Pp pkn - mahkamah internasional

12,614 views
12,165 views

Published on

pp kewarganegaraan SMA - Mahkamah Internasional

Published in: Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
12,614
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
137
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pp pkn - mahkamah internasional

  1. 1. Kelompok ANGGOTA : 1. ISNAWATI 2. MUKHIFFA GUNIARTY 3. RISA ARIANTI
  2. 2.  Mahkamah Internasional (International Court of Mahkamah Internasional (The International Court of Justice) Berfungsi, menyelesaikan kasus – kasus persengketaan internasional yang subjeknya negara. Justice/ICJ) merupakan badan internasional yang diakui memiliki kedudukan istimewa. Selain sebagai badan utama Perserikatan Bangsa-bangsa, Mahkamah Internasional juga merupakan badan pengadilan yang memiliki reputasi internasional dan mempunyai statuta tersendiri. Mahkamah Internasional merupakan kelanjutan dari Mahkamah Permanen Internasional (Permanent International Court of Justice/PICJ) yang dibentuk oleh Liga Bangsa-bangsa sehingga tidak berbeda jauh dengan peraturan yang berlaku dalam PICJ . Dalam struktur organisasinya Mahkamah Internasional terdiri atas Presiden, Wakil Presiden Mahkamah Internasional dan hakim anggota serta panitera yang dipilih tanpa terikat atau mewakili negaranya.  Komposisi terdiri dari 15 orang Hakim dan masa jabatan 9 tahun. Dipilih oleh MU & DK (5 anggota dari negara anggota tetap D PBB).
  3. 3. Tugas Mahkamah Internasional 1. MENERIMA PERKARA-PERKARA DARI PARA ANGGOTA SERTA DARI LUAR ANGGOTA DENGAN SYARAT-SYARAT YANG TELAH DITENTUKAN OLEH DEWAN KEAMANAN. 2. MENERIMA PERSENGKETAAN HUKUM INTERNASIONAL DARI DEWAN KEAMANAN. 3. MEMBERI NAIHAT TENTANG PERSOALAN HUKUM KEPADA MAJELIS UMUM ATAS USUL DEWAN KEAMANAN PBB.
  4. 4. 4. M E N G A D I L I PERSEL I SI HAN- P E RS E L I S I HA N A T A U P E RS E NGK E T A A N A N T A R N E G A R A -N E G A R A A NGGOT A PBB Y A NG P E RS OA L A NNY A DI A J UK A N OL E H NE GA RA Y A NG B E RS E L I S I H . 5. M E N D E S A K UNT UK D E WA N K E A MA N A N PBB ME N G A MB I L T I N D A K A N T E R H A D A P P I H A K Y A N G T I D A K ME N G H I R A U K A N K E P U T U S A N MA H K A MA H I NT E RNA T I ONA L .
  5. 5. Mahkamah Internasional dan peranannya dalam penyelesaian sengketa internasional  Mahkamah Internasional dalam mengadili suatu perkara, berpedoman pada perjanjianperjanjian internasional (traktat-traktat dan kebiasaan-kebiasaan internasional) sebagai sumber hukum.  Keputusan Mahkamah Internasional, merupakan keputusan terakhir walaupun dapat diminta banding.
  6. 6.  Yurisdiksi adalah kewenangan MI untuk memutuskan perkara-perkara pertikaian dan memberi opini yang bersifat nasihat.  Permintaan salah satu dari pihak yang bersengketa, mahkamah dapat mengizinkan penggunaan bahasa lain.  Keputusan Mahkamah Internasional, merupakan keputusan terakhir walaupun dapat diminta banding.
  7. 7. KEPUTUSAN MAHKAMAH ADA 3: a. a. Berisikan komposisi Berisikan penjelasan mengenai motivasi Mahkamah. Pemberian Mahkamah, informasi motivasi keputusan Mahkamah mengenai pihak-pihak yang merupakan karena suatu bersengketa serta wakil- penyelesaian yuridiksi. Hal ini wakilnya, analisa mengenai fakta-fakta, dan argumentasi, bukan pihak-pihak yang bersengketa. sering merupakan salah satu unsur dari penyelesaian yang lebih luas dari sengketa. Oleh karena itu, perlu dijaga sensibilitas pihak-pihak yang bersengketa.
  8. 8. Berita dispositif, ini berisikan keputusan Mahkamah yang mengikat negara-negara yang bersengketa.
  9. 9. Mahkamah Internasional dan peranannya dalam penyelesaian sengketa Internasional MAHKAMAH HANYA MEMILIKI KEWENANGAN UNTUK MEMBERI NASIHAT APABILA DIMINTA DAN PEMBERIAN NASIHAT ITU TIDAK MENGIKAT ATAU MEMILIKI KEDUDUKAN LEBIH TINGGI DARI KEPUTUSAN MAJELIS UMUM PBB. DEMIKIAN JUGA HALNYA DALAM PEMERIKSAAN BERBAGAI PERKARA YANG DIAJUKAN KEPADA MAHKAMAH INTERNASIONAL MAKA ORGAN-ORGAN PBB LAINNYA TIDAK BOLEH MENCAMPURI URUSAN MAHKAMAH. SEBAGAI SALAH SATU ORGAN UTAMA PBB TERBENTUKNYA MAHKAMAH INTERNASIONAL TIDAK TERLEPAS DARI TUJUAN DIBENTUKNYA PBB.
  10. 10. Peran Mahkamah Internasional sangat menentukan kepada kedua negara yang sedang bersengketa. Dalam hal ini, Mahkamah Internasional mempunyai kewenangan, dimana Mahkamah Internasional berwenang untuk memeriksa, menyelesaikan sengketa hingga memberikan keputusan atas dasar sengketa tersebut.
  11. 11. Contoh penelesaian sengketa oleh Mahkamah Internasional 1. Masalah perbatasan teritorial di Pulau Sipadan dan Ligitan (Kalimantan) antara Indonesia dan Malaysia yang tidak kunjung ada titik temu, disepakati untuk dibawa ke Mahkamah Internasional. Setelah melalui perdebatan dan perjuangan panjang, pada awal tahun 2003 Mahkamah Internasional memutuskan untuk memenangkan Malaysia sebagai pemilik sah pulau tersebut. 2. Runtuhnya Federasi Yugoslavia (1992) melahirkan perang saudara di antara bekas negara anggotanya (Kroasia, Slovenia, Serbia, dan Bosnia Herzegovina). Namun pemerintahan Yugoslavia yang dulu dikuasai oleh Serbia, tidak membiarkan begitu saja sehingga terjadi pembersihan etnik (ethnic cleansing) terutama kepada etnik Kroasia dan Bosnia. Campur tangan PBB menghasilkan keputusan Mahkamah Internasional yang didukung oleh pasukan NATO, memaksa Serbia menghentikan langkah-langkah pembersihan etnik yang kemudian mengadili para penjahat perang. Mahkamah Internasional sangat aktif mengadili perkara kejahatan perang. Hingga sekarang proses tersebut masih terus berlangsung.
  12. 12. Thanks For Your Attention ! We hope this power point can be useful to us……

×