Kalimat langsung

18,782
-1

Published on

Published in: Sports, Business
1 Comment
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
18,782
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
106
Comments
1
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kalimat langsung

  1. 1. Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Kalimat langsung adalah kalimat yangmenirukan ucapan atau ujaran orang lain. Dapat berupa kalimat perintah, berita, atau kalimat tanya.
  2. 2. Contoh kalimat langsung 1. Robi berkata, “Panas sekali cuaca hari ini”.● “Tolong ambilkan obat!”, kata Ibu kepada Rani.● “Kamu harus isitirahat yang cukup dan jangan dulu keluar rumah selama beberapa hari,”kata dokter kepadaku.● Bu Guru bertanya, “Diantara kalian, siapa yang bercita-cita ingin menjadi astronot?”
  3. 3. Kalimat tidak langsung● Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang melaporkan ucapan atau ujaran orang lalin. Bagian kutipan dalam kalimat tak langsung semuanya berbentuk kalimat berita
  4. 4. Contoh kalimat tidak langsung● Robi mengatakan bahwa cuaca hari ini sangat panas.● Ibu mengatakan kepada Rani untuk mengambilkan obat.● Dokter berkata kepadaku bahwa aku harus istirahat yang cukup dan tidak keluar rumah selama beberapa hari.● Bu Guru menayakan kepada kami adakah diantara kami yang bercita-cita menjadi astronot.
  5. 5. Perbedaan kalimat langsung dan tak langsungNo Kalimat langsung Kalimat tak langsung1 Bertanda petik (“.....”) Tidak bertanda petik (“...”)2 Intonasi bagian yang dipetik leih tinggi Intonasi mendatar dan menurun pada dibanding dari pada bagian lainnya bagian akhir kalimat3 Kata ganti orang pada bagian kalimat Kata ganti orang pada bagian kalimat yang dikutip tidak mengalami yang dikutip mengalami perubahan perbedaan5. Kalimat yang diberi tanda petik bisa Hanya berbentuk berita berbentuk kalimat tanya, perintah, atau berita.
  6. 6. Ubahlah kalimat berikut menjadi kalimat langsung● Adik mengatakan bahwa ia menyukai bunga dan boneka● Rudi mengatakan kepada kami bahwa kami dapat mengunjungi rumahnya pada hari Minggu.
  7. 7. Ubahlah kalimat langsung berikut menjadi kalimat tidak langsung● “Ayo kita segera berangkat!”, ajak ayah pada kami.● Tina berkata, “Ibuku sangat senang sekali memasak”.
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×