Your SlideShare is downloading. ×
Staff training and certification
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Saving this for later?

Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime - even offline.

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Staff training and certification

418
views

Published on

Published in: Education

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
418
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
8
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Disusun oleh:ARRIZQY NUR SHABRINA/5209100053
  • 2. 1. Untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan staf baru perlu melakukan tugas-tugas pengembangan perangkat lunak dan pemeliharaan yang cukup di tingkat efisiensi dan efektifitas. Pelatihan seperti memfasilitasi integrasi anggota tim baru.2. Untuk menjamin kesesuaian dengan standar organisasi untuk produk perangkat lunak (dokumen dan kode) dengan mengirimkan desain dan struktur prosedur bersamaan dengan instruksi kerja.3. Untuk memperbarui pengetahuan dan keterampilan staf lama dalam menanggapi perkembangan organisasi, dan untuk menjamin efisien dan efektif pelaksanaan tugas serta kesesuaian dengan kebiasaan organisasi dan prosedur struktur dan instruksi kerja.4. Untuk mengirimkan pengetahuan tentang prosedur SQA.5. Untuk memastikan bahwa calon untuk kunci pengembangan perangkat lunak dan posisi pemeliharaan cukup berkualitas.
  • 3. Tentukan kebutuhan pengetahuan profesional untuk setiap posisi Tentukan pelatihan profesional dan memperbarui kebutuhan Merencanakan program pelatihan profesional Merencanakan program memperbarui profesional Tentukan posisi yang memerlukan sertifikasi Rencana proses sertifikasi Memberikan program pelatihan, updating dan sertifikasi program Lakukan tindak lanjut dari staf yang terlatih dan bersertifikat.
  • 4.  Profesional terdiri dari: analis sistem, programmer, Pemimpin tim pengembangan perangkat lunak, pemimpin tim pemrograman, teknisi pemeliharaan perangkat lunak, software tester, dan pemimpin tim pengujian perangkat lunak. Kebutuhan pengetahuan terdiri dari 2 kategori. Yaitu:1. Pengetahuan dan keterampilan dari topik rekayasa perangkat lunak, seperti alat pengembangan perangkat lunak, versi bahasa pemrograman, dan versi alat CASE yang diterapkan oleh organisasi atau unit tertentu. Prosedur yang relevan dan instruksi kerja yang dikompilasi untuk pelaksanaannya juga masuk kategori ini.2. Pengetahuan tentang topik SQA, seperti prosedur yang berkaitan dengan berbagai kegiatan pengembangan dan pemeliharaan yang ditugaskan untuk dilakukan oleh individu yang menduduki posisi tertentu.
  • 5.  Kebutuhan untuk memperbarui staf harus dinilai secara teratur untuk memfasilitasi perencanaan program yang dibutuhkan. Sehingga, tindak lanjut kinerja staf setelah pelatihan dan Updating menyediakan input utama yang harus digunakan dalam mendefinisikan kebutuhan pelatihan. Berikut merupakan Jenispelatihan disesuaikan dengan kebutuhan dari tiga kelompok staf yang berbeda : Pelatihan (Training): bagi karyawan baru, menurut tugas mereka yang telah ditunjuk Pelatihan ulang (Retraining): bagi karyawan yang ditugaskan untuk posisi baru atau menerima tugas baru Pembaruan(Updating): untuk anggota staf yang merupakan dituntut dari posisi mereka.
  • 6.  Pada tahap ini ada dua program dasar harus dirancang - satu untuk topik rekayasa perangkat lunak dan satu untuk topik SQA. Perencanaan pelatihan dan memperbarui program untuk rekayasa perangkat lunak, yaitu Topik waktu pelatihan dan kegiatan pelatihan ulang tidak dapat ditentukan terlebih dahulu karena ada personil baru yang direkrut dan staf lama sering dialihkan setelah pemberitahuan yang relatif singkat. Namun, kegiatan memperbarui dapat dijadwalkan baik di awal. Program pelatihan untuk topik SQA meliputi pelatihan bagi karyawan baru serta updating untuk anggota staf lama. Karakteristik umum dari program pelatihan SQA memungkinkan mereka untuk diselenggarakan secara berkala, setiap satu atau dua bulan, dan dikirimkan ke semua staf baru yang direkrut untuk sementara.
