Your SlideShare is downloading. ×
Makcomlang
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Makcomlang

383
views

Published on


0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
383
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
4
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Dramatic Person Alfi Annisa Eldini Debri Firman Indri Nandy Nisa Olivia Rd. Gandri Tetep Utami : Ruben : Narator : Andin dan pelayan restoran : Anton : pelayan perpustakaan : Cameramen : Kakek : Tania : Mama : Perampok : Joshua : Ane 1
  • 2. Mak Comblang Jatuh Cinta Andin : “Apaan sih Ton? Lo tuh jangan ganggu-ganggu gue lagi, lo itu udah ditolak cintanya sama gue karena menurut gue lo tuh gak romantis, tau gak?” Anton : “Andin, lo lihat dulu ketulusan hati gue! Kalo sampai udah lo lihat ketulusan hati gue tapi hati lo belum terbuka juga gue gak bakal ganggu lo lagi.” Andin : “Tapi apa? Ngapain lo bawa gue ke tempat kayak gini? Lo mau ngapain gue sih?” Anton : “ Gue gak akan ngapain-ngapain lo, yaudah lo diem aja disini” Anton memberi kejutan untuk Andin. Andin Anton Andin Anton Andin : “Ya ampun Ton.“ : “Gue cinta banget sama lo. Andin? Lo mau gak jadi pacar gue?” : “Gue mau Ton.” : “Beneran?” : “Iya.” Tania melihat percakapan mereka dari belakang Tania : “Yes berhasil!” Lalu Tania sedang di perpustakaan dan memilih-milih buku. Tanpa disengaja Joshua dan Tania memilih buku yang sama. Joshua : “Buat lo aja deh.” Tania : “Beneran nih?” Joshua : “Iya.” Tania : “Ini buku tinggal satu loh.” Joshua : “Its okey buat lo ya.” Setelah Joshua memberikan buku itu ke Tania, dia pun pergi. Anton : “Tania Tania !” Tania : “Iiiiiiih lo berisik banget sih, ada apaan sih?” Anton : “Gue mau berterima kasih sama lo nih soal Andin, gue udah jadian sama dia. Berkat siapa dulu dong. Berkat lo makcomblang jempolan.” Tania : “Suuuuuut jangan buat malu gue loh. Nih!” (ngasihin buku sewaan) Anton : “Yakin nih bayarannya cuma ini doang? “ Tania : “Kayak lo kebanyakan duit aja” 2
  • 3. Anton Tania Anton Tania : “Engga sih” : “Makanya gue cuma nyuruh lo buat bayarin buku sewaan ini.” : “Hehe iya deh emang lo yang paling baik” (sambil mencubit pipi Tania) : “Aw!” Setelah pulang sekolah, dirumah Tania. Tania sedang menelpon dengan temannya yang dicomblangin sama Tania. Tania : “Lo udah tau apa yang dia suka? Coklat? Ya gampalng lah lo tinggal beliin dia coklat aja! Yaaa beli, eh jangan beli coklatnya yang balokan aja! Entar lo bentuk hati terus lo kasih ke dia. Yaaaaaaah minta bantu nyokap lo aja, pasti bisa kan? Terus entar diatasnya lo kasih coklat putih terus lo tulis Galih sayang Ratna. Terus lo kasih ke dia dan gue yakin seyakin-yakinnya dia pasti bakal kelepek-kelepek. Okey, gue tunggu ya kabarnya.” Lalu Mama Tania datang dan menghampiri Tania. Mama : “Minta dicomblangin lagi?” Tania : “Heem.” Mama : “Mama heran kok pada percaya sih sama kamu?” Tania : “Ya percaya aja dong ma, secara Tania itu nyomblangin orang ga pernah gagal. Makannya mereka ngejulukin Tania ‘Maka Comblang Jempolan’.” Mama : “Terus imbalannya cuma buku lagi ?” Tania : “Yaaaaaah sesuai kantongnya. Kalau dia boke, Tania cuma minta sewain buku doang, tapi kalo dia tajir Tania minta buku yang mahal deh. Yaaaaaa lumayan sih daripada Tania minta buku ke Mama.” Mama : “Anak mama emang pintar, terus kamu kapan pacarannya?” Tania : “Aduh kayanya ga banget deh Ma. Mama banyangin aja cowo-cowo yang minta bantuan sama Tania itu bego-bego semua. Naklukin cewe aja ga bisa, pake minta bantuan orang lain segala. Kayaknya Tania gak bakal jatuh cinta deh Ma.” Mama : “Kamu aja belum ketemu. Entar kalo ketemu cowo yang kamu cinta, kamu kelepek-kelepek deh.” Tania : “Ga bakal. Gak ada ya diistilah Tania” Mama : “Sok tahu!” Keeseokan harinya disekolah. Anton sedang bersama Ruben. Lalu Ane jalan didepan mereka. Anton : “Beuh copot tuh mata ! Mana bisa lu dapetin dia kalo lo liatin aja !” Ruben : “Aku udah coba beberapa cara, tapi semua cara itu gagal.” Anton : “Nah kaya gue dong ! Baru seminggu deketin cewe, gue udah jadian men ! 3
