Power point blog juanda wisno 1104114070 psp
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Power point blog juanda wisno 1104114070 psp

on

  • 349 views

 

Statistics

Views

Total Views
349
Views on SlideShare
349
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
9
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Power point blog juanda wisno 1104114070 psp Presentation Transcript

  • 1. OLEH JUANDA W SINURAT 1104114070 psp PENGANTAR SISTEM INFORMASIFAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS RIAU PEKANBARU 2012
  • 2. Dengan mengucapkan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala Rahmat, Hidayah dan bimbinganya, sehingga tugas pengantar sistem informasi ini dapat diselesaikan. Penulisan Makalah ini digunakan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah pengantar sistem informasi Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada dosen pengajar mata kuliah ini karena telah membimbing dan memberi arahan dalam penyelesaiaan tugas ini. Kami menyadari dalam penulisan makalah ini jauh dari sempurna, makadari itu kami berharap saran dan kritik untuk kesemurnaan makalah ini.Kami berharap semoga makalah ini dapat memberi manfaat.
  • 3.  DEFINISI BLOG SEJARAH BLOG TOKOH-TOKOH DUNIA BLOGING JENIS-JENIS BLOG MANFAAT BLOG MACAM-MACAM SITUS BLOG CARA PEMBUATAN BLOG MENGGUNAKAN BLOGGER
  • 4. 1.DEFINISI BLOG A. Arti Blog, Secara Bahasa Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasiweb yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) padasebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalamurut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebihlama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanyadapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dantujuan dari si pengguna blog tersebut.B. Arti Blog Versi Bloggingly Blog adalah website dengan konten (konten bisa berupateks, gambar, link, audio atau video) yang di-update secara berkala sertamewakili dan berdasarkan sudut pandang „karakter‟ tertentu yangmenjadikan kontennya khas (umumnya menggunakan sudut pandangpersonal). Standarnya, konten blog diurutkan secara kronologis terbalik(konten baru di depan, konten lama di belakang) dan dapat dikomentari.
  • 5. Dari berbagai definisi diatas, kita bisa mengambil berbagai kata kunci mengenai “definisi blog”: Singkatan dari weblog website (sejeniswebsite) Personal journal/online diary Dikelolasecara individual Diupdate secara berkala Diurutkansecara kronologis terbalik, dimana tulisan terbaru muncul di awal dan tulisan lama di belakang Dapat di komentari Terdiri dari berbagai link Merupakan Opini pemilik blog (blogger)
  • 6. 2. SEJARAH BLOGBlog merupakan hasil evolusi dari diary online: Diary atau catatan harianmengenai pendapat, opini, dan apapun itu dalam bentuk yangdipublikasikan secara online (menggunakan website). Salah seorangpioneer dari internet-based journalist ini adalah Justin Hall, yangmelakukan membuat online diarynya Justin Links From The Undergroundketika dia masih merupakan pelajar dari Swarthmore College. Kala itu,Blog (atau ketika itu bernama online diary) pada umumnya merupakanwebsite yang berisi kumpulan link menuju halaman web lain yang disertaikomentar dan opini pemilik online diary tersebut mengenai halaman daritujuan link tersebut. Sehingga online diary ketika itu bisa juga dikatakansebagai katalog link berdasarkan opini pemilik. Para diarist adalah editoryang memilih link mana yang menarik dan menampilkan link tersebut dionline diarynya.Pada tahun 1997, Jorn Barger, seorang programer yang juga mengelolawebsite online diary “robot wisdom” menciptakan istilah weblog yangdiambil dari kata “logging the web”. Logging bisa diartikan masuk. So,logging the web bisa diartikan “memasuki web”. Korelasinya adalahblogger awal di kala itu merupakan orang yang masuk ke belantara webdan menyortir link-link menarik berdasarkan opininya.
  • 7. Hingga 1998, baru ada beberapa website yang dapat diidentifikasikan sebagai blog, hingga ketika itu menjelajahi semua weblog masih memungkingkan untuk di lakukan.Pada tahun 1999, Peter Merholz menyebutkan istilah weblog sebagai wee-blog, hingga akhirnya dibuat pendek menjadi blog saja. Orang yang mengelola blog kemudian di sebut “blogger”.Dari titik itulah semuanya berubah. Semakin hari, semakin banyak orang yang membuat blog. Pertumbuhan blog menjadi semakin signifikan ketika Pitas merilis Blogger.compada Juli 1999. Blogger.com merupakan web service yangmemungkinkan orang yang bahkan tidak memiliki kemampuan htmlsekalipun mampu menciptakan dan mengelola blog.Di titik ini, blog benar-benar berubah. Bahkan definisi blog mulaibergeser. Blog yang awalnya merupakan kumpulan link yangdikomentari oleh pemilik blog, mulai bergeser menjadi media ekspresibebas semau pemilik blog yang ditampilkan secara kronologisterbalik.Dari sini, semuanya benar-benar berubah. Blog bertumbuh demikiancepat. Terlebih setelah Movable Type diluncurkan dan wordpresssebagai project kelanjutan cms b2 dirilis ke publik sebagai blog engine.
