Penerapan Pendidikan Pusaka di SD Tarakanita, Tritis, Sleman (Maret 2009)

925 views

Published on

Presentasi ini disusun dan disajikan oleh Ani Sulistyawati, guru SD Tarakanita Tritis, Sleman, Yogyakarta, pada pertemuan Forum Guru Pendidikan Pusaka Yogyakarta di MI Giriloyo I - II Imogiri, Bantul pada tanggal 21 Maret 2009.

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
925
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Penerapan Pendidikan Pusaka di SD Tarakanita, Tritis, Sleman (Maret 2009)

  1. 1. Kegiatan Hiking SD Tarakanita Tritis Minggu 8 Maret 2009 Ke Bukit Turgo
  2. 2. Persiapan acara Hiking.
  3. 3. Pemberhentian 1 : “ SANGGAR” Dalam Bahasa Jawa : “Sanggar Pamuja” artinya tempat untuk memohon pada Tuhan. Menurut cerita orang tua dahulu “Sanggar” berupa rumah kecil (gubug) yang oleh para leluhur / nenek moyang warga Turgo di pakai untuk melakukan Semedi, bertopo, pengajaran ilmu. Wujudnya sekarang berupa Plataran.
  4. 4. Penjelasan Tempat
  5. 5. Pemberhentian 2: “ PADUPAN” • Padupan artinya Tempat dupa (tempat membakar dupa / kemenyan ) • Para peziarah yang akan memohon pada Tuhan dengan perantaraan Syekh Jumadil Kobra biasanya membakar dupa di tempat itu. • Maksudnya untuk mohon izin masuk sekaligus peneguh kepada para leluhur yang tinggal di bukit Turgo.
  6. 6. Pemberhentian 3 : “ Terowongan atau Gua Jepang “ Letaknya dekat di tengah-tengah perjalanan dari kaki ke puncak Bukit. Wujud : terowongan tanah yang berukuran panjang + 15 meter lebar 2 meter tinggi 2 meter. Disebut gua Jepang karena Gua itu dibuat oleh tentara Jepang pada masa penjajahan Jepang. Tujuan adalah untuk tempat perlindungan.
  7. 7. Gua Jepang
  8. 8. Pemberhentian 4 : Makam Syekh Jumadil Qobro Wujud : batu nisan keramik dan plataran keramik berpagar besi. Luas plataran 16 m2. Tujuan terakhir peziarah Peziarah menyampaikan maksud,ujud, niat permohonan pada Tuhan. Kegiatan : zikir, bertapa/semedi.
  9. 9. Pemandangan dari Bukit Turgo
  10. 10. Istirahat makan dan minum
  11. 11. Permainan
  12. 12. Selesai Pulang
  13. 13. Keterangan: Di Bukit Turgo terdapat 3 Goa Jepang. Tengah-tengah Bukit Turgo (Terowongan sisi Tenggara) Di bawah Puncak Bukit Turgo Di tengah-tengah Bukit Turgo (sisi utara gua) Ada 2 versi pengertian hubungan antara tempat ini dengan nama Syekh Jumadil Qobro. - Sebagai tempat pemakaman. - Sebagai Petilasan ( Syekh pernah bertapa disini )
  14. 14. Terimakasih, Sampai jumpa SD Tarakanita Tritis

×