  • 7.  Posisi yang sering membutuhkan sertifikasi: Pemimpin tim pengembangan perangkat lunak, pemimpin tim pemrograman, pemimpin tim pengujian perangkat lunak, teknisi pemeliharaan perangkat lunak dan internal kualitas auditor. Sebuah komite sertifikasi (atau anggota staf yang ditunjuk senior) yang mendefinisikan daftar posisi yang memerlukan sertifikasi. kemudian menentukan apakah sertifikasi akan efektif secara permanen atau untuk waktu yang terbatas. Daftar posisi yang membutuhkan sertifikasi antar perusahaan/organisasi bervariasi.
  • 8.  Proses sertifikasi dari setiap detail dan setiap posisi, membutuhkan persetujuan seperti yang didefinisikan dalam prosedur sertifikasi. Berikut merupakan hal-hal yang dibutuhkan: Typical persyaratan sertifikasi, Untuk menjalani sertifikasi individu, Typical proses sertifikasi harus memenuhi beberapa atau bahkan semua persyaratan sebagai berikut:1. Profesional pendidikan: gelar akademis atau teknis dan dalam beberapa kasus sertifikasi oleh organisasi profesional atau produsen terkemuka perangkat lunak komersial2. pelatihan internal3. Pengalaman profesional di dalam organisasi (mungkin sebagian atau seluruhnya digantikan oleh pengalaman di organisasi lain)4. Penilaian prestasi dan kemampuan seperti yang tercantum dalam penilaian5. kinerja periodik6. Evaluasi oleh kandidat atasan langsung (sering dengan penyelesaian kuesioner khusus)7. Demonstrasi pengetahuan dan keterampilan melalui ujian atau proyek8. pengawasan Mentor untuk jangka waktu tertentu.
  • 9.  Fungsi komite sertifikasi Mirip dengan pola yang direkomendasikan untuk pelatihan dan pelatihan ulang program, anggota atau komite yang bertanggung jawab untuk sertifikasi biasanya Senior pengembangan perangkat lunak dan staf pemeliharaan. Tanggung jawab badan sertifikasi meliputi:1. Untuk melakukan proses sertifikasi atas dasar permintaan yang dibuat oleh individu pemohon atau unit dan sertifikasi hibah untuk mereka yang berhak2. Untuk menindaklanjuti kegiatan sertifikasi (seperti mentoring) yang dilakukan oleh orang lain3. Untuk memperbarui persyaratan sertifikasi dalam menanggapi perkembangan di organisasi serta profesi4. Untuk merevisi daftar posisi yang memerlukan sertifikasi.
  • 10.  Pelatihan dan memperbarui dapat mencakup topik seperti rekayasa perangkat lunak, jaminan kualitas perangkat lunak dan keterampilan manajemen (dalam kerangka sertifikasi atau untuk informasi umum), yang semuanya dikoordinasikan dengan kebutuhan organisasi atau perusahaan. Bagaimana pelatihan dan update dilakukan sesuai variasi. kursus dapat ditransmisikan dari kuliah dan demonstrasi singkat, sering hanya berlangsung setengah hari, sedangkan untuk kursus yang panjang diadakan selama beberapa minggu atau bulan. Ini dapat dilakukan dirumah, oleh unit pelatihan organisasi, maupun eksternal, oleh lembaga kejuruan atau akademis yang mempersiapkan program selaras dengan kebutuhan organisasi.
  • 11.  Untuk meredakan keraguan, sistematis tindak lanjut diperlukan untuk memberikan umpan balik ke unit profesional. Umpan balik tersebut menunjukkan apakah upaya pelatihan dibenarkan pada saat yang sama menjamin bahwa perbaikan terus menerus kegiatan pelatihan dan sertifikasi. Berikut merupakan Informasi yang diberikan oleh tindak lanjut berkaitan dengan:1. Semua kegiatan pelatihan dan prosedur sertifikasi yang dilakukan pencatatan kinerja peserta dalam program.2. Informasi tentang kasus khusus dari kegiatan pelatihan yang terbukti sangat sukses atau tidak berhasil dalam meningkatkan kinerja staf.3. Informasi tentang kasus bukti kegagalan staf bersertifikat dalam kinerja yang mengarah ke persyaratan sertifikasi yang jelas tidak memadai.
  • 12.  Adapun tindak lanjut sertifikasi, perbandingan kinerja yang tidak bersertifikat dengan staf bersertifikat memegang prinsip pengumpulan informasi yang sama. Akan tetapi tidak mungkin karena staf yang tidak bersertifikat tidak diharapkan untuk memegang posisi yang memerlukan sertifikasi. Mengingat kendala-kendala tersebut, unit bertanggung jawab untuk pelatihan dan sertifikasi secara berkala dan harus melakukan tindak lanjut dengan menggunakan instrumen seperti berikut ini:1. Koleksi metrik kinerja secara berkala2. Kuesioner diisi oleh anggota staf yang menerima pelatihan, atasan mereka, pelanggan dan lainnya.3. Analisis prestasi yang luar biasa serta kegagalan.4. Tinjauan Khusus produk perangkat lunak (dokumen dan kode) yang disiapkan oleh karyawan bersertifikat dan terlatih.
  • 13.  Galin, Daniel, Software Quality Assurance From theory to Implementation, Pearson Education, 2004