Media Pembelajaran TIK Kelas IX Semester I
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Media Pembelajaran TIK Kelas IX Semester I

on

  • 2,057 views

TIK Bab 2

TIK Bab 2

Statistics

Views

Total Views
2,057
Views on SlideShare
2,057
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
96
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Media Pembelajaran TIK Kelas IX Semester I Media Pembelajaran TIK Kelas IX Semester I Presentation Transcript

  • TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
  • Mengenal perangkat keras dan sistem yang digunakan dalam program presentasi. Mengidentifikasi perangkat keras dan system yang digunakan beserta tata cara untuk presentasi .
  • MEMILIH DAN MEMBUAT MENGGANTI DOKUMEN LAYOUTMENGGUNAKAN BEKERJA THEMES SLIDE DENGAN TEKS
  • 1. Klik office button > new2. Pada kotak dialog akan muncul pilihan > blank and recent > blank template klik tombol create3. Untuk menampilkan jendela prsentasi kita, akan tampil dengan slide judul presentasi.4. Kemudian apabila akan menambahkan slide baru caranya pilih new slide pada ribbon tab home atau dengtan cara menekan tombol ctrl+m pada keyboard.
  • 1. Aktifkan slide2. Klik ribbon tabs Home > Layout > Pilih Layout yang dikehendaki, contoh bentuk layout : Title and Content, Perhatikan perubahannya
  • 1. Aktifkan slide yang akan diterapkan2. Klik ribbon tab desaign, kemudian klik icon menu More Themes3. Pada kotak dialog Theme yang muncul, pilih jenis Theme yang akan di pakai lalu klik kanan
  • MENAMBAHKAN MENGATUR TEKS FORMAT TEKS MENYISIPKANFORMAT FONT GAMBAR /CLIP ART
  • 1. Teks Placeholder Placeholder adalah kotak yang dibatasi titik-titik yang menjadi sebagian besar Layout Slide. Kotak ini menjadi tempat judul dan teks atau objek seperti grafik, table, dan gambar.
  • Autoshape adalah suatu grup bentuk- bentuk siap pakai yang termasuk bentuk dasar, seperti: segi empat, lingkaran, ditambah dengan variasi-variasi garis dan hubungan, panah, symbol flowchart, bintang, spanduk, dan callout.
  • Tex box adalah suatu tempat untuk teks yang dapat bergerak dan berubah ukuran. Kita dapat menggunakan tex box untuk menempatkan teks dimanapun pada slide, seperti di luar sebuah placeholder teks.
  • WordArt adalah objek yang dibuat dengan efek siap pakai dan dapat di format. Anda dapat menggunakan WordArt untuk teks yang menarik. WordArt dapat diperbesar, diperkecil, dan dirotasi atau dijadikan 3D atau vertikal.
  • Anda dapat menformat font dengan mempergunakan tool group font yang terdapat pada ribbon tab home. Untuk mengaktifkan pemilihan pada toolgroup font, anda harus menyeleksi terlebih dulu teks yang akan diformat, atau mengklik placeholder teks yang akan diformat. Berikut adalah tata cara men-format font:1. Menyeleksi teks (mem-blok teks yang akan di format)2. Klik placeholder (meng-klik garis pada placeholder) Setelah anda melakukan salah satu langkah di atas, anda dapat melakukan format melalui toolgroup font yang ada di Ribbon Tab Home.
  • 1. Menyisipkan gambar Untuk menyisipkan gambar pada slide yang anda buat, anda dapt melakukannya dengan mengklik tombol Picture pada toolgroup illustration. Setelah itu anda tinggal memilih gambar yang anda mau.2. Menyisipkan Clip Art Selain gambar, anda juga dapat menyisipkan Clip Art pada slide presentasi yang anda buat. Berikut langkah-langkah menyisipkan Clip Art: Klik tombol Clip Art Lalu pilih Clip Art yang anda mau Klik Clip Art yang anda pilih
  • 1. Kotak yang dibatasi titik-titik sebagai tempat judulteks dan objek dinamakan…. a. layout slide c. rectingle b. placeholder d. text box2. Perintah open, Save, dan Save As terdapat pada menu… a. File c. Format b. View d. Insert3. Perintah untuk memunculkan Toolbar, Task pane terdapat pada menu… a. File c. Insert b. View d. Format4. Dokumen Presentasi dalam powerpoint 2007 berekstensi… a. .doc c. .xls b. .ppt d. .gif5. Menghapus slide dapat menggunakan tombol atau perintah… a. Cut c. End b. Insert d. Delete