Menyusun proposal usaha tm2
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Menyusun proposal usaha tm2

on

  • 25,549 views

Menyusun proposal_tm2

Menyusun proposal_tm2

Statistics

Views

Total Views
25,549
Slideshare-icon Views on SlideShare
24,460
Embed Views
1,089

Actions

Likes
4
Downloads
210
Comments
2

5 Embeds 1,089

http://dosenfbsunindra.blogspot.com 925
http://www.dosenfbsunindra.blogspot.com 150
http://iyansudrajat.blogspot.com 10
http://yayansudrajat.blogspot.com 3
http://www.yayansudrajat.blogspot.com 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel

12 of 2

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
  • bagus tuk referensi
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
  • Luar biasa !!

    Terima kasih banyak pak. Sangat bermanfaat bagi saya
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Menyusun proposal usaha tm2 Menyusun proposal usaha tm2 Presentation Transcript

    • .
    • MENYUSUN PROPOSAL USAHAProposal usaha merupakan hal yang penting bagiwirausahawan untuk menerangkan profil usahaatau bisnis yang akan dikembangkannya. Olehkarena itu setiap aspek dalam proposal usaha ataubisnis baru, harus dideskripsikan, mulai dari proyekyang akan dilakukannya yaitu pemasarannya,penelitian dan pengembangannya, manajemenusahanya, risiko yang dihadapinya, masalahfinancialnya, sampai penjadwalan waktunya.
    • Deskripsi tiap-tiap aspek ini penting untukmemberikan gambaran yang jelas mengenaiusaha yang diajukan, kemana proposal usahaini akan dibawa dan bagaimana wirausahawandapat merealisasikan proposal usaha tersebut.
    • A. PROPOSAL USAHASebelum membuka usaha baru, seorangwirausahawan perlu menyusun dan menetapkanlangkah-langkah tepat untuk dapat mencapaikeberhasilannya. Langkah-langkah ini menyangkutsegala sesuatu yang akan dilakukannya, sepertimasalah pabrik, manajemenusaha, pemasaran, pemilihan produk, risiko yang harusdihadapi, serta masalah keuangan.Langkah-langkah tersebut disusun secara rapi dantertulis dalam bentuk prososal usaha.
    • Apa yang dimaksud proposal usaha ?Proposal usaha adalah dokumen tertulis yangdisiapkan oleh wirausahawan yang menggambarkansemua unsur yang relevan, baik internal maupuneksternal, mengenai usaha atau proyek baru.atau dapat dikatakan bahwaProposal usaha merupakan dokumen tertulis yangberisi mengenai usaha baru yang sedangdirencanakan.
    • Begitu pentingnya proposal usaha, maka hendaknyapenyusunan proposal usaha harus murni dibuat olehwirausahawan sendiri dan tidak sekedar menyalinproposal usaha milik orang lain.Proposal usaha pada intinya mencakup atas sasarandan strategi.Sasaran adalah apa yang ingin dicapai perusahaansedangkanStrategi adalah arah tindakan untuk mencapai sasaranusaha yang mencakup perihal persiapan perusahaanuntuk menghadapi situasi yang ada.
    • Faktor-faktor penyusunan ProposalUsaha :1. Tujuan yang realistis Yaitu, hendaknya disesuaikan dengan kemampuan, spesifik dan dapat diukur serta ada kesatuan antara waktu dan parameternya2. Fleksibilitas Yaitu mudah disesuaikan dengan perkembangan usaha dan memungkinkan munculnya alternatif strategi yang harus diformulasikan.
    • Faktor-faktor penyusunan ProposalUsaha :3. Batasan Waktu Yaitu harus dibuat secara berkesinambungan dan adanya evaluasi waktu atau kemajuan yang akan dicapai di dalam usaha4. Komitmen Yaitu, usaha perlu mendapat dukungan dari seluruh pihak yang terlibat, baik itu dari pihak keluarga, mitra bisnis, karyawan atau anggota lainnya.
    • Manfaat Proposal Usaha :Ada beberapa manfaat yang dapat diperolehwirausahawan dengan penyusunan proposalusaha, yaitu :1. Berguna untuk membandingkan antara perkiraan dengan hasil yang nyata2. Membantu wirausahawan untuk mengembangkan dan menguji strategi dan hasil yang diharapkan dari sudut pandang pihak lain
    • Manfaat Proposal Usaha :3. Menyediakan alat komunikasi bagi wirausahawan untuk memaparkan dan meyakinkan gagasannya kepada pihak lain secara menyeluruh4. Membantu wirausahawan untuk dapat berpikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang akan dimasukinya.5. Persaingan faktor ekonomi dan analisis financial yang masuk dalam subjek proposal usaha dapat mendekati asumsi-asumsi secara cermat, mengenai seberapa besar tingkat keberhasilan dalam usaha.
    • Manfaat Proposal Usaha :Manfaat lain dari proposal usaha adalah semakinjelasnya sumber-sumber keuangan.Hal ini dimungkinkan karena :1. Proposal usaha dapat menjadi sebuah gambaran awal dan seberapa jauh kemampuan manajerial seorang wirausahawan.2. Dapat mengidentifikasi adanya risiko kritis pada saat penting, guna memudahkan penentuan langkah antisipasi.