  • 4. Ruben Anton Ruben Anton Ruben Makannya lo pake jasa mak comblang jempolan!” : “Apa ? Mak comblang jempolan ? Siapa tuh ?” : “Tania anak 9G” : “Kayaknya gue pernah denger. Dia bukannya pernah masuk majalah ya? Yang punya koleksi komik dan buku.” : “Tuh lo tahu !” : “Boleh juga tuh.” Dirumah Tania. Tiba-tiba Kakenya datang dari desa. Tanpa memberitahu dia dan Mamanya dulu. Kakek Tania Kakek Tania Kakek Tania : “Tania! Tania! Tania!” : “Kakek!” : “Cucuku!” : “Kakek kok ga telepon dulu?” : “Wah repot-repot pake nelpon segala. Kakek langsung datang ketemu kamu, kan?” : “Iya sih, tapi kalo Tania gada dirumah gimana ? Lagi pula, kan, Tania bisa jemput kakek di terminal.” Kakek : “Yang penting kakek udah nyampe dengan selamat.” Tania : “Iya yaudah masuk yu Kek !” Tania dan kakek masuk ke rumah. Sementara itu dirumah Ruben. Ruben menceritakan perihal Mak Comblang Jempolan. Joshua : “Mak comblang jempolan?” Ruben : “Iya katanya tuh dia ngerti banget sama psikologi perempuan. Selain dia perempuan, dia juga suka baca buku dan yang paling penting dia ngerti banget untuk perempuan jatuh cinta ke cowok. Hebatkan? Ya mungkin karena dia perempuan ya?” Josua : “Ya masuk akal juga ya. Karena dia cewe, dia tau maunya apa. Terus kapan lo mau ketemu sama dia?” Ruben : “Besok. Ya moga-moga aja dia bisa bantuin geu buat dapetin hatinya Aneu. Ya kan ?” Joshua : “Mak comblang jempolan! Masih denger gue.” Disekolah, teman teman Tania sedang antre ingin dicomblangkan oleh Tania dan meminta Solusi darinya. Lalu Anton mendorong Ruben untuk segera ikut antre. Tak sengaja, dia menyenggol antrean. Tania tidak menerima perbuatan Ruben. Akhirnya dia marah. Tania : “Hey lo !” 4
  • 5. Ruben : “Gue?” Tania : “Iya lo, mendingan lo gak usah ngantri deh” Ruben : “Tapi gue......” Tania : “Gue gak suka ya sama lo yang main serobotan aja! Gue juga yakin pasti cewe lo gak suka sama sifat lo dan gue juga bakal susah buat bantuin lo. Mendingan sekarang lo pergi jangan ganggu gue disini” Di kantin sekolah, Ane dan Anton ngobrol tentang Ruben suka dengan Ane. Ane : “Apa? Ruben mau gue jadi pacar dia?” Anton : “Gue serius nih An. Gue cuma kasihan aja sama dia ngejar ngejar lo, tapi lo nya aja yang nggak nyadar.” Ane : “Sebenernya gue sadar sih. Tapi gue belaga bego aja soalnya gue tau niatnaya dia buat ngedeketin gue doang.” Anton : “Kok lo tega sih! Dia kan udah baik, tampan, ganteng, apalagi coba?” Ane : “Ya iya sih.” Anton : “Tapi gue udah janji ini buat ngomongin ini ke lo, ya minimal lo kasih dia kesempatan satu kali aja deh. Yah yah?” (memohon sama Ane) Ane : “Okey gue kasih dia satu kali kesempatan. Besok lo suruh dia bawain gue bunga, tapi ngasihnya didepan teman-teman kelas gue ya.” Anton : “Jadi cuma itu doang?” Ane : “Eh engga, tapi itu bukan berarti dia bakal jadi cowo gue loh.” Anton : “Okey okey deh.” (meninggalkan kantin) Besoknya di sekolah, Ruben membawa bunga sebagai syarat yang diminta Ane. Ditemani oleh Anton. Ruben : “Bentar entar gue ngomong apa?” (bingung) Anton : “Yah lo tinggal bilang aja, lu mau gak jadi cewe gue. Gitu doang, terus kasih ni bunga di depan temen-temennya. Gampang kan? Ayolah!” Ruben gugup Anton : “Apalagi?” Ruben : “Dia mau gak ya?” Anton : “Yakin gue yakin, dia bakal mau kalo engga buat apa dia lakuin ini semua?” Ruben masuk ke dalam kelas Ane sambil terliahat gugup, disana juga ada Tania yang memperhatikan Ruben. 5
  • 6. Ane Ruben Ane Ruben Ane Ruben Ane Ruben Ane Ruben Ane : “Lo Ruben anak 9A? Mau ngasih bunga itu ke gue?” : “Iya.” (gugup) : “Buat apa?” : “Buat gue eeee…” : “Kalo lo masih ngomong gugup kayak gitu, bunganya gak gue terima. Ayo!” : “Ane, lo mau gak jadi pacar gue?” : “Apa?” : “Lo mau jadi pacar gue ga?” : “Apa? Gue gak denger!” (teriak) : “Lu mau jadi pacar gue atau enggak?” ( teriak) : “Enggak ah, tapi bunganya gue terima” Teman-teman Ane di kelas menertawakannya dan Ruben pergi dari kelas Ane dengan persaan kesal dan malu. Ketika pulang sekolah Tania memanggil Ruben yang sedang jalan bersama Anton. Tania