Your SlideShare is downloading. ×
Contoh laporan   aplikasi komputer (aplikom) - isya ansyari - polisafaris
Contoh laporan   aplikasi komputer (aplikom) - isya ansyari - polisafaris
Contoh laporan   aplikasi komputer (aplikom) - isya ansyari - polisafaris
Contoh laporan   aplikasi komputer (aplikom) - isya ansyari - polisafaris
Contoh laporan   aplikasi komputer (aplikom) - isya ansyari - polisafaris
Contoh laporan   aplikasi komputer (aplikom) - isya ansyari - polisafaris
Contoh laporan   aplikasi komputer (aplikom) - isya ansyari - polisafaris
Contoh laporan   aplikasi komputer (aplikom) - isya ansyari - polisafaris
Contoh laporan   aplikasi komputer (aplikom) - isya ansyari - polisafaris
Contoh laporan   aplikasi komputer (aplikom) - isya ansyari - polisafaris
Contoh laporan   aplikasi komputer (aplikom) - isya ansyari - polisafaris
Contoh laporan   aplikasi komputer (aplikom) - isya ansyari - polisafaris
Contoh laporan   aplikasi komputer (aplikom) - isya ansyari - polisafaris
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Contoh laporan aplikasi komputer (aplikom) - isya ansyari - polisafaris

11,110

Published on

Published in: Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
11,110
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
403
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. LAPORAN TUGAS AKHIR SEMESTERAPLIKASI KOMPUTER IISISTEM INFORMASI PERPUSTAKAANDi susun oleh :1. <Nama> (NIM)2. <Nama> (NIM)3. <Nama> (NIM)JURUSAN TEKNIK PERTAMBANGANPOLITEKNIK ISLAM SYEKH SALMAN AL FARISI RANTAUJUNI, 2012
  • 2. BAB IPENDAHULUAN1.1. Latar BelakangPenerapan teknologi informasi (IT) saat ini telah menyebar hampirsemua bidang tidak terkecuali di perpustakaan. Perpustakaan sebagaiinstitusi pengelola informasi merupakan salah satu bidang penerapanteknologi informasi yang berkembang dengan pesat. Perkembangan daripenerapan teknologi informasi bisa kita lihat dari perkembangan jenisperpustakaan yang selalu berkaitan dengan teknologi informasi, diawali dariperpustakaan manual, perpustakaan terautomasi, perpustakaan digital ataucyber library. Ukuran perkembangan jenis perpustakaan banyak diukur daripenerapan teknologi informasi yang digunakan, bukan dari skala ukuran lainseperti besar gedung yang digunakan, jumlah koleksi yamg tersedia maupunjumlah penggunanya. Kebutuhan teknologi informasi sangat berhubunganerat dengan peran dari perpustakaan sebagai kekuatan dalam pelestarian danpenyebaran informasi ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang berkembangseiring dengan menulis, mencetak, mendidik dan kebutuhan manusia akaninformasi. Perpustakaan membagi rata informasi dengan caramengidentifikasi, mengumpulkan, mengelola, dan menyediakannya untukumum.1.2 TujuanMelihat dari kinerja perpustakaan sekarang yang kebanyakan masihmenggunakan metode manual, maka kini kami hadir sebagai solusi untuksistem informasi perpustakaan “ Digital Library “ karena mengikutiprosedural perkembangan zaman sekarang yang serba otomatis seiringdengan berkembangnya teknologi informasi, sehingga memudahkan kinerjadari administrasi perpustakaan karena sistem ini akan terotomatis denganmenggunakan database.
  • 3. 1.3. Batasan MasalahDalam program ini, kami hanya membatasi pada pengelolaan dansirkulasi buku yang dipinjam maupun yang dikembalikan. Program ini jugamengatur tentang prosedur-prosedur dalam mekanisme manajemenperpustakaan. Selain itu, dalam program ini juga diatur mengenaikonsekwensi keterlambatan pengembalian buku.1.4. Deskripsi MasalahSistem informasi perpustakaan sangat membantu tugas karyawanperpustakaan. Prosedur pendataan peminjaman maupun pengembalian bukudilakukan dengan komputer. Pada awalnya anda diharuskan mendaftarsebagai anggota perpustakaan dengan memasukkan identitas diri. Setelahsemua data dimasukkan, kami akan menyimpan data diri anda ke dalamdatabase. Kami juga akan memberikan nomor pin yang akan digunakanapabila anda akan meminjam buku. Setelah anda terdaftar sebagai anggotaperpustakaan dengan mengikuti aturan yang ada (maksimal 3 buku). Andadisediakan komputer pencatat sirkulasi buku yang berisi form peminjamandan pengembalian buku. Pada tampilan awal anda akan ditanya apakah inginmengembalikan buku atau meminjam buku.Jika ingin mengembalikan, anda harus memasukkan identitas diri(nama dan nomor pin) dan data buku yang akan dikembalikan (judul, namapengarang dan kode buku). Setelah itu komputer akan memproses datatersebut. Setelah diproses, komputer akan menyatakan bahwa buku telahdikembalikan kemudian memberitahukan letak buku. Selanjutnya andaharus mengembalikan buku ke tempatnya sesuai informasi letak buku yangdiberikan komputer. Jika anda ingin meminjam buku, anda dimintamemasukkan judul dan nama pengarang buku. Setelah data diproses,komputer akan memberitahukan apakah buku tersebut tersedia atau sedangdipinjam. Jika dalam keadaan dipinjam, komputer akan memberitahukantanggal kembalinya buku tersebut. Namun jika buku tersedia, andadipersilahkan memilih apakah ingin membaca di ruang baca atau membawapulang buku tersebut.
