Belanja Online amankah?..

Langkah

menghindari

kesalahan saat belanja online

Belanja Online belakangan ini menjadi tren...
Berikut hal yang perlu diperhatikan saat belanja online:
1. Ada gambar produk, untuk memastikan kesesuaian pesanan dengan
...
Menyambung tulisan kami sebelumnya mengenai “Belanja
online, amankah?.. “. Kali ini kami akan berbagi mengenai
langkah men...
produk yang anda inginkan sudah “SOLD OUT“. Urusan jadi berabe
bukan?.
7. Anda transfer senilai rupiah tertentu ke rekenin...
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Belanja online amankah

104

Published on

sedikit tips dari GrosirBajuAnakku.Com.
Langkah menghindari kesalahan saat belanja online,Yaitu:
1. Jangan langsung beli dalam jumlah banyak. Sebaiknya “test quality” dulu, sesuai ndak harga yang anda bayar dengan kualitas produk yang anda terima.

Published in: Social Media
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
104
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
2
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Transcript of "Belanja online amankah"

  1. 1. Belanja Online amankah?.. Langkah menghindari kesalahan saat belanja online Belanja Online belakangan ini menjadi trend. Kemudahan berbelanja yang ditawarkan oleh penyedia belanja online membuat para surfer internet menjadi tertarik untuk melakukan transaksi secara online. diawali dengan searching by google, yahoo, bing, dll dengan menggunakan keyword yang dicari, para surfer segera menemukan banyak pilihan sesuai dengan keyword tadi dalam hitungan detik. Setelah dibutuhkannya, tentu dengan menemukan beberapa produk perbandingan, yang akhirnya diputuskanlah untuk order produk tersebut. dengan mentransfer senilai rupiah tertentu ke rekening yang ditentukan serta meng-konfirmasi transfer tersebut ke pengelola. Pemesan tinggal menunggu produk dikirim dan sampai ke tangan. cukup sederhana dan bagi sebagian orang tidak merepotkan. Walaupun demikian, ada juga surfer yang merasa kecewa setelah melakukan pemesanan dan transfer. keluhan mulai, dari pelayanan yang kurang profesional, proses transfer yang berbelit, hingga produk yang tidak sesuai dengan harapan.
  2. 2. Berikut hal yang perlu diperhatikan saat belanja online: 1. Ada gambar produk, untuk memastikan kesesuaian pesanan dengan penawaran 2. Pastikan size dan motif/warna masih tersedia. lihat pada website, bila perlu hubungi langsung penjual by phone/SMS, email, YM, dan lain sebagainya. 3. Pastikan no telp aktif (bisa dihubungi), penjual kooperatif, tanyakan harga sesuai di web, apakah ada harga grosir untuk pembelian jumlah tertentu. 4. Adakah testimoni dari pembeli yang lain yang puas dengan transaksinya. ada bukti produk yang telah terjual/ dikirimkan. dan yang lebih penting, penjual apakah menampilkan alamat tokonya atau tidak. Jika tidak, anda musti berhati-hati, bisa jadi penjual fiktif atau tidak serius. 5. Jangan lupa. Baca-baca dulu mengenai cara order. FAQ atau pertanyaan-pertanyaan yang biasa ditanyakan calon pembeli. Jika ada hal yang kurang jelas, sebaiknya tanyakan langsung ke penjual. 6. Pengiriman menggunakan jasa ekspedisi apa. Bonafid/ tidak? Bagaimana dengan Ongkos Kirim? Biasanya Ongkos Kirim ditanggung oleh pembeli. 7. Yakinkan pada saat transfer, nama dan no. rekening sesuai dengan di website. agar anda tidak salah kirim. Demikian sedikit tips dari GrosirBajuAnakku.Com untuk Pelanggan setianya.
  3. 3. Menyambung tulisan kami sebelumnya mengenai “Belanja online, amankah?.. “. Kali ini kami akan berbagi mengenai langkah menghindari kesalahan saat berbelanja secara online. Yaitu: 1. Jangan langsung beli dalam jumlah banyak. Sebaiknya “test quality” dulu, sesuai ndak harga yang anda bayar dengan kualitas produk yang anda terima. 2. Jangan transfer uang sebelum “clear” berapa yang harus anda transfer. Apakah rupiah yang anda bayar itu sudah termasuk ongkos kirim atau belum?. Jika ternyata belum, seberapa tertariknya anda dengan produk tersebut sehingga bersedia meluangkan waktu untuk transfer 2 (dua) kali (bayar ongkir). 3. Pastikan dulu produk yang anda inginkan, stok nya masih tersedia sebelum transfer uang. 4. Pastikan produk yang anda beli ukurannya sesuai dengan yang anda harapkan. Bila perlu hubungi penjualnya langsung untuk memastikan. 5. Baca FAQ (Frequently Ask Question) lebih dahulu sebelum mengajukan pertanyaan ke pengelola website, biasanya hal-hal yang sering ditanyakan pengunjung mula, sudah dijawab oleh pengelola website melalui halaman FAQ ini. 6. Untuk menghindari kesalahpahaman, terutama pelajari/ pahami aturan main yang sudah ditetapkan oleh pengelola web. Misal, batas transfer adalah maksimal 2 (dua) hari setelah pemesanan. lebih dari itu, pemesanan dianggap “cancel” atau dibatalkan. Anda tidak tahu ini, trus lebih dari dua hari kemudian anda baru transfer, padahal
  4. 4. produk yang anda inginkan sudah “SOLD OUT“. Urusan jadi berabe bukan?. 7. Anda transfer senilai rupiah tertentu ke rekening pengelola web tanpa pernah melakukan komunikasi sebelumnya, baik itu melalui SMS, BBM, email ataupun YM. Tidak masalah jika anda sudah yakin dengan bonafiditas pengelola web dan ternyata memang terbukti web tersebut kredibilitasnya “OK”. Namun bagaimana jika sebaliknya?.. ternyata pengelola memanfaatkan web tersebut untuk “kamuflase” dan tidak bertanggung jawab?.. sudah transfer, namun lama produk yang anda inginkan tidak sampai-sampai ke tangan anda. Pengelola web nya kemudian sulit dihubungi. Betapa kecewa dan marahnya anda. Lebih baik meluangkan sedikit waktu untuk mengantisipasi kesalahankesalahan sebagaimana telah penulis sampaikan di atas, daripada anda menyesal kemudian. Demikian sedikit sharing kami “GrosirBajuAnakku” semata-mata agar kita semua lebih waspada dan berhati-hati dalam berbelanja secara online. Salam sukses, GrosirBajuAnakku.Com

×