Pemisahan campuran 1

2,897 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
2,897
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
118
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pemisahan campuran 1

  1. 1. Kimia smp kelas vii Oleh IRAWATI, S.Pt 19680307 200701 2 003
  2. 2.  Air laut tergolong suatu campuran, dan para petani garam telah melakukan pemisahan campuran untuk mendapatkan garam.  Hebat bukan! Apakah kamu juga ingin mengetahui cara memisahkan campuran? Mari kita pelajari bersama. Campuran tersusun dari dua zat atau lebih.
  3. 3. Sebagai contoh, air laut tersusun dari air, garam, dan zat padat terlarut lainnya. Susu tersusun dari, lemak dan zat padat lain yang terlarut
  4. 4. Pemisahan komponen-komponen penyusun campuran dapat dipisahkan dengan beberapa cara, yakni : 1. penyaringan, 2. destilasi, 3. sublimasi, 4. kristalisasi, dan 5. kromatografi.
  5. 5. 1. Penyaringan (Filtrasi) a. bertujuan untuk memisahkan zat padat dari zat cair dalam suatu campuran berdasarkan perbandingan wujudnya. b. Alat yang kita gunakan untuk menyaring disebut penyaring
  6. 6. Contoh proses filtrasi : - menyaring parutan kelapa agar diperoleh air santan. Air santan diistilahkan dengan filtrat ampas kelapa disebut dengan residu - penyaringan air
  7. 7. Proses penyaringan air dengan kertas saring
  8. 8. c. Zat yang tertinggal dalam kertas saring disebut residu, d. cairan yang dapat menembus kertas saring disebut filtrat 2. Penyulingan (Destilasi)
  9. 9. a. digunakan untuk memisahkan campuran dari dua atau lebih cairan yang mempunyai titik didih berbeda b. memisahkan campuran berupa zat cair terlarut dari pelarutnya c. Prinsip kerjanya adalah melalui 2 proses yaitu : 1. Penguapan 2. Pengembunan d. Contoh : - Pemisahan spiritus yang bercampur dengan air - proses pengolahan minyak bumi menjadi fraksi- fraksi minyak bumi, seperti LPG, bensin, minyak tanah,solar, pelumas, dan aspal. - pembuatan minyak atsiri dari daun cengkeh e. Zat yang dihasilkan dari destilasi yang disebut destilat.
  10. 10. Alat untuk mengambil minyak atsiri. Dengan cara distilasi minyak atsiri dapat diambil dari daun cengkeh
  11. 11. Menara destilasi
  12. 12. Contoh destilasi (penyulingan) pada pemisahan fraksi minyak bumi dengan destilasi bertingkat
  13. 13. 3. Pengkristalan (Kristalisasi) a. merupakan metode pemisahan untuk memperoleh zat padat yang terlarut dalam suatu larutan b. ada dua cara yaitu 1. kristalisasi penguapan dan 2. kristalisasi pendinginan. c. Kristalisasi ini banyak dilakukan oleh - para pembuat garam/petani garam. - pembuatan gula putih dari tebu
  14. 14. Proses pembuatan garam
  15. 15. 4. Sublimisasi a. metode pemisahan campuran dengan menguapkan zat padat tanpa melalui fasa cair terlebih dahulu sehingga kotoran yang tidak menyublim akan tertinggal b. perubahan zat dari wujud padat ke gas atau sebaliknya.
  16. 16. c. Pemisahan campuran dengan sublimisasi dilakukan bila zat yang dapat menyublim (misalnya kapur barus/ kamfer) tercampur dengan zat lain yang tidak dapat menyublim (misalnya arang)
  17. 17. Proses pemisahan es kering (karbondioksida padat) dengan air merupakan proses pemisahan dengan cara sublimasi
  18. 18. 5. Kromatografi a. merupakan cara pemisahan campuran menjadi komponen-komponen zat penyusunnya berdasarkan perbedaan kecepatan zat-zat tersebut bergerak bersama-sama dengan pelarutnya pada permukaan suatu benda penyerap b. Dasar pemisahan metode ini adalah - kelarutan dalam pelarut tertentu, - daya absorbsi oleh bahan penyerap, - volatilitas (daya penguapan)
  19. 19. c. untuk memisahkan dan mengidentifikasi zat-zat yang kompleks dari zat warna, minuman beralkohol, dan pestisida d. Contoh pemisahan secara kromatografi : - rembesan air pada dinding yang menghasilkan garis-garis dengan jarak tertentu - kromatografi kertas untuk memisahkan tinta.
  20. 20. For Your Attention

×