Sp menggambar & animasi karakter

  • 1,481 views
Uploaded on

Special Project Photoshop

Special Project Photoshop

More in: Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
No Downloads

Views

Total Views
1,481
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
80
Comments
0
Likes
2

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. 10 Teknik Mewarnai Warna memegang peranan yang sangat penting dalam menggambar kartun. Pewarnaan yang menarik akan membuat gambar menjadi lebih hidup meskipun itu adalah objek yang sederhana. Berikut ini kita akan belajar beberapa teknik pewarnaan di Macromedia Flash. Warna Solid Lihat gambar di bawah ini banyak sekali Warna padat terdiri dari menggunakan warna-warna terang gelap satu warna dasar pada warna dasarnya sehingga objek begitu hidup dan mempunyai bobot kedalaman. Warna Solid (padat) yang terdiri dari satu warna dasar seperti merah, hijau, biru. Bisa dilihat pada gambar berikut ini. Warna Solid: Hanya satu warna saja seperti merah, hijau, dan biru. Warna Terang Gelap Aplikasi Warna Terang Gelap: Pada film-film Aplikasi erang Beberapa variasi warna kartun yang ada di televisi untuk memberi interaksi pada objek terhadap lingkungan yang diambil dari warna dasar sekeliling. Istilah terang gelap digunakan penulis un- Warna-warna terang gelap ini ditim- tuk memudahkan pemahaman pembaca bulkan oleh cahaya yang menyinari suatu terhadap fungsi dari variasi warna-warna objek. Ada bagian dari objek yang banyak dasar yang akan dijelaskan berikut ini. atau sedikit atau tidak sama sekali terkena warna dasar cahaya sehingga menimbulkan efek tiga di- mensi. Inilah yang mendasari kita untuk membuat efek terang gelap dari warna- warna dasar agar objek dua dimensi terke- san menjadi objek tiga dimensi dalam versi kartun. Pada Flash sudah tersedia beberapa alat dan fasilitas yang dapat kita gunakan Warna Terang Gelap: Variasi dari warna-warna erang dasar (merah, hijau, biru) ke kiri (bertambah untuk menemukan warna-warna terang terang), ke kanan (bertambah gelap). gelap dengan mudah dan cepat.
  • 2. MENGGAMBAR dan ANIMASI KARAKTER 11PANEL COLOR MIXER Panel ini lebih sederhana dibanding dengan Panel Color Mixer. Flash menyedi-Buka Panel Color Mixer dengan menekan akan warna-warna variasi standar yang bisatombol Shift+F9 atau ada di menu Win- dipilih dan digunakan. Memang jika Andadows > Design Panel > Color Mixer. tidak puas dengan warna tersebut, pilihan yang lebih banyak ada pada Panel Color Mixer. EYE DROPPER TOOL Eye Dropper Tool (I) terdapat pada toolbar yang berguna untuk mengambil warna apa pun di layar. Tool ini paling sangat mem- bantu untuk mengetahui warna terang dan gelap secara mudah dan cepat. Panel Color Mixer: Terdiri dari jutaan warna dari Color Mixer er: variasi warna-warna dasar. Kita melihat ada jutaan warna dasar dikotak tengah, klik salah satunya dan ke-mudian geser slider (gambar bulatan me- Warna Bayangan: Memberikan refleksi sehingga ada kesan interaksi terhadaprah) ke atas dan ke bawah untuk memilih lingkungan sekitar.warna terang dan gelap. Untuk memberi bentuk dasar refleksiPANEL COLOR SWATCHES pada objek, Anda bisa gunakan pen tool.Buka Panel Color Swatces dengan mene- Jangan lupa untuk memisahkan warnakan tombol Ctrl+F9 atau ada di menu solid dan warna bayangannya dalam layerWindows > Design Panel > Color terpisah.Swatches. Bentuk Dasar Pantulan: Gunakan pen tool untuk membuatnya.
