Sejarah cimory
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Sejarah cimory

on

  • 4,337 views

 

Statistics

Views

Total Views
4,337
Views on SlideShare
4,337
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
75
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Sejarah cimory Sejarah cimory Document Transcript

  • Sejarah Cimory PT. Cisarua Mountain Dairy atau yang lebih dikenal dengan nama ‘Cimory’ merupakan Industri Pengolahan Susu (IPS) yang terletak di daerah pegunungan di Cisarua, Puncak. PT. Cisarua Mountain Dairy didirikan pada tahun 2006 dan merupakan salah satu anak perusahaan MACRO Group, yang bergerak di dalam bidang pangan berbasiskan empat protein alami terbaik yaitu daging (PT. Macroprima Panganutama), susu (PT. Cisarua Mountain Dairy), telur (PT. Java Egg Specialities) dan kacang kedelai (PT. Indosoya Sumber Protein). PT. Cisarua Mountain Dairy sangat peduli dengan kehidupan peternak susu di Indonesia. Dalam upaya untuk mengurangi impor susu bubuk serta menaikkan taraf hidup para peternak, PT. Cisarua Mountain Dairy menyerap susu lokal dengan harga yang sangat baik. Artinya, semua produk yang diproduksi PT. Cisarua Mountain Dairy berbahan dasar susu segar, hasil dari bumi Indonesia. Alhasil, Media Bisnis Indonesia memberikan penghargaan ‘Anugerah Produk Asli’ kategori susu cair kepada PT. Cisarua Mountain Dairy pada tahun 2009 Nama Cimory merupakan singkatan dar Cisarua Mountain Diary. Negara Belanda adalah Negara penghasil keju yang terbaik di dunia.Pada tahun 2005, perusahaan ini telah bekerja sama dengan Belandasehingga terdapat 2 bendera dalam produknya, yaitu bendera Indonesia dan bendera Belanda. Sapi yang ada di Cimory ini, semuanya kelahiran Cisarua, tapi nenek moyangnya dari Belanda, yang di habitat aslinya hidup jauh dari keramaian. Jenis sapi perah yang diambil susunya ada jenis sapi Frisian Holsteiner atau FH (Frisian Holand). Nama “-steiner” berasal dari nama penemunya.FH harus hidup di lingkungan yang tenang agar tidak stress danmenghasilkan susu yang terbaik. Ciri-ciri sapi Friesian Holstein bagian lutut sampai bawah bewarna putih, pada kepala, minimal terdapat warna putih. Ciri-ciri sapi Friesian Holsteinjantan: kepalanya bewarna putih, tidak sampai setengah tahun sejak lahir, Friesian Holstein jantan akan dijadikan sapi potong.
  • Ciri-ciri sapi Friesian Holsteinbetina terdapat segitiga putih atau garis putih dari atas kepala sampai dagunyapada kepalanyayang hitam. Makanan sapi Friesian Holstein Seperti mamalia lainnya, sapi Friesian Holsteinmemiliki 4 rumen (perut).sapiFriesian Holsteinbiasanya lebih memilih alang-alang daripada rumput untuk dimakankarena ukurannya yang lebih besar. Padahal rumput lebih bagus untuksusu yang akan dihasilkan Friesian Holstein. Makanan sapi Friesian Holsteinlainnya: jagung, seloid, kedelai, garam, gula, dan lain-lain.FH mengonsumsi makanan sebanyak 1 per 10 dari ebrat badannya perhari. sapiFriesian Holsteinbuang air besar 22 kali per hari.Setengah dari kotorannya adalah air.Kotoran sapi Friesian Holstein dimanfaatkan untuk pupuk dan biogas.Gas. Kotorannya dapat menghasilkan api bewarna biru.Hal ini menunjukan bahwa kualitas gas ini bagus karena api yang palingbagaus adalah api yang bewarna biru.Bila kotorannya dibakar, akan