Your SlideShare is downloading. ×
Buku bank sampah compress
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Introducing the official SlideShare app

Stunning, full-screen experience for iPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Buku bank sampah compress

2,656
views

Published on


0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
2,656
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
188
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1.  GANTUNGKAN MIMPI DI PUNCAK TERTINGGILUKISLAH DENGAN WARNA PENGABDIAN Dengan cinta semua akan indahDengan semangat semua jadi mudahDengan mimpi semua akan termotivasiDengan perjuangan semua cita-cita akan terwujud By MdsPOWER SHARING
  • 2. PenulisMina Dewi SukmawatiSeorang Kader PKKDi Kota PadangProvinsi Sumatera Barat
  • 3. KATAPENGANTARAssalammu’alaikum Wr.Wb Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat ALLAH SWT, Tuhan YangMaha Esa, akhirnya saya dapat menyusun buku untuk berbagipengalaman memotivasi masyarakat melalui wadah PKK yangseutuhnya. Tulisan ini bertujuan memotivasi untuk memberdayakanseluruh masyarakat dalam semua aspek kegiatan, baik dari kegiatan,kedinasan, inovasi serta pokok kegiatan seperti memberdayakanseluruh komponen yang ada di masyarakat sehingga mampu mandiridalam mengatasi persoalan yang ada di tengah masyarakat.Dalam mendukung pelaksanaan program pemerintah, PKK sebagai mitrakerja pemerintah berperan serta dalam menggerakkan masyarakatdengan pendekatan Advokasi bina dan gerakkan (ABG ). Hal in akanterlihat dari kepedulian masyarakat dalam merespon suatu program yangakan di laksanakan, sehingga apa yang sudah di rencanakan dalamrencana kerja dapat terwujud secara maksimal. Hal ini di buktikandengan adanya kegiatan yang langsung berdampak positif pada seluruhmasyarakat, seperti adanya data yang akurat dari setiap warga, adanyakegiatan yang sudah mereka rasakan manfaatnya seperti adanya kaderjumantik, pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pendapatansetelah adanya binaan dari PKK kelurahan dan kecamatan serta instansiterkait, dan munculnya berbagai kegiatan inovatif yang sangat positifuntuk kelanjutan hidup mereka.Namun kita juga menyadari masih banyak kekurangan yang perlu kitasempurnakan, oleh sebab itu perlu adanya kekuatan bersama dalammewujudkan program yang lebih nyata, komponen terkait selalumendukung kami baik komitmen maupun bantuan operasional.Selanjutnya, kepada semua pihak yang telah membantu memberikansumbangan fikiran, tenaga, materi bahkan kesempatan yang sangat luasbagi saya untuk lebih berkembang kearah yang lebih baik. Semogasemua sumbangsih itu di balas oleh Tuhan Yang maha Esa Allah SWT…Amin. Padang, 21 April 2013PenulisMina Dewi Sukmawati
  • 4. BAB IPENDAHULUANA.  LATAR BELAKANGPemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagaiwadah saya beror ganisasi dan ber ke giatan yangbersentuhan langsung dengan masyarakat dan juga sebagaimitra kerja pemerintah memberikan saya peluang yangbegitu luas dan sangat berharga dalam menjalankankegiatan kemasyarakatan. Ilmu praktis yang saya dapatkandari dinas terkait yang pernah bekerjasama baik langsungmaupun tidak langsung, mendorong saya untuk berbagipengalaman dengan pembaca sekaligus penggiat organisasidimanapun berada.Sebagai masyarakat umum saya merasakan begitu banyakprogram yang di tujukan pemerintah untuk memberdayakanmasyarakat yang dapat langsung di aplikasikan padakegiatan masyarakat secara terencana, dan tumbuh darikeinginan dan kebutuhan masyarakat itu sendiri. Sehinggamereka mampu mengenali masalah dan juga mampumencari solusinya.Sebagai ketua PKK sekaligus kader di kelurahan, sayaterlibat aktif untuk merencanakan program kerja dankegiatan yang akan membawa manfaat dan kemajuan bagimasyarakat yang sudah tertuang dalam rencana kerja dandibagi menjadi empat kelompok kerja (POKJA), dimanasetiap pokja adalah perpanjangan dari program pemerintahsecara menyeluruh dalam semua aspek kehidupanbermasyarakat dan bernegara.
  • 5. Sebagai mitra kerja pemerintah saya mempunyaikesempatan yang luas untuk menjalin kerjasamadengan dinas terkait untuk menunjang programyang akan kami jalankan sesuai dengan program/dinas bersangkutan. Saya mendapat kesempatanuntuk memberikan ide dan saran dalammenyampaikan program yang di butuhkanmasyarakat di tempat saya dan juga menerimamasukan langsung dari dinas terkait dalam upayapeningkatan keberhasilan program yang telahdijalankan. Sehingga rencana program dapatterlaksana secara optimal dan sesuai targetsasaran.Bicara program pemerintah selama ini dalampikiran masyarakat umum adalah tugaspemerintah semata untuk melaksanakan danmenyelesaikannya, tetapi dengan adanya PKKdengan Programnya ikut mensosilisasikan bahwamasalah yang di hadapi pemerintah adalahmasalah kita bersama, apalagi itu menyangkutmasalah kesehatan dan lingkungan itu jelaspermasalahan semua umat manusia yangmenginginkan derajat kesehatan yang lebih baik.Sebagai relawan dan praktisi kita akan ikut pedulidan bicara, sekaligus berbuat untuk sesuatu yangmenjadi focus perhatian tanpa embel-embeltugas, jabatan maupun kedinasan, tetapi dengansuatu keyakinan dan kepedulian akan hasil daritindakan yang di lakukan bermanfaat untukmasyarakat banyak.
