Pengenalan SPSS

4,364 views
4,265 views

Published on

Published in: Technology
0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
4,364
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
363
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pengenalan SPSS

  1. 1. Pengenalan SPSS Statistika Bisnis UPN Veteran Jakarta Indira Laksmi
  2. 2. Statistical Package for SocialScience SPSS pada mulanya merupakan akronim dari Statistical Package for Social Science, kemudian diubah menjadi Statistical Product and Service Solution. SPSS dikembangkan pada tahun 1968 oleh Norman H. Nie dan Handlai Null yang pada saat itu merupakan mahasiswa pasca sarjana ilmu politik. Sejak kelahirannya SPSS memang dimaksudkan untuk melakukan analisa kuantitatif bagi penelitian-penelitian ilmu sosial. Kepopuleran SPSS tidak lain karena kemampuannya untuk melakukan analisis data yang kompleks dengan instruksi yang mudah.
  3. 3. Empat Windows SPSS Data Editor Output Viewer Syntax Editor Script Window
  4. 4. Memulai Penggunaan SPSS Untuk memulai menggunakan SPSS anda dapat mengklik icon SPSS di layar desktop anda. Atau anda juga dapat menemukan icon SPSS di bawah menu program. Start → All Programs → SPSS Inc→ SPSS 17.0 → SPSS 17.0
  5. 5. Data Editor
  6. 6. Data Editor Data editor adalah window yang pertama kali terbuka ketika anda start-up dan digunakan untuk memasukkan dan menyimpan data dalam format spreadsheet. Data View Variabel View
  7. 7. Data View Baris di dalam data view adalah banyaknya observasi Kolom adalah banyaknya variabel
  8. 8. Menu khusus pada SPSS Data, untuk memodifikasi data secara keseluruhan seperti mengurutkan data, menggabungkan data, melakukan data transpose dll. Transform, yaitu menu untuk mentransformasikan data berdasarkan kriteria tertentu seperti recoding, penjumlahan antar variabel dll. Analyze, menu untuk mengolah data seperti uji-t, korelasi, regresi dll. Graph, menu untuk memvisualisasikan data seperti histogram, diagram pencar (scatter plot), dll. Utilities, menu pendukung yang berisi: informasi variabel, informasi file, menu editor dll.
  9. 9. Variabel view Baris di dalam variabel view adalah variabel- variabel dari data. Kolom adalah definisi dari tiap-tiap variabel. Melalui variabel view anda dapat mengubah setting data editor sesuai dengan data yang dimiliki.
  10. 10. Menu pada Variable View Name. Kolom ini untuk memberikan nama variabel. Nama variabel yang dituliskan disini akan muncul pada data editor. Pemberian nama tidak boleh lebih dari 8 karakter. Type. Kolom ini untuk menyesuaikan data yang anda masukkan, apakah berupa angka (numeric) atau data nominal yang berupa huruf (string). Label. Kolom ini berfungsi untuk memberikan label pada variabel yang kita inginkan. Pemberian label ini akan tercetak pada hasil analisis (output) dan akan sangat membantu dalam interpretasi output tersebut.
  11. 11. Menu pada Variable View Value. Kolom ini berfungsi untuk mendefinisikan value data dari variabel yang dimaksud. Pemberian value ini biasanya untuk data ordinal dan interval. Missing. Kolom ini berfungsi untuk mendefinisikan nilai kosong yang ada dalam data yang dimiliki. Coloumn. Fungsi menu ini untuk mengubah jumlah karakter yang dapat dimasukkan pada suatu variabel tertentu. Measurement. Menu ini mendefinisikan jenis data apa yang akan dianalisa. Pilihan yang ada antara lain scale, ordinal dan nominal.
  12. 12. Output Viewer
  13. 13. Output Viewer Teks atau tulisan Tabel yang berisi informasi-informasi statistik. Chart atau grafik, sebagai bentuk visualisasi dari data.
  14. 14. Input Data Enter data. memasukkan data secara satu persatu ke dalam spreadsheet SPSS Impor data dari excel. File → Open → Data → ....

×