menghasilkan bau caramel karenamakanan sapi Friesian Holstein mengandung gula.Selain itu, kotoran sapi Friesian Holstein juga digunakan untuk bahan pembersih lantai,bahan bangunan, dan obat nyamuk (Malaria). Merawat sapi Friesian Holstein kandang harus bersih, manicure dan pedicure (kuku harus dipotong bila sudah panjang), mandi 3 kali sehari sapiFriesian Holsteinberkembang biak dengan kawin suntik TB (Inseminasi Buatan). Sapi Friesian Holsteinbetina mengandung bayinya selama 9 bulan 10 hari (seperti halnya manusia).Bayi sapi Friesian Holstein yang baru lahir, beratnya 40 kg dan pada umur 1½ tahun, sapi tersebut sudah dikatakan sudah dewasa.Umur sapi Friesian Holsteindapat dilihat dari giginya dan jumlah guratan pada tanduknya.Masa produksi sususapi Friesian Holstein yang bagus adalah saat berumur 6 sampai 8tahun.Hidup seekorsapi Friesian Holsteinhanya berlangsung selama 12 tahun.
  • Cara memeras susu Memeras susu harus dilakukan setiap hari. Jika tidak, sapi Friesian Holsteinakan meriang /merasa tidak sehat.cara memerah susu sapi cukup sederhana, langkah pertama adalah membersihkan puting sapi dengan air hangat hingga bersih dan mengolesi krim atau mentega ke tangan kita sebelum mulai memerah, hal ini bertujuan agar sapi tidak merasa sakit saat diperah dan memudahkan kita saat memerahnya. Menjaga kebersihan sapi dan kandang juga sangat penting bagi sapi perah karena lingkungan yang kotor dapat mempengaruhi kemurnian susu sapi tersebut, maka dari itu kandang sapi harus selalu dibersihkan tiap kali akan memerah susu sapi. Susu: Susu yang baru diperas itu biasanya berbusa dan hangat.Susu ini mengandung sekitar 800.000 bakteri di dalamnya.Di antara bakteri-bakteri tersebut, terdapat bakteri patogen (yang bersifat jahat) dan bakteri probiotik (yang bersifat baik).Untuk itu, sebelum diminum, susu haruslah melalui berbagai prosesterlebih dahulu Proses pembuatan susu: Setelah susu diperas lalu susu tersebut dikumpulkan ke dalam Milk Storage Tank di KUD Unit Tani. Susu dibawa ke IPS (Industri Pengolahan Susu) dan diolah melalui proses-proses sebagai berikut: 1. Penerimaan Susu Segar Penyediaan susu segar sebagai bahan dasar diambil dari Koperasi Unit Desa (KUD) yang sudah bekerjasama dengan perusaahaan susu tersebut. Proses penerimaan susu segar dari peternak adalah sebagai berikut : mula-mula petemak mengumpulkan susu segar dalam milk can ke pengumpul. Dari pengumpul susu segar ini diangkut oleh truk pengangkut susu segar menuju ke KUD. Biasanya pabrik susu menerima susu segar mulai pukul 06.00 sampai 14.00. setelah jam tersebut, setoran susu segar ditolak karena dikhawatirkan sudah rusak akibat pertumbuhan mikrobia, mengingat kemungkinan penyimpanan susu segar di KUD yang terlalu lama. Sebelum susu segar tersebut diterima oleh Pabrik Susu, terlebih dahulu dilakukan pengujian terhadap kualitas yang meliputi: uji bakteriologis, uji fisis dan uji organoleptis yang dilakukan oleh bagian Quality Assurance (QA). Susu segar yang telah dinyatakan release oleh QA segera dipompa dari mobil tangki ke balance tank untuk menyeimbangkan aliran dan mengukur volumenya. Susu yang masuk melalui pipa pemasukan akan mengangkat pelampung yang ada di dalam balance tank. Pelampung tersebut berfungsi untuk menjaga permukaan air susu dalam tangki tetap konstan. Setelah penuh, katup secara otomatis akan menutup pipa pemasukan dan proses pengisian berhenti.