  • 6. B.  TUJUANUmum: terjalinnya sinergi yang kuat antaraperencana dan pelaksana program yang ada dipemerintahan dengan PKK dan masyarakat umumuntuk di aplikasikan kepada masyarakat itusendiri.Khusus:!  Dengan adanya PKK sebagai mitrra kerjap e m e r i n t a h m a m p u m e l a k s a n a k a ntugasnya sebagai motor penggerak untukmemberdayakan masyarakat.!  M e r e a l i s a s i k a n p r o g r a m ke r j a P K Kkhususnya POKJA IV bidang kesehatan,p e r e n c a n a a n s e h a t d a n k e s e h a t a nlingkungan.!  Mampu merealisasikan dan mensinergikanprogram dengan kebutuhan masyarakat sertaterjalinnya hubungan yang kuat antarainstansi terkait dengan program yang ada diPKK untuk dapat siap manghadapi baiklomba maupun evaluasi yang akan selalu adasetiap tahunnya.!  Lahirnya kader-kader tangguh di lapanganyang faham dengan fungsinya sebagai motordan ujung tombak di masyarakat.!  Semua kita ber tanggung jawab ataskesehatan dan keselamat umat manuasia disekitar kita.“PKK tidak punya apa-apa tetapi apa-apa selalu terkait dengan PKK” kutipanucapan ketua PKK Kota Padang.
  • 7. BAB IIPELAKSANAANSiapa dan mengapa?Pemerintah, masyarakat, lembaga terkait dan kelompok peduli.Karena perlu adanya kerjasama lintas sektoral yaitu, PowerSharing untuk mencapai tujuan bersama yang lebih baik danterencanaPower sharing adalah kekuatan bersama dimana,Pemerintah sebagai pemegang kekuasaan dan anggaran,Lembaga sebagai pemilik ilmu pengetahuan dan financial sertaMasyarakat yang memilki skill dan pengalaman berpadu dalamsuatu kekuatan bersama dalam menjalankan kegiatan danprogram untuk masyarakat (Power Sharing) Dampak positif dengan adanya POWER SHARING bagi :PemerintahMelaksanakan program lebih terarah pada sasaran yang jelaskarena sudah mengenali kebutuhan masyarakat langsungdari akar permasalahan dan sudah dapat mengetahuisolusinya dari masyarakat itu sendiri sehingga pemerintahcukup mengusulkan anggaran dan memfasilitasi denganaturan, petunjuk dan kesepakatan yang adaLembaga/kelompok peduliMenggali potensi yang ada dan memmberikan motivasi danpemahaman kepada masyarakat dan mendorong masyarakatuntuk mengambil keputusan yang terbaikMasyarakat!  Melaksanakan program dengan optimal untuk dapatkanhasil yang lebih baik karena masyarakat telah mengenalkarakter daerah dan masyarakatnya sehingga dapatmencarikan cara terbaik tanpa menimbulkan masalah baruagar program terlaksana secara maksimal.!  Melakukan inovasi agar ada terobosan baru untukkemajuan yang lebih nyata.
  • 8. Apa yang bisa kita lakukan bukan apa yang bisakita terimaLakukan yang bisa kita lakukan untuk kemajuanmasyarakat secara bersama dan meyeluruh sehinggabermanfaat bagi lingkungan masyarakat sekitarnya.Jangan pernah berpikirkan untuk kepentingan pribadidemi mendapatkan sesuatu. Tapi setidaknya merubahsikap menerima menjadi berusaha dan sikap selalumenunggu menjadi berupaya dan berdaya. Apa yang harus kita lakukan?Lakukan yang terbaik dan bermanfaat tanpamemikirkan apa untuk siapa, karena ketika keikhlasanitu ada semua akan mudah dan kita akan dapatkan halyang indah dan tak menduga. Selalu berfikir maju danmelakukan inovasi- inovasi agar bisa menjadi yangterbaik di bidangnya Apa yang telah saya dapatkan adalah anugrahyang tak pernah saya fikirkan!  Mengenal orang- orang yang selalu berfikir positifdan berpikiran maju membuat saya selalu inginseperti mereka. Selalu ada yang kurang ketikasaya tidak bisa bermanfaat untuk orang banyak.!  Merasa beruntung karena bisa kenal orangpenting di negri ini, bukan karena jabatan beliautetapi arti kedatangan dan motivasi beliaudengan apa yang kita lakukan.Respon dari dariorang yang kita anggap penting adalah semangatuntuk berbuat lebih lagi.!  M e r a s a t e r s a n j u n g p u n y a ke s e m p a t a nbekerjasama dengan Dinas- Dinas terkait karenamereka punya disiplin ilmu yang tinggi sehinggasaya mendapatkan ilmu praktis yang juga bisasaya terapkan meski latar belakang pendidikansaya jauh di bawah mereka.!  Merasa di hargai ketika hasil karya kita diapresiasi dengan baik, sehingga semua menjadisebuah semangat dan ingin selalu melahirkankarya yang juga bisa memotivasi orang lain.!  Merasa bahagia ketika bermanfaat bagi orangbanyak dan bisa menjadi inspirasi bagi mereka.
