• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Laporan xampp dan joomla
 

Laporan xampp dan joomla

on

  • 683 views

XAAMP DAN JOOMLA

XAAMP DAN JOOMLA

Statistics

Views

Total Views
683
Views on SlideShare
683
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
33
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Adobe PDF

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Laporan xampp dan joomla Laporan xampp dan joomla Document Transcript

    • Praktikum Pengantar Teknologi dan Informasi Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi PENGINSTALAN XAMPP dan JOOMLA Nama Kelompok : TUAMA IT Nama Anggota : 1. James Philip Montolalu (13021106048) 2. Kevin Nataneal Tungga (13021106134) 3. Mohamad Rendy Zulkarnaen Ilyas (13021106086) 4. Sang Made A. Yoga (13021106082) 5. Mayrandy E.K. Sinaen (13021106040) 6. Ivan Reyvaldy Haurissa (13021106080) 7. Pesik Alexander Alvando (1302106171)
    • Praktikum Pengantar Teknologi dan Informasi Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi BAB 1 1.1 Tujuan - Untuk mengetahui bagaimana cara menginstal XAMPP dan JOOMLA - Untuk mengetahui kegunaan dari XAMPP dan JOOMLA - Untuk mengetahui cara membuat web menggunakan XAMPP dan JOOMLA 1.2 Alat dan bahan Gambar 1.1 Laptop
    • Praktikum Pengantar Teknologi dan Informasi Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi Gambar 1.2 aplikasi XAMPP Gambar 1.3 Aplikasi Joomla!
    • Praktikum Pengantar Teknologi dan Informasi Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi 1.3 Dasar Teori -Pengertian XAMPP XAMPP ( /ˈzæmp/ atau /ˈɛks.æmp/[1]) adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya. -Pengertian Joomla adalah Sistem manajemen konten (SMK atau CMS) yang bebas dan terbuka (free opensource) ditulis menggunakan PHP dan basis data MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. Joomla pertamakali dirilis dengan versi 1.0.0. Fitur-fitur Joomla! diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll. Joomla! menggunakan lisensi GPL. Asal kata Joomla sendiri berasal dari kata Swahili jumla yang mengandung arti "kebersamaan".
    • Praktikum Pengantar Teknologi dan Informasi Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi BAB 2 1. Langkah-langkah penginstalan XAMPP Install XAMPP step 1 Jalankan programnya kemudian klik next, Tentukan drive tempatkan menyimpan hasil extrac dari XAMP. Jika sudah klik next Install XAMPP step 2 Jika muncul tampilan seperti gambar di bawah, centang saja semua
    • Praktikum Pengantar Teknologi dan Informasi Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi Install XAMPP step 3 Kemudian akan muncul proses extrack file XAMPP, tunggu sampai proses selesai, kemudian tinggal next/ok, jika semua proses berjalan dengan lancer maka akan muncul XAMPP Control Panel Application, klik start pada bagian kanan Apache dan Mysql sehinggal status menjadiRunning. FINISH Proses installasi XAMPP berakhir. Silahkan cek dengan mengetikkan http://localhost pada browser anda. Jika muncul seperti gambar di bawah berarti proses install xampp berhasil dan berjalan dengan baik,
    • Praktikum Pengantar Teknologi dan Informasi Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi BAB 3 Penginstalan JOOMLA! 1. Setelah menginstal XAMPP,file JOOMLA! Yang telah didownload, kita klik kanan lalu pilih extract here..
    • Praktikum Pengantar Teknologi dan Informasi Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi 2. Lalu kita pindahkan folder Joomla! tadi yang telah diextract ke folder xaamphtdocs 3. Gantilah nama folder tersebut dengan nama Joomla atau boleh juga diganti dengan nama yang anda inginkan. 4. Buka browser ketik localhost/joomla. Lalu pilih bahasa yang akan digunakan, klik Berikutnya
    • Praktikum Pengantar Teknologi dan Informasi Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi 5. Akan muncul tampilan ini. Klik Next. 6. Ikuti langkah-langkah selanjutnya .
