Sejarah perkembangan internet
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Sejarah perkembangan internet

on

  • 2,375 views

sejarah perkembangan internet dan pekermbangan teknologi browser

sejarah perkembangan internet dan pekermbangan teknologi browser

Statistics

Views

Total Views
2,375
Views on SlideShare
2,375
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
25
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment
  • {}

Sejarah perkembangan internet Sejarah perkembangan internet Presentation Transcript

  • Sejarah Perkembangan Internet Internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking, yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, salelit, dan lainnya. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data. Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada dan melayani daerah Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet. Anda bisa menggunakan fasilitas dari Telkom seperti Telkomnet Instan, speedy dan juga layanan ISP lain seperti first media, netzip dan sebagainya.
  • • Pada tahun 1957 Sebuah depertemen atau lembaga yang bernama Dephan AS ( DoD singkatan dari Departement of Defense) membentuk jaringan ARPA (Advanced Research Projects Agency) sebagai tanggapan terhadap peluncuran Sputniknya Uni Sovyet. Jaringan ARPA bertugas untuk mengembangkan serta meningkatkan kemampuan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh militer. Sebenarnya jaringan ARPA tidak memiliki ahli ilmu pengetahuan ataupun laboratorium. Yang dimiliki hanya kantor dan budget kecil (bagi standar Pentagon) saja. Jaringan ARPA menjalankan tugasnya dengan memberikan bantuan dan melakukan kontrak kerja dengan universitas-universitas dan perusahaan-perusahaan yang memiliki ide yang dianggap menjanjikan bagi operasinya. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik).
  • Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih. Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web. Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.
  • Tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, musik ditampilkan dalam internet. Karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan sangat bervariasi. Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan tertentu dan dengan komponen tertentu saja. Tetapi saat ini orang yang berada dirumah pun bisa terhubung ke internet dengan menggunakan modem dan jaringan telepon. Selain itu, Internet banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, lembaga militer di seluruh dunia untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Di samping manfaat-manfaat di atas, internet juga memiliki efek negatif dikarenakan terlalu bebasnya informasi yang ada di internet. Sehingga memungkinkan anak-anak melihat berbagai hal yang tidak pantas untuk dilihat ataupun dibaca.
  • Perkembangan teknologi web browser Pada awal muncul web sangatlah sederhana, hanya menampilkan hyperlink (link) dan masih menggunakan tampilan nomor yang mirip dengan suatu menu yang menghubungkan antara satu halaman ke halaman lainnya. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam web, hal ini disebabkan karena perkembangan teknologi karena sejarah web sangat berkaitan dengan perkembangan teknologi computer. Pada saat itu teknologi web kebanyakan dikembangkan dan berjalan pada system operasi unix dan jarang menggunakan teknologi windows, Walaupun ada beberapa tetapi tampilannya sangat sederhana. Berlokasi di kota Geneva, Swiss mengajukan protocol system distribusi internet yang digunakan untuk berbagi informasi di antara para fisikawan. Web broser digunakan sebagai berselancar atau istilah jaman sekarang browsing. Pada saat itu pertama kali browser yang sangat popular adalah Internet Explorer yang digunakan untuk mengakses web melalui computer. Seiring dengan perkembangan teknologi muncul berbagai web browser diantaranya modzila firefox, google chrome, opera, safari, dan sebagainya. Dengan kemunculan web browser perkembangan web pun berkembang. Lahir definisi web pada akhir tahun 90-an, yaitu dengan nama web 2.0. web 2.0 ini didefinisikan sebagai web yang berfungsi kolaboratif, informative, dengan tujuan membuat pengguna semakin mudah dan dekat, salah satunya dengan hadirnya social networking.
  • seJaraH beberaPa maCammaCam browser Opera Instalasi dan download Opera terbilang mudah. Dengan logo “O” berwarna merah , banyak kalangan yang mengakui kelebihannya. Walaupun kemampuannya boleh dibilang sudah bagus, namun web browser ini terus dikembangkan. Kini Opera telah meluncurkan versi beta dari seri 8, padahal mereka tengah mempersiapkan peluncuran versi 7.6. Tentunya dengan berbagi peningkatan dan fungsionalitas. Versi beta ini, berisi berbagai tool seperti fit-to-window-width, fit-to-paper-width, peningkatan dalam menangani RSS, start bar untuk mempermudah akses ke fitur utama, serta automatic update.
  • MOZILA FIREFOX Firefox dari Mozilla adalah freeware yang mudah dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna. Seperti halnya Opera, Firefox juga memiliki semacam tabs untuk menangani banyak halaman web pada saat yang bersamaan, tanpa harus membuka banyak jendela. Cukup dengan memanfaatkan tabs, pengguna dapat berpindah dari satu halaman web ke halaman lain. Mesin pencari terkenal macam Google sudah dibundel Firefox. Hasil download bisa disimpan secara otomatis ke desktop komputer, sehingga lebih mudah ditemukan. Selain itu, pengaturan toolbar, tombol, dan ukuran browser dengan mudah dapat dilakukan. Setelah instalasi Firefox yang mudah selesai dilakukan, pengguna akan ditanya apakah ingin mengimpor favorites, setting, history, dan password dari IE atau browser lain. Browser dapat langsung dijalankan tanpa perlu melakukan banyak konfigurasi.
  • Google Crome Google mengeluarkan browser terbaru yang diberi nama Google Chrome. Kenapa Google meluncurkan Google Chrome? Sebab mereka percaya, bahwa mereka dapat menambahkan nilai untuk para pemakai internet dan, pada waktu yang sama, mereka memberikan inovasi pada web browser. Google Chrome di miliki dan di kembangkan oleh Google. Menggunakan Webkit Layout Engine. Browser ini menggunakan slogan deskripsi yang sesuai dengan apa yang ia tawarkan: "sebuah browser yang hanya memerlukan waktu install beberapa detik saja."
  • Internet Explorer Proyek Internet Explorer dimulai sejak musim panas tahun 1994 oleh Thomas Reardon menggunakan kode sumber dari Spyglass, Inc. Mosaic, sebuah peramban web komersil baru. Di akhir 1994, Microsoft melisensikan Spyglass Mosaic. Windows Internet Explorer yang sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus for Windows 95 (Inggris) pada saat itu. Internet Explorer digunakan secara luas sejak tahun 1999, meliputi 95% dari keseluruhan penggunaan peramban web selama tahun 2002 hingga tahun 2003 dengan Internet Explorer 5 dan Internet Explorer 6. Lama kelamaan, ia kehilangan pangsa pasar sejak terlibat dengan kompetisi peramban web, dan kini meliputi 55,92%. Microsoft telah menghabiskan dana hingga 100 juta dolar per tahun untuk mengembangkan Internet Explorer di tahun 1990an, dengan 1.000 orang yang bekerja di dalamnya.
  • Sumber-Sumber Yang Di Dapat http://hargaikataku.blogspot.com/2013/06/sejarah-internet.html http://diansidik.wordpress.com/2006/09/09/sejarah-perkembangan-internet/ http://tau-sejarah.blogspot.com/2013/02/sejarah-perkembangan-opera-minisebagai.html http://www.zainalhakim.web.id/sejarah-browser.html http://listy07.blogspot.com/2012/11/sejarah-mozilla-firefoxinternet.html
  • Power Point Ini Di Buat Oleh : Nama : INTISHAR KELAS : 2IA21 NPM : 53412759 MATERI : PERKEMBANGAN INTERNET DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI BROWSER