  • 9. Upaya yang telah saya lakukan untuk menjembatanikebutuhan masyar akat ser ta per masalahanmasyarakat dengan pihak ketiga maupun Pemerintah,bukan saya bermaksud menggurui tetapi sayamencoba menyampaikan,bahwa ketika kita mau danikhlas melakukan untuk kepentingan bersama semuaakan ada jalan, meski kita tidak punya apa- apa tetapiorang di sekitar kita akan selalu ada untuk kita. Dansaya telah buktikan itu meski saya tidak punyajabatan apapun seperti:1.  Pemberian bantuan PMT intensif bagi masyarakatkurang mampu yang mempunyai balita gizi kurangatau menuju gizi buruk tetapi belum kurang gizi,melalui dana BLM PNPM tahun 2009 sebanyak Rp.23.430.000 dengan kegiatan pemberian makanbergizi seimbang dan memberikan pelatihanpengolahan makanan yang baik bagi orang tuabalita sebanyak 20 KK.2.  Pelatihan kader jumantik sebanyak 26 orangd e n g a n d a n a B L M P N P M s e b a n ya k R p.14.340.000,- tahun 2009 dengan kegiatanpelatihan kader dan pemberian peralatan bagikader unutk turun lapangan serta kartu utnuktiap rumah. Hasilnya belum maksimal kerenaterbatasnya jumlah kader dan luasnya wilayahyang akan di kunjungi.3.  Pelatihan kader jumantik sebanyak 58 orangbekerjasama dengan pihak Jasa Raharja dengandana Rp. 13.380.000,- berupa ATK Pelatihan danperalatan kader di lapangan, serta bantuanABATE dari Dinas Kesehatan Provinsi SumateraBarat.4.  Mendirikan Bank Sampah Limpapeh Minangbersama tokoh masyarakat yang juga telahmengantar kami menjadi juara terbaik I tingkatnasional dalam bidang LBS5.  Mengusulkan pemekaran posyandu yangbertujuan meningkatkan D/S karena wilayahsasaran ter lalu jauh dan luas sehinggamasyarakat susah untuk menjangkaunya6.  Melaksanakan ke giatan CERDIK di PKKKelurahan saya. Diawali dengan pemberian paketPosbindu Kit dari Dinas Kesehatan Provinsi,dimulaiah kegiatan CERDIK di kelurahan kami.
  • 10. I.  JUMANTIK (Juru Pemantau Jentik)Mengapa saya tertarik dengan upaya di bidang kesehatandan lingkungan?Karena latar belakang saya sebagai Ketua Daswisma sejak tahun1995 dan Kader Posyandu sejak tahun 2005 sampai sekarang,membuat saya banyak di lapangan dan mandapat masukkandan tau permasalahan/ kasus yang terjadi dari wilayahPuskesmas. Hal ini membuat saya terbiasa mendengarpermasalahan tentang kesehatan karena saya merasa bagiandari semua kegiatan yang permasalahan yang ada di sekitar sayakhususnya masalah lingkungan dan kesehatan.Dari permasalahan inilah lahir ide saya untuk membentuk kaderjumantik secara mandiri memanfaatkan dan BLM PNPM tahun2009 karena saya juga relawan PNPM dan saya tau ada danayang bisa di manfaatkan untuk kepentingan masyarakat banyak,karena Bidang kesehatan juga bagian dari program PNPM. Selainitu saya juga bekerjasama dengan pihak Jasa Raharja tahun2012 ini melalui kegiatan PKK. Semua saya lakukan karenamelihat permasalahan ini selalu terjadi dan terus berulang tetapitidak ada solusi yang tepat. Himbauan ataupun propagandaselalu dilakukan oleh Dinas terkait, tetapi saya melihat tidakbegitu efektif.Kenapa?, setelah saya coba pelajari dan mencoba membawakankepada diri sendiri, ternyata merubah prilaku tidak semudahmengajak orang untuk membaca saja, perlu adanya contoh dantindakan kita dilapangan, itupun perlu waktu dan berulang-ulang. Sehingga ada penyadaran bagi masyarakat ketika kitaberulang- ulang memberitahukan langsung dengan cara kerjadilapangan. Hal ini perlu orang- orang yang tangguh dan ikhlasdan serta mau bekerja dilapangan yaitu JUMANTIK. BAB IIIKEGIATAN
  • 11. Apa/siapa jumantik?Juru pemantau jentik adalahorang yang peduli, mau danmampu turun ke lapanganuntuk memantau jentik yangdi curigai di beber apatempat seperti di dalamrumah : bak mandi,tatakandispenser, penampungan airdibelakang kulkas,kainbergantungan, vas bungay a n g m e n g a n d u n g a i r,ruangan yang gelap tanpamatahari sedangkan untukdi luar rumah seper ti ;Bekas Plastik Yang DiGenangi Air,Ban Bekas YangTerisi Air, Selokan, Rawa,Wadah Terbuka Yang DiGenangi Air.Mengapa jumantik?Karena Fogging tidakefektif memberantassarang nyamuk sebabh a n y a m e m b u n u hnyamuk dewasa saja.Sementara jumantikd a p a t m e m b a s m il a n g s u n g t e l u r d a njentiknya.Selama inip e n y a k i t y a n g d isebabkan oleh nyamuks e l a l u r u t i n t e r j a d ibahkan menjadi agendaNasional berjangkitnyawabah DBD. Dan keranawilayah saya adalahdaerah Endemic olehsebab itu maka terfikiro l e h s a y a u n t u km e m b e n t u k k a d e rjumantik secara mandiridi kelurahan saya.DiDalamRumahDiLuarRumah