  • 4. Jika ingin membaca di ruang baca, maka anda tinggal mengambilbuku sesuai di tempat yang diberitahukan komputer. Jika ingin membawapulang, anda diharuskan memasukkan nama, nomor pin anda, dan kodebuku yang akan dipinjam. Setelah itu komputer akan memproses datatersebut. Kemudian komputer akan memberitahukan tempat buku berada,tanggal pengembalian, serta sanksi keterlambatan pengembalian. Andatinggal mengambil buku tersebut dan boleh membawanya pulang. Untukdenda keterlambatan pengembalian dikenakan biaya Rp.200 per hari untukmasing-masing buku.
  • 5. BAB IIANALISA DAN PERANCANGAN PROGRAM2.1. Deskripsi Programa. Memasuki menu utama tentang informasi perpustakaan.b. Anda diharuskan mendaftar sebagai anggota perpustakaan (registrasi).Setelah identitas anda kami simpan dalam database kami, anda akanmendapatkan nomor pin sebagai pengganti identitas dan saranakeamanan anda.c. Anda memasuki tampilan pilihan. Jika anda ingin mengembalikan buku, lanjutkan ke langkah d. Jika anda ingin meminjam buku, lanjutkan ke langkah g.d. Masukkan judul dan nama pengarang serta kode buku yang ada disampul buku.e. Proses data dalam database.f. Tampilan letak buku akan diinformasikan kepada anda. Selanjutnyaanda tinggal mengambil atau mengembalikan buku ke tempat yangdiinformasikan. Lanjutkan ke langkah k.g. Masukkan judul buku dan nama pengarang yang ingin anda cari untukmengetahui kondisi buku. Jika buku sedang dipinjam maka kami akan menginformasikantanggal kembalinya buku tersebut. Jika buku tersedia maka lanjutkan ke langkah d.h. Anda memasuki pilihan pinjam buku. Jika anda hanya ingin membaca buku di ruang baca maka lanjutkanke langkah f. Jika anda ingin meminjam buku untuk dibawa pulang, lanjutkan kelangkah i.i. Masukkan identitas diri seperti nama, nomor pin, dan kode buku.j. Setelah semua data diproses, maka letak buku akan ditampilkan.k. Konfirmasi peminjaman atau pengembalian buku.l. Print Out sebagai bukti peminjaman / pengembalian buku darioperator.
  • 6. REGISTRASI USERPINJAM/KEMBASTARTREGISTRASI BUKUKONDISI BUKUKONDISIPINJAMENTRYIDENTITASLETAK BUKUREGISTRASIAKHIRENDENTRY DATATANGGALKEMBALIINFORMASIPERPUSTAKAANVALIDm. Mengakhiri program dan masuk tampilan awal2.2. Diagram Alur (Flowchart)12a34 b FalseTrue c5 6dPinjam Buku7 11e fKembali Buku KeluarAda g8 Baca di tempath12Bawa Pulang i 910131415PROSES DATA
  • 7. 2.3. Penjelasan Alur Sistem1. Memasuki tampilan awal program yang berisi tentang informasi buku.2. Memasuki homepage tentang informasi buku.3. Mendaftar sebagai anggota perpustakan.4. Apabila data registrasi telah di pakai user lain maka akan melakukanregistrasi ulang.5. Pilihan apakah anda ingin mengembalikan atau meminjam buku.6. Masukkan judul dan nama pengarang buku yang ingin dipinjam /dikembalikan (maksimal 3 buku).7. Informasi kondisi buku apakah sedang dipinjam atau tidak.8. Kondisi peminjaman buku apakah ingin membaca di tempat ataumembawa pulang.9. Masukkan nama, nomor pin anda, dan kode buku yang akan andapinjam.10. Menyimpan data peminjam dan data buku yang akan dipinjam ataudikembalikan ke dalam database.11. Informasi tanggal kembalinya buku yang sedang dipinjam.12. Masukkan judul, nama pengarang, dan kode buku yang akandikembalikan.13. Informasi letak buku sesuai kode rak buku.14. Mencetak kwitansi peminjaman atau pengembalian serta tampilaninformasi sanksi keterlambatan pengembalian buku..15. Tampilan mengakhiri program.a. Jalur registrasi user dengan database.b. Registrasi ulang apabila data user telah dipakai / ada dalam database.c. Apabila registrasi valid,dilanjutkan pada jalur pinjam / kembali buku.d. Jalur peminjaman buku.e. Jalur pengembalian buku.f. Buku sedang dipinjam.g. Buku tersedia.h. Pinjam untuk dibaca di tempat.