Ruben Tania Anton Tania : “Ruben! Gue bersedia bantuin lo. Lo suka sama teman sekelas gue kan? Ane? “ : “Gak akan bisa, Ane tuh gak suka sama gue.” : “Ow jadi lo gak percaya sama gue?” : “Percaya sama dia men!” : “Yah walaupun gue gak ngerti kenapa lo suka sama Ane, tapi gue bakal berusaha semampu gue buat Ane bertekuk lutut sama lo!” Ruben : “ Yakin lo?” Tania : “Ya iya lah, lo tanya aja sama dia!” (nunjuk Anton) Ruben : “Okey.” Besoknya ketika pulang sekolah Tania menyuruh Ruben untuk menyuruh orang supaya menjadi perampok, untuk berpura-pura merampok Ane. Perampok lewat sambil memaksa untuk melepaskan tasnya. Ane Perampok : “Tolong tolong !” (teriak) : “Sini sini !” Ruben datang dan langsung memukul perampok itu Ruben Ane Ruben Ane : “Pergi sana lo! Ane lo nggak apa-apa kan?” : “Aduh makasih banget ya untung ada lo.” : “Kebetulan gue lewat, gue anter pulang ya?” : “Gak usah deh supir gue udah nunggu di depan. Thanks banget ya.” 6
  • 7. Ane pergi lau Tania datang menghampiri Ruben Tania : “Hahahahaha.” Ruben : “Gak berhasil juga kenapa ya?” Tania : “Tenang aja Ane tuh emang susah ditaklukan. Yah tapi gue yakin pasi lo ngukir sesuatu dihatinya. Okey bayarannya mana?” Ruben : “Bayaran buat apaan?” Tania : “Ya buat preman tadi. Euhh lupa!” Ruben mengeluarkan uang Tania : “Thanks” Perampok datang untuk mengambil uang Tania Perampok : “Nih bayaran lo!” : “Makasih” Sebagai rencananya berikutnya, Tania mengajak Ane untuk makan malam di sebuah restoran. Padahal itu hanya akalnya saja. Nanti tak lama kemudian, dia pergi dengan alasan Mamanya menyuruh dia pulang. Ane Tania Ane Tania Pelayan Tania Ane Tania Tania Ane Tania Ane : “Hey Tan, aduh maaf ya gue telat. Lo udah lama?” : “Hemm enggak kok.” : “Tumben lo traktir makan, lagi ulang tahun ya?” : “Ah engga , gue emang lagi punya duit aja. Lo mau pesen apa?” : “Selamat siang mbak, mau pesan apa?” : “Lo mau pesen apaan?” : “Sama kayak lo aja deh.” : “Ya udah. Mbak pesen spagheti 2!” : “Minumnya mau apa?” : “Apa aja deh.” : “Ya udah deh soft drink nya 2 aja ya. Oke ditunggu ya mbak pesenannya” : “Lo udah belajar biologi buat besok lusa?” Handphone Tania berbunyi Tania : “Halo kenapa Ma? Ya emang harus sekarang ya? Ya udah ya udah Tania pulang sekarang (pura-pura ditelpon Mama). 7
  • 8. Aduh Ne, sorry banget yang gue gak bisa nemenin lo, nyokap gue mau pergi dan gue harus jagain rumah, sorry yah?” Ane : “Terus makanannya gimana dong?” Tania : “Lo makan aja, nih duitnya. Makasih ya” Tania pun pergi meninggalkan Ane. Bagian dari rencana Tania yaitu ketika dia pergi, Ruben datang. Dia menuju tempat itu sendiri, tanpa ditemani sepupunya. Ane : “Ruben?” Ruben : “Ane, lo sendirian disini?” Ane : “Tadinya gue makan bareng sama temen tuh makanannya udah dipesen. Lo juga sendiran? Ruben : “Tadinya gue cuma mau makan, soalnya nyokap gue gak masak dirumah.” Ane : “Oh ya udah lo makan bareng gue aja. Sayang makanannya udah dipesen ya?” Pelayan datang membawa makanan yang tadi dipesan oleh Tania. Ane : “Yuk!” Ruben : “Bener nih?” Ane : “Ayo dimakan!” Mereka berdua makan dan berbicara banyak hal. Setelah itu mereka pulang ke rumahnya masing-masing. Kali ini rencana Tania belum berhasil. Ternyata Ane mengaku kalau dia sudah jadian dengan cowok lain yang dia suka. Ruben Tania Ruben Tania Ruben Tania Ruben Tania Ruben Tania Ruben Tania Ruben : “Halo?” : “Duh kenapa sih gak besok aja? Gue kan udah mau tidur!” : “Lu tau gak rencana kita tuh gagal ! Ternyata Ane tuh udah punya cowok!” : “Oh gue tau, gue udah lama temenan sama dia. Tapi tenang aja kok, mereka belum jadian.” : “Jadi lo tau?” : “Yaiyalah, secara Ane itu temen deket gue.” : “Terus gimana dong?” : “Udah gue bilang kalo lo suka sama cewek jangan sampai kayak gini dong! Emang cuma Ane cewek di dunia ini? Enggak kan? Lo jaim dikit kenapa sih?!” : “Tapi cuma Ane yang gue suka, Tania.” : “Terus nanti gue harus jawab gimana dong penyebabnya lo suka sama dia? Ya udah deh itu gak penting, yang penting sekarang gimana rencana kedepannya!” : “Lo punya rencana apa?” : “Kita pura pura pacaran!” : “Apa?” (berpikir) 8