  • 12. 1a. Memberikan penyuluhankepada masyarakat1b. Memberikan sosialisasikepada masyarakat2. Melakukan pendataansesuai wilayah kerja kader3. Melakukan pemeriksaan kesetiap rumah wargaApa tugas jumantik?4. Melakukan pencatatan hasilpemeriksaan dan survey lapangan5. Membuat rekapitulasi dataserta hasil survei danmemberikan laporan kePuskesmas Secara Mandiri
  • 13. Apa tujuannya?1.  Pentingnya melakukan pemberantasan sarangnyamuk ( PSN )dengan 3 M plus2.  Memberikan pemahaman kepada masyarakattentang bahaya DBD atau penyakit yang disebabkan oleh nyamuk agar masyarakat tahu danmancegahnya3.  Memberikan pengetahuan kepada masyarakatmelalui kunjugan lapangan kader jumantik supayamasyarakat dapat melakukan 3m plus di rumahmereka4.  Meningkatkan kepedulian masyarakat danmenerapkan budaya malu pada lingkungannya yangtidak bersih dan sehat Apa yang dilakukan agar program ini berjalan?1.  Peran penting Pemerintah dalam mengupayakananggaran untuk kader dan perlengkapannya2.  Partisipasi Masyarakat dalam melaksanakanhimbauan pemerintah serta kepedulian terhadaplingkungan dan kesehatan3.  Mencari sumber dana melalui pemerintah dan pihakketiga4.  Membuat proposal usulan5.  Menjalin kerjasama dengan pihak manapun yangtertarik  Siapa yang bertanggung jawab agar program iniberjalan dan terlaksana?1.  Masyarakat , karena kita sebagai pemanfaatlangsung harus mau dan mampu menjalankanprogram ini, semua demi keselamat dan kesehatankita2.  Pemerintah yang memiliki kewenangan dalampenyusunan rencana program dan anggaran untukdapat mamfasilitasi masyarakat agar mendapatkanpengetahuan dan penyuluhan serta penyediaanabate dan kelengkapan di lapangan sesuaikebutuhan masyarakat setempat3.  Kelompok peduli sebagai motivator di lapanganuntuk selalu bergiat mencari inovasi yang mampumenarik masyarakat malakukan kegiatan ini tanpamerasa di gurui dan di perintah.  HARAPAN KEDEPAN1.  Di anggarkannya sumber dana untuk pelaksanaankegiatan lapangan kader jumantik2.  Berkurangnya angka berjangkitnya penyakit yangdi sebabkan oleh nyamuk3.  Kota Padang Bebas KLB DBD4.  Berkurangnya daerah endemik DBD5.  Berkurangnya angka kejadian dan kematian yang disebabkan oleh DBD
  • 14. II. BANK SAMPAHApa itu bank sampahBank sampah adalah suatu wadah yang lahir dari keinginan dankebutuhan masyarakat, dimana kegiatannya sama dengankegiatan bank sesungguhnya yaitu adanya pengurus yang terdiridari:!  1 (satu) orang Direktur Atau Kepala,!  2 (dua) orang Sekretaris (Pembuku),!  dan 1 (satu) orang Bendahara (Teller)Sementara Untuk Anggota Terdiri Dari Nasabah Atau PenabungPerorangan Dan Kelompok.Bank sampah juga memiliki kelengkapan administrasi seperti:Buku Rekening Nasabah, Buku Induk Penabung, Bukui Kas, SlipSetoran dan Penarikan. VisiMenjadikan sampah punya nilai dan citra positif dan bernilaiekonomi tinggiMisi!  Terciptanya lingkungan bersih dan sehat serta tertata!  Sampah mampu menjadi sumber pendapatan ekonomi dirumah tangga!  Menanamkan nilai kepedulian sosial terhadap lingkungansejak dini!  Menjadikan bank sampah popular dan mampu menjadi mitra,baik dengan lembaga maupun dinas terkaitTujuan1.  Meningkatkan ekonomi kerakyatan bagi masyarakat2.  Membuka peluang usaha dan lapangan kerja3.  Membangun rasa kepedulian dan gotongroyong sesamakomunitas pengelola sampah4.  Melahirkan pengusaha baru berbasis lingkunganKEGIATAN
  • 15. Apa syarat sebagai nasabah bank sampah?!  Mendaftarkan diri sebagai nasabah di banksampah limpapeh minang!  Jadwal menabung di bank sampah setiapselasa dan juma`at jam 16.00 wib – 18.00 wibkecuali hari besar keagamaan dan adaperubahan jadwal akan di beritahukan!  Sampah yang di tabungdalam kondisi bersihdan kering sudah terpisah sesuai jenis yangakan di tabung yaitu sampah basah (sayuran,buah dan dedaunan) organic dan an organicsesuai jenisnya!  Sampah yang akan di tabung dalam keadaankering dan bersih!  Tabungan boleh di ambil hanya satu kalidalam satu bulan kecuali mendesak!  Berlaku system bagi hasil antara nasabahdan bank!  75 % untuk nasabah dari harga jualsampah!  25 % untuk bank sampah!  Harga jual sampah sesuai dengan hargapasar sesama bank sampah yang ada di KotaPadang!  Ketentuan sewaktu-waktu dapat berubah dandi tambah sesuai kebutuhanBagaimana kegiatan bank sampah limpapehminang?!  Nasabah menabung sesuai jadwal yang ditentukan!  Sampah basah di olan menjadi pupuk komposdan pupuk organic cair atau air lindi!  Sampah an organic di olah menjadi kerajinandan kreasi dari sampah seperti membuatbunga, taplak meja, polibag untuk mediatanam dan lainnya.!  Mensosialisasikan program bank sampahyang dapat meningkatakan keterampilanmasyarakat dan nilai tambah ekonomi!  Mengadakan pelatihan!  Menjadi nara sumber di berbagai kegiatan!  Sebagai tempat penelitian/ studi banding bagimahasiswa ataupun lembaga!  Mengikuti pameran dan mengadakan bazaar