    • Praktikum Pengantar Teknologi dan Informasi Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi 7. Isi bagian username dan database name. lalu Next. 8. Karena kita tidak menggunakan FTP Configuration,kita klik Next.
    • Praktikum Pengantar Teknologi dan Informasi Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi 9. Isi site name lalu nama e-mail dan password lalu klik Next. 10. Setelah itu klik remove yang terletak di bawah tulisan berwarna merah. Lalu klik Administrator.
    • Praktikum Pengantar Teknologi dan Informasi Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi 11. Setelah itu klik username dan password. Lalu klik Log In. 12. Kalau sudah muncul tampilan di bawah ini, ini artinya sudah selesai.
    • Praktikum Pengantar Teknologi dan Informasi Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi BAB 4 1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan CMS! 2. Sebutkan dan jelaskan masing-masing CMS yang ada didunia!(minimal 4 CMS dijelaskan) 3. Sebutkan kelebihan masing-masing cms yang disebutkan pada nomor 2 ! 4. Sebutkan kekurangan masing-masing cms yang disebutkan pada nomor 2 ! 5. Apa yang kalian ketahui mengenai joomla? 6. Sebutkan fitur-fitur yang disediakan oleh joomla dan jelaskan kegunaannya! (minimal 4) 7. Apa saja kendala-kendala dalam penginstalan xampp? berikan solusinya! 8. Apa saja kendala-kendala dalam penginstalan joomla? berikan solusinya!
    • Praktikum Pengantar Teknologi dan Informasi Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi Jawaban: 1. CMS (Content Management System) adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan publikasi content secara bersama (collaborative content management). Content mengacu pada informasi dalam bentuk teks, grafik, gambar maupun dalam format-format lain yang perlu dikelola dengan tujuan memudahkan proses pembuatan, pembaharuan, distribusi, pencarian, analisis, dan meningkatkan fleksibilitas untuk ditransformasikan ke dalam bentuk lain. Terminologi CMS sendiri cukup luas, di antaranya mencakup software aplikasi, database, arsip, workflow, dan alat bantu lainnya yang dapat dikelola sebagai bagian dari mekanisme jaringan informasi suatu perusahaan maupun global. CMS (Content Management System) adalah aplikasi web yang siap pakai. Ini merupakan istilah untuk pemilik website mengupdate websitenya tanpat bantuan pengembang web. Pengembang web hanya installasi awal dan konfigurasi awal saja. Selanjutnya untuk pengisian artikel, gambar, dan konten-konten lainnya bisa dilakukan oleh pemilik website tanpa harus mengetahui kode-kode HTML ataupun pemrograman web seperti PHP atau ASP .NET 2. - CMS Wordpress Wordpress ini adalah sebuah CMS yang sebenarnya dikategorikan ke dalam CMS jenis Blog. Meskipun di khususnya untuk blog, namun kenyataannya banyak sekali developer-developer yang menggunakan CMS ini untuk membuat sebuah website baik itu company profile, hingga toko online. Karena CMS Wordpress ini selain User Friendly, juga memiliki fitur dan layanan yang banyak, selain itu dukungan komunitas juga sudah menyebar luas. - CMS Joomla CMS Joomla juga banyak yang menggunakannya. Mayoritas CMS Joomla digunakan untuk membuat sebuah website baik itu company profile, personal, website sekolah, hingga toko online. Karena CMS Joomla ini memang dikhususnya untuk membangun website yang powerfull. Meskipun CMS Wordpress juga powerfull, tetapi CMS Joomla lebih komplek dari CMS Wordpress dan sistem manajemennya yang sedikit rumit dari CMS Wordpress