  • 9. Besoknya ketika di sekolah, Tania dan Ruben berpura-pura pacaran. Meraka duduk berdua di taman sekolah dengan mesra layaknya orang pacaran. Tania : “Kayaknya umpan kita kena deh” (bisik) Ruben : “Yang penting rencana kita berhasil” (bisik) Tania : “Emm ngomong- ngomong gue boleh tanya sesuatu gak? Apa sih sebabnya lo bisa jatuh cinta sama Ane?” Ruben : “Lo jangan ketawa ya!” Diam -diam Ane melihat Ruben dan Ane berdua. Ada sedikit perasaan cemburu pada Ane. Ane : “Apa bener ya mereka pacaran? Buktinya aja mereka mesra banget tapi kenapa juga gue sewot? Apa gue udah jatuh cinta sama cowok itu?” Kembali ke Ruben dan Ane Ruben : “Waktu itu gue lihat puisinya di mading judulnya Piano Dikotak Kaca yang isinya tuh tentang cewek yang mencintai lelaki dengan sangat dalam dan setelah gue baca, gue jatuh cinta sama yang buatnya yaitu Ane.” Tania : “Piano Dikotak Kaca?” Ruben : “Kayaknya kalo kita lagi mesra pasti dia lebih cemburu ya..” (merangkul pundak Tania) Ane mendatangi Tania dan Ruben. Ane : “Ben? Gue mau ngomong sama lo !” Tangan Ruben ditarik oleh Aneu dan membawanya pergi tak jauh dari taman tadi. Ane : “Lo tuh keterlaluan banget sih!” Ruben : “Gue? Gue salah apa?” Ane : “Lo tuh udah ngasih harapan palsu buat gue ! Lo bilang lo suka sama gue tapi kenapa lo jadi deket sama Tania?” Ruben : “Tania? Ane, gue sama Tania tuh cuma temenan. Belakangan ini sih emang gue ngerasa cocok dan suka ngobrol bareng tapi bukan karena gue suka sama dia ya..” Ane : “Bener?” Ruben : “Bener. Tapi kalo bener gue jadian sama dia kenapa lu jadi sebel? Kita kan gak apa-apa. Atau lo suka sama gue ya? 9
  • 10. Ane : “Enggak gue kira tadinyaaaaa…” Ruben : “Sebenernya yang gue suka tuh lo (pegang tangan Ane) bukan Tania. Dan lo juga suka sama gue? Gimana kalo kita jadian?” Ane : (Ane tersenyum) Ane dan Ruben akhirnya berpacaran. Sementara dirumahnya, Tania sedang termenung dikamar dan Mama masuk ke kamarnya. Tania : “Ma, Mama masih inget gak puisi Piano Dikotak Kaca yang watu itu Tania buat?” Mama : “Ingat, ingat yang Mama bilang bagus itu kan? Mama juga heran kamu kok bisa buat puisi tentang cinta seorang wanita kepada seorang pria padahal kamu kan belum pacaran.” Tania : “Menurut Mama apa bisa seorang cowok jatuh cinta pada puisi itu tapi dia gak tau siapa penulisnya?” Mama : “Emang ada yang jatuh cinta sama puisi yang kamu buat?” Tania : “Hah? Aku cape, Ma. Tidur dulu ya” Sebenarnya Tania tidak tidur, malahan dia membaca buku. Tania : “Cinta adalah reaksi kimia yang terajadi dalam rangsangan bawah sadar manusia untuk berkembang biak dan mempunyai keturunan, adapun hormon yang menuju perasaan cinta adalah hormon oxitesion salah satu hal yang bisa menimbulkan hormon oxitesion adalah bersentuhan. Itu seperti memprogram otak agar merasa nyaman satu sama lain. Cinta bisa terjadi dua lawan jenis . Jadi yang gue alamin sekarang cuma reaksi kimia belaka dan sebenernya itu tuh gak boleh terjadi. Oh my god !” Keheningan terpecahkan setelah handphone Tania berbunyi ada yang meneleponnya, ternyata Ruben. Tania : “Halo?” Ruben : “Hey ini gue , gue mau ngucapin terima kasih sama lo karena rencana lo, gue bisa jadian sama dia. Ya udah sekang lo mau gue bayarin apa? Ya jangan gitu gong plis. Gue mau bales budi sama lo. Gini aja deh kalo lo masih binggung mau cari buku apa kita ke toko buku bareng -bareng terus lo beli deh. Mau gak? Mau ya? Oke deh. Ya udah sampai ketemu besok ya.” Joshua : “Ehm pacar ya?” Ruben : “Bukan” Joshua : “Aah boong kalo itu bukan pacar lo kenapa muka lo merah gitu ben?” Ruben : “Engga ah, ah udah deh.” Joshua : “Ya udah gue pergi dulu ya?” Ruben : “ Yo.” 10
