Penyusunan rpp pakem

6,025
-1

Published on

Published in: Education
1 Comment
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
6,025
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
289
Comments
1
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Penyusunan rpp pakem

  1. 1. PERENCANAAN PEMBELAJARAN
  2. 2. Pentingnya Diklat ini : 1. Memahami hakekat pembelajaran 2. Mengetahui langkah-langkah perencanaan pembelajaran. 3.Terampil menerapkan perencanaan pembelajaran
  3. 3. KOMPETENSI DASAR  Peserta mampu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran PAKEM / PAKEMAIS
  4. 4. INDIKATOR  Menjelaskan komponen dan langkah menyusun RPP  Membuat uraian materi yang sesuai dengan indikator atau kompetensi dasar  Menyusun langkah pembelajaran yang mencerminkan PAKEM baik pada kegiatan awal, inti, dan penutup  Menentukan waktu yang rasional pada kegiatan awal, inti dan penutup  Membuat media pembelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai indikator  Menentukan sumber belajar yang dibutuhkan untuk mencapai indikator  Menentukan jenis penilaian yang sesuai indikator
  5. 5. APA HAKEKAT PERENCANAAN PEMBELAJARAN ?  Menurut Briggs, Pembelajaran adalah usaha menjawab 3 pertanyaan besar: 1. KEMANA ? 2. BAGAIMANA ? 3. BILAMANA / KAPAN SAMPAI ? Perencanaan pembelajaran adalah aktifitas untuk (1) merencanakan TUJUAN, (2) merencanakan CARA MENCAPAI TUJUAN, dan (3) merencanakan TEKNIK MENGUKUR PENCAPAIAN TUJUAN.
  6. 6. Merencanakan KEMANA ?:  Guru harus memahami kemana anak didik akan dibawa: 1. Guru harus memiliki silabus mata pelajaran yang menjadi pegangan. 2. Guru harus mengkaji SKL (Standar Kompetensi Lulusan), SKMP (Standar Kompetensi Mata Pelajaran), KD (Kompetensi Dasar) . 3. Guru harus mampu merumuskan indikator dari setiap KD. 4. Guru harus memetakan kompetensi sesuai ranah dan cakupannya.
  7. 7. Merencanakan BAGAIMANA ? :  Guru harus mampu : 1. mengorganisasikan materi yg relevan dengan KD/indikator 2. merancang media dan sumber belajar yang relevan 3. merancang strategi dan metode pembelajaran yang relevan 4. merumuskan skenario pembelajaran atau RPP
  8. 8. Merencanakan BILAMANA/ KAPAN SAMPAI? : Guru harus mampu : 1. menentukan jenis/teknik penilaian yang relevan dengan kompetensi yang diharapkan. Teknik yang dianjurkan adalah 5 P : (paper and pencil test, performance, product, project, portofolio ) 1. 2. Merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan kompetensi yang akan diukur.
  9. 9. BAGAN KOMPETENSI MENURUT KURIKULUM 2006 STANDAR KOMPETENSI LULUSAN STANDAR KOMPETENSI KLP MATA PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI MATA PELAJARAN KOMPETENSI DASAR INDIKATOR
  10. 10. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)  Kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan  Standar kompetensi lulusan digunakan sebagai pedoman dalam penilaian kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan  Standar kompetensi lulusan meliputi kompetensi untuk seluruh mata pelajaran atau seluruh kelompok mata pelajaran.
  11. 11. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)  Kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan  Standar kompetensi lulusan digunakan sebagai pedoman dalam penilaian kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan  Standar kompetensi lulusan meliputi kompetensi untuk seluruh mata pelajaran atau seluruh kelompok mata pelajaran.
  12. 12. Pengertian RPPPengertian RPP Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan proseduradalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untukdan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yangmencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkanditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.dalam silabus. Lingkup Rencana PembelajaranLingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensipaling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator ataudasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kalibeberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.pertemuan atau lebih.