  • Balance Tank Fungsi : menjaga kontinuitas dan stabilitas aliran susu segar Jumlah : 1 buah Bahan : Stainless Steel Kapasitas : 350 liter Pelengkap : pelampung yang berfungsi mengontrol permukaan cairan dalam tangki tetap seimbang, bekerja secara otomatis Prinsip kerja : susu segar dari tangki KUD dipompa masuk kedalam Balance tank melalui flow meter sehingga diketahui volume susu dari tiap tangki penyetor yang masuk ke Balance tank. Mula-mula susu segar masuk melalui pipa pemasukan di bagian tengah tangki, susu akan mengangkat pelampung. Jika tangki telah penuh, katup akan menutup pipa pemasukan, sementara itu susu dalam tangki dikeluarkan melalui pipa bawah. Keluarnya susu dari tangki menyebabkan pipa pemasukan sedikit terbuka, sehingga susu dapat masuk kemudian akan menutup sendiri bila penuh, demikian seterusnya. Setelah dari balance tank,susu akan disaring dengan duplex filter agar benda-benda asing yang mungkin terdapat dalam susu segar dapat tertahan dalam filter dan selanjutnya dialirkan ke plate cooler untuk dilakukan proses pendinginan. Gambar Plate Cooler 2. Pendinginan Susu yang telah disaring masuk plate cooler berupa Plate Heat Exchanger (PHE) pada suhu maksimal 14 oC untuk didinginkan hingga mencapai suhu 4 oC menggunakan media chilled water bersuhu 2 oC. Susu dialirkan ke plate-plate dengan arah yang berlawanan dengan media pendingin. Dalam suhu rendah mikroba akan menjadi nonaktif, reaksi enzimatis terhambat serta reaksi kimia yang menyebabkan kerusakan dapat dicegah. Plate Cooler Fungsi : mendinginkan susu segar hingga 2 – 4oC Jumlah : 1 buah Bahan : Stainless Steel Kapasitas : 1000 liter/jam Tipe : Plate Heat Exchanger Media : chilled water bersuhu 1 – 2oC
  • Susu kemudian dialirkan ke dalam Fresh Milk Tank (FMT). Tangki ini dilengkapi pengaduk untuk menjaga susu tetap homogen, mencegah terbentuknya krim dan dilapisi dengan whole glass untuk menjaga suhu susu tetap 4oC. Fresh Milk Tank Fungsi : menyimpan susu segar yang sudah didinginkan Jumlah : 3 buah Bahan : Stainless Steel Kapasitas : 10000 liter/jam 3. Pasteurisasi Pasteurisasi bertujuan untuk membunuh semua mikroba pathogen yang dapat merusak susu serta menyebabkan penyakit pada bayi. Mikroba pathogen yang banyak terdapat pada susu antara lain Mycobacterium tuberculosis penyebab penyakit tuberkulosis, Coxiella burnetti, penyebab penyakit Q fever, Salmonella, Shigella sp., penyebab penyakit enterik seperti thypoid dan parathypoid, serta Enterobacter sakazakii penyebab penyakit radang otak pada bayi. Pasteurisasi juga dimaksudkan untuk memperpanjang daya simpan produk dengan cara menginaktivasi enzim yang terdapat dalam susu seperti lipase, fosfatase, peroksidase dan katalase. Pasteurisasi dilakukan secara kontinyu menggunakan suhu tinggi dalam waktu singkat, atau disebut sistem HTST (High Temperature Short Time). Suhu yang digunakan adalah 83 oC dengan penahanan dalam holding tube selama 15 detik. Waktu yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nutrisi terutama protein yang mudah mengalami denaturasi.