  • 11. Sebagai balas budi untuk Tania, Ruben mengajaknya pergi untuk membeli buku seperti yang telah dijanjikannya. Tania dibelikan buku oleh Ruben. Setelah itu mereka pulang. Ruben mengantar Tania pulang sampai kedepan pintu rumah Tania. Tania : “Makasih ya lo udah mau nganterin gue pulang.” Ruben : “Harusnya gue yang bilang makasih sama lo. Karena gue senang banget hari ini, tahu nggak lo? Ini! Thank you ya.” (menyerahkan buku yang telah dibeli) Ruben pun beranjak pulang. Namun …… Tania Ruben Tania Ruben : “Ruben! Gue boleh nanya satu hal nggak?” : “Boleh.” : “Kalo, kalo yang nulis puisi itu bukan Ane, apa lo masih tetep sayang sama Ane?” : “Pertanyaan lu aneh! Ya jelas dong kita kan tahu yang nulis itu Ane, ya kan? Dan gue ga bisa ngebayangin kalo yang nulis itu bukan Ane. Kayanya geu tetep suka deh sama dia, bukannya harus kaya gitu? Tania : “Emhh oh. Gue masuk ya.” Ruben melambaikan tangannya. Tania merasa kecewa. Lalu Tania masuk ke kamar. Tania berbicara dalam hatinya “Kenapa lo nangis ? Karena semua si misteri itu ? Lo bodoh, Tania ! Lo cuma bakal nyakitin persaan lo sendiri ! Okey akibat reaksi kimia bodoh itu, gue jadi jatuh cinta sama dia. Tapi sekarang semua sudah terlambat. Dia udah ada yang punya. Dan sekarang tinggal gue yang musti menata hati gue sendiri. Dan gue mesti ngelupain dia!” Tania menangis di kamarnya. Lalu Mamanya masuk. Mama : “Tania, belum tidur sayang?” Tania : “Mamaaaaa…” Mama : “Lho kamu kenapa?” Tania memeluk Mama. Tania : “Kenapa sih Ma kalo orang jatuh cinta itu nyakitin?” Mama : “Kamu lagi jatuh cinta? Sama Ruben?” Tania terdiam dan mengangguk. Tania : “Tapi dia udah ada yang punya, Maaa” Mama : “Tania Tania. Tapi Mama seneng kok, akhirnya kamu bisa mencintai orang lain. Berarti kamu sudah dewasa.” Tania : “Tapi aku gimana dong?” Mama : “Kalo Ruben udah punya pacar, kamu ga mungkin rebut dia dari pacarnya. Gimana kalo kamu cari cowo lain aja? Mungkin dengan begitu kamu bisa melupakan Ruben. Ya? Senyum dong!” 11
  • 12. Sementara dirumah Ruben. Joshua sedang asyik membaca bukunya, pengin bercerita dengan dia apa yang sedang alamin. Tapi karena Joshua sedang serius membaca buku, jadi curahan hati Ruben tidak terlalu dia tanggapi. Ruben : “Jos! Joshua! Joshua!” Joshua : “Apaan sih ?” Ruben : “Gue mau curhat nih!” Joshua : “Yaudah cepeta ! Gue lagi serius nih!” Ruben : “Jos nih misalkan elo udah jadian sama satu cewe terus lo baru nyadar kalo ada cewe lain yang baik dari cewe itu, gimana?” Joshua : “Yaudah lu putusin aja cewe lu yang baru jadian terus lu jadian deh sama cewe yang lo anggap lebih baik, bereskan? Udah ah gue mau baca lagi nih!” Ruben : “Lo pikir gampang hah ? Kalo segampang itu ma” Kemudian besoknya diperpustakaan, Joshua dan Tania bertemu. Joshua menyapa pada Tania dan menanyakan buku yang waktu itu dia pinjam. Joshua : “Hai.” Tania : “Hai.” Joshua : “Buku yang waktu itu kamu pinjem itu udah kau balikin belum ?” Tania : “Oh itu. Udah. Itu aku taro meja.” Joshua : “Oh okey.” Tania : “Yaudah yu.” Tania dan Joshua pergi ke seorang pengurus perpustakaan disana. Yang tadi dia kembalikan buku yang dia pinjam ke pengurus perpustakaan itu. Tania Pegawai Tania Joshua Tania Joshua : “Mas, buku yang tadi saya balikin mana ya?” : “Bentar ya, de. Tadi aku taruh sini kok sekarang ga ada (berbicara pelan).} Oh udah dipinjem orang, de.” : “Ini Mas (member buku yang akan dipinjamnya). Aduh sorry ya lo jadi kelewatan lagi deh. Dan lo harus nunggu sampai buku itu dibalikin.” : “Nggak apa-apa kok. Boleh gue minta no hp lo ? : “Apa ? Oh boleh, 08111888594” : “Oh makasih ya. Nanti gue telpon elo” Ternyata benar, Joshua menelepon Tania. Dia berbicara cukup lama. Dia juga meceritakan kalau dia disini itu bersama saudaranya. Dia sebenarnya orang Bandung, namun kuliah di Jakarta. Saat bersamaan, Ruben juga sedang sedang menelepon Ane. Ruben Ane Ruben Ane : “Hallo Ane, gue mau nanya.” : “Iya apa?” : “Kamu sejak kapan suka nulis puisi?” : “Puisi? Puisi yang mana?” 12
