Johan Kurniawan,S.Pd.
NIP. 198107272010011014
SMPN 9 Metro dan SDN 3
Bandarjaya
PERNAH BERSEKOLAH DI UNILA
JURUSAN PENJASK...
DASAR PELAKSANAAN
1. Peraturan Pemerintah RI, No. 16 tahun
2007 tentang Penyelenggaraan Olah Raga,
Pembinaan Pengembangan ...
TUJUAN
1. Memberikan wadah untuk berkompetisi, berkreasi, dan
intelgensi dengan menunjukkan kemampuan intelektual,
kualita...
TEMA DAN SUB TEMA
Tema
“Raih Prestasi, Junjung Tinggi Budi Pekerti”
Subtema
“Melalui OSN, O2SN, dan FLS2N Kita Kembangkan
...
OLIMPIADE SAINS NASIONAL
 Olimpiade Sains merupakan suatu sarana
atau wahana untuk berkompetisi dan
berprestasi dibidang ...
Olimpiade Olahraga Siswa Nasional
(O2SN)
O2SN merupakan kegiatan
pertandingan/ perlombaan di
bidang olahraga bagi siswa
SD...
FESTIFAL LOMBA SENI SISWA NASIONAL
(FLS2N)
Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional
(FLSSN) merupakan suatu sarana atau
waha...
PRINSI PENYELENGGARAAN
OLIMPIADE
Saling menghormati dan menghargai antar
peserta, pelatih, ofisial, teman,
pendukung/peno...
CABANG OLIMPIADE OLAHRAGA YANG
DIPERTANDINGKAN/DILOMBAKAN JENJANG SD/MI
1. Atletik
2. Renang
3. Tenis Meja
4. Bulu Tangkis...
CABANG OLIMPIADE OLAHRAGA YANG
DIPERTANDINGKAN/DILOMBAKAN JENJANG SMP
1. Atletik
2. Renang
3. Tenis Meja
4. Bulu Tangkis
5...
Peserta O2SN dan FLS2N yang dikirim wajib memenuhi
persyaratan khusus sebagai berikut:
1. Siswa SD/MI yang pada Tahun pela...
Peserta O2SN dan FLS2N yang dikirim wajib memenuhi
persyaratan khusus sebagai berikut:
1. Siswa SMPN/S yang pada Tahun pel...
Peserta olimpiade adalah siswa SD/MI baik
negeri maupun swasta yang pada bulan
Agustus/September Tahun Olimpiade
diadakan ...
Peserta olimpiade adalah siswa SMP baik negeri
maupun swasta yang pada bulan Agustus/
September Tahun Olimpiade diadakan d...
Rincian Jumlah Peserta, Ofisial, dan Pelatih
O2SN
Untuk Setiap Kecamatan Jenjang SD
No Cabang Olahraga
Peserta
Pelatih Ofi...
Rincian Jumlah Peserta, Ofisial, dan Pelatih
O2SN
Untuk Setiap Rayon Jenjang SMP
No Cabang Olahraga
Peserta
Pelatih Ofisia...
Panitia penyelenggara dan panitia pelaksana
lomba OSN, O2SN dan FLS2N di tingkat
Kabupaten Lampung Tengah adalah panitia
y...
PEMBIAYAAN
Biaya penyelenggaraan OSN, O2SN, FLSSN
dan LOMOJARI ditanggung secara bersama
antara:
1. APBD Kab.Lampung Tenga...
PEMBIAYAAN
Biaya penyelenggaraan OSN, O2SN dan FLSSN
ditanggung secara bersama antara:
1. APBD Kab.Lampung Tengah untuk me...
PEMBIAYAAN
Biaya Kegiatan OSN, O2SN dan FLSSN
Tingkat Kabupaten:
2. MKKS dan K3SD untuk membiaya:
 Honor Panitia Pendukun...
PEMBIAYAAN
Biaya Kegiatan OSN, O2SN dan FLSSN Tingkat Sub
Rayon/Kecamatan:
3. Sub Rayon dan K3SD Kecamatan untuk membiaya:...
3. Sekolah
 Biaya Operasional kegitan seleksi OSN, O2SN, dan
FLSSN di sekolah
 Transport pengiriman peserta dari sekolah...
3. Orang Tua Murid
 Uang saku peserta
 Kaos peserta
No Tanggal
Jenis
Kegiatan Tempat Kegiatan Keterangan
1
22 – 24
Maret 2013
O2SN
SMPS Gunung Madu
Plantations
Cekin Jumat pk...
No Tanggal
Jenis
Kegiatan Tempat Kegiatan Keterangan
1
26 – 28
Maret 2013
O2SN
SMPS Gunung Madu
Plantations
Cekin Selasa p...
