• Save
Program pembentukan jasa layanan pengembangan bisnis
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share

Program pembentukan jasa layanan pengembangan bisnis

  • 2,550 views
Uploaded on

Lembaga jasa layanan yang akan didirikan memiliki kegiatan dengan fokus layanan non keuangan bagi UKM dalam berbagai bentuk seperti : akses pasar dan pemasaran, akses input/sumberdaya/modal,......

Lembaga jasa layanan yang akan didirikan memiliki kegiatan dengan fokus layanan non keuangan bagi UKM dalam berbagai bentuk seperti : akses pasar dan pemasaran, akses input/sumberdaya/modal, jejaring bisnis (business linkage), subcontracting, peningkatan produktifitas, pengembangan SDM, pengembangan sistem dan organisasi.

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
2,550
On Slideshare
2,539
From Embeds
11
Number of Embeds
2

Actions

Shares
Downloads
0
Comments
0
Likes
0

Embeds 11

http://bonkadhafadli.blogspot.com 6
http://5680776469489031188_fc6724180b631b65d23ace5a5d5f88c1dc1f8065.blogspot.com 5

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. PROGRAM PEMBENTUKAN JASA LAYANAN PENGEMBANGAN BISNISUSAHA KECIL MENENGAH Dari kita oleh kita untuk kita “Bonk Adha”
  • 2. LATAR BELAKANG Usaha Kecil dan Menengah memiliki peran yang penting dalam perekonomian suatu negara, termasuk indonesia, disisi lain UKM masih menghadapi banyak masalah dalam menjalankan bisnisnya, sebenarnya UKM dapat mengembangkan potensi bisnisnya jika didukung oleh lingkungan yang kondusif berupa kebijakan ekonomi yang tidak diskriminatif, kompetisi yang adil , akses yang luas terhadap pasar dan sumber keuangan, tersedianya infrastruktur yang menunjang, dan tersedianya beraneka ragam pilihan jasa layanan pengembangan bisnis yang berkualitas . karena memiliki ukuran organisasi yang kecil UKM biasanya tidak mempunyai kemampuan untuk menyediakan layanan pengembangan bisnis sendiri.
  • 3. Seiring berkembangnya teknologi informasi dan kesadaran pemerintah, perbangkan nasional serta perusahaan - perusahaan besar dalam pembangunanLanjutan LATAR BELAKANG lingkungan sosial agar tercipta lingkungan kerja dan lingkungan dunia usaha yang kondusif sehingga banyak terbentuk unit-unit CSR yang di bangun oleh institusi yang berkepentingan. Dalam membangun kondisi sosial dimulai dengan perbaikan bisnis dasar masyarakat sehingga banyak diluncurkan bantuan kredit usaha yang berupa permodalan baik finacial maupun alat dengan berbagai syarat dan ketentuan khusus.
  • 4. Dalam hal bantuan pengembangan tersebut seringkali tidak tepat sasaran sehingga terlihat program tersebut kebanyakan sia- sia. jika di lakukan survey lebih mendalam lagi akan ditemukanLanjutan LATAR BELAKANG lagi seringnya terjadi kesulitan UKM dalam pengembalian pinjaman akibat dari lemahnya sebuah managemen keuangan tapi yang lebih sering adalah keluar masuknya karyawan akibat dari rendahnya sekala upah dan lemahnya karakter industrial serta kemampuan leadership yang rendah sehingga sebuah usaha sering berhenti ditengah jalan atau disaat baru tumbuh bahkan disaat posisi puncak, sehingga dirasa perlu didirikan Jasa konsultasi management, teknologi tepat guna, pengembangan produk, bahan baku dan pemasaran. Oleh karena itu dengan melihat banyaknya debitur yang telah menjadi mitra binanan dari PT dengan base bisnis yang berbeda beda sudah lah perlu kiranya dilakukan pengarahan untuk meningkatkan daya saing UKM mitra binaan dengan melalui pembentukan jasa layanan pengembangan bisnis.
