Inventarisasi aset - Asset Inventory as a part of asset management

6,475 views
6,190 views

Published on

this is the foundation to optimaze an asset in bussiness and taking decision purposes - i gede auditta
; ini adalah fondasi dasar untuk mengoptimalkan aset dalam bisnis dan tujuan pengambilan keputusan bisnis - i gede auditta

Published in: Business
0 Comments
6 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
6,475
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
358
Comments
0
Likes
6
Embeds 0
No embeds

No notes for slide
  • Sumber:http://www.jtanzilco.com/main/index.php/component/content/article/1-kap-news/483-pentingnyamelakukanmanajemenasettetap
  • http://esjewecom.blogspot.com/2011/09/manajemen-aset-rumah-sakit.html
  • Inventarisasi aset - Asset Inventory as a part of asset management

    1. 1. Oleh I Gede Auditta Contact: About.me/igedeauditta
    2. 2. Latar Belakang Manajemen mungkin tidak mengetahui berapa tepatnya aset tetap yang dimiliki atau mereka tidak mengetahui bentuk dan dimana posisi aset tetap yang dimilikinya. Manajemen perlu melakukan inventarisasi aset yang merupakan salah satu elemen dalam manajemen aset. Manajemen aset bertujuan untuk pengelolaan aset, optimalisasi aset dan pengawasan aset.
    3. 3. Tahapan Manajemen Aset Inventarisasi Aset 2. Legal Audit 3. Penilaian Aset 4. Optimalisasi Aset 5. Pengawasan dan pengendalian aset 1.
    4. 4. 1. Inventarisasi Aset Inventarisasi aset terdiri dari dua aspek yaitu: Aspek fisik (bentuk, luas, volume atau jumlah, jenis, alamat dan lain-lain) Aspek yuridis atau legal (status penguasaan, masalah legal yang dimiliki, batas akhir penguasaan dan lain-lain). Proses kerja yang dilakukan antara lain adalah pendataan, kodefikasi, pengelompokkan, dan administrasi sesuai dengan tujuan manajemen aset.
    5. 5. 2. Legal Audit Pengecekan terhadap status penguasaan aset dengan cara mengecek semua sertifikat dan bukti kepemilikan aset, seperti sertifikat tanah, BPKB kendaraan bermotor dan sebagainya..
    6. 6. 3. Penilaian Aset Suatu aset dalam pencatatannya antara nilai tercatat dengan harga pasar terlalu jauh, maka diperlukan suatu penilaian aset Penilaian aset merupakan satu proses kerja untuk melakukan penilaian atas aset yang dikuasai. Penilaian aset tetap dimaksudkan untuk memberikan saldo aset yang lebih relevan bagi pencatatan di laporan keuangan periode terkait dan periode sesuai nilai wajarnya (fair value) pada saat penilaian aset.
    7. 7. 4. Optimalisasi Aset Potensi aset dalam menunjang kegiatan pokok usaha. Mendayagunaan aset yang sedang atau tidak digunakan untuk tugas pokok dan fungsi atau dapat memberikan nilai tambah atas pengusahaan/pemanfaatan dari aset yang bersangkutan, aset tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal oleh pihak ketiga dengan tidak mengubah status kepemilikan. Rekomendasi yang berupa sasaran, strategi, dan program untuk mengoptimalkan aset yang dikuasai.
    8. 8. 5. Pengawasan dan Pengendalian Aset Pengawasan dan pengendalian aset dimulai dari lingkup penanganan hingga siapa yang bertanggungjawab mengelola aset.
    9. 9. Proses Inventarisasi Aset Pendahuluan 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Mapping dan Survey subyek dan obyek aset Membentuk dan membagi tim inventarisasi dan menyusun jadwal pelaksanaan inventarisasi Mengumpulkan dokumen aset tetap Menyiapkan label sementara Menentukan penanggung jawab per lokasi aset atau per jenis aset Menyiapkan kertas kerja inventarisasi Briefing/ pengarahan tim inventarisasi
    10. 10. Pelaksanaan 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. Menghitung jumlah aset tetap per sub-sub kelompok barang Mencatat aset tetap ke dalam kertas kerja inventarisasi Menempelkan label pada aset tetap yang telah dihitung Menentukan kondisi aset tetap dengan kriteria baik, rusak ringan, atau rusak berat Menyusun laporan hasil inventarisasi Membandingkan laporan hasil inventarisasi dengan dokumen aset tetap yang ada Membuat daftar aset tetap yang tidak ditemukan, belum pernah dicatat, dan rusak berat serta daftar koreksi nilai Menyampaikan laporan hasil inventarisasi kepada pemeriksa
    11. 11. Pelaporan Tim Pemeriksa melakukan pengujian sesuai prosedur untuk meyakini hasil inventarisasi 2. Hasil laporan proses inventarisasi ditindaklanjuti sesuai temuan dan rekomendasi 3. Menyesuaikan Hasil tindak lanjut menjadi laporan final inventarisasi 1.
    12. 12. To be Continue In the other arts of Accounting About.me/igedeauditta

    ×