KIDS’ ATHLETICS
KANGA/S ESCAPE
FROG JUMP
TURBO THROW
FORMULA 1
Presentations kegiatan o2 sn di pt gmp
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Presentations kegiatan o2 sn di pt gmp

1,361 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,361
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
14
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Presentations kegiatan o2 sn di pt gmp

  1. 1. Johan Kurniawan,S.Pd. NIP. 198107272010011014 SMPN 9 Metro dan SDN 3 Bandarjaya PERNAH BERSEKOLAH DI UNILA JURUSAN PENJASKESREK PNS KOTA METRO DAN HONORER DI LAMPUNG TENGAH yess yess yess
  2. 2. DASAR PELAKSANAAN 1. Peraturan Pemerintah RI, No. 16 tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Olah Raga, Pembinaan Pengembangan Olah Raga. 2. Peraturan Mendiknas No. 34 tahun 2006 tentang pembinaan prestasi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa. 3. Peraturan Mendiknas No.39 tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.
  3. 3. TUJUAN 1. Memberikan wadah untuk berkompetisi, berkreasi, dan intelgensi dengan menunjukkan kemampuan intelektual, kualitas, skil dan talenta serta kreatifitas inovatif dengan mengedepankan sikap sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal sehinga dapat meningkatkan mutu pendidikan. 2. Mengembangkan kompetensi, bakat dan minat serta mengembangkan ekpresi sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik. 3. Menumbuhkembangkan sikap sportivitas dan kompetitif peserta didik sejak dini, yang merupakan bagian dari pendidikan karakter serta meningkatkan kemampuan bersosialisasi peserta didik.
  4. 4. TEMA DAN SUB TEMA Tema “Raih Prestasi, Junjung Tinggi Budi Pekerti” Subtema “Melalui OSN, O2SN, dan FLS2N Kita Kembangkan Bakat dan Minat, Inteketual, Kreativitas dan Inovatif serta membentuk Jiwa Berkarakter Kebangsaan yang sehat rokhani dan jasmani, untuk Mewujudkan Manusia Insan Kamil”.
  5. 5. OLIMPIADE SAINS NASIONAL  Olimpiade Sains merupakan suatu sarana atau wahana untuk berkompetisi dan berprestasi dibidang Matematika dan IPA yang bertujuan untuk mengembangkan minat dan meningkatkan kemampuan siswa sekolah dasar pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dibidang matematika dan ilmu pengetahuan alam, serta memotivasi siswa sekolah dasar dalam mengembangkan kapasitas intelektual dan kemampuan dibidang IPTEK.
  6. 6. Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) O2SN merupakan kegiatan pertandingan/ perlombaan di bidang olahraga bagi siswa SD/MI, SMP yang dilaksanakan secara berjenjang mulai tingkat daerah hingga tingkat nasional, yang dilandasi nilai-nilai sportivitas dan menjunjung tinggi fair play.
  7. 7. FESTIFAL LOMBA SENI SISWA NASIONAL (FLS2N) Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLSSN) merupakan suatu sarana atau wahana berkreasi, berinovasi, dan berkompetisi secara sehat untuk mendorong kreativitas dan minat belajar peserta didik.
  8. 8. PRINSI PENYELENGGARAAN OLIMPIADE Saling menghormati dan menghargai antar peserta, pelatih, ofisial, teman, pendukung/penonton, lawan yang membantu terlaksananya kegiatan tersebut. Sportifitas baik dalam persiapan maupun selama mengikuti olimpiade Memiliki pengetahuan dan mematuhi peraturan yang berlaku dalam setiap perlombaan Memiliki pemahaman bahwa lawan bertanding/berlomba adalah teman bermain
  9. 9. CABANG OLIMPIADE OLAHRAGA YANG DIPERTANDINGKAN/DILOMBAKAN JENJANG SD/MI 1. Atletik 2. Renang 3. Tenis Meja 4. Bulu Tangkis 5. Voli Mini 6. Sepak Bola Mini 7. Tenis Lapangan 8. Catur 9. Pencak Silat 10.Karate 11. Senam Lantai 12. Sepak Takraw
  10. 10. CABANG OLIMPIADE OLAHRAGA YANG DIPERTANDINGKAN/DILOMBAKAN JENJANG SMP 1. Atletik 2. Renang 3. Tenis Meja 4. Bulu Tangkis 5. Voli Ball 6. Tenis Lapangan 7. Catur 8. Pencak Silat 9. Karate
  11. 11. Peserta O2SN dan FLS2N yang dikirim wajib memenuhi persyaratan khusus sebagai berikut: 1. Siswa SD/MI yang pada Tahun pelajaran 2012/2013 masih duduk di bangku SD/MI, dan dilahirkan tanggal 1 Januari 2001 dan sesudahnya, dibuktikan dengan raport asli dan akte kelahiran asli atau surat keterangan lahir asli beserta fotocopynya yang telah diligalisir oleh kepala sekolahyang bersangkutan. 2. Apabila siswa yang bersangkutan Tapel 2012/2013 duduk di kelas 6 SD/MI dan lahir sebelum tanggal 1 januari 2001, maka siswa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti olimpiade. Begitu pula apabila siswa yang bersangkutan lahir sesudah 1 Januari 2001, namun telah tamat dari SD/MI, maka siswa yang bersangkutan tidak dapat pula mengikuti olimpiade.
