Cenadep.org - Membuat Filter Data DBgrid Dengan Delphi dan DBGridEh
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Cenadep.org - Membuat Filter Data DBgrid Dengan Delphi dan DBGridEh

on

  • 2,510 views

Cenadep.org - Membuat Filter Data DBgrid Dengan Delphi dan DBGridEh hanya dalam beberapa langkah singkat.

Cenadep.org - Membuat Filter Data DBgrid Dengan Delphi dan DBGridEh hanya dalam beberapa langkah singkat.

Statistics

Views

Total Views
2,510
Slideshare-icon Views on SlideShare
2,510
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
64
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Adobe PDF

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Cenadep.org - Membuat Filter Data DBgrid Dengan Delphi dan DBGridEh Cenadep.org - Membuat Filter Data DBgrid Dengan Delphi dan DBGridEh Document Transcript

    • ce nade p.o rg http://www.cenadep.o rg/2013/12/09/membuat-filter-data-dengan-delphi-dan-dbgrideh/ Membuat Filter Data Dengan Delphi dan DBGridEh Selain mumpuni untuk menampilkan data dalam bentuk treeview di Delphi, DBGridEh juga mendukung f ilter data seperti gambar di atas. Yang perlu diperhatikan dalam membuat f ilter data dbgrid seperti di atas adalah – sesuai dokumentasi EhLibrary – T DBGridEh harus dihubungkan dengan T MemTableEh sebagai sumber data. Kenapa bukan ke dataset langsung seperti Z Query, ADOTable atau ADOQuery saja? Karena dengan T MemTableEh data dapat dicache ke memori sehingga akses data dan f iltering dapat dilakukan dengan cepat dibandingkan f iltering yang diterapkan ke dataset yang terhubung langsung ke database. Membuat Akses Dat a Dari Dat abase Silahkan buat sebuah projek baru di Delphi. Ingat, pastian Anda sudah menginstall EhLibrary di Delphi Anda. Sedangkan untuk akses database, saya menggunakan MyDac dan MySQL, tapi tentu Anda dapat menggunakan koneksi apapun yang Anda suka. Boleh Z eos, ADO, atau Interbase Express. Lanjut, tambahkan sebuah komponen koneksi data dan sebuah komponen query ke f orm. Saya menggunakan T MyConnection dan T MyQuery. Silahkan sesuaikan. Lalu tambahkan pula sebuah T Button untuk me-ref resh data, beri caption Ref resh. Plus juga sebuah T DBgridEh ditambahkan ke f orm tapi jangan di-set dulu property Datasource-nya. Atur property Connection dari komponen query ke komponen koneksi (saya menghubungkan MyQuery1.Connection ke MyConnection1), lalu atur property komponen koneksi agar terhubung ke database. Sebagai perbandingan, lihat gambar hasil desain saya:
    • Setelah koneksi database berhasil, atur property komponen query, isikan property SQL untuk mengakses data kemudian set roperty Active ke True untuk memastikan bahwa data telah di-load dengan benar. Sudah? Lanjut. Tambahkan sebuah komponen T MemTableEh dan sebuah T DataSource. Hubungkan Datasource ke MemTableEh tadi. Hubungkan juga DBGridEh dengan DataSource Sekarang kita akan mengaktif kan MemTableEh sebagai dataset cache (penyimpanan data sementara) sekaligus penghubung antara komponen query (MyQuery) dan DBGridEh. Klik kanan pada komponen MemTableEh, klik Assign Local Data… … dan pilih MyQuery1 (sesuaikan dengan komponen query/table yang Anda gunakan). Sekarang data akan di-load dari query dan ditampung di MemTableEh, sehingga tampil di DBgridEh:
    • Anda dapat membuang kolom-kolom yang diperlukan dari DBGridEh dengan klik kanan pada DBGridEh dan klik Columns Editor… Mengakt if kan Filt er Dat a Di DbGridEh Klik DBGridEh dan lihat property ST Filter. Atur property Visible ke True, property Local ke True dan property InstantApply ke True. Perhatikan gambar berikut: Sharing is Sexy! Benar! Sharing itu berusia 20 tahun, semester 4 di FK UI! Dari property di atas, tampilan DBGridEh akan berubah menjadi:
    • Seperti terlihat di gambar, kolom-kolom untuk f ilter data sudah ada. Tapi belum berf ungsi dengan baik. Sekarang pindah ke Code Editor dengan menekan tombol F12. Di source code, bagian uses, tambahkan unit EhLibMT E seperti gambar berikut: Mengakt if kan But t on Ref esh Dat a Karena data berada di cache MemTableEh, me-ref resh data dari database dengan MyQuery1.Refresh tidak akan me-ref resh data yang tampil di DBGridEh, shingga data dalam cache-lah yang harus di-load ulang dari MyQuery1. Klik ganda Button ref resh dan isikan kode seperti berikut:
    • 0001 0002 0003 0004 0005 procedure TForm1.But t on1Click(Sender: TObject ); begin MyQuery1.Refresh; MemTableEh1.LoadFromDat aSet (MyQuery1, -1 , lmCopy,false); end; Sekarang Anda sudah dapat menjalankan projek dan menguji f ilter yang ada… Demikian tutorial kali ini, semoga bermanf aat. Selamat mencoba.