  13. 13. PENGERTIAN RPP • Rancangan pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar yang akan direalisasikan di dalam kelas dan merupakan penjabaran lebih rinci dari silabus (penjabaran skenario pembelajaran, wujud media, wujud alat penilaian yang sudah siap digunakan)
  14. 14. YANG PENTING PADA RPP Apa yang akan dibelajarkan? Bagaimana cara membelajarkannya? Dengan apa dibelajarkan (media dan materi)? Bagaimana cara memenuhi target pencapaian  Hasil belajarnya?
  15. 15. LANDASAN HUKUM  PP 19 Tahun 2005 Pasal 20: ”Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”.
  16. 16. LANDASAN HUKUM (lanjutan)  Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses “RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD”
  17. 17. CURAH PENDAPAT(5’) Peserta menyampaikan prinsip-prinsip apa saja yang harus diperhatikan pada penyusunan RPP
  18. 18. 5’
  19. 19. PRINSIP PENYUSUNAN RPP  Memperhatikan perbedaan individu peserta didik  RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.  Mendorong partisipasi aktif peserta didik  Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar.
  20. 20. PRINSIP PENYUSUNAN RPP(lanjutan)  Mengembangkan budaya membaca dan menulis  proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.  Memberikan umpan balik dan tindak lanjut  RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  21. 21. PRINSIP PENYUSUNAN RPP(lanjutan)  Keterkaitan dan keterpaduan  RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengako­modasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.  Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi  RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
  22. 22. CURAH PENDAPAT(5’)  Peserta diminta menyampaikan komponen yang ada pada RPP
  23. 23. 15’
  24. 24. KOMPONEN RPP • Identitas • Standar Kompetensi • Kompetensi Dasar • Indikator • Tujuan Pembelajaran • Materi Pokok • Langkah­langkah pembelajaran • Media/sumber/bahan • Penilaian – Lampiran­lampiran • Lembar kerja • Media/bahan/sumber • Uraian Materi • Instrumen tes • ….......
  25. 25. Penjelasan tiap komponen RPP • Identitas – Satuan pendidikan – Matapelajaran – Kelas/semester – Jumlah pertemuan • Standar Kompetensi – merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran.
  26. 26. Penjelasan tiap komponen RPP • Kompetensi Dasar – adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator dalam suatu pelajaran. • Indikator – adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
  27. 27. Penjelasan tiap komponen RPP • Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan SK, KD, dan Indikator yang telah ditentukan • Tujuan Pembelajaran berisi penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.
  28. 28. Penjelasan tiap komponen RPP • Materi Pokok – memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir­ butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
  29. 29. Penjelasan tiap komponen RPP • Langkah­langkah pembelajaran Pendahuluan Inti Penutup
  30. 30. Penjelasan tiap komponen RPP  Langkah­langkah pembelajaran Pendahuluan ○ Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
  31. 31. Penjelasan tiap komponen RPP • Langkah­langkah pembelajaran – Inti • Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik.
  32. 32. Penjelasan tiap komponen RPP • Langkah­langkah pembelajaran – Penutup • Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau simpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindaklanjut.
  33. 33. Contoh Format Langkah Pembelajaran Waktu Langkah pembelajaran Metode Bahan 10‘ 5’ 5’ Kegiatan Pendahuluan Tanya jawab tentang ...... Menyampaiakan tujuan pemb. Tanya jawab Ceramah ­ ­ 40’ 15’ ..... Kegiatan Inti Siswa mendiskusikan.... ...................... Diskusi klp LKS1 20’ 5’ 10’ 5’ Kegiatan Penutup Siswa merangkum materi Siswa mengerjakan soal kuis Siswa diberikan tugas...... Tanya jawab Individu Penugasan ­ Soal Quis 1 Buku pengangan
  34. 34. Penjelasan tiap komponen RPP  Media/sumber/bahan Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.  Penilaian Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada Standar Penilaian.
