Pps 2008 pendidikan prof. dr. dwi nugroho

  • 652 views
Uploaded on

 

More in: Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
652
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4

Actions

Shares
Downloads
0
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. PENINGKATAN PROFESIONALITAS PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN Dwi Nugroho Hidayanto
  • 2. Upaya Peningkatan Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Profesional isme Here Peningkatan We Go Lulus Kinerja Kuali Profil fikasi Diktekdik Kom Sertifikasi Masa pe Depan: tensi dan Kompeten, Uji Registrasi Terstandar, Remu Kompe Profesional nerasi , Sejahtera tensi g k. ni nHere Pe KR TidakWe Are K Peningkatan Kualifikasi, Lulus Kompetensi, Profil Remunerasi Diktendik (KKR) Gap Saat ini Gun’s Doc.
  • 3. Batasan konsep Profesionalitas guru Ciri dan syarat profesionalitas Kompetensi guru Ciri dan jenis kompetensi guru
  • 4. Profesional? Profesional berarti pemain bergaji atau pemain bayaran. Professional is a person qualified or employed in one of the professions. Jadi, profesional adalah orang yang berkualitas yang bekerja dalam profesi tertentu. Jadi, makna profesional adalah sebutan tingkat kualitas tinggi pada orang yang menekuni pekerjaan tertentu sebagai sumber penghidupan. Kata kunci pada definisi tersebut ialah kompetensi dan pengakuan.
  • 5. Profesional? Orang disebut profesional didasarkan pada kompetensi tertentu. Kompetensi adalah the ability do do something, kemampuan untuk melakukan sesuatu
  • 6. Profesional? Dalam konsep Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan dijelaskan bahwa profesionalitas guru terkait dengan kualifikasi, kompetensi, dan remunerasi (penggajian).
  • 7. Profesional? Diasumsikan, bahwa dengan latar kesarjanaan, yang bersangkutan telah memiliki dasar kuat menjadi guru yang berkompetensi. Dengan kompetensi tersebut, guru diharap dapat memiliki kontribusi lebih besar dalam peningkatan mutu pendidikan. Oleh karenanya, yang bersangkutan dipandang berhak memperoleh remunerasi (gaji) yang lebih besar.
  • 8. Profesional? Bahwa profesionalitas harus dimiliki guru. Berbekal profesionalitas guru dapat melakukan tugas pokok dan fungsinya secara semestinya. Dari profesionalitas yang dimiliki guru, maka kualitas pendidikan secara bertahap menuju kepada kualitas yang makin baik.
  • 9. PROFESIONALITAS GURU Seseorang disebut profesional, minimal memiliki 2 ciri, yakni kompeten dan sertifikat. Berkompeten, artinya memiliki kecakapan sesuai standar kerja profesinya. Menguasai Standar Operasional Prosedur. Harus dibuktikan dalam perbuatan, dalam performansi. Jika ia seorang guru, maka kompetensi minimal harus menguasai substansi, metode dan evaluasi.
  • 10. Guru Profesional? Seorang profesional juga perlu dukungan legalitas, yakni sertifikat. Sertifikat merupakan bukti yang syah yang dikeluarkan lembaga berwenang bahwa yang bersangkutan memiliki kompetensi seperti gyang tertulis di sertifikat tersebut.
  • 11. Guru Profesional? Secara moral harus ber-HADITS Secara formal harus memiliki empat kompetensi: profesional-pedagogik-sosial kepribadian (PRODIK-SOKIB)
  • 12. Ber-HADITS Guru harus memiliki: HASRAT, yang tinggi menjadi Guru AMANAH, melaksanakan tugas keguruan, tidak mengkhianati profesinya. DEWASA, menghadapi problem keguruan. INTERPERSONAL, hangat, ramah dan bersahabat. TELADAN, sung tuladha, memberi contoh. SETIA, menjalani tugas secara istiqomah, tidak menyesal apa pun resikonya
  • 13. PRODIK-SOKIB? Guru harus memiliki kompetensi: Profesional Pedagogik Sosial Kepribadian
  • 14. Kompetensi Profesional? Kompetensi profesional merupakan kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang meliputi: (a) konsep, struktur, dan metoda keilmuan/teknologi/seni yang menaungi/koheren dengan materi ajar; (b) materi ajar yang ada dalam kurikulum sekolah; (c) hubungan konsep antar mata pelajaran terkait; (d) penerapan konsep-konsep keilmuan dalam kehidupan sehari- hari; dan (e) kompetisi secara profesional dalam konteks global dengan tetap melestarikan nilai dan budaya nasional.
  • 15. Kompetensi Pedagogik? Kompetensi pedagogik yaitu merupakan kemampuan dalam pengelolaan peserta didik yang meliputi: (a) pemahaman wawasan atau landasan kependidikan; (b) pemahaman terhadap peserta didik; (c)pengembangan kurikulum/ silabus; (d) perancangan pembelajaran; (e) pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis; (f) evaluasi hasil belajar; dan (g) pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
  • 16. Kompetensi Sosial? Kompetensi sosial yaitu merupakan kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk : (a) berkomunikasi lisan dan tulisan; (b) menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional; (c) bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta didik; dan (d) bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar
  • 17. Kompetensi Kepribadian? Kompetensi kepribadian yaitu merupakan kemampuan kepribadian yang: (a) mantap; (b) stabil; (c) dewasa; (d) arif dan bijaksana; (e) berwibawa; (f) berakhlak mulia; (g) menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat; (h) mengevaluasi kinerja sendiri; dan (i) mengembangkan diri secara berkelanjuta
  • 18. Akhirnya…. SUDAH SIAPKAHANDA MENJADI GURU PROFESIONAL?
  • 19. Terima Kasih Wassalam