musik tradisional betawi

14,363
-1

Published on

Published in: Real Estate
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
14,363
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
210
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

musik tradisional betawi

  1. 1. MUSIK TRADISIONAL BETAWI
  2. 2. MUSIK BETAWI Gambang Kromong  Tanjidor  Keroncong Tugu  Orkes Gambus  Rebana  Orkes Samrah 
  3. 3. Gambang kromong    Musik khas Betawi. Sejarah musik ini dipengaruhi beberapa unsur musik Cina, yaitu dengan digunakannya alat musik gesek berupa kongahyan, tehyan, dan skong. Sementara alat musik asli pribumi adalah : kromong, kemor, kecrek, gendang kempul dan gong.
  4. 4. Gambang kromong    Awal mula terbentuknya orkes gambang kromong dipimpinan oleh golongan Cina yang bernama Nie Hu-kong. Sebuah grup gambang kerap memainkan lagu-lagu Cina yang biasanya dibawakan secara instrumental. Musik Gambang Kromong berkembang sekitar abad ke-delapan belas
  5. 5. Gambang Kromong
  6. 6. Gong Krecek
  7. 7. Kendang Kemor Kongahyan
  8. 8. Sukong Suling
  9. 9. TANJIDOR   Orkes Tanjidor dipengaruhi oleh beragam budaya dari Eropa. Orkes Tanjidor, mulai ada sejak abad ke-18. Konon salah seorang Gubernur Jenderal Belanda, Valckenier menggabungkan rombongan 15 orang pemain alat musik tiup Belanda dengan pemain gamelan, pesuling Cina, dan penabuh tambur Turki untuk
  10. 10. TANJIDOR     Bunyi orkes Tanjidor sangat mirip dengan lagu-lagu dalam kelompok marching band. Orkes Tanjidor banyak membawakan lagu-lagu barat berirama wals pada awal perkembangannya Sampai saat ini, Tanjidor masih ditampilkan untuk menyambut tamu, memeriahkan arakarakan atau mengiringi pengantin. Tokoh orkes tanjidor adalah Marta Nya’at.
  11. 11. Trombone Tuba
  12. 12. Piston Bedug
  13. 13. Terompet Klarinet
  14. 14. Tambur
  15. 15. KERONCONG TUGU   Keroncong Tugu adalah musik Betawi yang banyak mendapat pengaruh dari budaya Barat khususnya dari Eropa Selatan (Portugis). Sejak abad ke-18 musik ini berkembang di kalangan warga Tugu, mereka adalah masyarakat Jakarta keturunan Mardijkers atau bekas anggota tentara Portugis yang dibebasin dari tawanan Belanda.
  16. 16. KERONCONG TUGU    Setelah memeluk agama Kristen, mereka ditempatkan di Kampung Tugu, yang saat ini masuk wilayah Kecamatan Koja Jakarta Utara. Musik keroncong tugu sendiri biasanya dibawakan oleh warga Tugu sejak tahun 1600an setiap malam bulan purnama, sambil bergerombol menikmati malam bulan purnama di pinggir sungai, ataupun dibawakan untuk mengiringi lagu-lagu gereja dalam acara kebaktian. Alat-alat musik keroncong tugu sejak awal dilahirkan terdiri dari keroncong, biola, ukulele, banjo, gitar, rebana, kempul dan selo.
  17. 17. ORKES GAMBUS     Orkes Gambus dipengaruhi oleh budaya Timur Tengah Orkes ini biasanya ditampilkan di acara pesta perkawinan untuk mengiringi para penyanyi gambus baik laki maupun perempuan. Mereka biasanya membawakan lagu-lagu gambus dengan lirik religius maupun lagu-lagu cinta berbahasa Arab. Agar lebih semarak, saat musik gambus sedang dimainkan, biasanya ada beberapa penari zapin yang terdiri dari beberapa orang laki-laki.
  18. 18. ORKES GAMBUS    Walaupun dalam perkembangannya, terkadang juga melibatkan beberapa penari perut (belly dancer) perempuan sebagai daya tarik. Mungkin lantaran grup musik gambus selalu identik dengan pesta pernikahan warga etnis Betawi, grup musik gambus masih tumbuh subur di Jakarta, lantaran peminatnya masih saja ada. Salah seorang tokoh musik gambus di Jakarta, Munif Bahaswan, mengakui, dibanding musik dangdut, musik gambus kurang diminati di luar etnis Betawi, Arab dan India
  19. 19. REBANA      Selain musik gambus, masih ada musik Betawi yang dipengaruhi budaya Timur Tengah. Musik rebana misalnya, adalah musik khas Betawi yang bernafaskan Islam. Macam musik rebana sendiri demikian banyak, digolongkan sesuai alat musik maupun syair-syair yang dibawakan oleh para pemain musiknya. Jenis-jenis musik rebana, misalnya rebana ketimpring, rebana ngarak, rebana dor juga rebana biang. Biasanya, musik rebana (khususnya rebana biang) digunakan untuk memeriahkan pesta maupun arak-arakan. Tokoh rebana adalah H. Abdul Rahman.
  20. 20. REBANA
  21. 21. ORKES SAMRAH       Orkes samrah adalah kesenian Betawi dalam bentuk orkes yang mendapat pengaruh suku Melayu. Lagu-lagu yang biasa dibawakan dalam ini adalah lagu-lagu jadul (jaman dulu), seperti lagu Burung Putih, Pulo Angsa Dua, Sirih Kuning, juga lagu Cik Minah. Orkes samrah juga biasa dipakai mengiringi lagulagu khas Betawi semacam Kicir-kicir, Jali-jali, Lenggang Kangkung dan lain-lain. Sementara tarian yang biasa diiringi orkes samrah disebut Tari Samrah. Biasanya, para penari samrah menari berpasangpasangan, dengan gerakan tari bermacam-macam, yang salah satunya dipengaruhi oleh gerakan silat. Tokoh dalam bidang musik samrah adalah Ali Sabni.
  22. 22. Selamat Belajar

×