The sqa unit and other actors in the sqa system
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

The sqa unit and other actors in the sqa system

on

  • 409 views

 

Statistics

Views

Total Views
409
Views on SlideShare
409
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
7
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

The sqa unit and other actors in the sqa system The sqa unit and other actors in the sqa system Presentation Transcript

  • Disusun oleh:ARRIZQY NUR SHABRINA/5209100053
  • Tugas yang dilakukan oleh Kepala Unit SQA Kepala unit SQA bertanggung jawab untuk semua tugas jaminan kualitas yang dilakukan oleh unit SQA dan sub-unit. Selain itu, beberapa tugas SQA ditugaskan hanya kepada Kepala unit SQA. Tugas-tugas yang dilakukan oleh kepala unit SQA dapat diklasifikasikan ke dalam kategori berikut: •Perencanaan 1 •Manajemen unit 2 •Tugas yang berkaitan dengan hubungan dengan pelanggan dan badan eksternal lainnya serta dengan eksekutif yang bertanggung 3 jawab terhadap kualitas perangkat lunak •Kegiatan SQA profesional. 4
  • Tugas Perencanaan1. Penyusunan program kegiatan yang diusulkan dan anggaran tahunan untuk unit2. Perencanaan dan memperbarui kualitas perangkat lunak organisasi sistem manajemen3. Penyusunan yang direkomendasikan kegiatan tahunan program SQA untuk pengembangan perangkat lunak dan departemen pemeliharaan4. Penyusunan direkomendasikan pengembangan sistem SQA berencana untuk pengembangan perangkat lunak dan departemen pemeliharaanTugas Manajemen1. Manajemen kegiatan tim SQA2. Pemantauan pelaksanaan program kegiatan SQA3. Nominasi anggota tim, anggota panitia SQA dan pengurus SQA4. Penyusunan laporan khusus dan berkala, misalnya, status masalah kualitas perangkat lunak dalam organisasi dan laporan kinerja bulanan.
  • Tugas yang berkaitan dengan hubungan dengan pelanggan dan badaneksternal lainnya serta dengan eksekutif yang bertanggung jawab terhadap kualitasperangkat lunak1. Melayani sebagai alamat pelanggan untuk masalah kualitas perangkat lunak2. Penyuluhan kepada pelanggan berkaitan dengan kualitas produk perangkat lunak dan jasa yang ditawarkan3. Representation dari organisasi sebelum eksternal lembaga mengenai masalah kualitas perangkat lunak4. Penyusunan laporan management review diperlukan untuk rapat management review5. Masalah SQA organisasi, mempersiapkan materi yang diminta, dan sebagainya, untuk pertimbangan top management (dilakukan melalui eksekutif yang bertanggung jawab kualitas perangkat lunak).Kegiatan SQA profesional.1. Partisipasi dalam komite proyek bersama Partisipasi dalam formal design reviews2. Review dan persetujuan atas penyimpangan dari spesifikasi (bila diperlukan oleh prosedur)3. Konsultasi dengan manajer proyek dan pemimpin tim4. Partisipasi dalam komite SQA dan forum.
  • Tugas SQA sub-unit yang berhubungan dengan siklus hidup proyek Tugas SQA terkait dengan siklus hidup proyek sub unit-dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok:1. " Pure " manajerial tindak lanjut dan persetujuan tugas (tugas proyek siklus hidup kontrol)2. "Hands-on" atau partisipasi aktif dalam proyek kegiatan tim SQA , di mana kontribusi profesional yang diperlukan (tugas partisipasi).Proyek tugas siklus hidup kontrol■ Tindak lanjut kepatuhan pengembangan dan pemeliharaan tim denganprosedur SQA dan instruksi kerja■ Persetujuan atau rekomendasi produk perangkat lunak (desain laporandankode) sesuai dengan prosedur yang relevanTugas partisipasiTugas ini meliputi partisipasi dalam:■ Contract reviews■ Persiapan dan memperbarui pengembangan proyek dan rencana kualitas■ Formal design reviews
  • Tugas operasi infrastruktur SQA sub-unit sistem SQA menggunakan berbagaikomponen infrastruktur untuk beroperasi dengan lancar, yaitu:1. Prosedur dan instruksi kerja2. Supporting Quality devices (template, checklists)3. Pelatihan Staf, instruksi dan sertifikasi4. Pencegahan dan tindakan korektif5. Konfigurasi manajemen6. Kontrol Dokumentasi.