  • 3. 12 Alternatif lain menggambar bentuk dasar pantulan bisa menggunakan pencil tool atau line tool. Kemudian gunakan arrow tool untuk memperbaiki pantulan. Anda juga bisa mencoba alternatif lain seperti mengguna- kan subselection tool. E y e Dr opper Tool: Pilih warna apa saja di stage Dropper untuk digunakan pada area yang sudah Anda seleksi sebelumnya. Menggunakan eye dropper tool adalah cara tercepat dan termudah karena pilihan warna biasanya lebih pasti. Warna juga me- Memperbaiki bentuk dasar pantulan: megang peranan sangat penting dalam Serahkan pada arrow tool untuk melakukannya. menentukan sifat suatu objek. Oleh kare- na itu setiap detail seperti warna garis, isi, dan pantulan harus sesuai sehingga akan enak dilihat. Mungkin jika dianalogikan pada kehi- dupan nyata mirip seperti cara seorang ar- tis atau wanita berpakaian. Dari warna rambut, baju, celana, sepatu dan dompet selalu disesuaikan sehingga akan terlihat menarik apabila mereka menghadiri suatu pesta. Pengetahuan tentang warna terse- Variasi Pantulan: Tambahkan gambar pantulan Pan antulan: but biasanya mereka dapatkan dari cara lain untuk melengkapi interaksi suatu objek melihat atau mencontoh orang lain. Mung- terhadap lingkungannya. kin juga kita bisa minta konsultasi dari seo- rang ahli warna. Bisa juga kita bereksperi- Perhatikan warna stroke (garis) pan- men sendiri dalam hal menentukan warna. tulan sehingga bisa menyatu dengan warna Tentunya setiap orang mempunyai fill (isi). Seleksi garis yang ingin Anda ubah, pandangan yang berbeda tentang warna, kemudian klik kotak Stroke Color pada tetapi bagi seorang seniman, mereka tidak toolbar. Lalu arahkan ke stage, maka peduli asalkan mereka dapat berekspresi simbol kursor akan berubah menjadi eye bebas. Namun lain halnya dengan pemula, dropper tool. Ini menandakan bahwa Anda mereka perlu adanya pengakuan dari orang boleh memilih warna apa saja di stage un- lain sehingga cara paling baik bagi mereka tuk digunakan pada warna garis yang seka- adalah dengan melihat dan mencontoh rang Anda sedang seleksi. apa yang ada di lingkungan sekitar.
  • 4. MENGGAMBAR dan ANIMASI KARAKTER 13 Warna Gradasi Seperti yang terlihat pada gambar ada dua objek, yaitu bulat dengan gradasi jenis Memberi jutaan warna radial dan objek kedua adalah kotak de- pada suatu objek ngan gradasi jenis linear.Alternatif lain dalam memberi dimensi Kita gunakan dua layer untuk keduapada objek adalah dengan menggunakan objek tersebut. Pada layer pertama untukwarna gradasi. Coba Anda buat gambar- gambar bulat dengan warna gradasi jenisgambar berikut ini dalam memberi warna radial transparan di pinggirnya sehinggagradasi pada objek bulat. Ada jenis gradasi objek kotak yang dibelakangnya akan terli-radial dan linear dengan daerah terang hat pada bagian pinggir objek bulat terse-gelap yang berbeda. but. Inilah konfigurasi warna gradasi di panel color mixer untuk objek berbentuk bulat yang memiliki tiga titik warna, yaitu putih, biru muda, dan putih (dengan Al- pha: 0% agar latar belakang dapat terlihat). Warna Gradasi: Ada jenis gradasi linear dan radial dengan pengaturan daerah terang dan gelap yang berbeda.Membuat Warna GradasiAnda bisa mengurangi dan menambah ti-tik-titik pada warna gradasi, mengubahwarnanya dan membuatnya menjadi tran-sparansi di bagian pinggirnya sehingga latarbelakang apa pun akan terlihat. Tugas kita sekarang adalah membuatwarna gradasi seperti gambar berikut ini. Konfigurasi Gradasi Radial: Ada tiga titik warna dan pada titik terakhirnya diatur dengan transparan (Alpha=0%). Sesuai dengan namanya radial, me- mang jenis ini sangat cocok digunakan un- tuk objek-objek yang mendekati bulat ka- rena bentuk gradasinya melingkar (radial) jika Anda lihat pada gambar di Panel Color Mixer. Layer kedua adalah latar belakang un- tuk gambar kotak dengan warna gradasi je- Warna Gradasi: Ada jenis gradasi linear dan radial dengan pengaturan daerah terang dan nis linear. Memiliki tiga titik warna, yaitu gelap yang berbeda. ungu, putih, dan merah.