  • PHE untuk pasteurisasi tersiri dari tiga bagian, yaitu bagian regenerasi, pasteurisasi dan pendinginan.. Susu dialirkan ke bagian regenerasi untuk mengalami pemanasan awal menggunakan medium pemanas yaitu susu yang telah mengalami pasteurisasi bersuhu 60 oC. Susu kemudian dialirkan ke bagian pasteurisasi untuk mengalami pemanasan lebih lanjut hingga suhu 83 oC dengan medium pemanas steam bersuhu 110 oC. Susu lalu masuk holding tube untuk ditahan suhunya selama 15 detik Setelah itu susu didinginkan dengan melewati bagian regenerasi terlebih dahulu sehingga terjadi kontak tidak langsung karena dibatasi oleh plat. Dengan cara demikian, susu segar yang baru masuk akan mengalami pemanasan awal dan susu yang sudah dipasteurisasi akan mengalami penurunan suhu. Pendinginan kemudian dilakukan di bagian pendingin sampai suhu mencapai 4 oC. Pendinginan bertujuan untuk shocking bacteria, yakni mematikan bakteri yang tahan terhadap suhu pasteurisasi. Apabila kondisi pasteurisasi tidak mencapai suhu dan waktu yang ditentukan, maka secara otomatis susu kembali ke balance tank untuk diproses ulang. Selanjutnya susu dialirkan ke unit compounding. 4. Mixing Tank : pemberian rasa pada susu 5. Homogenisasi: proses pemecahan partikel-partikel lemak yangdikandung susu 6. Dicampur gula sedikit. .Dipanaskan 7. Pasturisasi 90 derajat Celsius 8. Didinginkan kembali 4 derajat Celsius Setelah proses-proses tersebut, susu siap dikemas ke dalam botol dandisimpan di storage untuk kemudian dipasarkan.
  • Milk mixer HomogenizerPasteurisator IncubatorFermentorMilk Cooler Macam-macam susu: a) Fresh Milk (susu Pasturisasi)Memiliki kualitas nutrisi yang terbaik di antara jenis susu lainnyakarena hanya melalui proses pemanasan di bawah 90 derajat Celsiusyang merupakan suhu yang lebih rendah jika dibandingkan denganpemanasan yang dilakukan pada jenis susu lain. sehingga nutrisi yangdikandung lebih banyak daripada jenis susu lain. Dari susu ini juga
  • dibuatlah Yoghurt. Yoghurt dibuat dari 100 persen susu pasteurisasi.Bakteribakteri pada Yoghurt semuanya adalah bakteri probiotik yangsangat menyehatkan dan bermanfaat bagi tubuh b) UHT (Ultra high Temperature) c) Susu steril (Sterilize)d). Susu bubukMelalui roses pemanasan 140 derajat Celsius selama 1½ jam dengansystem spray dryer (dimasukan ke dalam tabung lalu dipanaskan).Setelah proses pemanasan, maka akan diambil bubuk-bubuk yangdihasilkan. Bubuk-bubuk itulah yang disebut susu bubuk. d) Susu FormulaS. usu yang dikhususkan untuk bayi. Pada susu ini, terdapat tambahannutrisi yang berasal dari luar (tambahan nutrisi yang bukan merupakannutrisi asli yang ada di dalam susu). e) Susu kental manis dibuat dari susu bubuk. Susu ini melalui proses pemanasan sampai 3kali sehingga nutrisi yang dikandung di dalamnya sudah berkurangbanyak. Karena itu, susu ini memiliki kualitas nutrisi yang terburuk. Produk susu cimory Pentingnya susu Untuk anak-anak
  • pertumbuhan dada, tulang, gigi, dan perkembanganotak. Untuk orang dewasa: mencegah keropos tulang, menjaga kesehatan ibuyang sedang mengandung dan bayinya. Anjuran minum susu Susu mengandung 200 macam nutrisi. Nutrisi-nutrisi tersebut sangatdiperlukan tubuh dalam beraktivitas setiap harinya. Karena itu, dianjurkanuntuk meminum susu minimal 2 gelas setiap harinya. Namun saat ini Indonesia adalah penkonsumsi susu terburuk di dunia