  • Tugas audit dan sertifikasi SQA sub-unit Jenis-jenis audit SQA dilakukan di atau oleh organisasi perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut:1. Audit internal2. Audit subkontraktor dan pemasok untuk mengevaluasi mereka SQA sistem3. eksternal audit yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi4. eksternal audit yang dilakukan oleh pelanggan yang ingin mengevaluasi sistem SQA sebelum menerima dari organisasi sebagai pemasok.
  • Tugas pendukung SQA sub-unit Sebagian besar konsumen dari layanan dukungan SQA terletak dalam organisasi: manajer proyek, pemimpin tim dan pengurus SQA . Dukungan yang mereka butuhkan berkisar pelaksanaan prosedur SQA , misalnya:1. Penyusunan rencana proyek dan rencana kualitas proyek2. Tinjauan tim Staf3. Pilihan metodologi pengembangan dan alat yang mencerminkan akumulasi data pengalaman kegagalan oleh unit SQA4. Pilihan tindakan untuk memecahkan risiko pengembangan perangkat lunak diidentifikasi5. Pilihan tindakan untuk memecahkan keterlambatan jadwal dan anggaran yang berlebih6. Pilihan metrik SQA dan biaya perangkat lunak komponen7. Menggunakan sistem informasi SQA.
  • Tugas standar dan prosedur: pengembangan danpemeliharaan SQA sub-unit Para SQA sub-unit sangat erat terlibat dalam menentukan standar SQA akan diadopsi serta mengembangkan dan memelihara prosedur organisasi. Untuk memenuhi kewajiban tugas, unit SQA harus memenuhi syarat:1. Siapkan program tahunan untuk pengembangan prosedur baru dan update prosedur2. Tanggung jawab untuk pengembangan prosedur baru dan update prosedur,dengan partisipasi dalam komite terkait dan forum3. Tindak lanjut perkembangan dan perubahan dalam SQA dan standar rekayasa perangkat lunak, pengenalan prosedur tambahan dan perubahan yang relevan dengan organisasi4. Inisiasi update dan adaptasi prosedur dalam menanggapi perubahan dalam standar profesional, termasuk adopsi atau penghapusan standar diterapkanoleh organisasi.5.
  • Tugas teknik pengembangan dan pemeliharaan SQA sub-unit Tindak lanjut dari kemajuan profesional, solusi dari kesulitan operasional dan analisis pakar kegagalan adalah tujuan langsung dari unit sub-SQA. Oleh karena itu, tugas- tugas teknik utama yang terlibat meliputi:1. Pengujian kualitas dan aspek produktivitas sehubungan dengan alat pengembangan baru dan versi baru dari alat pengembangan saat ini yang digunakan2. Evaluasi kualitas dan produktivitas metode pengembangan dan pemeliharaan baru dan perbaikan metode3. Pengembangan solusi untuk kesulitan yang dihadapi dalam penerapan perangkat lunak saat ini yang digunakan dan metode pengembangan4. Pengembangan metode untuk mengukur kualitas perangkat lunak dan produktivitas tim5. Penyediaan dukungan teknologi kepada komite CAB selama analisiskegagalan pengembangan perangkat lunak dan perumusan solusi yang diusulkan.
  • Tugas sistem informasi SQA sub-unit Sistem informasi SQA dimaksudkan untuk memfasilitasi dan meningkatkan fungsi sistem SQA. Tugas yang terlibat meliputi:1. Pengembangan sistem informasi SQA untuk pengembangan perangkat lunak dan unit pemeliharaan . Misal : Koleksi data kegiatan , Pengolahan, (laporan berkala, daftar laporan pengecualian, dan pertanyaan )2. Pengembangan sistem informasi SQA memfasilitasi pengolahan unit SQA terhadap informasi yang disampaikan oleh pengembangan perangkat lunak dan unit pemeliharaan (misalnya, analisis data, pembuatan laporan, dll), termasuk perkiraan metrik kualitas perangkat lunak dan biaya kualitas perangkat lunak3. Memperbarui sistem SQA informasi4. Pengembangan dan pemeliharaan Internet / intranet situs SQA organisasi.