    • Praktikum Pengantar Teknologi dan Informasi Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi - CMS Drupal Dengan Drupal Anda dapat dengan mudah membangun berbagai jenis halaman website-dari membuat blog sederhana sampai forum online dengan komunitas yang besar. Desain Drupal memang tidak sebagus Joomla!, tapi sangat mudah untuk di-customize. Drupal memiliki beberapa modul tambahan yang menarik, seperti untuk search tool dan search-engine friendly URL, dan agregator berita. - Aura CMS AuraCMS adalah kumpulan skrip PHP yang membantu anda dalam membangun website yang dinamis, karena pada dasarnya PHP dibuat untuk membuat website yang dinamis sehingga dapat mempermudah dan mempercepat kita dalam membuat website. - Silverstripe CMS SilverStripe adalah CMS mempunyai fitur lengkap dan mampu menyediakan adapa yang wisnu butuhkan. CMS ini dibangun memggunakan bahasa pemrograman php dandatabase Sapphire . SilverStripe mempunyai bnyak pendukung aplikasi dan dapat membantu parapengembang untuk lebih berkarya. SilverStripe di rilis pada bulan November tahun 2006 oleh beberapa orang team yang ahli di bidang OpenSource.
    • Praktikum Pengantar Teknologi dan Informasi Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi 3. - CMS Wordpress Kelebihan  Mudah untuk sig up ke WP  Dalam pengoperasiannya tergolong mudah  Dapat menggunakan satu acount untuk banyak blog  Fitur yang di sediakan ckup lengkap,seperti statistik blog dan akisment (spam blocked)  Memiliki banyak tema yang bervariant  Widgetnya lengkap dan mudah dalam pemakaian - Joomla Kelebihan  Open Source  Sudah di operasikan  Instalasinya cukup mudah  Memiliki fitur-fitur yang lengkap - Drupal Kelebihan  Mudah untuk di instal  Programnya di susun rapih  Programnya di susun rapih  Tingkat keamanannya tinggi  Open source - Aura CMS Kelebihan  Mudah di gunakan  Fiturnya menarik  Menggunakan Bhs indonesia
    • Praktikum Pengantar Teknologi dan Informasi Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi - Silverstripe CMS Kelebihan  Mudah di instal  Opensource  Tampilan menarik  VC Framework 4. - CMS Wordpress Kekurangan  Plugin yang tersedia tidak dapat di tambah  Javascript tidak dapat di gunakan saat ingin memasang iklan  Kita bisa mengedit CSS jika kita meng upgrade blog terlebih dahulu - Joomla Kekurangan  Search engine susah untuk melacak/menggenali linknya secara cepat  Terbatasnya ketersediaan ACL (Acces Control Lisst)  Ketidak tersediaan multisite dalam joomla  Chace memory dalam joomla tidak begitu banyak  Tidak memiliki fasilitas tracker - Drupal Kekurangan  Mengeluarkan banyak uang,waktu dan pengetahuan dalam melakukan setup dalam server  Not designer Friendly
    • Praktikum Pengantar Teknologi dan Informasi Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi - Aura CMS Kekurangan  Saat ada coment masuk tidak ada pemberitahuan lewat email  Keamanan masih minimum  Penulisan script tidak rapih  Halaman admin kurang menarik - Silverstripe CMS Kekurangan  Stock template nya belum terlalu banyak dan masih terbatas 5. Menurut kami JOOMLA adalah suatu aplikasi yang kegunaanya yaitu untuk membuat website, yang dilengkapi bermacam-macam fitur didalamnya. 6. Pencarian Website dengan Autocomplete Jika anda menjalankan website dengan banyak konten teks, maka anda akan menyukai komponen pencarian baru. Komponen baru pencarian website dengan lebih baik fitur all-to familiar “AutoComplete” (seperti yang terlihat Google), Ini menjadi alternative penggantian yang baik untuk hasil pencarian halaman website. Sebelumnya, Anda perlu ekstensi pihak ketiga seperti Rok Ajax, lakukan searching untuk menyelesaikan ini. Tapi sekarang, itu dibangun tepat ke inti (core). Fitur pencarian baru adalah opsional, tentu saja mudah dikonfigurasi dari backend Joomla. Gambar Pada Artikel Anda dapat meng-upload gambar pada pengaturan artikel, buka meraba-raba dengan editor teks. Ini cara yang hebat untuk mempertahankan tampilan yang konsisten dengan artikel atau postingan blog. Pada sisi kanan editor artikel, anda akan melihat sebuah pilihan baru yang di sebut dengan “Image & Link”. Anda dapat mengupload dua gambar (image) yang berbeda untuk di tampilkan pada Intro artikel atau bagian utama artikel. Jika anda familiar dengan menggunakan WordPress ini sangat mirip dengan fitur Image Option pada postingan Blog