  • 13. Ruben : “Itu yang ditempel dimading sekolah, yang judulnya Piano Dikotak Kaca.” Ane : “Ooooh itu. Lo tau ga sih itu puisi buatan Tania. Tapi ternyata Tania ga mau kalo namanya diataro disitu, so pake nama gue deh. Ternyata ada juga ya yang baca.” Ruben terpikirkan kata-kata dari Tania waktu dia mengantar Tania pulang setelah beli buku. Besoknya disekolah. Ruben menghampiri Tania. Ruben : “Tania ! Puisi itu lo yang buat?” Tania : “Lo udah tau? Emang, waktu itu gue minjem namanya Ane. Tapi lo pernah bilang kan sama gue, lo bakal tetep mencintai Ane walaupun bukan dia penulisnya, ya kan?” Tania pergi lalu Ruben mengejar. Ruben : “Tania, mungkin yang gue cinta bukan Ane. Tapi lo !” Tania : “Ruben. Lo ga mungkin mencintai seseorang gara-gara sebuah puisi. Gue tahu lo cuma lagi bingung aja. Lagipula gue lagi deket sama satu cowo. Dan kami dalam masa taraf menjajak.” Tania pergi meninggalkan Ruben. Kemudian sesampainya di rumah, Tania mencurahkan isi hatinya kepada Mama. Mama : “Bukannya kamu juga suka sama dia?” Tania : “Iya sih Ma. Tapi rasanya ga etis aja. Ruben kan udah jadian sama Ane, dan temen Tania sendiri lagi. Masa sih cuma gara-gara Ruben suka sama puisi Tania, terus Tania ngerebut dia dari Ane.” Mama : “Kamu gak yakin kalo Ruben itu mencintai kamu dari puisi yang kamu buat?” Tania : “Iya sih. Tapi Tania rasa itu cuma rasa sesaat doang kok. Tania yakin Ruben pasti mencintai Ane. Lagipula Tania kan udah memutuskan untuk mencoba mencintai Joshua.” Besoknya malam minggu, Joshua mengajak Tania jalan bareng. Mungkin ini kesempatan dia buat ngungkapin perasaannya ke Tania. Ditengah-tengah mereka sedang jalan, Joshua merangkul tangannya Tania. Joshua : “Selama ini gue suka banget sama lo. Dan kalo emang lo bisa, gue pengen elo jadi orang yang special dalam hidup gue. Lu bisa gak Tan terima gue jadi pacar lu? Tania : “Emmm kita coba dulu ya. Soalnya udah lama pacaran ga cukup dengan cinta. Kita harus menjajaki kecocokan sifat kita maing-masing.” Joshua : “Makasih Tan, gue akan cobain. Gue balik ya, dadaah.” Joshua melambaikan tangannya begitu pun Tania. Sesampainya Joshua dirumah, dia masuk ke kamarnya yang juga kamar Ruben. Namun Ruben dan Joshua berbicara sendiri-sendiri. Joshua menghayalkan kencannya barusan sama Tania. Sedangkan Ruben menghayal tentang Puisi Dikotak Kaca. 13
  • 14. Joshua : “Ah dia cantik dan baik. Ga nyangka gue jadi pacarnya.” Ruben : “Gue ga tahu yang bikin puisi itu dia. Tapi semuanya sudah terlambat. Gimana dong ?” Joshua : “Dia cerdas, baik, lucu lagi. Dan semua omongan gue sama dia itu nyambung banget. Gila kita klop abis.” Ruben : “Gak seharusnya gue cinta sama dia, walaupun omongan gue sama dia itu nyambung.” Joshua : “Ah gue nyesel banget kenapa ya ga dari dulu gue kenal sama dia?” Ruben : “Ga, gue ga boleh deket sama dia. Gue akan buka lembaran baru gue sama Ane.” Lalu Joshua tersadar dari lamunan hayalannya. Joshua : “Ben, sekali-kali kita berempat musti ketemu nih. Gue sama dia dan lo sama cewe lo. Gimana?” Ruben : “Nanti-nanti lagi aja ya. Gue capek, tudur duluan ya!” Sementara Tania di rumah sedang santai. Dan kriiiiiing telponnya berdering. (Joshua menelpon tania) Tania : “Halo? Iya? Kenapa Jo?” Joshua : “Halo Tania. Lo inget gak sepupu yang gue certain itu? Heeh yang gue tinggal di rumahnya. Malem ini dia ngajakin gue ketemuan sama ceweknya. Lo mau gak nemenin gue?” Tania : “Oh, dimana ?” Joshua : “Di café malam ini, sekarang gue jemput ya ?” Tania : “Oh yaudah, bye.” Joshua : “Oke deh.” (Joshua menutup teleponnya) Tania : “Mmm, gue pake baju apaan ya? Oh iyaa!” Joshua datang ke rumah Tania. Selagi menunggu Tania datang, Joshua dan Kakek mengobrol. Kakek : “Oh jadi, kamu tidak satu sekolah dengan Tania?” Joshua : “Nggak, saya mahasiswa.” Kakek : “Oh mahasiswa.” Tak lama kemudian, Tania datang dengan pakaian yang menawan. Joshua : “Tania, cantik banget!” Tania : “Makasih” Kakek : “Hahaa , lucu sekali melihat kalian berdua.” 14