  •  SQA trustees atau pengurus SQA merupakan staf anggota yang sangat tertarik dengan kualitasperangkat lunak, sebagian waktu mereka diberikan untuk mempromosikan kualitas. Mereka sering diinstruksikan pada subject yang menarik dariunit SQA. Sebagai SQA "agen", pengurus diharap kan dapat memberikan dukungan internal yang diperlukan agar berhasil menerapkan komponen-komponen SQA Tugas pengurus berbeda secara substansial di antara organisasi. Tugasnya mencakup unit terkait dan organisasi terkait.
  • Tugas yang berhubungan dengan Unit1. Dukungan upaya rekan-rekan mereka untuk memecahkan kesulitan yang timbul dalam pelaksanaan prosedur kualitas perangkat lunak dan instruksi bekerja2. Membantu manajer unit dalam melakukan tugas SQA (ex:persiapan instruksi kerja sebuah proyek, pengumpulan data untuk menghitung metrik SQA)3. Mempromosikan kepatuhan dan memantau pelaksanaan prosedur SQA dan instruksi bekerja oleh rekan4. Laporkan substansial dan sistematis ketidakpatuhan peristiwa ke unit SQA5. Laporkan kegagalan kualitas perangkat lunak yang parah ke unit SQA.Tugas yang berhubungan dengan Organisasi1. Lakukan perubahan dan pembaruan prosedur SQA diseluruh organisasi dan instruksi kerja2. Memulai seluruh organisasi perbaikan proses pembangunan dan pemeliharaan dan aplikasi untuk CAB untuk solusi terhadap kegagalan berulang yang diamati pada unit mereka3. Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan seluruh organisasi SQA dan mengusulkan pelatihan sesuai atau instruksi program yang akan dilaksanakan oleh unit SQA.
  •  Komite SQA dapat berupa permanen atau ad hoc. Subyek ditangani oleh otoritas serta pembagian tugas antara komite permanen dan ad hoc, bervariasi antara organisasi dan waktu. Komite permanen yang biasa berurusan dengan SCC (software change control), CA (corrective actions), prosedur, metode alat pengembangan dan metrik kualitas. Komite Ad hoc umumnya menangani kasus-kasus tertentu yang menarik yang lebih umum seperti update analisis, prosedur spesifik dan solusi dari kegagalan perangkat lunak, penjabaran metrik perangkat lunak untuk proses atau produk yang ditargetkan, memperbarui biaya kualitas perangkat lunak dan metode pengumpulan data untuk masalah spesifik. Komite SQA merupakan bagian integral dari kerangka SQA organisasi, tugasnya biasanya didefinisikan dalam prosedur organisasi SQA. Sebaliknya, komite ad hoc dibentuk atas dasar permasalah jangka pendek.
  •  Forum SQA merupakan komponen informal kerangka SQA organisasi, mereka didirikan oleh para relawan dan menampilkan beberapa fitur dari suatu komunitas. Forum-forum beroperasi lebih bebas, tidak tunduk pada persyaratan standar atau prosedur. Subyek Sebuah forum, kegiatan dan peserta bervariasi dari satu organisasi yang lain dan mencerminkan individu- individu milik masyarakat dengan organisasi kualitas perangkat lunak yang sangat ingin menciptakan sebuah tempat pertemuan untuk pertukaran pengalaman SQA dan ide. Manfaat Sebuah organisasi umumnya dari kegiatan forum SQA, yaitu dapat berfungsi secara independen atau dalam beberapa jenis hubungan kooperatif.
  • Anggota forum SQA biasanya mendefinisikan ruang lingkup danmodus operasi, yang dapat terbatas atau luas dalamlingkup. Forum ini dapat bertemu secara teratur atau secarasporadis, dan dapat menentukan cara komunikasi yang disukai(internet, intranet, surat elektronik, dll). SQA forum biasanyaberfokus pada:1. Perbaikan prosedur SQA dan implementasi2. Kualitas metrik3. Tindakan Korektif - analisis kasus kegagalan dan keberhasilan4. Masalah sistem mutu - pengembangan dan penerapan alat- alat baru5. Kualitas masalah lini manajemen
  •  Partisipasi dalam forum SQA bisa dengan cara tertutup (misalnya, terbatas pada manajer kualitas) atau terbuka untuk semua. Anggota forum terbuka meliputi:1. Unit anggota SQA2. Pengurus SQA3. Pengembangan perangkat lunak dan staf pemeliharaan4. SQA dan ahli konsultan rekayasa perangkat lunak5. Perwakilan Pelanggan.
  •  Galin, Daniel, Software Quality Assurance From theory to Implementation, Pearson Education, 2004