  • 8. 3. TOKOH – TOKOH DUNIA BLOGING Tokoh Blogging Internasional (WorldWide)Justin Hall – Salah satu orang yang memulai blogging (ketika itu, istilahblogging bahkan belum di ciptakan. Untuk lebih jelas, anda bisa bacasejarah blog disini) dalam bentuk internet-based journalist bernamaJustin‟s Links from The Underground pada tahun 1994.Jorn Barger – pengelola online diary “Robot Wisdom”. Dia menciptakanistilah weblog yang diambil dari kata “logging the web”.Peter Merholz – memelesetkan istilah weblog menjadi wee-blog yangakhirnya menjadi blog – yang dewasa ini kita kenal. Dari kata blog,muncul istilah blogging (to do blog), blogger (orang yang melakukanblogging), dll.Evan Williams & Meg Hourihan – Founder Pyra Labs, perusahaanyang membuat blogger.com. Web service yang membuat siapapun -bahkan orang yang tidak memahami html- untuk dapat memiliki blog.Blogger.com merupakan web service yang merubah wajah blogospheredengan meledakkan jumlah populasi blog yang ada di tahun 1999 –hingga sekarang.
  • 9. Matt Mullenweg – Founder Wordpress, Blog Management SystemTerpopuler di dunia. Matt telah memudahkan jutaan orang di dunia untukmemiliki blog yang di host secara independen denganWordpress.Dave Sifry – Founder Technorati. Technorati adalah search engine untukblog. Juga terkenal dengan “Technorati Tag”, sistem tagging yangmemudahkan blog untuk di temukan oleh pengunjung melalui search enginetechnorati, juga report “State of Blogosphere”-nya: Report mengenaiperkembangan blogosphere.Heather Armstrong – menulis dengan nickname “Dooce” dan dipecat daripekerjaannya karena menuliskan sesuatu yang tidak menyenangkan untukperusahaan tempat dia bekerja. Karena kejadian itu, “Dooced” menjadi istilahuntuk “dipecat karenamenulis sesuatu secara online”.Darren Rowse – Terkenal karena “brand” dirinya sebagai ProfessionalBlogger. Menulis tips-tips blogging untuk blogger di problogger.net yangsangat populer dan bermanfaat untuk banyak blogger.
  • 10. 4.JENIS-JENIS BLOGBlog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalanberbasis blog (Seperti kampanye).Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikantentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atausyair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokuspada bahasan tertentu.Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatankebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatanterbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yangmenceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum;disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • 11. Blog media: Berfokuspada bahasan kebohongan atauketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran ataujaringan televisiBlog agama: Membahas tentang agama.Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halamanwebsite.Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawanuntukkegiatan promosi bisnis mereka.Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluarmanusia; sepertianjing.Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate;juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog) Blog riset: Persoalan tentangakademis seperti berita riset terbaru.
  • 12. 5.MANFAAT BLOGMedia Aktualisasi DiriPersonal BrandingMarkas Besar Di Dunia MayaMedia PromosiMendapatkan Relasi BaruMendapatkan PenghasilanStress Release, Emotion ReleaseMedia Memberi, Media SharingJurnal Catatan KehidupanAndaMendapatkan Feedback Atas Apa Yang Anda RasakanPublic Relation Yang Lebih Humanis
  • 13. 6. MACAM – MACAM SITUS BLOGAkhir – akhir ini dunia blog semakin diminati banyak orang, bukanhanya orang yang ahli dibidang IT saja yang melakukan tapi siswamenengah pertama pun sudah ikut meramaikan dunia perbloggkandibawah ini ada beberapa blog yang bisa kita gunakan.A. BLOGSPOT Blogspotmemiliki kelebihan dalamhal modifikasi template, terdapat ratusan bahkan ribuan free template yang bisa di download secara gratis dan dapat dimodifikasi sesuai selera kita. Blogspotdapat membaca Script Java sehingga kita dapat memperindah blog kita dengan aneka macamwidget dan tool seperti Shoutbox, Jamanalog atau digital, Alexa rangking, Pagerange dan masih banyak lagi. Karena blogspot bisa membaca aneka Javascript, tentunya blogspot bisa di maksimalkan untuk mendapatkan penghasilan melalui aneka program periklanan yang belakangan ini mulai marak seperti GoogleAdsense, Adsense by Camp, Kumpul Blogger dan lainnya.