  12. 12. Peserta O2SN dan FLS2N yang dikirim wajib memenuhi persyaratan khusus sebagai berikut: 1. Siswa SMPN/S yang pada Tahun pelajaran 2012/2013 masih duduk di bangku SMPN/S, dan dilahirkan tanggal 1 Januari 1999 dan sesudahnya, dibuktikan dengan raport asli dan akte kelahiran asli atau surat keterangan lahir asli beserta fotocopynya yang telah diligalisir oleh kepala sekolahyang bersangkutan. 2. Apabila siswa yang bersangkutan Tapel 2012/2013 duduk di kelas 9 SMPN/S dan lahir sebelum tanggal 1 januari 1999, maka siswa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti olimpiade. Begitu pula apabila siswa yang bersangkutan lahir sesudah 1 Januari 1999, namun telah tamat dari SMPN/S, maka siswa yang bersangkutan tidak dapat oula mengikuti olimpiade.
  13. 13. Peserta olimpiade adalah siswa SD/MI baik negeri maupun swasta yang pada bulan Agustus/September Tahun Olimpiade diadakan duduk di kelas V atau VI dan memiliki nilai rapor Matematika/IPA minimal 7,5 sejak kelas III. Masing-masing Kecamatan mengirimkan 6 (enam) orang peserta yang terdiri dari Juara I, II, dan III Olimpiade Matematematika dan Juara I, II, dan III Olimpiade IPA tingkat Kecamatan.
  14. 14. Peserta olimpiade adalah siswa SMP baik negeri maupun swasta yang pada bulan Agustus/ September Tahun Olimpiade diadakan duduk di kelas 8 atau 9 dan memiliki nilai rapor Matematika, Kimia, Biologi dan IPS minimal 7,5 sejak kelas 7. Masing-masing Sekolah mengirimkan 4 (empat) orang peserta yang terdiri dari peserta OSN bidang studi Matematika, Kimia, Biologi dan IPS. Jumlah seluruh peserta 336 ( 84 sekolah x 4 peserta)
  15. 15. Rincian Jumlah Peserta, Ofisial, dan Pelatih O2SN Untuk Setiap Kecamatan Jenjang SD No Cabang Olahraga Peserta Pelatih Ofisial Putra Putri 1 Atletik 2 orang 2 orang 1 orang 1 orang ofisiel2 Renang 1 orang 1 orang 1 orang 3 Tenis Meja 1 orang 1 orang 1 orang 4 Bulu Tangkis 2 orang 2 orang 1 orang 5 Voli Mini - 5 orang 1 orang 6 Sepak Bola Mini 10 orang - 1 orang 7 Tenis Lapangan 1 orang 1 orang 1 orang 8 Catur 2 orang 2 orang 1 orang 9 Pencak Silat 1 orang 1 orang 1 orang 10 Karate 1 orang 1 orang 1 orang 11 Senam Lantai 1 orang 2 orang 1 orang 12 Sepak Takrow 4 orang - 1 orang JUMLAH PESERTA 26 orang 18 orang 12 orang 1 orang
  16. 16. Rincian Jumlah Peserta, Ofisial, dan Pelatih O2SN Untuk Setiap Rayon Jenjang SMP No Cabang Olahraga Peserta Pelatih Ofisial Putra Putri 1 Atletik 2 orang 2 orang 1 orang 1 orang ofisiel2 Renang 1 orang 1 orang 1 orang 3 Tenis Meja 1 orang 1 orang 1 orang 4 Bulu Tangkis 2 orang 2 orang 1 orang 5 Voli Ball 8 orang 8 orang 1 orang 6 Tenis Lapangan 1 orang 1 orang 1 orang 7 Catur 1 orang 1 orang 1 orang 8 Pencak Silat 1 orang 1 orang 1 orang 9 Karate 1 orang 1 orang 1 orang 18 orang 18 orang 9 orang 1 orang
  17. 17. Panitia penyelenggara dan panitia pelaksana lomba OSN, O2SN dan FLS2N di tingkat Kabupaten Lampung Tengah adalah panitia yang tergabung dari unsur: Dinas Pendidikan, pengurus MKKS, K3S Kabupaten, dan Pengurus KKG Olahraga dan KKG Kesenian tingkat Kabupaten serta Tenaga Pendidik dan Kependidikan Yayasan Pendidikan PT Gunung Madu Plantations.
