Tujuan produksi

11,448 views

Published on

tujuan produksi yang benar ni....

semoga bermanfaat...

:)

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
11,448
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
31
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tujuan produksi

  1. 1. Ishlah al-Medaniy
  2. 2. Semua aktifitas menghasilkan barang atau jasa yang dilakukan seorang muslim untuk memperbaiki apa yang dimilikinya, baik berupa sumber alam dan harta, dan dipersiapkan untuk bisa dimanfaatkan oleh pelakunya sendiri atau oleh umat Islam.
  3. 3. 1. Merealisasikan keuntungan seoptimal mungkin*)2. Merealisasikan kecukupan individu dan keluarga3. Tidak mengandalkan orang lain4. Melindungi harta dan mengembangkannya5. Mengeksplorasi sumber Ekonomi dan mempersiapkan untuk dimanfaatkan6. Pembebasan dari belenggu Taklid Ekonomi7. Taqarrub kepada Allah Ta’ala
  4. 4. Persepsi kapitalis :1. Ambisi pribadi2. Kebebasan individu secara mutlakPersepsi yang benar :Untuk memberi andil dalam mewujudkantujuan-tujuan produksi lain
  5. 5.  Umar Radhiyallahu ‘anhu melihat anak perempuan kurus yang jatuh bangun karena pingsan, maka beliau bertanya tentang siapa dia, apakah dia tidak memiliki keluarga? Lalu, ketika diberitahu bahwa anak perempuan tersebut putrinya Abdullah bin Umar, maka Umar berkata kepada putranya, Abdullah, “Apa yang terjadi padanya sehingga seperti apa yang aku lihat? Bekerjalah untuk anak-anakmu, wahai Abdullah! Dan, carilah untuk putrimu apa yang dicari orang-orang untuk putri mereka.”
  6. 6.  Usaha yang memenuhi sebagian kebutuhan adalah lebih baik daripada mengandalkan kepada manusia (Umar bin Khattab) Cukupkanlah dirimu dari manusia, niscaya lebih terpelihara agamamu, dan lebih mulia bagimu di hadapan mereka (Umar)
  7. 7.  Harta memiliki peranan besar dalam Islam. Sebab dengannya, dunia dan agama dapat ditegakkan. Tanpa dengannya, seseorang tidak akan istiqomah dalam agamanya, dan tidak tenang dalam kehidupannya (Ibnul Qayyim)
  8. 8. DialahYang menjadikan bumi itumudah bagi kamu, maka berjalanlahdi segala penjurunya dan makanlahsebahagian dari rezki-Nya. Danhanya kepada-Nya-lah kamu(kembali setelah) dibangkitkan.(QS al-Mulk : 15)
  9. 9. Sesungguhnya kemandirian politik danperadaban tidak akan sempurna tanpakemandirian ekonomi. Dan, suatu bangsamanapun tidak akan mampu melaksanakanperanannya dalam politik dan peradabansebagaimana yang seharusnya selama merekabelum bisa merealisasikan kemandirian dalambidang ekonomi (DR Hazim Al-Bailawi)
  10. 10.  “Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya.” (QS Hud :61) “Wahai manusia, demi Allah, sungguh bila aku mati di antara dua kaki untaku dikala aku mencari hartaku di muka bumi dari sebagian karunia Allah, adalah lebih aku sukai daripada aku mati di atas tempat tidurku” (Umar)
  11. 11.  Motivasi produksi kapitalis : keuntungan semata Tidak ada untung = tidak memproduksi Motivasi yang benar = kebermanfaatan (Khoirunnas ‘anfa’uhum linnas)
  12. 12. Sumber : FE Umar bin Khattab

×