• Like
Rumah perkara
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

Published

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
662
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
10
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. RUMAH PERKARA ( by Emil Rehadi ) Film ini bercerita tentang seorang lurah yang bernama Pak Yatna. Di awalpemilihannya dia berjanji kepada warga nya untuk menjadi pemimpin yang akanmelindungi warganya. Namun setelah dia terpilih menjadi lurah kenyataannya sangatberbeda dengan apa yang dia janjikan. Ternyata dia bersekongkol dengan seorangpengusaha yang akan menggusur kampungnya untuk dibangun real estate dikampungtersebut. Pengusaha itu ternyata telah lama memberi sokongan dana kepada PakYatna agar dimudahkan menjalani rencana nya. Akhirnya dengan mudahnya satupersatu warga kampung tersebut pun pergi meninggalkan desa tersebut karena harusterpaksa menjual tanah dan rumah mereka. Hingga akhirnya hanya tersisa rumah PakLurah tersebut dan rumah seorang janda yang belum mau menjual rumahnya. PakYatna memiliki seorang anak laki-laki, dia sedih setiap hari harus bermain sendirikarena semua teman-temannya sudah pergi meninggalkan desa tersebut. Sangpengusaha pun mengetahui bahwa masih ada satu warga lagi yang menjadipengahalang rencananya, dia pun menyuruh Pak Yatna untuk mengurus wargatersebut agar segera menjual rumahnya. Namun lurah tersebut kesulitan untukmengusirnya karena ternyata dia memilki hubungan gelap dengan janda tersebut.Janda tersebut tidak ingin meninggalkan rumahnya karena hanya rumah itu lah yangdia miliki dan terlalu banyak kenangan yang dia miliki dirumah tersebut terutamakenangan dengan suaminya yang telah meninggal. Pak Lurah tidak ingin hubungannyadengan janda tersebut terungkap sehingga dia tidak bisa mengusir janda itu. Akhirnyasang pengusaha pun menggunakan caranya untuk menyingkirkan janda tersebut, diamenyuruh anak buahnya untuk mengusir paksa janda tersebut bahkan anak buahnyasampai membakar rumah janda itu karena dia tetap tidak mau keluar. Janda itu punmeninggal didalam rumahnya yang terbakar dan tanpa sengaja ternyata dirumah itupun terdapat anak pak lurah yang tiba-tiba datang kerumah itu untuk mencari bapaknya. Pak lurah pun merasa sedih dan menyesal karena atas perbuatannya diakehilangan semua orang yang dia sayangi.Pelajaran yang dapat kita ambil bahwa sebagai pemimpin kita harus memiliki sifattanggung jawab dan amanah. Kita harus melindungi orang-orang yang kita pimpin,dengan lebih mementingkan kepentingan umum dibandingkan kepentingan pribadi.
  • 2. AKU PADAMU ( by Lasja F. Susatyo ) Film ini menceritakan tentang dua sejoli yang berencana untuk nekat kawin larikarena sang calon pengantin perempuan tidak mau pernikahannya dihadiri olehayahnya. dia pun pergi ke kantor KUA bersama kekasihnya. Namun mereka mendapatkendala dalam keterbatasan waktu yang sangat singkat karena mereka tidak punyabanyak waktu yang disebabkan calon pengantin pria nya yang sangat sibuk. Selainketerbatasan waktu mereka pun dihadapkan dengan masalah syarat-syaratadministrasi yang sangat rumit. Akhirnya sang calon pengantin pria memutuskan untukmenyuap petugas KUA untuk melancarkan urusannya. Namun sang gadis tidak maukekasihnya melakukan hal itu. Dia pun teringat dengan kehidupan masa kecilnya, yaitutentang kisah guru yang sangat ia idolakan yang bernama Pak Markoen guru di SD nyadlu. Pak Markoen sangat ingin menjadi guru tetap ditempat dia mengajar namun diaselalu saja gagal. Belakangan ternyata si gadis itu tahu kenapa guru nya tidak pernahdiangkat menjadi guru tetap, karena ayahnya yang memiliki kedudukan tinggi disekolahtersebut selalu membuang lamaran pak Markoen karena tidak menyisipkan amplopdalam berkas-berkasnya seperti guru yang lain. Namun pak markoen tetap tidak inginmelakukan penyuapan tersebut walaupun dia harus gagal menjadi guru sekalipun. Pakmarkoen sangat dekat dengan murid-muridnya, walaupun tidak mengajar lagi disekolahtersebut tapi dia selalu datang menemui muridnya dengan berpenampilan seperti badutuntuk mengajarkan murid-muridnya tentang budi pekerti. Kehidupan Pak Markoen punsemakin sulit, karena dia tidak memiliki pekerjaan tetap. Dia tetap mengedepankankejujurannya dan rela hidup susah hingga akhir usianya. Karena ingat pada kehidupangurunya, gadis itu pun menceritakan kekagumannya kepada pasangannya. Akhirnyasang calon pengantin pria itu pun berubah fikiran, karena sang gadis berfikiranbagaimana mungkin menikah dihadapan Tuhan yang suci, bila kita dimulai denganmenyuap Tuhan.Pelajaran yang dapat kita ambil bahwa dalam memperoleh sesuatu yang kita inginkankita harus tetap jujur, walaupun dengan kejujuran itu terkadang apa yang kita inginkantidak dapat dengan cepat terwujud. Karena bila kita ingin melakukan hal baik makaharus diawali dengan kebaikan juga.
