Tanda Bintang Jasa TNI - POLRI
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Tanda Bintang Jasa TNI - POLRI

on

  • 2,289 views

TNI - POLRI - Indonesia

TNI - POLRI - Indonesia

Statistics

Views

Total Views
2,289
Views on SlideShare
2,288
Embed Views
1

Actions

Likes
1
Downloads
3
Comments
0

1 Embed 1

http://www.slashdocs.com 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Tanda Bintang Jasa TNI - POLRI Tanda Bintang Jasa TNI - POLRI Document Transcript

    • Artikel ini berkaitan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-66 (17 Agustus 2011)yang diperingati segenap elemen tumpah darah Indonesia pada hari ini. Bagi merekaprajurit-prajurit terbaik TNI dan Kepolisian, sudah semestinya mendapatkan bintang-bintang di bawah ini. Tiap matra, memiliki bintang tertingginya masing-masing. Tapiada juga bintang yang diberikan secara umum atau lintas matra. Berikut uraiannya:1. Bintang MahaputraBintang Mahaputra, adalah bintang penghargaan sipil yang tertinggi, tetapidikeluarkan dan diberikan sesudah Bintang Republik Indonesia kepada anggota korpsmiliter. Bintang ini diberikan bagi mereka yang berjasa secara luar biasa pada bidangmiliter pula. Bintang Mahaputra dibagi dalam lima kelas yaitu: Bintang MahaputraAdipurna, Bintang Mahaputra Adipradana, Bintang Mahaputra Utama, BintangMahaputra Pratama dan Bintang Mahaputra Nararya. Bintang Mahaputra adalahsetingkat di bawah Bintang Republik Indonesia.Bintang Mahaputra (Sumber: setneg.go.id)
    • Bintang berwarna putih dengan pinggiran dari emas, bersudut lima dengan ujungberupa sebuah pentol mutiara. Di antara sudut-sudut bintang tampak sebuah berkassinar yang terdiri dari 17 rangkaian mutiara. Di tengah-tengah bintang terdapat sebuahlingkaran yang diwujudkan oleh setangkai kapas dan setangkai padi yang masing-masing terdiri dari 8 buah bunga kapas dengan daunnya dan 45 buah padi (17-8-1945). Di tengah-tengah lingkaran ini terdapat tulisan “MAHAPUTERA” dari emasterletak pada sinar-sinar emas yang merupakan sebuah bintang bersudut sepuluh diatas dasar merah. Dasar merah di dalam lingkaran dan dasar putih dari bintang berasaldari warna dari Sang Saka.2. Bintang Kartika Eka PaksiBintang Kartika Eka Paksi (Sansekerta: burung perkasa tanpa tanding,kartika=bintang; eka=satu; paksi=sayap,burung), adalah tanda penghargaan yangdikeluarkan oleh TNI Angkatan Darat Republik Indonesia untuk anggota korpsnya dibidang militer yang telah menunjukkan kemampuan, kebijaksanaan dan jasa-jasa luarbiasa melebihi panggilan kewajiban tanpa merugikan tugas pokok.Bintang Kartika Eka Paksi (sumber: blogspot.com)Bintang Kartika Eka Pakci adalah Bintang TNI Angkatan Darat yang dibagi dalamtiga kelas yaitu : Bintang Kartika Eka Paksi Utama, Bintang Kartika Eka PaksiPratama, dan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya.3. Bintang Swa Bhuwana PaksaBintang Swa Bhuwana Paksa (Sansekerta: swa=mandiri; bhuwana=kediaman, dunia;paksa=sayap), adalah tanda kehormatan yang diberikan kepada anggota TNI
    • Angkatan Udara di bidang militer yang telah menunjukkan kemampuan,kebijaksanaan dan jasa-jasa luar biasa melebihi panggilan kewajiban tanpa merugikantugas pokok. Bintang Swa Bhuwana Paksa adalah Bintang TNI Angkatan Udara yangdibagi dalam tiga kelas yaitu : Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama, Bintang SwaBhuwana Paksa Pratama, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya.Bintang Swa Bhuwana Paksa (Sumber: setneg.go.id)4. Bintang JalasenaBintang Jalasena (bahasa Sansekerta: jala=air, laut sena=penguasa), adalah tandapenghargaan yang diberikan kepada anggota TNI Angkatan Laut Republik Indonesiadi bidang militer yang menunjukkan kemampuan, kebijaksanaan dan jasa-jasa luarbiasa melebihi panggilan kewajiban tanpa merugikan tugas pokok.
    • Bintang Jalasena (Sumber: setneg.go.id)Bintang Jalasena dibagi dalam tiga kelas yaitu: Bintang Jalasena Utama, BintangJalasena Pratama, dan Bintang Jalasena Nararya.5. Bintang BhayangkaraBintang Bhayangkara (Sansekerta: bhayangkara=garang, hebat; nama pasukanpengawal elite kerajaan Majapahit), dikeluarkan oleh Kepolisian Negara RepublikIndonesia sebagai bintang kepahlawanan untuk anggota kepolisan yang telahmenunjukkan keberanian, kebijaksanaan dan ketabahan luar biasa melampauipanggilan kewajiban tanpa merugikan tugas pokok.
    • Bintang Bhayangkara (Sumber: setneg.go.id)Bintang Bhayangkara dibagi dalam tiga kelas yaitu : Bintang Bhayangkara Utama,Bintang Bhayangkara Pratama, dan Bintang Bhayangkara Nararya. (**)