  • 5. Lembaga jasa layanan yang akan didirikan memiliki kegiatan dengan fokus layanan non keuangan bagiTUJUAN UKM dalam berbagai bentuk seperti : akses pasar dan pemasaran, akses input/sumberdaya/modal, jejaring bisnis (business linkage), subcontracting, peningkatan produktifitas, pengembangan SDM, pengembangan sistem dan organisasi.
  • 6. Adapun manfaat dari pembentukan unit jasa layanan pengembangan bisnis ini adalah: • Technical Assistance , UKM mitra binaan akan mendapat dukungan teknis dalam bentuk pelatihan,MANFAAT coaching dan pendampingan pada saat memformulasikan ide bisnis, riset pasar, dan penyusunan business plan dari lembaga jasa layanan pengembangan bisnis tersebut baik dari staf internal maupun konsultan eksternal • Akses pasar , jasa pemasaran, subcontracting dan out sourcing, riset pasar, showroom, packaging, directory dll. • Insentif keuangan , UKM mitra binaan PT yang terpilih selama masa pendampingan dapat diberikan insentif investasi berupa dukungan modal dari berbagai instansi .
  • 7. • Pengembangan tecknologi dan produk: transfer atau komersialisasi teknologi, memfasilitasi perolehan teknologi, program quality assurance, sewa dan leasing peralatan, jasa design, dllLanjutan MANFAAT • Promosi , UKM mitra peserta akan diikutkan dalam beberapa kegiatan promosi dimedia elektronik, media cetak atau pameran sesuai dengan program yang ada, serta akan dihubungkan dengan akses pasar. • Citra perusahaan, meningkatkan reputasi dan kepercayaan dari konsumen terhadap usaha mitra sehingga lembaga donor dalam hal ini PERUSAHAAN tidak mengalami kredit macet, walau jumlah mitra binaan semakin banyak.
  • 8. Adapun program yang ditawarkan adalahJENIS PROGRAM • Pendirian jasa layanan pengembangan bisnis ( Business development service) • BDS adalah lembaga bisnis yang bergerak dalam bidang menjual jasa pengembangan bisnis kepada UKM agar dapat meningkatkan daya saingnya. Dengan focus utama akses pasar dan pemasaran, akses input/sumberdaya/modal, pelatihan dan pendampingan. • Pengembangan Unit Bisnis Strategis yang khusus dibentuk pada kelompok mitra binaan yang telah ada untuk bergerak dalam bidang penyediaan BDS dan dirancang menjadi badan hukum berbentuk perseroan terbatas.
  • 9.  Pembuatan dan Pemaparan ide bisnis  Pembuatan draft bisnis planPEMBENTUKAN  Presentasi bisnis plan  Pra operasional ; Tahap persiapan operasional TAHAPAN berupa penandatanganan kontrak, set-up perkantoran, pembelian aktiva, pelatihan. Paling lama 1 bulan  Strart-up : tahap mulai beroperasinya kegiatan usaha sampai saat dimana pendapatan diperoleh dari menjual program.  Konsolidasi : tahapan dimana secara operasional sudah menghasilkan laba jangka waktu tahapan ini diupayakan 6 bulan setelah start up.
  • 10. Lanjutan TAHAPAN PEMBENTUKAN Tahap uji pasar: adalah tahap dimana dilakukan uci coba produk dipasar dan melakukan penyesuaian produk supaya lebih sesuai dengan tuntutan pasar. Tahap operasional Rasio self financing.
  • 11. MITRA PERUSAHAAN CALON PENGELOLAKERJA SAMA SKEMA BDS-C = BUSINESS DEVELOPMENT SERVICE - CENTER PELANGGAN UKM UKM UKM UKM
  • 12. Demikianlah usulan progam yang diajukan kepada berbagai perusahaan besar untuk bekerjaPenutup sama pengelolaan dana community responsebility, agar perekonomian masyarakat dapat meningkat dengan baik. Dikutip dari swisscontact program