  • 16. Apa Dampak bagi lingkungan dan masyarakat?1.  Terciptanya lingkungan bersih dan sehatLingkungan Bersih dan Sehat Rapi dan TertataSaluran air yang bersih tanpa pencemaran2.  Berubahnya prilaku masyarakat dari yangtidak peduli lingkungan menjadi lebih peduliMelakukan kegiatan GORO setiap minggu
  • 17. 3.  Sampah bukan lagi musibah tetapi bisa jadi rupiahSampah yang sudah menjadi produk kerajinan yangmendatangkan rupiah4.  Adanya rasa kebersamaan dalam menjaga lingkunganyang sudah tertata5.  Masyarakat sudah memperlakukan sampah lebih baik.6.  Lahirnya kelompok peduli yang serius menanganipermasalahan sampah7.  Lahirnya karya –karya inovatif tentang lingkunganseperti Puisi dan Slogan Lingkungan8.  Terciptanya kreatifitas terhadap produk dari sampahhingga mampu menambah nilai ekonomi keluarga9.  Lahirnya asosiasi bank sampah kota padang yangFokus kepada pengeloaan sampah serta pemasaranproduk sampah dan turunny, juga menciptakan alatpengolahan sampah yang efektif dan bisa di milikisetiap rumah tangga10. Merubah slogan “Buanglah Sampah Pada Tempatnya”menjadi “Tempatkanlah Sampah Sesuai Jenisnya”
  • 18. Pencatatan dan Pelaporan BankSampah Limpapeh MinangBuku Tabungan Bank SampahLimpapeh Minang
  • 19. 1.  Tetap terjalinnya kemitraan antara masyarakatdengan Dinas terkait sesuai bidang danprogramnya.2.  Terciptanya masyarakat yang Madani DanBerdaya dan bidang apapun khususnyakesehatan dan lingkungan3.  Kota Padang menjadi kota terbersih yangmampu mengelola sampah secara optimal4.  Sampah di Kota Padang bisa menjadi sumberpendapatan daerah bukan lagi sumberpengeluaran daerah5.  Sumatra Barat mampu berkomitmen sebagaipelopor suksesnya poin ketujuh MDGs tentangpelestarian lingkungan6.  Indonesia bukan la gi seba gai Ne gar apenyumbang kerusakan alam di dunia tetapimampu sebagai Negara yang mempunyai solusiuntuk perbaikan sumber daya alam danlingkungan di duniaHarapan & Mimpi BesarKITA
  • 20. Lahirnya bank sampah adalah sebuah berkah dari suatudaerah bagi masyarakatnya.Dengan adanya Bank Sampahmasyarakat mampu memperlakukan sampah lebih baik,masyarakat juga merasakan hubungan yang kuat denganbeberapa Dinas terkait karena adanya pembinaan dankebersamaan dalam melakukan kegiatan yang menjadifocus penilaian dan peninjauan lapangan.Terjalinnya kerjasama yang baik dalam mensukseskanProgram Pemerintahan dan memberdayakan masyarakatsebagaimana seharusnya. Masyarakat tidak lagi berfikirmasalah sampah adalah masalah Pemerintah semata tetapijuga permasalah kita bersama, karena dampaknya jugaakan kita rasakan bersama.Jika satu orang saja peduli disetiap rumah tangga untuk memperlakukan sampahsebagaiman mestinya, maka Kota Padang tidak lagi perlumemikirkan TPA yang luas, karena setiap Rumah Tanggasudah bisa mengelola sampah dan langsung memanfaatkanhasil olahan sampahnya menggunakan komposteraerobic.Kita hanya perlu memikirkan bagaimana mengelolasampah B3 (Bahan Berbahaya Beracun), yang tentunyatidak bisa di kelola sembarangan tanpa dampingan tenagaahli.PENGALAMAN SAYA TENTANGPERAN SERTA BANK SAMPAH DALAMBERBAGAI KEGIATAN MULAI DARITINGKAT KECAMATAN SAMPAI KETINGKAT NASIONAL
  • 21. III. PENGENDALIAN PENYAKIT TIDAKMENULAR (PTM)Apa itu PTMPTM adalah penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kumantermasuk penyakit kronis degeneratif, antara lain penyakitjantung, Diabetes Mellitus (DM), kanker, Penyakit Paru ObstruktifKronis (PPOK), dan gangguan akibat kecelakaan dan tindakkekerasan. Mulai berbuatDisaat saya mulai dilatih sebagai Kader Posbindu (PosPembinaan Terpadu) oleh Dinas Kesehatan Provinsi SumateraBarat (Bidang P2 dan Bencana), hal yang terpikirkan oleh sayaadalah, dengan Pola Makanan masyarakat di Sumbar, pastiaknga penyakit menular di daerah ini juga sangat tinggi.Pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan tidak akan bisabekerja sendiri, perlu pemberdayaan dan peningkatan PeranSerta Masyarakat termasuk dunia usaha.Masyarakat perlu diberi fasilitas dan bimbingan dalammengembangkan wadah untuk berperan, dibekali pengetahuandan ketrampilan untuk mengenali masalah di wilayahnya,mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan masalahnyasendiri berdasarkan prioritas dan potensi yang ada.Untuk pengendalian PTM, seluruh elemen masyarakat yangpeduli terhadap PTM perlu memiliki komitmen melalui PosPelayanan Terpadu (Posbindu) PTM.Pengembangan Posbindu PTM merupakan Bagian Integral darisistem pelayanan kesehatan, diselenggarakan berdasarkanpermasalahan PTM yang ada di masyarakat dan mencakupberbagai upaya promotif dan preventif serta pola rujukannya.KEGIATAN
