• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Cara membuat keripik emping melinjo
 

Cara membuat keripik emping melinjo

on

  • 15,613 views

Panduan singkat cara membuat keripik emping melinjo

Panduan singkat cara membuat keripik emping melinjo

Statistics

Views

Total Views
15,613
Views on SlideShare
15,568
Embed Views
45

Actions

Likes
2
Downloads
68
Comments
1

3 Embeds 45

http://www.microaid.net 40
https://twitter.com 4
http://pinterest.com 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Adobe PDF

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel

11 of 1 previous next

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
  • Kami adalah perusahaan pembuat emping melinjo Kami siap melayani pembelian dalam bentuk partai/ eceran.

    Emping melinjo 5 rasa Produk Kami:
    1. emping pedas asin
    2. emping rasa udang
    2. emping rasa pedas
    3. emping rasa manis
    4. emping rasa pedas manis
    5. emping rasa gurih asin

    Bahan asli 100% murni melinjo, tanpa bahan campuran, pembuatannya masih menggunakan alat tradisional bukan dengan mesin.

    Telp:
    02747430270
    085755081222
    087843123244

    Pin BB:
    2A05805B

    Ym:
    amir_munajad@yahoo.com

    Email/ Fb:
    amir_munajad@yahoo.com

    Alamat:
    Somorai, Margoagung, Seyegan, Sleman, Yogyakarta

    Website:http://www.empingmelinjo5s3.com/

    Bisa anda dapatkan di supermarket supermarket koya yogyakarta
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Cara membuat keripik emping melinjo Cara membuat keripik emping melinjo Document Transcript

    • Cara Membuat Keripik Emping Melinjo A. Pengambilan Melinjo1). Buah melinjo biasanya dikumpulkan dengan cara dipetik dari atas pohon ataudari buah melinjo yang jatuh dibawah pohon.2). Buah melinjo yang diambil merupakan buah yang telah benar-benar masak,biasanya berwarna merah ataupun kuning.3). Jangan ambil buah melinjo yang telah busuk karena akan merusak kualitasemping yang dihasilkan.
    • 4). Kupas buah melinjo dari kulitnya yang lunak sehingga hanya tinggal bijinya. Buahmelinjo yang didapat dari bawah pohon (sudah jatuh) dapat langsung dikupas,namun untuk buah melinjo yang baru dipetik dari atas pohon, diamkan selama 2jam sebelum dikupas, karena getah masih menempel di buah melinjo.5). Simpan biji melinjo yang telah dikupas selama 1 hari sebelum melakukanlangkah selanjutnya.
    • B. Penggongsengan (menggoreng dengan pasir)Persiapkan bahan yang terdiri dari :A. Wajan Besi atau Belanga.B. Pasir sungai yang halus.C. Kayu bakar sebagai sumber api.D. Saringan atau tirisan kawatMasukan pasir ke dalam wajan kemudian lakukan pembakar dengan kayu dandiamkan sampai pasir benar-benar panas.
    • Setelah pasir sudah panas, masukan dengan hati - hati biji melinjo yang telahdisimpan selama 1 hari. Tutupi semua biji melinjo dengan pasir.Diamkan biji melinjo didalam pasir selama sekitar 3 menit. Bila biji telah terasapanas dan kulit biji sudah menghitam, keluarkan biji mengunakan saringan / tirisankawat.
    • C. Membentuk EmpingYang perlu diperhatikan ketika akan membentuk biji melinjo menjadi empingadalah usahakan agar biji melinjo dalam keadaan panas saat dibentukmenggunakan palu sehingga lebih mudah dan hasilnya lebih baik.Langkah pembentukan biji melinjo menjadi emping adalah sebagai berikut :Siapkan alat yang dipakai sebagai berikut:A. Palu yang pada ujungnya di lapisi plastik. Tujuannya agar biji melinjo tidaklengket dan tidak menempel dipalu.B. Telanan yang terbuat dari potongan kayu sebagai tempat pencetakan emping.C. Sendok sekap berujung pipih (biasa digunakan untuk meratakan semen padabangunan). Alat ini berguna untuk mengambil emping yang menempel padatelanan.
    • 2). Setelah buah di keluarkan dari wajan / belanga, kemudian pecahkan kulit kerasbiji melinjo sehingga pecah dan hanya tersisa biji dalam yang bewarna putih.Letakan biji di atas talanan, kemudian pukul dengan palu berulang - ulang sampaipermukaan emping rata, sesuai ukuran dan bentuk yang diinginkan. Emping bisadibentuk dengan berbagai ukuran, dengan cara menggabungkan beberapa bijiemping menjadi satu bentuk.Tunggu sampai dingin kemudian balikkan emping yang menempel di talenansecara perlahan dengan menggunakan sendok sekap.Angkat dan pindahkan emping ke wadah penjemuran. Wadah penjemuran bisaterbuat dari anyaman daun kelapa atau wadah apapun yang rata.
    • D. Penjemuran dan PenjualanPenjemuran di lakukan tidak terlalu lama, cukup dijemur selama 2 jam dalam cuacayang cerah.Setelah dijemur, emping didiamkan ditempat yang terbuka dan terlindung dari sinarmatahari.Masukan emping ke dalam kemasan plastik dan tutup rapat.Emping dapat dijual di pasar tradisional maupun pasar / toko swalayan dikota besar.
    • Keluarga Sukses Yuliana Edy Muklish MarlinaNama : YulianaAlamat : Menasah Runtuh Tijue Kabupaten PidieHP: 081377040436Nama : Edy MuklishAlamat : Jl. Medan-Banda Aceh No. 15 Tlp. (0653) 821599 Beurenunun Kab. PidieHP. 08136040040Nama : Marlina (KOPWAN HAREUKAT POMA)Alamat : Desa Dayah Beureueh Kab. PidieHP. 085277054503Kontak: Ir. Yusri Yusuf (LSM KEUMANG)Alamat : Meurdeu-Pidie JayaHP : 08126996666 pustaka.microaid.org Kerjasama antara MicroAid Projects dan Livelihood Members Database Informasi lebih lanjut email ke: admin@microaid.org