  18. 18. PEMBIAYAAN Biaya penyelenggaraan OSN, O2SN, FLSSN dan LOMOJARI ditanggung secara bersama antara: 1. APBD Kab.Lampung Tengah 2. Bantuan MKKS dan K3SD 3. Orang Tua Murid 4. Sponsor 5. Bantuan lain yang tidak mengikat
  19. 19. PEMBIAYAAN Biaya penyelenggaraan OSN, O2SN dan FLSSN ditanggung secara bersama antara: 1. APBD Kab.Lampung Tengah untuk membiaya:  Honor Panitia Penyelenggara,  Transport panitia, dan juri  Makan panitia, juri, dan peserta  Sarana prasarana dan ATK pelaksanaan  Spanduk dan Piagam  Penginapan, Panitia dan Juri  Bantuan dana pembinaan bagi juara 1, 2 dan 3  Dokumentasi  Kaos Panitia dan kaos kontingen
  20. 20. PEMBIAYAAN Biaya Kegiatan OSN, O2SN dan FLSSN Tingkat Kabupaten: 2. MKKS dan K3SD untuk membiaya:  Honor Panitia Pendukung  Transport Panitia Pendukung  Makan/Snack Panitia Pendukung  Biaya Training Center (TC) tingkat Kabupaten  Akomudasi pengiriman kontingan ke Provinsi  Akomudasi pengiriman kontingan ke Nasional (apabila ada yang sampai ke Nasional)
  21. 21. PEMBIAYAAN Biaya Kegiatan OSN, O2SN dan FLSSN Tingkat Sub Rayon/Kecamatan: 3. Sub Rayon dan K3SD Kecamatan untuk membiaya:  Honor Panitia Pendukung  Transport Panitia Pendukung  Makan/Snack Panitia Pendukung  Biaya Training Center (TC) tingkat Sub Rayon/Kecamatan  Akomudasi pengiriman kontingan ke Kabupaten  Bayar pendaftaran peserta ke-Tingkat Kabupaten
  22. 22. 3. Sekolah  Biaya Operasional kegitan seleksi OSN, O2SN, dan FLSSN di sekolah  Transport pengiriman peserta dari sekolah ke Kecamatan/Sub Rayon  Transport pengiriman pendamping dari sekolah ke Kecamatan/Sub Rayon  Biaya akomudasi peserta dan pendamping selama kegiatan di Kecamatan/Sub Rayon  Biaya honor pelatih dan ofisial (TC) di Satuan Pendidikan dan Sub Rayon  Bayar pendaftaran pelaksanaan kegiatan di Kecamatan/Sub Rayon  Kaos Tiem Kontingen
  23. 23. 3. Orang Tua Murid  Uang saku peserta  Kaos peserta
  24. 24. No Tanggal Jenis Kegiatan Tempat Kegiatan Keterangan 1 22 – 24 Maret 2013 O2SN SMPS Gunung Madu Plantations Cekin Jumat pkl 15.00 WIB, Upacara Pembukaan Jumat pkl 19.00 WIB di PT Gunung Madu 2 22 – 24 Maret 2013 FLSN SMPS Gunung Madu Plantations Cekin Jumat pkl 15.00 WIB, Upacara Pembukaan Jumat pkl 19.00 WIB di PT Gunung Madu 3 Maret 2013 OSN SMPN 2 Kota Gajah Peserta hadir 15 menit sebelum acara dimulai (pkl 07.45 WIB) 4 Maret 2013 LOMOJARI SMPN 1 KALIREJO Peserta hadir 15 menit sebelum acara dimulai (pkl 07.45 WIB)
  25. 25. No Tanggal Jenis Kegiatan Tempat Kegiatan Keterangan 1 26 – 28 Maret 2013 O2SN SMPS Gunung Madu Plantations Cekin Selasa pkl 15.00 WIB, Upacara Pembukaan Jumat pkl 19.00 WIB di PT Gunung Madu 2 26 – 28 Maret 2013 FLSN SMPS Gunung Madu Plantations Cekin Selasa pkl 15.00 WIB, Upacara Pembukaan Jumat pkl 19.00 WIB di PT Gunung Madu 3 Maret 2013 OSN SDN 3 Bandar Jaya Kec. Terb.Besar Peserta hadir 15 menit sebelum acara dimulai (pkl 07.45 WIB)
  26. 26. KIDS’ ATHLETICS KANGA/S ESCAPE FROG JUMP TURBO THROW FORMULA 1

×