  • 3. SELAMAT SIANG, RISSA ( by Ine Febriyanti ) Film ini bercerita tentang seorang wanita karir bernama Jasmine Karissa, diadiminta oleh seorang pejabat bagian pengadaan proyek untuk meloloskan proyekpembangunan mall. Tentunya dengan imbalan besar yang sudah pasti didepan mata.Dengan kewenangannya pun, ia bisa saja memberi persetujuan dengan mudah. SaatKarissa dilema untuk memilih antara menolak atau berdamai dengan kejahatan dia punteringat dengan kegigihan ayahnya untuk menjaga amanah meskipun dalam situasikeluarga yang sangat sulit sekalipun. Ayah Karissa bernama Pak Arwoko dia seorangpenjaga gudang beras, namun kehidupannya sangat sederhana. Dia hanyamengandalkan gajinya yang kecil untuk kebutuhan keluarga, dia tidak berani melakukanpekerjaan sampingan seperti menyewakan gudang bagi pengusaha yang inginmenimbun beras. Suatu ketika adik Karissa yang masih bayi mengalami sakit keras,namun keluarganya saat itu sedang tidak memiliki uang untuk berobat. Ibu Karissahanya seorang penjahit, namun saat ini usahanya sedang sepi sehingga mereka puntidak memiliki simpanan uang lagi untuk berobat adiknya. Disaat mereka sedang sangatmembutuhkan uang, datanglah seorang pengusaha yang ingin menyewa gudangtersebut untuk menimbun beras. Kebetulan gudang beras yang dijaga Pak Arwokosedang kosong. Pengusaha itu pun mencoba membujuk Pak Arwoko denganmengeluarkan beberapa uang untuk melancarkan urusannya. Pak Arwoko terlihatkebingungan, disatu sisi dia sangat membutuhkan uang untuk berobat anaknya yangsedang sakit keras namun di sisi lain dia orang yang sangat memegang amanahsehingga tidak mungkin dia menerima uang tersebut. Setelah lama berfikir, akhirnyapak arwoko menolak tawaran pengusaha itu dia lebih memilih untuk tetap menjagaamanah nya walaupun dia sangat membutuhkan uang tersebut. Karena teringat denganayahnya, karissa pun melakukan hal yang sama dia juga menolak tawaran pejabattersebut.Pelajaran yang dapat kita ambil bahwa kepercayaan yang telah kita dapatkan harus kitajaga dengan sebaik-baiknya. Walaupun kita dalam keadaan susah sekali pun kita harustetap menjaga amanah yang diberikan kepada kita.
  • 4. Pssstt….Jangan Bilang Siapa-siapa! ( by Chaerun Nissa ) Film ini bercerita tentang gaya hidup dan permisivitas terhadap praktikpemerasan di sekolah yang kemudian direkam oleh seorang siswa yang bernama Gita.Gita baru memiliki camera handicam baru, untuk mencoba nya dia merekam semuaaktivitas di sekolahnya dengan dibantu Olla temannya. Olla anak SMA yang gaul, diaadalah tokoh yang menjadi pintu masuk Gita dalam mengekspose situasi sekolahnya.Untuk menjalani gaya hidupnya, Olla yang selalu up date dengan gadget dan fashionbersandar pada kelihaiannya menipu orang tua dengan cara me mark-up setiappermintaan kebutuhan sekolah maupun jajan. Ternyata keluarganya tidak ambil pusing,ayah Olla di kantor juga melakukan hal itu pada atasannya, dia selalu melebihkanpengeluaran kantor tidak sesuai dengan kenyataannya. Tidak berbeda dengan ibunyaOlla, dia juga biasa melakukan hal yang sama kepada suaminya. Di sekolah, Olla danteman-temannya tanpa sadar telah menjadi korban kepala sekolah dan guru yangmemperdagangkan buku di sekolah. Guru nya mewajibkan semua murid untuk membelibuku yang sudah disediakan sekolah, karena siapa pun yang tidak membeli buku yangtelah di mark-up akan celaka. Benar saja, Gita pun merasakan hal yang tidak wajartersebut. Nilai dia berbeda sendiri lebih kecil dibandingkan teman-temannya di kelas,memang Gita tidak membeli buku di sekolah dia membeli sendiri bukunya di luar.Ternyata secara otomatis setiap murid yang membeli buku di sekolah akan mendapatnilai A+. Gita merasa heran dengan apa yang dilakukan guru dan temannya. Olla punmengira bahwa Gita juga pernah melakukan hal yang sama seperti yang dia lakukan.Namun ternyata tidak, Gita tidak pernah me mark-up kebutuhannya, untuk membelihandicam baru nya itu pun dia rela menabung selama setahun agar bisa membelinyasendiri tanpa perlu mengelabui orang tua nya.Pelajaran yang dapat kita ambil bahwa untuk mendapatkan sesuatu kita harusberusaha dengan kemampuan kita, tanpa mengelabui pihak mana pun agar apa yangkita inginkan cepat tercapai.
  • 5. Kesimpulan dari ke empat film tersebut bahwa kita harus menjunjung kejujurandan tanggung jawab terhadap apa saja yang kita lakukan. Terlebih bagi seorangpemimpin kita harus memiliki sifat tanggung jawab dan amanah. Kita harus melindungiorang-orang yang kita pimpin, dengan lebih mementingkan kepentingan umumdibandingkan kepentingan pribadi. Dalam memperoleh sesuatu yang kita inginkan kitaharus tetap jujur, walaupun dengan kejujuran itu terkadang apa yang kita inginkan tidakdapat dengan cepat terwujud. Karena bila kita ingin melakukan hal baik maka harusdiawali dengan kebaikan juga. Kepercayaan yang telah kita dapatkan harus kita jagadengan sebaik-baiknya. Walaupun kita dalam keadaan susah sekali pun kita harustetap menjaga amanah yang diberikan kepada kita. Serta untuk mendapatkan sesuatukita harus berusaha dengan kemampuan kita, tanpa mengelabui pihak mana pun agarapa yang kita inginkan cepat tercapai.