oleh-oleh khas kabupaten ciamis

5,986 views
5,747 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
5,986
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
9
Actions
Shares
0
Downloads
19
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

oleh-oleh khas kabupaten ciamis

  1. 1. Jodi hidayat
  2. 2.  JAWA Barat dikenal sebagai daerah yang kaya makanan tradisional.Salah satunya adalah galendo (gelendo) Ciamis. Meski sudah bermunculan di sejumlah daerah, galendo Ciamis tetap punya keistimewaan tersendiri di lidah konsumen. Dulu, untuk bisa mencicipi nikmatnya galendo Ciamis, orang harus membeli langsung ke rumah-rumah penduduk penghasil galendo. Belakangan, galendo sudah tersedia di sejumlah supermarket dengan kemasan yang menawan. Ya, mirip seperti kemasan dodol Garut. Penganan yang terbuat dari ampas minyak kelapa itu memang identik dengan Ciamis dimana Ciamis merupakan salah satu penghasil kelapa terbesar di Jawa Barat.
  3. 3.  Selain itu Galendo juga memiliki cita rasa yang berbeda-beda untuk menambah rasa nikmat, seperti rasa coklat, dan Strawberry. Tapi tetap saja untuk menikmati cita rasa yang beda lebih baik jika dibuat dan dimakan di kota asalnya, ayo jangan mau ketinggalan.
  4. 4. Bagaimana Cara Pembuatan Galendo: kelapa di kupas dan di cungkil dagingnya lalu d bersihkan Setelah daging kelapa bersih,kelapa lalu diparut dengan mesin. Kelapa yang sudah diparut di ambil airnya (santan). Air santan di masak mendidih sampai nantinya ada proses pemisahan air sehingga air sudah keluar habis,dan residu menggumpal dan jadilah galendo yang berbaur dengan minyak. Serbuk galendo di angkat dan di simpan pada cetakan lalu di bungkus dengan anyaman bambu. Serbuk galendo dipadatkan dengan cara di press, selain untuk di padatkan juga untuk memisahkan galendo dengan minyak nya. Setelah itu galendo yang sudah padat di potong-potong, dan di kemas.Begitu juga dengan minyak dari galendo tersebut di kemas pula
  5. 5.  Mang Endut adalah salah seorang dari segelintir pengrajin galendo yang masih terus bertahan memproduksi makanan khas Ciamis tersebut. Ia tak hanya mempertahankan keaslian galendo tetapi juga memperoduksi galendo kontemporer dengan segala inovasinya.
  6. 6. Adapun variasi galendo kntemporer yaitu : Galendo strawberry
  7. 7.  Galendo rasa pisang Galendo rasa nanas
  8. 8.  Galendo rasa coklat Galendo rasa original
  9. 9. Selain galendo kabupaten ciamis jugamempunyai makanan khas lain yang sekarangsudah menjadi oleh-oleh yang khas yaitu abondan dendeng rancapetir.
  10. 10. Sebagai penghasil buah kelapa terbesar se jawabarat membuat minyak kelapa atau masyarakatsebut dengan minyak peletik,adalah hal yangsudah menjadi budaya dan masyarakatmelihatnya sebagai komoditi yang bernilaiekonomis tinggi.
  11. 11. Usaha ini pun bukan tanpa hambatan,berikutbeberapa faktor yang mempengaruhi produksiabon dan dendeng sapi khas rancapetir : Isu penggunaan daging babi pada abon tersebut Minimnya turis lokal yang datang ke pusat kabupaten ciamis,karena kebanyakan turis hanya ingin mengunjungi pantai pangandaran Harga bahan baku yang bersifat fluktuatif
  12. 12.  Gerai resmi Sales Membuka stan di tempat-tempat wisata toserba
  13. 13. Dendeng sapi rancapetir
  14. 14. Abon sapi rancapetir

×