  • 14. B. WORDPRESSSecara defaultwordpress sudah menyediakan banyak template,tetapi sayangnya kita tidak bisa seenak nya untuk memodifikasitemplate tersebut seperti pada blogspot.Walau bisa di modifikasi,hasilnya nggak berbeda jauh dengan default templatenya.Blogspotdapat membaca Script Java sehingga kita dapatmemperindah blogWordPress tidak bisa mengenali Javascript, sehingga jelas kita tidakbisa memasang shoutbox, alexa dan beberapa tool yangmenggunakan Javascript. Karenawordpress hanya mengenali kodehtml, maka sudah jelaswordpress tidak terlalu bisa di andalkansebagai blog yang mendatangkan uang.Satu-satunya kelebihanwordpress yang saya lihat adalah padabagian komentar, wordpress menyediakan formkomentar yang userfriendly sehingga bisa tampil persis sebuah forumuntuk diskusisedangkan Blogger agak ribet untuk memberikan sebuah komentar,kecuali jika mau extra keras merubah agar tampilanya menjadi userfriendly.WordPress bisa mengimport semua tulisan yang pernah kita postingdi blogspot, tetapi tidak sebaliknya.Di mata saya, wordpress punya tampilan yang bersih dan rapi
  • 15. C. MULTIPLYCara posting kita lebih mudah karena sudah dibagi untuk mempsoting foto,tulisan, video dan yang lainya. Dan untuk pengaturan juga menggunakanmouse kita.Guestbook dan Viewing History Buku tamu atau guestbook atau samadengan shoutbox sebagai media silaturahmi antar blogger. Sedangkandengan Viewing History, kita bisa melihat blogger siapa saja yang baruberkunjung ke blog kita tapi tidak mengisi shoutbox atau komentar misalnya.Kedua bagian ini bisa digunakan sebagai footprint untuk bisa salingberkunjung, dan Multiply memberikan keduanya dengan tampilan yang cukupbagus karena pengunjung hadir lengkap dengan foto dan link blognya.Contacts dan Groups Semua member MP bisa saling terhubung danmenjadi list contacts seperti Friendster atau Community Web lainnya. Tapi halini juga menjadi kelemahan MP karena selain pengguna MP tidak bisamemberi komentar. Jadi jika ingin berkomentar kita harus mendaftarkan diriterlebih dahulu.Layout Baku Buat yang seneng utak-atik blog, mungkin MP bukantempatnya. KarenaMP tidak memberi fasilitas untuk mengubah layout sepertiBlogsome atau Blogspot. Hanya bisa mengubah tampilan dari beberapathemes standar yang tersedia. Banyak skin yang gratis, tapi sayangnya tanpabisa dipreview. Cara pakainya, copy-paste kode skin dan yang paling tidakmenyenangkan dari MP adalah adanya banner sponsor yang kita tidak
  • 16. D. BLOGSOMEBlogsome ini mirip wordpress tapi lebih simple didalam halamanadminya. Tapi kelemahanyang ada pada blog jenis ini adalahtemplateenya yang masih terbatas.E. WEBNODEWebnode ini banyak memiliki kelebihan berupa gabugan fitur kelebihanyang dimiliki dalam pada blogspot dan wordpress ada pada webnode.Mudah untuk memasukan postingan seperti multiply. Menyediakanwidget untuk memasukan kode html. Letak kekuranganya pada templatesyang terbatas dan juga kita tidak bisa memodifikas templatesnya
  • 17. Pertama-tama buka situs www.Blogger.comSelanjutnya kita masukkan e-mail dan password
  • 18. Klik ciptakan blog anda
  • 19. Ketik judul dan alamat blog anda
  • 20. Pilih template yang kita inginkan,kemudian klik gambar anak panah yangbertuliskan “LANJUTKAN”
  • 21. Keluar tulisan”Blog kita sudah jadi”klik gambar panah”MULAI BLOGGING”
  • 22. Silahkan kita tuliskan sesuai visi dan misi kita
  • 23. PENUTUPKESIMPULAN Di indonesia ,kehadiran blog saat ini sangat berpengaruh dalamdunia komunikasi. Salah satu alasan mengapa banyak orang begitumemakai blog dalam berkomunikasi,karena mudah dalam mengurusblog. Pengunjung tisak dibuat susah dengan hal-hal yang bersifat teknistentang pembuatan web. Dengan style yang sederhana , ternyata blogmampu menyedot begitu banyak peminat di tanah air. Tren ini tentu harus kita berikan apresiasi yang positif, sebabkehadiran blog akan membuat banyak orang di Indonesia menjadimelihat apa gunanya dari web, blog dll. Mereka tidak lagi takut karenaanggapan bahwa web, blog dll hanya untuk kalangan tertentu saja. Akhir kata, selamat membuat blog karena tidak ada ruginyamembuat Blog. Selain bisa sharing ilmu dengan orang lain lewat postinganda , juga akan berpotensi untuk mendapatkan hasil tambahan yangcukup menjanjikan.
  • 24. PENUTUP Bagian penutup ini merupakan bagian akhir dari makalahyang telah kami buat,yaitu makalah tentang “Pembuatan Blog padablogger.com”. Terimah kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikankepada ALLAH SWT dan semua pihak yang telah membantu terhadappengerjaan makalah ini,khususnya kepada Bapak Ronald hutahurukselaku dosen pengajar mata kuliah PSI (Pengantar Sistem Informasi).Penulis menyadari penulisan makalah ini jauh dari sempurna,makadari itu penulis berharap saran dan kritik untuk kesempurnaanmakalah ini. Akhirnya penulis berharap semoga makalah ini dapatmemberi maanfaat yang sebesar-besarnya bagi penulis sendiri danpihak yang memerlukan.