Fiqih kelas 7 sm 1 pelajaran 4
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Fiqih kelas 7 sm 1 pelajaran 4

on

  • 364 views

materi ini sebagai pengetahuan bagi pembaca,, semoga ada manfaatnya.

materi ini sebagai pengetahuan bagi pembaca,, semoga ada manfaatnya.

Statistics

Views

Total Views
364
Views on SlideShare
364
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
11
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Fiqih kelas 7 sm 1 pelajaran 4 Fiqih kelas 7 sm 1 pelajaran 4 Presentation Transcript

  • ZIKIR DAN DO’A
  • STANDAR KOMPETENSI 4. Melaksanakan tatacara berdikir dan berdo’a setelah salat KOMPETENSI DASAR 4.1 Tatacara berzikir dan berdo’a setelah salat 4.2 Menghafalkan bacaan zikir dan do’a setelah salat 4.3 Mempraktikkan zikir dan do’a
  • 4.1.1 Menjelaskan pengertian zikir 4.1.2 Melafalkan dalil tentang zikir 4.1.3 Menjelaskan pengertian do’a dan dalilnya 4.1.4 Menjelaskan waktu-waktu yang ijabah untuk berdo’a 4.1.5 menjelaskan tempat-tempat yang baik untuk berdo’a 4.1.6 Menjelaskan manfaat do’a 4.2.1 Melafalkan bacaan zikir setelah salat 4.2.2 Menjelaskan tata cara berdo’a setelah salat 4.2.3 Melafalkan bacaan do’a setelah salat 4.3. 4 Mempraktekkan zikir dan do’a setelah salat Indikator :
  • APERSEPSI Pernahkah kalian melaksanakan zikir dan do’a setelah salat?
  • A. Tata Cara Zikir dan Do`a Setelah Salat 1. Pengertian Zikir Zikir berasal dari bahasa Arab zakara ( ) yang berarti mengingat atau menyebut. Menurut istilah, zikir adalah mengingat Allah dengan cara menyebut sifat-sifat keagungan dan kemuliaan- Nya seperti tahmid, tahlil dan tasbih.
  • MUFRODAT DAN JANGAN KALIAN MENGINGKARIKU MAKA INGATLAH KALIAN KEPADAKU DAN BERSYUKURLAH KALIAN PADAKU AKU AKAN INGAT PADA KALIAN
  • Artinya : “… ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu (dengan memberikan rahmat dan pengampunan). Dan bersyukurlah kepada-Ku, serta jangan ingkar (pada nikmat-Ku)” .(QS. Al –Baqarah/2: 152)
  • 2. Pengertian Do’a Do`a berasal dari bahasa Arab : -- yang berarti panggilan atau seruan. Menurut istilah, do`a adalah permohonan sesuatu yang disampaikan manusia sebagai makhluk kepada Allah sebagai Sang Pencipta, baik untuk kepentingan hidup di dunia maupun di akherat. Firman Allah surat Al-Mukmin : 60
  • MUFRODAT DAN BERKATA TUHAN KALIAN BERDO’ALAH PADAKU PADA KALIAN MAKA AKAN MENGABULKAN AKU SESUNGGUHNYA ORANG- ORANG
  • MUFRODAT YANG SOMBONG (MEREKA) DARI BERDO’A PADAKU PADA NERAKA JAHANAM AKAN MASUK MEREKA DENGAN SANGAT HINA
  • Artinya : “Dan Tuhanmu berfirman: "Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina". (QS. Al-Mukmin /40: 60)
  • 3. Waktu-waktu yang ijabah untuk berdo’a : a. Sesudah salat fardhu lima waktu, b. Sesudah azan hingga ikamah, c. Waktu antara dua khutbah jum’at, d. Sepertiga malam yang akhir, e. Saat – saat kritis atau genting, f. Saat teraniaya, g. Ketika hendak minum air zam-zam
  • a. Dikala melihat ka'bah. b. Dikala melihat masjid Rasulullah saw. c. Di tempat dan dikala melakukan tawaf. d. Disisi Multazam, di dekat Ka'bah. e. Disisi sumur Zam zam. f. Di belakang makam Ibrahim. g. Di atas bukit Shafa dan Marwah. h. Di 'Arafah, di Muzdalifah, di Mina dan di sisi Jamarat yang tiga.
  •  Akan terhindar dari sifat sombong dan congkak;  Akan terhindar dari sifat gampang putus asa;  Hati dan pikiran kita akan tenang dan tenteram;  Akan memberi motivasi atau dorongan yang kuat dalam menjalani kehidupan ini;  Di manapun kita berada dan kemanapun kita pergi selalu dalam lindungan dan pengawasan Allah SWT;  Kita akan merasa semakin dekat dengan Allah, dan begitu juga sebaliknya. diakhirat kelak, kita akan mendapat tempat yang mulia di sisi Allah, yaitu surga.
  • B. Bacaan Zikir dan Do’a Setelah Salat 1. Bacaan zikir sesudah salat : a). Mengucapkan istghfar ( x) Artinya : “Saya memohon kepada Allah Yang Maha Agung”. Lafadz zikir tersebut dapat disempurnakan :
  • Artinya : “Saya memohon kepada Allah Yang Maha Agung, yang tiada tuhan selain Dia, Yang Hidup dan Berdiri Sendiri dan saya bertobat kepada-Nya”