    • Praktikum Pengantar Teknologi dan Informasi Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi WordPress. Meskipun ini fitur baru yang luar biasa, jangan terlalu gembira dulu. Gambar mungkin tidak muncul pada bagian ketiga template yang dibuat sebelum Joomla 2.5. Periksa dengan penyedia template anda, lakukan upgrade jika tersedia. Update yang Mudah dengan Notification Bukankah anda menyukai Update Manager yang dirilis Joomla 1.7 ? Fitur yang banyak diminta untuk menyederhanakan tugas yang membosankan secara manual meng-upload file untuk menjaga website anda up to date. Anda harus mengerjakan pekerjaan manual untuk melakukan pengecekan untuk upgrade yang tersedia pertama. Sekarang anda tidak memerlukan hal tersebut. Fitur update pada Joomla 2.5 di sebelah kanan pada Control Panel Admin. Icon peringatan sederhana muncul ketika Update Joomla dan Extention Update tersedia. Language Override Manajer Ini adalah Fitur Language Override baru bukan hanya untuk multi-bahasa website. Ini juga bisa digunakan untuk mengubah konten item default teks. Sebagai contoh, anda dapat mengubah kata”Written By” menjadi “Author” atau mengubah “Related Article” menjadi “You may be interested in” dan seterusnya. Note: sebelum mengubah default label dibutuhkan untuk mengedit file Core Languange atau membuat Template Override. Tapi sekarang lebih mudah dari sebelumnya. Joomla 2.5 Menyisipkan Language Manager yang user-friendly dalam system adminnya. Hanya mencari kata yang ingin anda ubah dan ikuti pada layar Prompt. Captcha dibuat ke dalam Inti (Core) Hapus registrasi spam ke website Joomla anda dengan kode Captcha. Sebelumnya, membutuhkan instalasi dari tiga bagian ekstensi Captcha. Dan, setelah mencoba semua dari mereka, saya dapat memberitahu anda bahwa sebagian besar tidak bekerja benar. Joomla 2.5 memiliki fitur Captcha di bangun kedalam sistem inti (core sytem). Hanya mendaftar untuk reChaptcha gratis dari google dan konfigurasi setting pada Admin Joomla. Setelah di aktifkan, kode Chaptcha akan muncul pada component yang menggunakan Form, seperti registrasi account dan form contact. 7. Selama kami mengistall XAMPP tidak ada gangguan dalam proses penginstalan 8. Selama kami mengistall JOOMLA tidak ada gangguan dalam proses penginstalan
    • Praktikum Pengantar Teknologi dan Informasi Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi BAB 5 Kesimpulan dan Saran Kesimpulannya yaitu setelah membuat makalah ini, kita dapat mengerti apa itu xampp dan joomla. kita juga dapat mengetahui kegunaan dari kedua apikasi tersebut.kita juga mengetahuai bagaimana cara menginstal xampp dan joomla. mengetahua fitur – fitur dalam joomla dan cara kegunaannya. Dan tujuan akhirnya kita dapat membuat web dengan menggunakan joomla.
    • Praktikum Pengantar Teknologi dan Informasi Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi DAFTAR PUSTAKA http://pritasolidarity2009.wordpress.com/category/uncategorized/ http://mous-design.com/cara-install-xampp-di-windows.html http://12650039-si.blogspot.com/2013/06/membuat-website-toko-online-dengan-cms.html http://id.wikipedia.org/wiki/XAMPP http://id.wikipedia.org/wiki/Joomla! http//panjicms.blogspot.ca/2012/05/apa-yang-dimaksud-cms.html http://www.virmansyah.info/2012/11/pengertian-cms-dan-macam-macamnya.html http://yakhuzturtle.blogspot.com/2011/06/10-kelebihan-dan-kekurangan-cms.html http://joandhabaratha.blogspot.com/2011/06/10-macam-cms-content-management-system.html http://cutagusniar.wordpress.com/2012/03/08/5-fitur-utama-pada-joomla-2-5/