  35. 35. 15’
  36. 36. 5’
  37. 37. REVIU KOMPONEN RPP  Identitas  Standar Kompetensi  Kompetensi Dasar  Indikator  Tujuan Pembelajaran  Materi Pokok  Langkah-langkah pembelajaran  Media/sumber/bahan  Penilaian
  38. 38. Langkah penyusunan RPP  Identitas langkah menyusunnya sudah jelas  Standar kompetensi dan kompetensi dasar tinggal mengambil di silabus  Yang perlu dibahas, Indikator, Materi Pokok, Langkah-langkah pembelajaran, Media/sumber/bahan, dan Penilaian
  39. 39. Penjelasan 10’ Langkah-langkah menyusun RPP
  40. 40. 1. Mencantumkan Identitas RPP – Terdiri dari: Nama madrasah, Mata Pelajaran, Kelas, Semester, dan Alokasi Waktu. – Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar, dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan (contoh: 2 x 40 menit). Karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada kompetensi dasarnya.
  41. 41. 2. Menuliskan Standar Kompetensi  Standar kompetensi dikutip dari silabus 3. Menuliskan Kompetensi Dasar  Kompetensi dasar dikutip dari silabus
  42. 42. 4. Menuliskan Indikator  Indikator dikutip dari silabus. Indikator merupakan:  ciri perilaku (bukti terukur) yang dapat memberikan gambaran bahwa peserta didik telah mencapai kompetensi dasar  penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.  dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, satuan pendidikan, dan potensi daerah.  rumusannya menggunakan kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.  digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
  43. 43. 5. Materi Pokok  Materi pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan indikator. Materi dikutip dari materi pokok yang ada dalam silabus. Materi pokok tersebut kemudian dikembangkan menjadi beberapa uraian materi. Untuk memudahkan penetapan uraian materi dapat diacu dari indikator.
  44. 44. 6. Mengembangkan langkah pembelajaran  Untuk mencapai suatu kompetensi dasar harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
  45. 45. – Kegiatan Pendahuluan • Orientasi: memusatkan perhatian peserta didik pada materi yang akan dibelajarkan, dengan cara menunjukkan benda yang menarik, memberikan illustrasi, membaca berita di surat kabar, menampilkan slide animasi dan sebagainya. • Apersepsi: memberikan persepsi awal kepada peserta didik tentang materi yang akan diajarkan. • Motivasi: Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari materi, bidang-bidang pekerjaan berkaitan dengan materi yang dipelajari, dsb. • Pemberian Acuan: biasanya berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari. Acuan dapat berupa penjelasan materi pokok dan uraian materi pelajaran secara garis besar. • Pembagian kelompok belajar dan penjelasan mekanisme pelak-sana-an pengalaman belajar (sesuai dengan rencana langkah-langkah pembelajaran).
  46. 46. Kegiatan IntiKegiatan Inti  Berisi langkah-langkah sistematis yang dilaluiBerisi langkah-langkah sistematis yang dilalui peserta didik untuk dapat mengkonstruksipeserta didik untuk dapat mengkonstruksi ilmu sesuai dengan skemata (ilmu sesuai dengan skemata (frame workframe work)) masing-masing. Langkah-langkah tersebutmasing-masing. Langkah-langkah tersebut disusun sedemikian rupa agar peserta didikdisusun sedemikian rupa agar peserta didik dapat menunjukkan perubahan perilakudapat menunjukkan perubahan perilaku sebagaimana dituangkan pada tujuansebagaimana dituangkan pada tujuan pembelajaran dan indikator.pembelajaran dan indikator.  Untuk memudahkan, biasanya kegiatan intiUntuk memudahkan, biasanya kegiatan inti dilengkapi dengan Lembaran Kerja Siswadilengkapi dengan Lembaran Kerja Siswa (LKS), baik yang berjenis cetak atau(LKS), baik yang berjenis cetak atau noncetak.noncetak.
  47. 47. Kegiatan penutupKegiatan penutup  Guru mengarahkan peserta didik untukGuru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan.membuat rangkuman/simpulan.  Guru memeriksa hasil belajar peserta didik.Guru memeriksa hasil belajar peserta didik. Dapat dengan memberikan tes tertulis atauDapat dengan memberikan tes tertulis atau tes lisan atau meminta peserta didik untuktes lisan atau meminta peserta didik untuk mengulang kembali simpulan yang telahmengulang kembali simpulan yang telah disusun.disusun.  Memberikan arahan tindak lanjutMemberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan di luarpembelajaran, dapat berupa kegiatan di luar kelas, di rumah atau tugas sebagai bagiankelas, di rumah atau tugas sebagai bagian remidi-/pengayaan.remidi-/pengayaan.