  • 5. 14 menjadi terang sekali. Oleh karena itu dipilihlah warna merah terang. Anggap saja warna ini adalah warna kuning langsat. Di dunia kartun, kita harus kreatif dalam me- nentukan warna agar tidak terlalu terpaku pada dunia nyata, asalkan warna tersebut sesuai dan dapat dinikmati oleh mata manusia. Ada lebih dari puluhan juta warna di komputer, oleh karena itu kita mengguna- kan angka hexadesimal untuk memberi akurasi pada warna merah terang ini de- Konfigurasi Gradasi Linear: Ada tiga titik warna ngan memberinya nilai hexa, yaitu untuk objek kotak. #FFCCCC yang dapat diisi pada kotak Hex Begitu juga dengan gradasi jenis linear seperti telihat pada gambar. Sebelumnya sangat cocok digunakan untuk objek- klik titik warna yang paling kanan sebelum objek yang menyerupai kotak karena ben- mengisi nomor hexa tersebut. tuk gradasinya mendatar (linear) seperti Anda lihat pada gambar di Panel Color Mixer di atas. Mengatur Daerah Terang Gelap dengan Fill Transform Tool Pada warna solid, daerah terang gelap ini dibuat oleh oleh pen tool seperti yang kita pelajari sebelumnya. Lain halnya dengan daerah terang gelap pada warna gradasi, se- lain bisa dibuat, daerah ini diatur oleh fill transform tool. Kotak Hex: Menentukan warna dengan tepat Kita akan melanjutkan dengan me- menggunakan angka desimal. warnai kepala karakter Mang Komang ini yang sudah dimulai pada pembahasan Setelah kita menentukan warna kulit- menggambar sebelumnya. Oleh karena nya, isi kepala Mang Komang dengan war- Mang Komang berasal dari Indonesia, na kulit yang telah dibuat. Kemudian de- maka warna kulitnya adalah kuning ngan menggunakan fill transform tool (F) langsat. Buat warna gradasi untuk warna (jika ada seleksi, hilangkan terlebih dahu- kulitnya yang mempunyai dua titik, yaitu lu), klik daerah gradasi untuk mengatur te- putih dan merah terang. Harusnya pemba- rang gelapnya cahaya. ca mungkin mengira warna kuning terang, Anda bisa menggeser, memperbesar, tetapi ternyata di komputer warna tersebut memperkecil, memutar daerah terang ge-
  • 6. MENGGAMBAR dan ANIMASI KARAKTER 15 F ill Tr ansform Tool: Untuk mengatur daerah ansform Menyimpan Warna Gradasi: Klik pada kanan terang gelap pada warna gradasi. atas menu Panel Color Mixer dan pilih Add Swatch.lap ini dengan tiga simbol di sekitar ling-karan fill transform tool tersebut. Titik pu-sat fill transform tool digunakan untukmenggeser gradasi. Anda bisa mencobasendiri untuk memahami lebih jelas carakerja tool ini. Jika sering bermain denganwarna gradasi, tool ini paling sering di-gunakan.Menyimpan Warna GradasiJika telah menemukan warna yang bagusuntuk kulit, misalnya, dan Anda inginmenjadikannya standar bagi semua karak- Panel Swatces: Warna gradasi hasil buatan Anda tersimpan di sini dan sewaktu-waktu bisater yang akan digambar, maka warna terse- digunakan tanpa harus membuatnya lagi.but perlu disimpan agar dapat digunakansewaktu-waktu tanpa harus membuat u- Warna gradasi mempengaruhi ukuranlang lagi. file karena memiliki jutaan warna. Juga Klik simbol yang ada di atas kanan memberatkan kinerja dari prosesor kom-panel Color Mixer dan pilih Add Swatch. puter yang spesifikasinya tidak terlalu ting-Kemudian warna gradasi akan ditambah ke gi sehingga animasi yang terlihat akanpanel Color Swatches untuk movie ini. patah-patah. Oleh karena itu kalau diguna- Jadi sewaktu-waktu jika memerlukan kan untuk media web atau cd, perlu diper-warna gradasi kulit, Anda tinggal buka timbangkan juga hal-hal demikian. Ujipanel color swatches dan menggunakannya coba dulu movie Flash Anda di berbagaipada objek yang diinginkan. komputer sebelum didistribusikan.