  • 22. Kelurahan Tanpa RokokJujur, memang belum banyak yang saya perbuat untukPTM, karena ini merupakan sesuatu yang baru buatsaya, yang baru diperkenalkan oleh Dinas KesehatanProvinsi Sumatera Barat ini pada awal tahun 2013.Akan tetapi, saya sudah memulai, sebagai langkahawal, berkoordinasi dengan Lurah, kami membuatGunung Sariak sebagai Kawasan Tanpa Rokok, danberbagai penyuluhan untuk tidak merokok di dalamrumah, agar keluarga tidak menjadi Perokok Pasif,terus menerus kami lakukan.Kelurahan Tanpa RokokMulai Bermimpi LagiTahun ini saya mulai mengembangkan Posbindu PTMdi kelurahan saya, melakukan Deteksi Dini FaktorRisiko sehingga masyarakat tidak terkena PenyakitPTM yang berbahaya ini dan mengajak masyarakatsaya untuk berprilaku CERDIK.C = Cek kesehatan secara berkalaE = Enyahkan asap rokokR = Rajin aktivitas fisikD = Diet sehat dan kalori seimbangI = Istirahat yang cukupK = Kendalikan stressSemoga mimpi ini terwujud dan dapat saya ceritakandalam POWER SHARING II
  • 23. DOKUMENTASIKEGIATAN DAN PERAN SERTABANK SAMPAH DALAM BEBERAPAPENILAIAN DAN KUNJUNGANKE KOTA PADANG DAN PROPINSISUMATERA BARATPenyerahan cendramata sebuah puisi “Yang Terbuang“kepada DR. Ekowati Rahajeng(Direktur PTM Kemenkes)
  • 24. 1. Peresmian Bank Sampah OlehKepala Bapedalda Kota Padang.(Foto: Sambutan KepalaBapedalda Kota Padang SaatPeresmian Bank Sampah)2. Penyerahan puisi kepadaKepala Bapedalda dan KepalaDKP Kota Padang. (Foto:Penyerahan puisi “YangTerbuang Dan Asa YangSempurna”)3. Mengikuti Pameran PadangRecycle Expo 2012 di plazaAndalas (Foto: Produk KreasiBank sampah Limpapeh Minang)4. Kunjungan bapak Wakil WaliKota padang di stand Banksampah Limpapeh Minang (Foto:Bapak WAWAKO Mahyeldimewawancarai Pengurus BankSampah)
  • 25. 5. Kunjungan Tim Juri dalamPenilaian Lomba KeluargaHarmonis Tingkat PropinsiTahun 2012 (Foto: Tim jurimewawancarai pengurus banksampah)6. Kunjungan Tim Juri dalampenilaian Lomba LingkunganBersih dan Sehat TingkatNasional Tahun 2012 (Foto:Kunjungan lapangan ke Banksampah)7. Penyerahan cendramata sebuah Puisi “Asa Yang Sempurna”kepada Ketua Tim Juri oleh Ketua PKK Kota Padang (Foto:Ketua tim penggerak PKK Kota Padang menyerahkanCendramata)
  • 26. 8. “Advocacy Orientation AtProvincial Level For MarketingApproach” Meeting DinasKesehatan Propinsi Di HotelPadang (Foto: Mengenalkancomposter aerobic produk banksampah Limpapeh Minang)9. “Advocacy Orientation AtProvincial Level For MarketingApproach” Meeting DinasKesehatan Propinsi Di HotelPadang (Foto: Peserta darikabupaten/kota sangat antusiasdi kenalkan produk komposter)10. Kunjungan Tim Juri KBH2012 (Foto: Foto bersama TimKemenkes, Kepala Dinkes,Camat dan masyarakat)11. Kunjungan Tim Juri KBH2012 (Foto: Penyerahan puisi“Asa Yang Sempurna” kepadaDepala DinKes Propinsi, Dr. Hj.Rosnini Savitri, Mkes)
  • 27. 12. Kunjungan Dr. RitaKusriastuti, MSc. Direktur P2B2Ditjen PP dan PL Kemenkes RI(saat ini di WHO Searo) (Foto:Wawancara Kader TentangJumantik)13. Kunjungan Dr. Desak MadeWirsmarini, DirekturSimkarkesmas Ditjen PP dan PLKemenkes RI (saat ini di WHOSearo) (Foto: menyerahkan BukuPetunjuk Tekhnis Jumantikkepada Kader)7. Kunjungan Tim United Dengue dari 3 Negara(Singapura, Malaysia dan Indonesia)
  • 28. PRESTASI1.  Terbaik I KotaPadang lombaPKK KB KEStahun 20112.  Terbaik IIIPropinsiSumatra baratlomba PKK KBKES bidangPosyandutahun 20113.  Terbaik Inasional LBStahun 20114.  Terbaik I Kotapadang lombakeluargaharmonistahun 20115.  Terbaik IIpropinsiSumatra baratlombakeluargaharmonistahun 20116.  Terbaik I kotapadang lombaanugrah adhikarya pangannusantaratahun 2011Penyerahan piala dari ketuaPKK Kota Padangkepada Ketua PKKKelurahan Gunung SarikTerbaik I Tahun 2011Penyerahan piala TerbaikIII PKK KB Kes BidangPosyanduBapak Walikota Padangmenyerahkan piala Terbaik 1LBS Tahun 2011
  • 29. PRESTASI1.  Terbaik I KotaPadang lombaPKK KB KEStahun 20112.  Terbaik IIIPropinsiSumatra baratlomba PKK KBKES bidangPosyandutahun 20113.  Terbaik Inasional LBStahun 20114.  Terbaik I Kotapadang lombakeluargaharmonistahun 20115.  Terbaik IIpropinsiSumatra baratlombakeluargaharmonistahun 20116.  Terbaik I kotapadang lombaanugrah adhikarya pangannusantaratahun 2011Bu wakil ketua PKK kota padangmenyerahkan piala keluargaharmonisMenerima penghargaan keluargaharmonis Terbaik II ProvinsiSumatera Barat