  • 8. i. Pinjam untuk dibawa pulang.BAB IIIIMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN PROGRAMProgram aplikasi sistem informasi perpustakaan ini merupakanaplikasi yang berbasis Graphical User Interface (GUI) yang terdiri dariAbstract Windowing Toolkit dan Swing sehingga mempunyai tampilanyang lebih interaktif. Program aplikasi bersifat platform oriented dantergantung pada suatu platform sistem operasi. Penggunaan packagejavax.swing yang bersifat lightweight membuat program ini dapatdiaplikasikan untuk tampilan multiplatform. Dengan menggunakanpackage java.awt dan javax.swing tersebut, program ini mempunyaimekanisme event handling.Kelas component yang digunakan dalam program ini adalahbutton, choice, label, list, scrollbar, tabel, text field dan text area. Dalammerancang tata letak komponen GUI (layout management) digunakan subkelas container seperti panel, applet dan frame. Exception (kondisipengecualian) digunakan dalam program ini sebagai mekanisme untukmengantisipasi terjadinya error dan menjalankan koneksi program dengandatabase.Program ini terdiri dari tampilan utama, form input data anggota,form input data buku, form proses data peminjaman dan pengembalianbuku. Berikut tampilan dari program aplikasi sistem perpustakaan :
  • 9. Tampilan UtamaTampilan utama diatas merupakan Frame dari Aplikasi SistemInformasi Perpustakaan yang terdiri dari beberapa menu bar seperti File,Input Data dan Proses Data yang mana memiliki sub bagian tersendirisebagai berikut :1. File, hanya memliki 1 sub bagian yaitu → Keluar (untuk keluar menu)2. Input Data → Input Data Buku & Input Data Anggota.3. Proses Data → Peminjaman Buku & Pengembalian Buku.Form Input Data BukuPada tampilan form input data buku ini berisi lengkap tentang fromuntuk pengisian data buku sehingga mempermudah untuk mengakses danmengetahui tentang kondisi dan letak buku.Form Input Data Anggota
  • 10. Pada tampilan form input data anggota ini berisi lengkap tentangfrom untuk pengisian data anggota sehingga setelah selesai melakukanregistrasi, anggota perpustakaan mendapat nomor id.Form Proses Data Peminjaman BukuForm Proses Data Pengembalian BukuPada tampilan form proses data ini, berisi tentang prosedural untukmelakukan peminjaman dan pengembalian buku. Apabila terjadiketerlambatan pengembalian buku, maka anggota perpustakaan akanterkena denda dengan besaran denda sesuai dengan lama durasiketerlambatan pengembalian buku.
  • 11. Setelah dilakukan beberapa evaluasi ulang, program ini masihmemiliki banyak kekurangan. Program aplikasi sistem informasiperpustakaan ini secara fungsinya baru hanya dapat digunakan sebagaiserver data utama yang secara mekanisme penggunaannya hanya dapatdigunakan untuk operator perpustakaan (pustakawan). Belum adanyafasilitas-fasilitas yang disetting secara khusus untuk pengunjung sehinggatidak dapat dijadikan sebagai komputer client di perpustakaan.
  • 12. BAB IVPENUTUP4.1. KesimpulanDari hasil project java ini, dapat disimpulkan bahwa untukpengadaan, inventarisasi, katalogisasi, serta sirkulasi statistik mengenaidata buku, diperlukan adanya suatu sistem penataan. Hal ini sangatpenting demi mempermudah dan memperlancar proses pencarian dataserta peminjaman dan pengembalian buku.4.2. SaranMeskipun program ini sudah terlihat kompetitif, kami menyadaribahwa masih banyak terdapat kekurangan. Kami berharap program yangkami ajukan ini dapat dikembangkan lebih luas lagi, dan tidak hanyasebatas pada informasi buku, namun juga bersifat lebih luas lagi. Kamijuga berharap jika nantinya program yang kami usulkan ini berhasil,diharapkan para pengunjung perpustakaan mematuhi prosedur yang adaagar semua pengunjung merasa aman dan nyaman.Rantau, Juni 2012MenyetujuiDosen Pengajar,Wahyu Aris Sandi, S.Kom
  • 13. DAFTAR PUSTAKAFatchurrochman & Basuki, A. 2007. Pemrograman Visual Java. GrahaIlmu. Yogyakarta.Hermawan, B. 2004. Menguasai Java 2 & Object Oriented Programming.Penerbit Andi. Yogyakarta.http://romisatriawahono.nethttp://www.ilmukomputer.com

×