  • 7. 16 Situs Iloveegg.com: Contoh-contoh kartun yang sangat sederhana ini menggambarkan sosok karakter telur dengan permainan warna-warna gradasi yang cerah. Ini memberi kesan ceria, dinamik, dan energik sehingga emosi pengunjung terpengaruh oleh warna-warna tersebut. Warna Gelas lucu dan bening. Karena warna yang be- ning seperti gelas inilah maka penulis me- Salah satu aplikasi dari nyebutnya warna gelas dan mencoba un- penggunaan warna gradasi tuk menirukan warna tersebut seperti yang Pada saat penulis membuka browser inter- akan ditunjukkan pada pembahasan beri- net, tiba-tiba muncul pop-up menu seperti kut ini. gambar di bawah ini yang mengiklankan Kemampuan menganalisa sangat di- sebuah situs. Memang ide datang tanpa di- perlukan di sini untuk mengira-ira atau duga, penulis melihat bahwa gambar terse- mengakali bagaimana membuat karakter but sangatlah sederhana hanya dengan per- smiley tersebut. Perhatikan batas terang mainan warna gradasi yang menarik se- gelapnya untuk memberikan panduan ke- hingga membuat karakter smiley tersebut pada Anda menggambar garis outline atau K arakter Smiley : Tanpa sengaja penulis menemukan karakter ini saat membuka sebuah situs arakter Smiley internet yang tiba-tiba memunculkan sebuah iklan pop-up dengan gambar seperti ini.
  • 8. MENGGAMBAR dan ANIMASI KARAKTER 17 Langkah pembuatan karakter smiley : Dari bentuk dasar bulat luar, bulat dalam, bulat pantulan Langkah pembuatan kar arakter smiley dahi, pipi dan dagu, pantulan pipi dan dagu serta mata.bentuk dasarnya. Jangan berpikir tentang pada gambar langkah pembuatan karakterbagaimana mereka membuatnya atau di- smiley.buat menggunakan apa, tetapi coba beru- Langkah pertama adalah menggambarsaha mengakali dengan pengetahuan yang tiga bulatan dasar tersebut, yaitu bulat luar,Anda miliki sekarang untuk meniru gam- bulat dalam, dan bulat pantulan di dahi.bar tersebut dengan menggunakan Flash. Setelah itu kita memberi warna solid danBanyak jalan menuju Roma, jadi gunakan gradasi pada masing-masing bulatan terse-cara Anda sendiri untuk meniru tanpa ter- but.paku pada gambar atau warna yang harus Kode warna solid pada bulat luar adalahmirip dengan karakter smiley tersebut. #FF9900 atau orange. Dan konfigurasi Terlihat jelas bahwa bentuk-bentuk pada warna gradasi bulat dalam adalah dariyang digunakan pada karakter smiley terse- kiri ke kanan titik 1 (#FBFAA8), titik 2but adalah bulat. Kemudian penulis meng- (#F6DB65), titik 3 (#EFAE08, Alpha 0%).analisa daerah terang gelap dalam karakter Lingkaran pada bulat dalam lebih kecilsmiley tersebut untuk menemukan daripada bulat luar. Kemudian penulisbulatan-bulatan dasar pembentuk karak- mengatur dengan dengan menggunakanter smiley. Kemudian penulis mengawali fill transform tool daerah terang gelap se-dengan tiga bentuk bulatan dasar. Lihat hingga menjadi seperti yang terlihat pada
  • 9. 18 gambar. Dilanjutkan dengan konfigurasi ternet atau buku, karena pada saat meng- warna gradasi pada bulat pantulan dahi gunakan fill transform tool inilah perasaan adalah dari kiri ke kanan titik 1 (#FFFFFF), atau gaya setiap orang berperan. Saat titik 2 (#FFFFFF, Alpha 0%). Setelah diberi menggeser, memperbesar, dan memperke- warna, penulis kembali menggunakan fill cil daerah terang gelap, kemudian mem- transform tool untuk mengatur daerah te- perbaiki warna, menambah, atau mengu- rang gelap seperti yang terlihat pada gam- rangi titik gradasi untuk menambah kein- bar. dahannya. Semua perasaan tersebut tidak bisa dijelaskan di dalam buku manapun karena tidak mungkin mengungkapkan perasaan seseorang terhadap keindahan dalam mengapresiasi sebuah warna. Oleh karena itu pembaca harus terus berlatih agar menemukan gayanya masing-masing Konfigurasi Warna: Bulat Luar dan Bulat Dalam. sehingga dapat berekspresi secara bebas ter- hadap warna. Bisa dimulai dari membuat Wajar saja jika ada pembaca yang sete- karakter smiley sampai semirip mungkin lah mengikuti langkah di atas masih kurang seperti yang terdapat dalam buku ini begitu puas dengan hasilnya karena hasil dengan cara Anda sendiri tentunya. pewarnaan atau gambar tersebut tidak se- Bulat pantulan dahi juga mengguna- perti apa yang terlihat dalam buku ini. kan konfigurasi yang dengan warna dalam, Penulis dulu juga sering mengalami hanya daerah terang gelapnya yang berlain- hal-hal demikian saat mengikuti langkah- an. Penggambaran bagian karakter smiley langkah dari tutorial yang didapat dari in- lainnya juga menggunakan cara yang sama. Bulat Pantulan Dahi: Modifikasi dengan fill transform tool untuk mengatur daerah terang gelap sangat berpengaruh dalam memberi kesan gelas pada karakter smiley. Walaupun kita menggunakan konfigurasi warna gradasi yang sama.