  • 15. Tania : “Yaudah yu Jo!” Joshua : “Kek, berangkat dulu ya !” Tania : “Iya Kek bertangkat dulu ya.” Kakek : “Iya iya hati-hati!” Mereka pergi berdua menuju ke kafe. Tania dan Joshua menunggu lama di kafe, sepupunya Joshua yaitu Ruben belum datang juga. Tania : “Sepupu lo belom datang, lama banget ya.” Joshua : “Barusan dia nelpon, dia dateng bakalan telat soalnya nungguin ceweknya dandan lama banget terus dia juga bilang gausah nungguin dia kalau mau pesen pesen aja.” Tania : “Eh, jangan mendingan kita tunggu dia aja sampe datang. By the way, nama sepupu lo siapa?” Joshua : “Ruben.” Tania : “Banyak ya yang namanya Ruben, teman gue juga ada yang namanyaa ..” Ruben : “Aduh, Josh sorry gue telat Josh!” Tania : “Ruben.” Ane : “Tania.” (mereka saling berpandangan) Joshua : “Oh, jadi lo udah saling kenal?” Tania : “Kita ini satu sekolah. Ane temen sekelas gue tapi Ruben beda kelas.” Joshua : “Yaelah, mestinya tadi gue langsung nanya yah lo sekolah dimana. Lupa gue!” Ruben : “Jadi sepupu gue, Joshua ini adalah cowok yang beruntung ya, yang lo pilih daripada cowok-cowok yang lain.” Tania berbicara dalam hati “Jadi selama ini Ruben masih mikirin gue! Kenapa sih semua masalah ini tambah ribet aja”. Lalu Ane menyadarkan dari lamunannya. Ane : “Lo kenapa Tan?” Tania : “Gue? Gak apa-apa kok.” Ane : “Oh, jadi karena hobi kalian sama kalian bisa ketemu?” Joshua : “Iyee, mulai dari itu gue ama dia jadi kayak klop banget. Terus kalau kalian berdua gimana ?” Ane : “Duh, hobi gue sama Ruben beda banget. Kalau gue sukanya shopping, kalau Ruben suka banget nonton. Ya, sebenarnya agak bertolak belakang gitu sih. Terus aku sukanya jalan- jalan tapi Ruben paling gak bisa nganterin gue jalan- jalan. Terus lucunya lagi, kalau Ruben itu pernah nyangka kalau gue itu suka bikin puisi.” Joshua : “Kok bisa?” 15
  • 16. Ane : “Ah sebenarnya ada hubungannya gitu sih sama Tania, jadi waktu itu Ruben baca puisi yang Ruben kira yang buatnya itu aku.” Ruben : “Udah deh! Gausah ngomongin itu lagi. Itu cuma kebodohan gue.” Joshua : “Wah, kayaknya asik banget ya double date kayak gini ya. Kapan dong kita double date lagi ?” Ane : “Gimana kalau jumat malem?” Joshua : “Boleh ayo! Gimana Ben? Tan?” Tanua : “Oh okey boleh.” Joshua : “Hey Ben! Gimana?” Ruben : “Oh iya ayo.” Tidak terasa, jumat malam lagi ! Mereka berempat double date lagi. Namun kini, mereka datang dengan sendiri-sendiri. Ruben yang tiba duluan di kafe utuk ngeboking tempat. Menyusul Tania. Tania tidak berangkat sama Joshua. Karena Joshua mau langsung berangkat dari kampus. Kemudian, Tania duduk dikursi yang sudah Ruben tempatin. Ruben : “Gue mau nanya sama lo. Ngapain sih loe deketin sepupu gue?” Tania : “Ben, gue gak tahu kalau Joshua itu sepupu lo, dan itu cuma kebetulan.” Ruben : “Tan, gue gak percaya! Sejak kapan sih lo mau mempermainkan gue? Apa karena gue bilang puisi lo gaberarti apa-apa buat gue?” Tania : “Ben, lo ngomong apaan sih?” Ruben : “Gue tahu Tan, lo itu pinter. Lo bisa membuat cewek nerima cinta sang cowok dan lo udah ngelakuin itu sama gue! Lo udah buat guee …” Tania : “Kalau gue tau Joshua itu sepupu lo, gue gabakal milih dia Ben!” Ruben : “Tan? Memilih? Apa bagi lo cinta itu permainan? Inget! Kalau lo mempermainkan Joshua lo bakalan berhadapan sama gue! Maaf kalo omongan gue barusan…” Tania : “Udahlah Ben, gue ngerti.” Ruben : “Tan, sebenarnya gue salah orang. Andaikan yang nulis puisi Piano Dikotak Kaca itu elo, gue pasti tepat sasaran. Tapi sekarang sudah terlanjur. Tapi Tan gue ga bisa ngebohongin persaan gue. Kalau yang gue suka itu elo, penulis asli dari puisi Piano Dikotak Kaca. (Ruben memegang tangan Tania). Tania : “Tapi Ben, gue udah sama Joshua dan elo juga udah sama Ane.” Ruben : “Geu mau nanya satu hal, apa elo juga punya persaan yang sama?” Tania : “Kalau gue jujur, itu berat Ben. Itu gak mungkin bisa alamin selagi kita mempunyai pasangan masing-masing.” Sementara diluar restoran, Ane bertemu sama Joshua. Ane : “Lho kok elo berangkat sendiri?” Joshua : “Iya tadi gue ada urusan dulu di kampus, jadi gue nyuruh Tania berangkat sendiri. Lha elo juga mana Ruben? Ane : “Oh dia datang duluan. Katanya mau ngebocking tempat. Yaudah yu!” 16
