Your SlideShare is downloading. ×
Kimia Kehidupan
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Kimia Kehidupan

5,691

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
5,691
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
145
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Kimia Kehidupan Aunurohim Jurusan Biologi FMIPA ITS
  • 2. Keteraturan Hierarkis KehidupanSifat paling unik dari kehidupan adalah KETERATURANNYA, dimana kehidupanitu terdiri atas tingkatan struktural yang setiap tingkatnya merupakan pengembangan dari tingkatan dibawahnya.
  • 3. Hierarki organisasi biologisPada gambar 1.1 menunjukkansuatu hierarki kehidupan dari Tingkatan molekuler Tingkatan sel Tingkatan jaringan Tingkatan organ Tingkatan sistem organ Tingkatan organisme Tingkatan populasi Tingkatan komunitas Tingkatan ekosistem
  • 4. Setiap tingkatan struktur biologis mempunyai sifat-sifat baru Setiap kali kita menapak ke tingkat yang lebih tinggi dalam hierarki keteraturan biologis, muncullah sifat-sifat baru yang sebelumnya tidak terdapat pada tingkat organisasi yang lebih rendah. Sifat baru tersebut dihasilkan dari interaksi antar komponen, salah satu diantaranya adalah komponen protein yg memiliki sifat yang sangat berbeda pada atom-atom komponennya.
  • 5. Setiap tingkatan struktur biologis mempunyai sifat-sifat baru Karena sifat kehidupan muncul dari organisasi yang begitu kompleks, para saintis menghadapi dilema : Dengan fakta bhw saintis tidak dapat menjelaskan sepenuhnya mengenai suatu tingkat keteraturan yang lebih tinggi dengan cara memecah tingkat tersebut menjadi bagian-bagiannya.Di satu sisi, sangatlah sulit untuk mencoba menganalisis sesuatu yang rumit seperti organisme atau sel tanpa memisah-misahkannya kedalam bagian- bagian.Maka berkembanglah ilmu biologi molekuler dengan mempelajari struktur DNA yang terdapat dalam sel secara lebih rinci.
  • 6. Sel sebagai unit dasar dari struktur dan fungsi suatu organismeSel merupakan tingkatan struktur terendah ygmampu melakukan SEMUA aktivitaskehidupan.Robert Hooke (1665), pertama kalimenerangkan dan menamakan sel dari suatuirisan gabus (kulit batang dari pohon oak dgperbesaran mikroskop 30 x)Semua sel diselimuti oleh suatu membran ygmengatur perjalanan materi antar sel tsb dglingk sekelilingnya, dan pada setiap sel pdtahapan tertentu dlm hidupnya mengandungDNA, yaitu materi yg dpt diwariskan ygmengarahkan aktivitas-aktivitas sel tersebut.
  • 7. Sel sebagai unit dasar dari struktur dan fungsi suatu organismeRat (tikus) ; Tar (aspal) ; Art (seni) merupakantiga kata yang disusun oleh huruf-huruf ygsama, tetapi susunannya berbeda.Konsep ini sama jika kita membicarakanmengenai manusia yang mempunyaipenampakan/fenotip yang berbeda-beda,Artinya, susunan nukleotida (empat jenis blokpenyusun kimiawi) sangat menentukanfenotip dari suatu organisme. Konsep PROBABILISTIK dalam ilmu statistika digunakan dalam konsep ini.
  • 8. Unsur dan senyawa kimiawi dalam kehidupan“Manusia percaya bahwa kehidupan mampu diteliti secara rasional dengan menganalisis senyawa-senyawa kimia penyusunnya, namun kebuntuan dalam penjelasan mengenai bagaimana ruh ditiupkan sehingga terjadi kehidupan masih menjadi misteri hingga saat ini”
  • 9. Materi terdiri atas unsur kimiawi dalam bentuk murnidan dalam bentuk kombinasi yang disebut senyawaUNSUR SENYAWAUnsur mrpk bahan yang tdk Senyawa yg terdiri atas dua dpt dipecah lagi mjd bahan unsur atau lebih yg lain dg reaksi kimiawi. dikombinasikan dg rasio tetap – NaCl.Dikenal 92 unsur di alam ; setiap unsur memiliki Na murni adl logam dan Cl lambang ; dan sebagian murni adl gas beracun, lambang diturunkan dari namun demikian stlh nama dalam bahasa Latin dikombinasi scr kimiawi, Na ataupun Jerman dan Cl akan membentuk seny yg dpt dimakan.
  • 10. Unsur penyusun tubuh yg terdapat secara alami pd tubuh manusiaCarbon, hydrogen,oxygen, andnitrogen make upthe bulk of livingmatter, but thereare other elementsnecessary for life. hal ini kemudian membuat manusia mencoba untuk mengetahui asal usul kehidupan.
  • 11. Hyperlink to:Asal usul kehidupan.ppt

×