  • 10. MENGGAMBAR dan ANIMASI KARAKTER 19 Warna Instance Jadikan Warna Instance Menghemat ukuran file dengan Gunakan fill transform tool untuk mem- memanfaatkan symbol perbaiki warna gradasi agar terlihat lebihWarna-warna gradasi jika terlalu banyak halus. Perbaiki juga warna stroke atau garisdigunakan dapat menambah ukuran file sehingga terlihat menyatu.dan memperlambat jalannya suatu anima-si (seperti patah-patah) jika prosesor kom-puter tidak mencukupi. Kita dapat mem-perkecil ukuran file dengan menggunakansymbol.Pilih Warna StandarPilih warna gradasi hitam putih jenis radialyang sudah disediakan pada panel colorswatches dan gunakan pada objek yang ada F ill Tr ansform Tool: Memperbaiki dan memper- ansformdi stage. halus warna gradasi sehingga kelihatan lembut. Jika semua sudah dilakukan, seleksi ob- jek tersebut dan jadikan symbol (tekan F8). Klik symbol dan pilih Color > Ad- vanced pada property inspector. P anel Sw a tches: Mengambil warna standar. Sw Memberi Warna Gradasi Standar: Memang masih terlihat kasar jika kita langsung memberi- Modifikasi Instance: Pilih Advanced untuk kan warna gradasi standar. memberi variasi pada warna gradasi.
  • 11. 20 Untuk mengingatkan saja bahwa, se- wah ini. Yang pasti hal ini akan mua symbol yang diletakkan di stage oto- mengurangi ukuran file. matis berubah nama menjadi instance. Cara mewarnai seperti ini biasanya di- Oleh karena itu jika penulis menyebut in- gunakan untuk mencari warna yang cocok stance, itu adalah semua symbol yang ada untuk mendampingi warna-warna yang di stage. telah kita gunakan sebelumnya. Hal ini ka- rena terkadang mereka yang tidak ahli dalam hal memilih warna, dapat menggu- nakan cara ini sebagai cara untuk bereks- perimen dalam menemukan warna yang sesuai dengan bagian-bagian lainnya dalam sebuah karakter. Misalkan warna baju apa yang sesuai dengan warna kulit atau warna celana apa yang sesuai dengan warna baju. Penggunaan symbol banyak sekali menghemat waktu pengerjaan selain me- ngurangi ukuran file. Anda bisa menggu- nakan symbol berkali-kali dengan berbagai macam variasi tanpa harus menggambar u- lang atau berlama-lama mencari warna. Semuanya dengan mudah dan cepat dise- Color Advanced: Memberi berbagai variasi diakan oleh Flash. Penggeseran slider dari warna terhadap instance. atas ke bawah merangsang kreativitas kita untuk terus mencoba berbagai warna dan Lalu isi dengan konfigurasi nilai warna langsung melihat hasilnya di stage. R: 200,G: 65, dan B: 27 untuk membuat Dan pada tahap animasi, ada teknik warna kulit. khusus (motion tweening) yang mensya- Jika karakter Anda terdiri dari berbagai ratkan bahwa objek tersebut haruslah beru- suku bangsa yang mempunyai warna kulit pa symbol. Di sinilah warna instance dapat berbagai warna, Anda bisa memanfaatkan dimanfaatkan untuk hal tersebut. Misal- warna instance untuk membuat dan men- kan warna kepala bisa berubah-ubah terke- cari warna variasinya seperti gambar di ba- na sorot lampu berwarna. Variasi Warna Instance: Dari satu instance dengan warna gradasi hitam putih, kita dapat mencipta- kan berbagai variasi warna-warna lain.