  • 17. Ketika masuk restoran, Ane dan Joshua melihat Tania dan Ruben terlihat mesra. Sebenarnya Ruben hanya meniup mata Tania yang kelilipan. Namun mereka salah faham. Ane : “Oh jadi hanya alasan aja kamu datang duluan? Alasan buat berduaan sama Tania?” Joshua : “Ben, lo keterlaluan banget sih! Tan, denger ya gue nyuruh elo datang kesini duluan dan berangkat sendiri bukan berarti kamu bisa punya kesempatan sama Ruben!” Ruben : “Ne, gue bisa jelasin semuanya.” Ane : “Halaaah udah lah…” Ane pergi meningglakan Ruben dengan keadaan marah. Ruben tidak tinggal diam. Dia juga menyusul Ane. Begitupun Joshua yang pergi meningglkan Tania. Tania pun menyusul Joshua. Ane pergi kesebrang restoran. Karena jalanan gelap dan tergesa-gesa, akhirnya…… Ruben tertabtak mobil. Serentak Ane, Tania, dan Joshua kaget. Ane yang meningglakan Ruben bailk lagi ke tempat Ruben tertabrak. Mereka membawanya ke rumah sakit. Ruben mengalami luka yang cukup parah. Sehinggatak sadarkan diri. Dan saat Ruben dibawa ke ruang tindakan…. Ane : “Tania, ini semua gara-gara elo! Kalo sampai terjadi apa-apa sama ruben… Joshua : “Ane udah lah gak usah ribut lagi. Sekarang itu yang harus kita lakuin adalah berdoa dan berdoa. Agar ruben bisa melewati masa kritisnya dengan baik.” Ane pergi ke ruangan tempat Ruben dirawat. Diikuti Tania dan Joshua. Tania : “Dia baru sadar?” Ane : “Udah lewat masa kritis. Cepetan doain dia terus keluar!” Tania : “Ne, gue udah pikirin baik-baik. Kalo nanti Ruben sadar, gue bakal nyerahin Ruben sama elo.” Ane : “Okey. Gue pegang janji lo!” Ane meningglakan Tania diruangan Ruben. Tania memegang tangan Ruben dan dia bersedih. Seminggu setelah kejadian itu, Tania tidak masuk sekolah. Bahkan Tania tidak tahu keadaan Ruben telah baik. Atas inisiatif sendiri, Ruben datang ke rumah Tania. Ruben : “Asslamualaikum tante, Tania ada?” Mama : “Waalaikum salam. Eh Nak Ruben. Ada kok Tania dikamarnya. Gimana sekarang sudah baik? Rasanya gak enak ngobrol diluar, yuk masuk!” Mama dan Ruben duduk diruang tamu. Ruben Mama Ruben Mama : “Oh Alhamdulillah baik, Tante. Kabar Tante sama Tania gimana?” : “Baik juga. Sebentar ya Tante panggilin Tania dulu.” : “Eh tapi Tante, jangan bilang aku yang datang.” : “Iya Tante ngerti kok.” 17
  • 18. Didepan pintu kamar Tania Mama Tania Mama Tania : “Tania, ada teman tuh!” : “Siapa Ma?” (menjawab dari dalam kamar) : “Cepat itu temannya kasihan nungguin!” : “Oh iya Ma. Tunggu bentar. Aduh siapa ini bikin penasaran aja.” (menggerutu sendiri) Tania dikejutkan dengan adanya Ruben diruang tamu. Tania Ruben Tania Ruben : “Ma, siapa sih tamunya? Ruben!” : “Iya ini gue Ruben, Tan.” : “Ada apa Ben? Lo udah sembuh?” : “Kok elo kayak yang gak suka gue disini. Gue pengin banget ketemu sama lo. Kata Ane lo gak masuk sekolah seminggu. Gue pengen mengklarifikasi semua masalah di antara kita.” Tiba-tiba Joshua muncul di depan pintu. Tania : “Joshua, kok elo? Jos, gue nggak….” Joshua : “Udah Tan, lo tenang aja. Gue udah gak marah kok. Sekarang gue udah benerbener sadar kalau lo emang sayang sama Ruben dan begitu juga Ruben, dia cinta banget sama lo. Oh iya, Kakek ada Tan?” Tania : “Oh Kakek, ada tuh dibelakang.” Joshua pergi menemui Kakek dibelakang.. Tania : “Ben, Ane gimana?” Ruben : “Ane? Gue udah putusin dia. Dia agak marah sih sama gue tapi ya mau diapain lagi? Penulis puisi juga bukan dia kan?” Tania : “Lo cinta sama penulis puisinya atau sama puisi yang gue buat?” Ruben : “Gue cinta sama puisinya. Ya nggak lah Tan, gue cinta sama lo. Karena lo cuma satu satunya cewek yang bisa bikin gue jatuh cinta.” Ruben memegang tangan Tania. Ruben : “Tania jadi lo udah narik perkataan lo. Kalau lo gak mau jatuh cinta?” Tania : “Iya, sebelum gue ketemu sama lo, gue berpikir kalau cinta itu cuma siasat reaksi kimia doang bahkan cinta itu bisa direkayasa dan gue juga berpikir kalau itu hanya taktik dan siasat jitu tapi semenjak gue ketemu sama lo gue tau bahwa ..” Ruben : “Lo salah?” Tania : “Gue bener, tapi gue lupa satu hal, gue cuma manusia biasa dan suatu saat bisa jatuh cinta.” 18
  • 19. Ruben : “Dasar ya Mak Comblang bisa aja jatuh cinta.” Tania : “Iih , lo ngeledek gue ya?” Ruben : “Gak.” Tania : “Sini loh!” Akhirnya Ruben dan Tania berpacaran. Tidak ada lagi masalah diantara semuanya. Semuanya sudah menjalani hidup dengan jalannya masing-masing. 19

×