Investor Relations Concept

1,231 views
1,082 views

Published on

Investor Relations Concept, Public Relations

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,231
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
6
Actions
Shares
0
Downloads
40
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Investor Relations Concept

  1. 1. Company LOGO INVESTOR RELATIONS - 2 Concept of Investor Relations Dosen: A. Yudhie Setiawan, M.Si
  2. 2. Stakeholders •  Any group or individual who has an interest in or is affected by the activities of a business.
  3. 3. Stakeholders Suppliers/ creditors Government Environment Society general public Customers Employees Shareholders Business
  4. 4. REPUTATION: §  Ability to meet stakeholder expectations §  Rational and emotional attachments REPUTATION = EXPECTATION + CREDIBILITY
  5. 5. Pemahaman v Fungsi investor relations (IR) pada organisasi bisnis atau perusahaan muncul karena perusahaan menjual sahamnya kepada masyarakat melalui pasar modal (go public). v Fungsi IR dalam sebuah institusi bisnis masih relatif baru. Kebanyakan perusahaan yang sudah listing di bursa efek yang memanfaatkan fungsi ini karena ada dasar hukum yang mewajibkan bagi perusahaan yang sudah go public. v Fungsi IR terus berkembang dan banyak pihak telah menyadari fungsi strategis IR dalam mengembangkan usaha. v Tugas IR sangat sering berhubungan dengan masalah- masalah keuangan sehingga bidang ini sering pula disebut dengan istilah financial relations yang merupakan bidang kekhususan dari PR.
  6. 6. Definisi Definisi financial relations (PR Society of America) “The dissemination of information that affect the understanding of stockholders and investors generally concerning the financial position and prospect of a company and includes among its objectives the improvement of relations between corporations and their stakeholders”. (Penyebaran informasi yang mempengaruhi pengertian pemegang saham dan investor secara umum mengenai posisi keuangan dan prospek perusahaan, dan termasuk pula dalam tujuan financial relations adalah perbaikan hubungan antara perusahaan dan pemegang saham).
  7. 7. Definisi investor relations (Cutlip, 2000) “a specialized part of corporate PR that builds and maintain mutually beneficial relationship with shareholders and other in the financial community to maximize market value”. (bidang khusus humas korporat yang membangun dan mempertahankan hubungan yang saling menguntungkan dengan pemegang saham dan pihak lainnya dalam komunitas keuangan untuk memaksimalkan nilai pasar).
  8. 8. Cutlip (2000) mengemukakan bahwa, tugas IR adalah meningkatkan nilai saham perusahaan dan mengurangi biaya modal (cost of capital), dengan cara meningkatkan kepercayaan pemegang saham dan dengan membuat saham perusahaan menjadi menarik bagi para investor individu dan investor institusi serta para analis keuangan. Rincian tugas IR: a)  Mengikuti perkembangan bursa saham b)  Menyediakan informasi mengenai kondisi perusahaan kepada komunitas keuangan c)  Memberikan saran kepada manajemen terkait dengan saham perusahaan. d)  Memberikan jawaban terhadap berbagai pertanyaan bidang keuangan.
  9. 9. v Definisi investor relations (National Investor Relations Institute – NIRI, 2001) “kegiatan pemasaran korporat yang menggabungkan disiplin komunikasi dan pemasaran untuk memberikan gambaran yang tepat mengenai kinerja dan prospek perusahaan kepada para investor dan calon investor” v  IR jika dilakukan secara efektif dapat memberikan pengaruh positif terhadap nilai perusahaan secara keseluruhan serta terhadap biaya modal perusahaan secara keseluruhan pula.
  10. 10. v Proses pemasaran saham perusahaan meliputi identifikasi para pihak yang menjadi target (investor institusi, perorangan, karyawan, serta analis) yang mungkin tertarik untuk melakukan investasi atau menganalisa saham perusahaan dengan menyajikan informasi historis dan prospektif mengenai perusahaan sehingga pihak-pihak tersebut dapat mengambil keputusan atau memberi rekomendasi pengambilan keputusan investasi. v Pemasaran dalam konteks ini tidak berarti selling atau menjual saham perusahaan kepada investor, tetapi lebih merupakan suatu proses identifikasi masyarakat yang menjadi sasaran, mengedukasi tentang nilai saham perusahaan saat ini dan potensi nilainya di masa yang akan datang.