  • 12. MENGGAMBAR dan ANIMASI KARAKTER 21 Warna Bitmap Selanjutnya Anda bisa menggunakan paint bucket tool untuk memberi warna Memperkaya objek pada objek.. Warna bitmap yang dipakai dengan tekstur untuk memberi tekstur pada objek bisa di-Buka panel Color Mixer dan pilih jenis Bit- perbaiki dengan menggunakan fill trans-map. Otomatis akan muncul kotak dialog form tool.Import to Library sehingga Anda bisamemilih file gambar untuk digunakan da-lam pewarnaan. F ill Tr ansform Tool: Memperbaiki tekstur ansform warna bitmap selain berfungsi untuk memperbaiki warna gradasi. Gaps pada Kurva Panel Color Mixer: Membuat warna tekstur Masalah pada saat dengan jenis bitmap. memberi warna Pada paint bucket tool (K) terdapat pilihan Gaps. Seperti yang kita ketahui jika Anda ingin mewarnai dengan paint bucket tool, maka suatu objek tersebut haruslah meru- pakan kurva tertutup. Namun ada bebera- pa kasus yang perlu diperhatikan seperti berikut ini. Mimilih Gambar Bitmap: Pilih gambar bitmap Masalah Gaps: Kadang kita tertipu tidak melihat dari file-file koleksi gambar di komputer Anda. suatu gaps jika nilai ketebalan garisnya besar.
  • 13. 22 Anda lihat pada gambar, kurva yang Setelah mengetahui berbagai alternatif memiliki gaps atau lubang ini memiliki ni- cara pemberian warna, berikut ini adalah lai ketebalan garis (stroke height) sama de- warna untuk keseluruhan karakter yang ngan 1. Gaps terlihat sangat jelas. Kemudi- bisa Anda jadikan patokan. Atau mungkin an kurva yang sama jika diberi nilai kete- Anda mempunyai pilihan warna yang lain. balan garis sama dengan 7, maka gaps yang Sering-seringlah melihat ide-ide pe- tadinya kelihatan jelas kini sudah tidak ada warnaan dari film kartun yang Anda ton- lagi. ton atau komik yang Anda baca supaya pe- Jadi apabila menggunakan paint buc- ngetahuan kita akan kombinasi warna bisa ket tool dengan pilihan Don’t Close Gaps, meluas dan tidak kaku akan warna-warna dapat dipastikan Anda akan gagal mem- tertentu saja. Di sinilah kuncinya agar beri warna. Kecuali Anda memilih Close suatu objek sesederhana apa pun jika Medium Gaps. Oleh karena itu kita jangan kombinasi warnanya menarik, maka objek tertipu oleh ketebalan garis yang membuat tersebut akan juga kelihatan menarik. seolah-olah itu adalah kurva tertutup. Ka- Berbagai tools dan teknik yang disedia- dang penulis harus mengubah nilai stroke- kan oleh Flash sudah lebih dari cukup jika nya menjadi 0.25 (nilai terkecil) untuk me- didukung oleh kreativitas Anda dalam hal ngecek apakah ada gaps di sekeliling kurva. mengolah gambar. Untuk mewarnai kepala, Anda bisa Karakter Keseluruhan menggunakan paint bucket tool dengan Memberi warna pada teknik warna gradasi dan untuk mewarnai bagian-bagian karakter kita baju Anda bisa menggunakan brush tool (B) dengan ukuran (brush size) yang berva- riasi untuk membuat bintik-bintik yang KOMANG MANG ada di baju tersebut. MANG KOMANG Kemudian gunakan layer jika diperlu- kan seperti memberi garis-garis pada cela- na. Ini adalah pewarnaan bertingkat, jadi selain memberi warna pada celana, ada tekstur garis pada layer yang berbeda. De- mikian juga halnya dengan bintik-bintik pada baju. Agar lebih peka terhadap warna, lihat- lah pada diri sendiri dan lingkungan terde- kat Anda terlebih dahulu. Perhatikanlah war- na pakaian Anda, warna ruang tidur, warna ruang kantor dan sebagainya yang setiap hari Anda lihat. Kemudian coba analisa apakah terlihat menarik? Bagaimana supa- ya warnanya menarik? Ini akan berpenga- Mang Komang Berwarna: Panduan gambar karakter yang sudah diberi warna ruh saat memilih warna di layar komputer.