  • 30. Karyainovasiyanglahirdarikreatifitassepertipuisi,slogan,spandukdannyayianuntukanakPAUDdanTK
  • 31. PUISI !Tema: Sampah
  • 32. PUISI !Tema: Go Green
  • 33. Harapan di Tanah BerharaBy. Mina Dewi Sukmawati  Dari Sekepal Tanah tak BertuanKu semai bibit untuk masa depanAgar hidup tetap bertahanLimpahan pangan jadi impianKu tabur benih di kolam asaKu semai bibit di tanah berharaBenih di persemaian kan ku peliharaMeski kadang tak selalu sempurnaKu pagari halaman penuh citaDengan nuansa seribu cintaKetika panen beraneka warnaTerasa usaha jadi berhargaHalaman tertata hasilkan holtikulturaUntuk penuhi kebutuhan keluargaAgar tercapai konsumsi B2SA yaitu….Beragam..bergizi..Seimbang dan AmanDemi lahirkan generasi juaraMari kita optimalkan lahan pekaranganUntuk lestarikan sumber daya pangan dan lingkunganDan..,stop….!!!! alih fungsi lahan pertanianAgar Indonesia tidak kekurangan Pangan  Padang, 15 Mei 2012PUISI !Tema: Ketahanan Pangan
  • 34. Aliansi Pita Putih IndonesiaBy. Mina Dewi Sukmawati Warna Ungu Mu Begitu AgungBerikan Keteduhan Dan KetenanganPutihmu Begitu BersihIsyaratkan Kesucian Niat dan ,…Cita- Cita Pertiwi Lingkaranmu Lambangkan perlindunganUntuk kenyamanan pemilik negriPita putihmu kibarkan semangat kepedulianBagi keselamatan penerus generasi mu Gerakkanmu begitu nyataUntuk investasi pemberdayaan masyarakatDemi terwujudnya program PHBS dan KIBBLADi seluruh penjuru nusantara Mari kibarkan bendera APPIDemi selamatkan sang ibu,.. untuk lahirkanGenerasi masa depan yang lebih baikDengan upaya yang sempurna  Padang, Desember 2012PUISI !Tema: Kesehatan Ibu
  • 35. Persembahan Untuk NegeriBy. Mina Dewi Sukmawati  Dengan keikhlasan kami mengabdiUntuk berikan semua informasi dan motivasiAgar semua mengerti dan ter edukasiArti pentingnya gerakan sayang ibu di negri ini Ketika data sasaran dipeta kan dengan cermatKetika survey lapangan tercatat akuratDan… ibu , terlayani dengan cepatMaka,.. semua tidak akan terlambatIbu dan bayi bisa selamat Kesejahteraan adalah mimpi kitaPemberdayaan menjadi tujuan bersamaAgar PKK senantiasa menjadi mitra yang bermaknaDemi tercapainya cita- cita bangsa Mari kita bangun sistem dan program yang tertataSediakan sarana dan prasarana yang nyataUntuk wujudkan harapan bersama demi sang ibundaAgar lahirkan generasi bangsa yang sempurnaKarena, keselamatan ibunda adalah tanggung jawab kita bersama Jangan adalagi duka dan air mata`tuk sesali kehilangan nyawa orang tercinta….Biarlah itu jadi sebuah cerita lamaKarena,… kami para medis siap lakukan tindakan terencanaDengan fasilitas dan disiplin ilmu yang kami punya Mari bersatu,……Sukseskan gerakkan sayang ibuMelalui kekuatan bersama, antara…Pemerintah, PKK, kader dan masyarakat demi,..Terjaminnya derajat keselamatan ibu dan bayi…Safe Motherhood Insurance Indonesia   Padang, November 2012PUISI !Tema: Safe Motherhood
  • 36. SANG PAHLAWAN BANGSABy. Mina Dewi Sukmawati Ketika ragamu tidak lagi sempurnaSaat jiwamu mulai terlupakanMungkin, ada perih yang menganga di bathinmuMelihat anak bangsamu kini,… Engkau pasti menangis,Mengkin kecewa,.. bahkan tersakitiTetapi masih ada kami yang tak akan pernah lupaKarena semangat pengabdianmu terpatriDi semangat bangsamu Tanpa jasamu dunia kami gelapTanpa perjuangan mu pendidikan kami terbelakangDan,…Tanpa semangatmu hidup kami mungkin tak berarti Kini,…Di hari lahirmu izinkan kami memberikan penghargaanSeuntai do`a dalam tafakur kamiAtas jasamu pada negri ini Tidurlah di keabadianmu,…Pengabdianmu akan kami kenang selaluWahai sang pahlawan bangsaku Padang, Mei 2012PUISI !Tema: Pahlawan
  • 37. BUAT SANG MOTIVATORBy. Mina Dewi Sukmawati Kehadiran Bapak & Ibu….adalah Rahmat bagi kamiBegitu banyak cerita terukir dan terpatri dalamkenangan abadiAda sedih, ada tawa, ada canda bahkan air mataSaat kita berjuang meraih mimpi bersama,…tapiKita bahagia karena semua menjadi nyata Senyummu menyejukkan kamiTenangmu meneduhkan kamiMotivasimu …inspirasi bagi kami, dan,..Karya nyatamu telah antarkan kami ke tempat terbaik Andai waktu bisa kami putar,..tak ingin kami melepasmuTapi karena bukti cinta kami,…kami rela melepaskan muMeski terasa sangat beratKarena,…kebahagiaan kami adalahMelihat bapak dan ibu menjadi orang terbaik di kota ini Selamat bertugas ditempat yang baruKami akan selalu rindu ide-ide inspiratifmu ,Serta,…Kebersamaan yang penuh kekeluargaanTerima kasih buat pengabdian Bapak Dan Ibu di KuranjiEngkau adalah sang motivator bagi kamiSelamat jalan… semoga selalu menjadi yang terbaik.Padang, 10 desember 2012PUISI !Tema: Motivator