  48. 48. 7.7. Memilih sumber/bahan dan alat pembelajaranMemilih sumber/bahan dan alat pembelajaran  Pemilihan sumber belajar mengacu padaPemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yangperumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan. Sumber belajar mencakup sumberdikembangkan. Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat danrujukan, lingkungan, media, narasumber, alat dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebihbahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional, dan bisa langsung dinyatakan bahanoperasional, dan bisa langsung dinyatakan bahan ajar apa yang digunakan. Misalnya, sumber belajarajar apa yang digunakan. Misalnya, sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referensi, dalam RPPdalam silabus dituliskan buku referensi, dalam RPP harus dicantumkan bahan ajar yang sebenarnya.harus dicantumkan bahan ajar yang sebenarnya.  Jika menggunakan buku, maka harus ditulis judulJika menggunakan buku, maka harus ditulis judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yangbuku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.diacu.  Jika menggunakan alat peraga, cantumkan alatJika menggunakan alat peraga, cantumkan alat peraga yang digunakan dan cara penggunaannya.peraga yang digunakan dan cara penggunaannya.
  49. 49. 8.8. PenilaianPenilaian  Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian,Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yangbentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Apabiladipakai untuk mengumpulkan data. Apabila penilaian menggunakan teknik tes tertulispenilaian menggunakan teknik tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumahuraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrikyang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian.penilaian.
  50. 50. 35 menit
  51. 51. PENGANTAR (5’)  Peserta mendapatkan tugas menyusun RPP secara individu sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan di madrasah.  RPP yang telah disusun akan dipraktikkan dalam kegiatan Micro teaching tanggal 09 Nopember 2009
  52. 52. MEMILIH SK DAN KD(5’)  Setiap peserta diminta menulis identitas RPP yang dibuat Nama madrasah, Mata Pelajaran, Kelas, Semester, dan Alokasi Waktu.  Setiap peserta memilih SK dan KD dari silabus yang sudah disusun oleh Madrasah.
  53. 53. Contoh: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) Nama Madrasah : MI Ingin Maju Matapelajaran : Matematika Kelas/Semester : IV / 1 Alokasi Waktu : 2 x 40 menit A. Standar Kompetensi Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar B. Kompetensi Dasar Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana serta menggambarnya
  54. 54. Mengembangkan Indikator(10’)  Setiap peserta memilih Indikator dari silabus yang sudah disusun oleh Madrasah sesuai dengan pemilihan SK dan KD yang sudah dipilihnya.  Pemilihan indikator disesuaikan dengan waktu yang digunakan untuk praktek mengajar.
  55. 55. Contoh B. Kompetensi Dasar Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana serta menggambarnya C. Indikator menyebutkan sifat-sifat bangun ruang balok menyebutkan sifat-sifat bangun ruang kubus menggambar bangun ruang balok sesuai sifat- sifat bangun balok menggambar bangun ruang kubus sesuai sifat- sifat bangun kubus
  56. 56. MENGEMBANGKAN MATERI POKOK(15’)  Setiap peserta mengembangkan materi pokok(materi pembelajaran) yang ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.  Dari materi pokok yang ada peserta mengembangkan uraian materi. Untuk memudahkan penetapan uraian materi dapat diacu dari indikator.
  57. 57. Contoh pengembangan materi pokok C. Indikator menyebutkan sifat-sifat bangun ruang balok menyebutkan sifat-sifat bangun ruang kubus menggambar bangun ruang balok sesuai sifat-sifat bangun balok menggambar bangun ruang kubus sesuai sifat-sifat bangun kubus D. Materi Pokok Sifat bangun kubus dan balok Unsur-unsur pada bangun kubus dan balok Menggambar kubus dan balok
  58. 58. Contoh Uraian materi Unsur-unsur bangun kubus • Memiliki 6 sisi yang berbentuk bangun persegi • Memiliki 12 rusuk yang sama panjang • Memiliki 8 titik sudut • .......
  59. 59. Contoh Uraian materi Sifat-sifat bangun balok • sisi berbentuk bangun persegi panjang • rusuknya yang sejajar sama panjang • Memiliki 3 pasang bidang yang sejajar • Bidang sisi berbentuk persegi panjang • .......