  • b. Membaca Tahlil Artinya : Tidak ada tuhan selain Allah. Bacaan tahlil dapat dilengkapi dengan bacaan sebagai berikut :
  • c. Membaca sayyidul istighfar Artinya : “ Ya Allah, Engkau Rabbku, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkau telah menciptakanku dan aku hamba-Mu, dan aku tidak mampu memikul perjanjian dan janji- Mu, aku berlidung kepada-Mu dari kejahatan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu terhadapku, dan aku mengakui dosaku, ampunilah aku karena sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau”
  • d. Membaca lafal : e. Membaca tasbih ( ) f. Membaca tahmid ( x) g. Membaca takbir ( x)
  • h. Kemudian membaca Apabila zikir akan dilaksanakan secara lengkap, sebelum membaca tasbih, terlebih dahulu membaca bacaan-bacaan sebagai berikut :  Kemudian membaca surat Al-Fatihah 1 x.  Membaca ayat kursi 1 x:
  • 2. Tata cara berdo`a setelah salat : a. Pembukaan do`a Do`a hendaklah dimulai dengan membaca basmallah, dilanjutkan dengan membaca tahmid serta membaca salawat Nabi : b. Isi do`a. Mengenai isi do'a yang kita panjatkan boleh menggunakan bahasa Arab, bahasa Indonesia, bahkan daerah, atau bahasa apapun. Yang penting kita mengerti dan faham terhadap maksud do'a yang dipanjatkan.
  • c. Penutup. Pada saat kita selesai memanjatkan do'a, hendaklah ditutup atau diakhiri dengan membaca hamdalah dan salawat Nabi. 3. Bacaan Do`a Setelah salat Do`a yang disyariatkan dalam Islam sangat banyak. Di bawah ini hanya akan dikemukakan do`a inti setelah salat fardhu beserta urutan- urutannya. a. Berdo'a untuk diri sendiri dan orang lain 1) Do'a mohon ampunan (taubat) Atinya : “Ya Allah Tuhan kami, janganlah Engkau sesathan hati kami, sesudah Engkau tunjuhi kami, limpahkanlah karunia kepada kami, sesungguhnya Engkaulah Tuhan Yang Maha Pemurah."
  • 2). Do'a menuntut ilmu Artinya : “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu agar diberi ilmu yang manfaat, rezeki yang luas, dan amalan yang diterima.” (H.R. Ahmad, Ibnu Syaibah, dan Ibnu Majah) 3). Do'a mohon dimudahkan dalam menghadapi ujian test Artinya: "Ya Tuhanku, bukakanlah dadaku (untuk ilmu), mudahkanlah urusanku (ujianku), buangkanlah kesulitan yang menempel di mulut /lidahku, agar semua orang dapat memahami ucapanku .
  • 4). Doa mohon selamat dunia dan akhirat Artinya: "Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan hidup di dunia dan kebahagiaan hidup di akhirat dan periharalah kami dari siksa api neraka.” 5). Do`a untuk menjadi orang yang pandai bersyukur Artinya : “ya tuhan ku tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”. (QS. Al-Ahqaf : 15)
  • b. Berdo'a untuk orang lain 1). Mendo'akan ibu dan bapak Artinya: "Ya Allah Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan dosa kedua orang tua kami, dan berilah rahmat atas keduanya, sebagaimana keduanya memelihara diri kami pada waktu kami masih kecil. ” 2). Mendo'akan keluarga agar menjadi keluarga yang shalih Artiya: "Ya Allah Tuhan kami, berikanlah kepada kami isteri/suami dan anak cucu (keturunan) yang menyejukkan pandangan mata (menyenangkan), dan jadikanlah kami panutan bagi orang-orang yang takwa. "
  • 3). Mendo'akan kaum muslimin dan muslimat agar diampuni dosa : Artinya: "Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kaum muslimin dan muslimat, mukminin dan mukminat, baik yang sudah meninggal maupun yang masih hidup, karena sesungguhnya Engkau Maha Mendengar, Maha Dekat dan mengabulkan permohonani orang-orang yang memohon. "
  • C. Praktik Zikir dan Do’a Setelah Salat 1. Tunjuklah salah satu teman kalian untuk menjadi imam salat berjama’ah. 2. Setelah selesai salat berjama’ah, imam berzikir dengan suara pelan. 3. Makmum berzikir dengan suara pelan. 4. Setelah selesai berzikir imam dan makmum berdo’a sesuai tuntunan do’a.
  • TUGAS MANDIRI 1. Amati jama’ah salat Magrib di masjid sekitarmu, apakah mereka terbiasa berzikir dan berdo'a ? 2. Tulislah hasil pengamatnmu, kemudian laporkan kepada gurumu ! 3. Tuliskan juga bacaan zikir dan do’anya pada laporanmu !