    • Manfaat Proposal Usaha :3. Memberikan informasi potensi pasar dan perkiraan market share yang mungkin diraih4. Memberikan gambaran sumber-sumber financial yang jelas, dokumen ringkas yang mengandung informasi penting dan evaluasi financial5. Memberikan gambaran tentang kemampuan wirausahawan untuk memenuhi kewajibannya.
    • Karena proposal usaha itu dibuat bukanuntuk dikonsumsi sendiri, melainkanuntuk pihak luar yang terkait, sepertibankir, investor, konsumen, konsultan, pengacara, pemerintah daerah, dansebagainya. maka wirausahawan dalammenyajikan proposal usaha harusselengkap mungkin serta dengan bahasayang sederhana dan mudah dipahami.
    • Ada beberapa hal yang sebaiknya dimiliki olehwirausahawan atau tim penyusun proposalusaha, yaitu :1. Pengetahuan, teknologi, daya kreativitas, inisiatif, dan inovatif2. Kemampuan membuat proyeksi keuangan3. Kemampuan dalam bidang pemasaran4. Pengalaman dalam bidang usaha yang digelutinya
    • B. SISTEMATIKA PENYUSUNAN PROPOSAL USAHA Menetapkan jenis usaha yang diinginkan dan sekaligus menguntungkan adalah pekerjaan yang tidak mudah. Seorang wirausahawan harus bersedia bekerja keras mencari informasi tentang usaha apa yang paling cocok dan menguntungkan. Setelah mempunyai keyakinan yang mantap, tindakan selanjutnya adalah menyusun proposal usaha. Namun secara umum, proposal usaha harus disusun berdasarkan analisis wirausahawan terhadap kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang akan dihadapi.
    • Ada beberapa petunjuk dalampenyusunan proposal usaha, yaitu :1. Menetapkan jenis usaha yang diinginkan2. Menetapkan aspek produk yang akan dibuat3. Menetapkan aspek pemasaran produk4. Menetapkan aspek teknis penyaluran produk5. Menetapkan aspek organisasi dan manajemen
    • 6. Menetapkan aspek yuridis7. Melaksanakan aspek administrasi8. Mengetahui aspek sumber keuangan9. Mempelajari aspek kebijakan pemerintah daerah10. Mempelajari aspek ANDAL
    • Sebenarnya tidak ada aturan baku yangmengatur dalam penyusunan draf proposalusaha, akan tetapi pada umumnya proposalusaha memuat hal-hal sebagai berikut :1. Halaman depan Pada halaman ini dicantumkan nama dan alamat perusahaan serta nama orang yang bertanggung jawab.2. Daftar Isi Berisi kerangka proposal usaha dengan dilengkapi nomor halaman
    • 3. Penjelasan perusahaan Berisi tentang strategi perusahaan dan tim manajemen pengelola perusahaan4. Pemasaran Menjelaskan mengenai pasar yang dituju, besar potensi pasar, dan berbagai strategi serta ramalan tentang target konsumen pada masa mendatang5. Produk yang dihasilkan Menjelaskan tentang kualitas, kuantitas, kegunaan, dan keistimewaan barang dan jasa yang dihasilkan
    • 6. Peningkatan Omset Penjualan Menjelaskan tentang teknik promosi yang akan digunakan, tenaga penjual, perwakilan penjual yang perlu diangkat diberbagai daerah7. Permodalan Menjelaskan mengenai rencana permodalan dan proyeksinya, neraca pendahuluan, aliran kas dan pendapatannya.8. Apendiks Berisi berbagai keterangan yang diperlukan untuk melengkapi proposal usaha, misalnya akte pendirian, SIUP, SITU, ANDAL, dan sertifikat usaha.
    •  Setelah proposal usaha selesai dibuat, selanjutnya proposal usaha dipresentasikan dihadapan para calon investor. Presentasi secara lisan menjadi kunci penting dalam menjual proposal usaha kepada investor. Presentasi proposal usaha juga perlu didiskusikan secara terorganisir, dipersiapkan dengan baik, menarik dan fleksibel.
    • Beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam mempersiapkan presentasi proposal usaha, antara lain sebagai berikut :1. Mengetahui keseluruhan kerangka proposal usaha2. Menggunakan beberapa kata kunci yang terdapat pada kerangka proposal usaha untuk membantu mengingatkan pemberian contoh atau detail yang lain3. Melakukan latihan dan mengatur waktu presentasi
    • 4. Mempelajari alat-alat bantu yang akan digunakan dalam presentasi, misalnya OHP, slide perusahaan, Notebook, dan lain-lain5. Latihan presentasi secara keseluruhan6. Datang lebih awal dari waktu yang telah ditentukan pada hari presentasi.7. Seorang wirausahawan harus mengetahui bahwa para pendengar dalam presentasi proposal usaha adalah ibarat lawan mereka. Untuk itu wirausahawan harus mempersiapkan diri dalam menghadapi kritik dan pertanyaan para peserta.
    • SekianTerima Kasih