  60. 60. Menyusun LangkahMenyusun Langkah Pembelajaran(20’)Pembelajaran(20’)  Setiap peserta menyusun langkahSetiap peserta menyusun langkah pembelajaran untuk kegiatan awal, intipembelajaran untuk kegiatan awal, inti dan penutupdan penutup  Langkah pembelajaran disusun dalamLangkah pembelajaran disusun dalam rangka PAKEMrangka PAKEM  Format langkah pembelajaran berbentukFormat langkah pembelajaran berbentuk matrik yang berisi waktu, langkahmatrik yang berisi waktu, langkah pembelajaran, metode dan bahan.pembelajaran, metode dan bahan.
  61. 61. Contoh Format Langkah Pembelajaran Waktu Langkah pembelajaran Metode Bahan 10‘ 5’ 5’ Kegiatan Pendahuluan Tanya jawab tentang ...... Menyampaiakan tujuan pemb. Tanya jawab Ceramah - - 55’ 15’ ..... Kegiatan Inti Siswa mendiskusikan.... ...................... Diskusi klp LKS1 25’ 10’ 10’ 5’ Kegiatan Penutup Siswa merangkum materi Siswa mengerjakan soal kuis Siswa diberikan tugas...... Tanya jawab Individu Penugasan - Soal Quis 1 Buku pengangan
  62. 62. Media/sumber/bahan dan Penilaian (20’)  Memilih media/sumber/ bahan serta pengembangannya  Menentukan bentuk penilaian serta mengembangkan instrumen penilaian  Kemudian dilanjutkan dengan menyusun lampiran
  63. 63. Melanjutkan Menyusun Lapiran  Lembar kerja  Media/bahan/sumber  Uraian Materi  Instrumen tes  ….......
  64. 64. Contoh G. Sumber, media, bahan dan Alat Untuk menunjang pembelajaran, diperlukan hal-hal sebagai berikut: – Bungkus korek api batang – Uraian materi – Lembar Kerja(LK) 1, dan Lembar kerja(LK) 2 – Benda-benda di sekitar rumah siswa yang berbentuk bangun kubus dan balok – Transparansi pembelajaran dalam kertas plano
  65. 65. Contoh LK • Pengantar – Pada kerja kelompok ini, kalian akan mempelajari tentang sifat- sifat bangun kubus. Perhatikan gambar kubus di bawah ini Pertanyaan: • Bidang bagian atas kubus adalah............. • Bidang yang berhadapan dengan bidang ABFE adalah.... • Rusuk yang sejajar dengan rusuk AD adalah........,.............,............. • Bidang-bidang sisi kubus berbentuk bangun...............
  66. 66. Contoh H. Penilaian Data kemajuan belajar diperoleh dari: – Hasil tes – Penilaian kinerja – Hasil pekerjaan rumah
  67. 67. Contoh Instrumen penilaian Soal Tes • Perhatikan gambar balok di bawah ini Pertanyaan: a) Bidang bagian depan balok adalah............. b) Bidang yang berhadapan dengan bidang PSWT adalah.... c) Rusuk yang sejajar dengan rusuk QR adalah........,.............,.............
  68. 68. Contoh Pekerjaan Rumah(PR) • Carilah benda dirumah kalian yang benar- benar berbentuk kubus dan balok. • Ukurlah benda di rumah kalian yang berbentuk balok atau kubus. Kemudian tuliskan ukuran panjang, lebar, serta tinggi benda tersebut dalam meter. Gambarlah bentuk bangun benda tersebut ke dalam kertas dengan menggunakan perbandingan.
  69. 69. PRAKTEK PENILAIAN RPP(10’) • Setiap peserta diminta menukar RPP yang sudah dibuat. • Setiap peserta diminta menilai RPP temannya dengan menggunakan rubrik penilaian RPP yang sudah dibuat. • Selain menilai setiap peserta diminta untuk memberikan masukan RPP temannya
  70. 70. REFLEKSI(5’)  Fasilitator merefleksikan kegiatan yang sudah dilakukan.
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×