  • 38. Terima Kasihuntuk tidakMerokok diKelurahan KamiJangan bunuh kamidengan kesenanganpribadi anda padasebatang rokokKeselamatan ibudan bayi adalahtanggung jawabkita bersamaKepedulian andaakan selamatkanbanyak nyawa
  • 39. Tempatkan sampahsesuai jenisnyaSampah hilanguangpun datangSeni itu indah…kreatifitas itu mahalmaka sampah akanbernilaiAyo jadikan sampahmenjadi rupiahSelamatkan bumikita denganmengolah sampahmenjadisebuah karya
  • 40. SI HITAM PUTIH YANG NAKALMari kawan …Kita jaga lingkunganAgar bersih dan sehat selaluTempatkan sampah sesuai jenisnyaDan Jangan di buang sembarangan Ayo kawan semuakita berantas nyamuksi belang hitam putih yang nakalagar kita tak terjangkitpenyakit DBDlakukan gerakkan 3 Mplus Menutup plak plakMengubur plak plakMenguras sarang dan jentiknyaDan Ikanisasi
  • 41. http://www.antarasumbar.com/eng/photo/10630/liquid-organic-fertilizer.html
  • 42. http://issuu.com/haluan/docs/hln300612
  • 43. http://padangekspres.co.id/?news=berita&id=30762
  • 44. AntaraNews:MenguraiRupiahDalamTumpukanSampahRabu,13Maret2013–20:27WIBhttp://www.antarasumbar.com/artikel/652/mengurai-rupiah-dalam-tumpukan-sampah-rumah-tangga.html
  • 45. http://www.minangkabaunews.com/artikel-2363-kota-padang-raih-juara-i-lbsn.html
  • 46. http://www.minangkabaunews.com/artikel-3116-bank-sampah-“-limpapeh-minang”-dikunjungi-ahli-dbd-singapura-dan-malaysia.html
  • 47. PENUTUPDengan segala kerendahan hati saya mengucapkan Puji dansyukur kehadirat Allah SWT dengan selesainya tulisan ini danPermohonan maaf yang sebesar-besarnya seandainya ada dalamtulisan ini yang tidak pada aturan dan tempatnya.Tulisan ini adalah bentuk terima kasih saya atas semuapengalaman dan pembelajaran yang telah saya dapatkan selamaberkegiatan di lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Sayamerasakan begitu besar manfaat ilmu praktis yang saya dapatkandari berbagai pembinaan dari organisasi dan dinas terkait yangpernah bekerjasama yaitu PKK kota Padang, Dinas kesehatanKota Padang, Bapedalda Kota Padang, Kantor Ketahanan PanganKota Padang, Dinas Pertanhutbun, Dinas Kesehatan PropinsiSumatera Barat, Kementerian Lingkungan Hidup, dan KementerianKesehatan Republik Indonesia.Mungkin tidak banyak orang yang beruntung seperti saya, yangbisa mendapatkan pengalaman besar ini, tetapi saya yakin orangyang sudah berbuat tetapi mungkin belum tersentuh denganberbagai program. Terimakasih juga pada Ibu DR. dr. Irene, MKMyang telah membantu saya dalam mengedit dan mendesign bukuini serta bimbingan pada saya selama ini.Harapan saya, mungkin dengan sedikit pengalaman yang sayatulis ini, bisa memotivasi pembaca atau penggiat bahkan relawandi tempatnya untuk tetap melakukan yang terbaik untukmasyarakat banyak. Dengan keikhlasan semua jalan akan terbukalebar, asalkan ada niat dan usaha yang sungguh- sungguh dan mauselalu belajar serta berkoordinasi dengan orang-orang yangberfikir maju.Semoga Tuhan Yang maha esa Allah SWT senantiasa melimpahkanRahmat dan Hidayahnya dalan upaya kita membangun masyarakatyang berdaya dan madani dalam meningkatkan derajat kesehatanmasyarakat dan bangsa Indonesia melalui kekuatan bersama(power sharing).Padang, 21 April 2013
  • 48. Nama : Mina Dewi SukmawatiTTL : Padang/ 15 Mai 1973Pendidikan : SD Negeri KototinggiSMP Negeri 24 jakartaSMP Negeri 13 padangSMA Negeri 8 padangAgama : IslamPekerjaan : Wirausaha (menjahit)Alamat : Komplek Tarok Indah Permai IBlok D No. 8 RT 01 RW VIIIKelurahan Gunung SarikKecamatan Kuranji KotaPadangHandphone : 085263939734Email : mds150573@yahoo.comBIODATAPENULIS
  • 49. BIODATAPENULISRiwayat Organisasi:1.  Ketua dasawisma Melati X tahun 1996- 19982.  Ketua bidang olah raga RW VIII tahun 2005-20083.  Ketua posyandu permata bunda VI tahun 2005-sekarang4.  Sekretaris BKM permata bunda tahun 2008-20115.  Pengurus BKM permata bunda tahun 2011- sekarang6.  Ketua Pokja IV PKK kelurahan tahun 2009-20117.  Bendahara desa siaga tahun 2009- sekarang8.  Anggota bundo kanduang kecamatan kuranji tahunn2010- sekarang9.  Ketua PKK kelurahan tahun 2011- sekarang10.  Direktur bank sampah limapeh minang tahun 2011-sekarang11.  PPKBD/Pos KB kelurahan gunung sarik tahun 2011-sekarang12.  Sekretaris Pokja IV Kecamatan Kuranji13.  Sekretaris RT 01 RW VIII Kelurahan Gunung sarik tahun2012- sekarang14.  Ketua APPI Kelurahan Gunung Sarik tahun 2012-sekarang15.  Ketua Asosiasi Bank Sampah Pota Padang tahun 2012-sekarang