• Like
Pengertian dan fungsi organisasi
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

Pengertian dan fungsi organisasi

  • 40,723 views
Published

PENGERTIAN DAN FUNGSI ORGANISASI

PENGERTIAN DAN FUNGSI ORGANISASI

Published in Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
  • knp macam ni je presentation ni? x lengkap pun.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
No Downloads

Views

Total Views
40,723
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
346
Comments
1
Likes
1

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Fungsi pengorganisasian berkaitan erat dengan fungsiperencanaan,karena pengoganisasianpun harusdirencanakan.Pengertian pengoganisasian dan organisasi berbeda.Pengoganisasian adalah funGsi manajemen danmerupakan suatu proses yang dinamis, sedangkanorganisasi merupakan alat atau wadah yang statis.pengoganisasian dapat diartikan penentuan pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan, pengelompokan tugas-tugas dan membagi-bagikan pekerjaan kepada setiapkaryawan, penetapan departemen-departemen sertapenentuan habungan-hubungan.
  • 2. Organizing berasal dari organize yang berartimenciftakan struktur dengan bagian-bagian yangdiintegrasikan sedemikian rupa, sehinggahubunganya satu sama lain terikat oleh hubunganterhadap keseluruhanya.Organisasi diartikan menggambarkan pola-pola,skema bagan yang menunjukkan garis-garis perintah,kedudukan karyawan, hubungan-hubungan yangada, dan lain sebagainya.Organisasi hanya merupakan alat dan wadahtempat manajer melakukan kegiatan-kegiatannyauntuk mencapai tujuan yang diinginkan.
  • 3.  Drs. H. Malayu S.P. HasibuanPengorganisasian adalah suatu proses penentuan, pengelompokan,dan pengaturan bermacam-macam aktivitas yang diperlukan untukmencapai tujuan, menempatkan orang-orang pada aktivitas ini,menyediakan alat-alat yantg diperlukan, menetapkan wewenangyang secara relative didelegasikan kepada setiap individu yangakan melakukan aktivitas-aktivitas tersebut. Drs. M. ManullangOrganisasi dalam arti dinamis (pengorganisasian) adalah suatuproses penetapan dan pembagian pekerjaan yang akan dilakukan,pembatasan tugas-tugas atau tanggung jawab serta wewenag danpenetapan hubungan-hubungan antara unsure-unsur organisasi,sehingga memungkinkan orang-orang dapat bekerja bersama-samaseefektif mungkin untuk pencapaian tujuan.secara singkat organisasiadalah suatu perbuatan diferensiasi tugas-tugas.
  • 4.  Drs. Soekarno K.Organisasi sebagai fungsi manajemen (organisasi dalampengertian dinamis) adalah organisasi yang memberikankemungkinan bagi manajemen dapat bergerak dalam batas-batas tertentu.Drs. H. Malayu S.P. HasibunOrganisasi adalah suatu system perserikatan formal, berstruktur,dan terkoordinasi dari sekelompok orang yang bekerjasamadalam mencapai tujuan tertentu.organisasi hanya merupakanalat dan wadah saja.
  • 5. Dalam mencapai maksud dan tujuan organisasi, ada 4 fungsiorganisasi yang sangat perlu diperhatikan berkaitan denganmanajemen organisasi, yakni:1. Planning (perencanaan)Hal yang berkaitan dengan perencanaan dalam organisasidiantaranya dalah rencana-rencana yang coba disusun olehpengelola organisasi, seperti rencana kerja atau kegiatan sertaanggaran yang diperlukan, teknis pelaksanaannya bias melaluirapat-rapat, seperti: Rapat Kerja (pengurus organisasi) yang membicarakan rencana-rencana kerja pengurus serta kegiatan anggota yang akandilakukan dengan satu atau lebih target yang akan dicapai. Rapat Anggaran, untuk menentukan berapa jumlah anggaranyang diperlukan untuk mendukung kerja organisasi atau untuk suatuevent / kegiatan (wujudnya daftar RKA) atau proposal kegiatan.
  • 6. 2. Organizing (pengaturan)Dalam hal pengaturan, unsur yang perlu diperhatikan & diwujudkan adalah : Struktur Organisasi yang mampu menunjukkan bagaimanahubungan (relationship) antara organisasi/bagian/seksi yang satudengan yang lain. Job Description yang jelas yang mampu menjelaskan tugasmasing-masing bagian. Bentuk Koordinasi antar bagian dalam organisasi (misal. RapatKoordinasi antar bagian, Rapat Pimpinan antar Organisasi, dll) Penataan dan Pendataan Arsip & Inventaris OrganisasiHarus diatur dan ditata dengan baik administrasiorganisasi, seperti surat masuk, suratkeluar, laporanlaporan, proposal keluar, dataanggota, AD/ART, GBHK, presensi, hasil rapat, inventarisasi yangdimiliki, perangkat yang dipinjam dll.
  • 7. 3. Accounting (pelaporan)Pelaporan merupakan unsur wajib yang harus dilakukan untuk menunjukkan sikap & rasa tanggung jawab dari pengurus kepada anggotanya ataupun kepada struktur yang berada diatasnya. Wujud kongkritnya adalah : Progress Report (Laporan Pengembangan Kegiatan)atau Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Kegiatan4. Controling (pengawasan)Tugas organisasi ataupun pimpinan organisasi yang tidak bolehterlewatkan adalah melakukan pengawasan terhadap aktifitasorganisasi ataupun realisasi kegiatan dan penggunaan anggaran.