  11. 11. Fungsi IR Ø  Pengaturan presentasi dalam rapat-rapat manajemen perusahaan dengan para analis efek dan manajer investasi dalam perusahaan yang sudah go publik. Membantu penentuan target investor secara efektif dan menyelenggarakan pertemuan, baik satu persatu atau secara dengan beberapa investor institusi. Ø  Memberikan nasihat dalam penyusunan strategi, kebijakan dan program investor relations yang sehat dan konsisten. Memberikan saran mengenai program komunikasi yang kredibel untuk keperluan masyarakat investor domestik maupun asing.
  12. 12. Fungsi IR Ø  Menyusun dan melaksanakan program komunikasi krisis guna mengantisipasi dan atau menanggapi tuntutan hukum pihak lain atauun tindakan hukum pihak yang berwenang; •  Penyebaran informasi mengenai adanya restrukturisasi perusahaan •  Penarikan produk dari pasar •  Penutupan pabrik •  Penurunan pendapatan yang signifikan •  Rumor persaingan yang tidak sehat •  Keluarnya pejabat penting perusahaan •  Spekulasi merger dan akuisisi •  Gejolak volume dan harga saham •  Bencana alam, kebakaran, dan krisis lainnya
  13. 13. Ø  Memberi petunjuk kepada tim manajemen tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan pengungkapan informasi material yang harus disampaikan kepada publik, masalah hangat dan praktik tentang pelaporan keuangan. Ø  Mengelola harapan para investor dan memutuskan dengan cepat aktivitas perusahaan yang dapat berpengaruh pada harga saham perusahaan atau image perusahaan. Membantu manajemen dalam menyusun suatu kebijakan pengungkapan informasi perusahaan, jika perusahaan belum memilikinya.
  14. 14. Ø  Menyusun dasar-dasar dan program komunikasi keuangan yang terpadu, berkualitas tinggi, biaya yang efektif dan mengena pada sasaran yang diharapkan, yaitu meliputi profil perusahaan, laporan tahunan, buku dan brosur yang memuat fakta keuangan, siaran pers tentang kinerja keuangan per triwulan, bahan-bahan konferensi pers, bahan-bahan presentasi dengan para analis dan manajer investasi, dengan para eksekutif keuangan, serta kegiatan lain yang berkaitan dengan pencapaian tujuan perusahaan.
  15. 15. Ø  Melatih diri dan memberikan masukan kepada direksi ataupun pejabat investor relations agar menjadi pembicara yang efektif dan konsisten, baik dalam konferensi dengan para investor, analis, fund manager, wartawan, dan pihak lainnya. Ø  Menyusun program IR yang proaktif dengan penempatan terpadu pada media yang sesuai dan efektif baik nasional maupun internasional guna menyediakan dan menyampaikan berbagai informasi perusahaan yang penting untuk menumbuhkan kesadaran para investor tentang perusahaan.
  16. 16. Ø  Mengembangkan pesan –pesan dalam IR yang akan secara proaktif mempengaruhi visi strategis manajemen, kinerja keuangan dan operasional serta keahlian bisnis yang dimiliki perusahaan. Ø  Memberi masukan kepada tim manajemen perusahaan agar dapat secara efektif menunjuk siapa yang berada di belakang strategi dan bagaimana mencapai tujuan- tujuan sehingga para pelaku pasar modal dapat mengukur dampak aspek-aspek kualitatif utama yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian saham.
  17. 17. Ø  Melakukan penelitian serta mengikuti jejak para investor individu dan institusi, para analis efek; mengamati perilaku dan persepsi mereka untuk membuat kriteria dalam penyusunan program IR. Ø  Membantu manajemen dalam mengembangkan pendekatan-pendekatan strategis yang efektif yang berhubungan dengan pasar modal untuk meningkatkan nilai pemegang saham dan menurunkan biaya modal perusahaan.
  18. 18. Ø  Mengidentifikasi analisis sisi jual dan sisi beli serta manajer investasi yang gaya investasi dan kepentingannya sesuai dengan karakteristik perusahaan. Menetapkan forum-forum investor individu yang paling cocok dan efisien. Membantu manajemen dalam menentukan bauran pemegang saham yang ideal untuk mendukung tujuan-tujuan investasi perusahaan.
  19. 19. Thank You…

×