lisensi dimana pemilik program tetap memegang hak ciptanya, tetapi orang lain dapat menyebarkan, memodifikasikan, bahkan menjual kembali program tersebut dengan syarat kode program tersebut dengan syarat kode program yang asli harus tetap disertakan. Hal ini juga sering disebut sistem open source.
  • 23. Sebenarnya yang disebut Linux adalah sebuahkernel, yang merupakan bagian yang paling penting darisuatu sistem operasi, yang menangani I/O, pengaturanmemori dan interaksi antara perangkat keras denganaplikasi. Kernel Linux ini meupakan kernel standar yangdigunakan oleh distribusi-distribusi yang ada sekarang ini.
  • 24. *Open Source merupakan salah satu sistempendistribusian perangkat lunak dimana perangkat lunakdidistribusikan bersama dengan kode programnya. Linuxmengalami kemajuan pesat karena didistribusikan dengansistem ini sehingga banyak orang ikutmengembangkannya.
  • 25. SISTEM OPERASI NETWARE Pada masa awal perkembangan komputer desktop,disadari kebutuhan untuk menggabungkan beberapakomputer dalam sebuah LAN untuk berbagi dokumen,aplikasi maupun printer.
  • 26. Salah satu vendor yang menyadari hal ini adalahNovell. Sistem operasi yang pertama kali diciptakan olehNovell adalah S-Net. Saat ini S-Net memiliki standarsendiri dan hanya dapat dijalankan pada LAN dengantopologi star dengan pusat berupa sebuah komputerdengan prosesor Motorola 68000 yang menjalankan sistemoperasi S-Net. Namun karena keterbatasannya, solusitersebut tidak dapat dikembangkan lagi.
  • 27. Pada versi 5.0 yang diperkenalkan pada bulanOktober 1998, Netware memiliki fasilitas antara lainmendukung multiprosesor, mendukung multitasking secarapenuh dan mendukung virtual memory. Pada versi ini,Netware juga mendukung IP secara penuh sehingga lebihdapat diterima pada dunia internet. Netware 5.0 jugamendukung Java sehingga dapat digunakan untukmengembangkan aplikasi client server berbasis Java.
  • 28. ADA PERTANYAAN???