Your SlideShare is downloading. ×
0
Costs of software quality
Costs of software quality
Costs of software quality
Costs of software quality
Costs of software quality
Costs of software quality
Costs of software quality
Costs of software quality
Costs of software quality
Costs of software quality
Costs of software quality
Costs of software quality
Costs of software quality
Costs of software quality
Costs of software quality
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Costs of software quality

498

Published on

Published in: Education, Technology, Business
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
498
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
2
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Disusun oleh:ARRIZQY NUR SHABRINA/5209100053
  • 2.  Penerapan biaya metrik kualitas perangkat lunak yang memungkinkan manajemen untuk mencapai ekonomi kontrol atas hasil dan aktivitas SQA. Tujuan khusus, meliputi: Kontrol organisasi yang diprakarsai biaya untuk mencegah dan mendeteksi kesalahan perangkat lunak Evaluasi kerusakan ekonomi dari kegagalan perangkat lunak sebagai dasar untuk merevisi anggaran SQA Evaluasi rencana untuk menambah atau mengurangi aktivitas SQA atau berinvestasi dalam hal baru atau update infrastruktur SQA berdasarkan kinerja ekonomi masa lalu
  • 3.  bagian manajerial dalam mengontrol biaya kualitas perangkat lunak ini dicapai dengan perbandingan dari angka kinerja aktual dengan: Mengontrol pengeluaran yang dianggarkan (untuk pencegahan dan penilaian kegiatan SQA) Tahun sebelum terjadi Kegagalan biaya Sebelum membuat biaya kualitas proyek(kontrol biaya dan biaya kegagalan) Departemen biaya kualitas lainnya (kontrol biaya dan biaya kegagalan).
  • 4.  Setelah memperkenalkan perubahan prosedur SQA atau infrastruktur SQA, berikut ini hubungan yang dapat memberikan indikasi yang lebih baik dari keberhasilan suatu perencanaan SQA dari yang hanya disebutkan:1. Persentase biaya kualitas perangkat lunak dari total biaya pengembangan perangkat2. Persentase kegagalan perangkat lunak biaya dari total biaya pengembangan perangkat lunak3. Persentase biaya kualitas perangkat lunak dari total biaya pemeliharaan perangkat lunak4. Persentase biaya kualitas perangkat lunak dari total penjualan produk perangkat lunak dan pemeliharaan perangkat lunak.
  • 5.  Dikembangkan pada awal 1950-an oleh Feigenbaumdan, lain-lain. Menyediakan metodologi untuk mengklasifikasikan biaya yang berkaitan dengan kualitas jaminan produk dari sudut pandang ekonomi. Dikembangkan sesuai dengan situasi kualitas yang ditemukan dalam organisasi manufaktur, model telah sejak diterapkan secara luas.
  • 6.  Model ini mengklasifikasikan biaya yang berkaitan dengan kualitas produk menjadi dua kelas:1. Costs of control (Pengendalian Biaya) termasuk biaya yang dikeluarkan untuk mencegah dan mendeteksi kesalahan perangkat lunak untuk mengurangi ke tingkat yang diterima.2. Costs of failure of control (Pengendalian Biaya kegagalan) termasuk biaya kegagalan yang terjadi karena kegagalan untuk mencegah dan mendeteksi kesalahan perangkat lunak. Model ini membagi lebih lanjut ke dalam subclass.
  • 7.  Costs of control dibagi dalam subclass prevention cost atau appraisal cost :1. Prevention cost termasuk investasi dalam infrastruktur mutu dan kualitas kegiatan yang tidak ditujukan pada proyek tertentu atau sistem, tapi yang umum bagi organisasi. Typical dari Preventive cost: Procedures&workinstructions, Support devices (templates,checklists), Software configuration management system & Software quality metrics.2. Appraisal cost termasuk biaya kegiatan yang dilakukan untuk spesifik proyek atau sistem perangkat lunak untuk tujuan mendeteksi kesalahan perangkat lunak. Typical dari appraisal costs: Reviews (DRs &Peer Review)& Costs of software testing (Unit tests, Integration tests, Software system tests & Acceptance tests)
  • 8.  Failures of control costs diklasifikasikan lebih lanjut ke dalam internal failure costs dan external failure costs:1. Internal failure costs (biaya kegagalan internal) meliputi biaya mengoreksi kesalahan yang telah terdeteksi oleh desain review, tes perangkat lunak dan tes penerimaan (dilakukan oleh pelanggan) dan selesai sebelum perangkat lunak diinstal disitus pelanggan. Typical dari costs of internal failures: Biaya koreksi ulang atau desain selanjutnya untuk merancang temuan review dan tes2. External failure costs (biaya kegagalan eksternal) mencakup mengoreksi semua biaya kegagalan yang terdeteksi pelanggan atau tim pemeliharaan setelah sistem perangkat lunak dimiliki telah diinstal. Typical dari external failure costs:Resolusi keluhan pelanggan selama periode garansi, Koreksi bug perangkat lunak terdeteksi selama operasi rutin, dan Koreksi kegagalan perangkat lunak setelah masa garansi.
  • 9. 1. Biaya melakukan contract reviews2. Biaya mempersiapkan rencana proyek, termasuk rencana kualitas3. Biaya periodik memperbarui rencana proyek dan kualitas4. Biaya melakukan kontrol kemajuan reguler5. Biaya melakukan kontrol kemajuan reguler dari kontribusi peserta eksternal untuk mproyek
  • 10.  Belum terencana biaya untuk sumber daya profesional dan lainnya, karena hasil dari meremehkan sumber daya dalam tahap proposal. Kerugian dibayarkan kepada pelanggan sebagai kompensasi atas penyelesaian proyek terlambat, akibat dari jadwal yang tidak realistis dalam proposal perusahaan. Kerugian dibayarkan kepada pelanggan sebagai kompensasi atas penyelesaian akhir proyek, akibat dari kegagalan manajemen untuk merekrut anggota tim. Domino effect: Kerugian proyek lainnya direncanakan akan dilakukan oleh tim yang sama yang terlibat dalam proyek- proyek tertunda. Efek domino yang cukup besar dapat menyebabkan hidden external failure costs.
  • 11.  Galin, Daniel, Software Quality Assurance From theory to Implementation, Pearson Education, 2004

×