Top 19 aplikasi terabaik linux tahun 2014

26,628 views
30,314 views

Published on

Aplikasi Linux apapun distronya tentu banyak sekali, tetapi aplikasi yang benar-benar kompeten dan mumpuni dibidangnya tidak sebanyak yang dikira. Pemilihan aplikasi terbaik ini juga berlaku untuk sistem operasi lain, bukan hanya Linux saja. Berikut ini adalah 19 aplikasi terbaik Linux Mint maupun Linux Ubuntu versi saya (akan saya jelaskan dimana kelebihannya) mulai dari aplikasi produktivitas, internet dan chatting, musik, foto, video, programming, dan utilitas

Published in: Technology
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
26,628
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
30
Actions
Shares
0
Downloads
45
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Top 19 aplikasi terabaik linux tahun 2014

  1. 1. Dapatkan Artikel Linux Mint dan Referensi Aplikasi Linux Terbaik Lainnya Hanya di http://www.fahdumam.com Hak Cipta : Moch Saiful Umam Tahun : 2014 Judul : Top 19 Aplikasi Terbaik Linux Mint / Ubuntu Tahun 2014 Lisensi Dokumen: Copyright © 2013 Moch Saiful Umam Semua artikel yang dimuat di FahdUmam.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan non komersial (non profit) jika dan hanya jika tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap artikel. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali sudah mendapatkan ijin terlebih dahulu dari FahdUmam.Com Aplikasi Linux apapun distronya tentu banyak sekali, tetapi aplikasi yang benar-benar kompeten dan mumpuni dibidangnya tidak sebanyak yang dikira. Pemilihan aplikasi terbaik ini juga berlaku untuk sistem operasi lain, bukan hanya Linux saja. Berikut ini adalah 19 aplikasi terbaik Linux Mint maupun Linux Ubuntu versi saya (akan saya jelaskan dimana kelebihannya) mulai dari aplikasi produktivitas, internet dan chatting, musik, foto, video, programming, dan utilitas : APLIKASI PRODUKTIVITAS LINUX 1. WPS Office Gambaran mengenai WPS Office sudah saya jelaskan pada tulisan saya sebelumnya. Kelebihan WPS Office dibandingkan dengan Libre Office adalah dalam segi tampilan. Bisa dibilang bahwa WPS Office merupakan kolingan dari Microsoft Office karena tampilannya mirip dengan Microsoft Office 2010/2013. 2. Libre Office Libre Office merupakan aplikasi yang banyak digunakan oleh pengguna Linux karena aplikasi ini sudah include pada banyak distro Linux yang beredar. Untuk segi tampilan, Libre Office mirip dengan Microsoft Office 2003. Mampu membuat file pdf, juga bisa convert dari pdf ke doc/odt di Linux. Halaman 1 dari 5 (Top 19 Aplikasi Terbaik Linux Mint / Ubuntu Tahun 2014)
  2. 2. Dapatkan Artikel Linux Mint dan Referensi Aplikasi Linux Terbaik Lainnya Hanya di http://www.fahdumam.com APLIKASI INTERNET DAN CHATTING LINUX 3. Google Chrome Dengan kelebihan yang menandingi bahkan melebihi Mozilla Firefox, Google Chrome merupakan aplikasi internet browser yang stabil dan ringan digunakan. Untuk mempermudah pekerjaan, Google Chrome menyediakan Ekstensi (Extension) yang bisa didapatkan secara gratis melalui Chrome Web Store, misalnya ekstensi pembaca twitter, email, ada juga aplikasi permainan, edukasi, hiburan, dll (silahkan lihat sendiri webnya) 4. Thunderbird Untuk membaca email yang memberikan fasilitas POP, kita bisa menggunakan sebuah email client. Jika kita menggunakan Gmail, kita bisa menggunakan email client yang satu ini. Sebut saja Thunderbird, aplikasi yang bisa mengakses email Gmail Anda baik itu mengirim maupun menerima email. Thunderbird dipilih sebagai Halaman 2 dari 5 (Top 19 Aplikasi Terbaik Linux Mint / Ubuntu Tahun 2014)
  3. 3. Dapatkan Artikel Linux Mint dan Referensi Aplikasi Linux Terbaik Lainnya Hanya di http://www.fahdumam.com aplikasi terbaik karena sudah banyak digunakan pengguna Linux, sudah include pada sebagian besar distro Linux, juga masalah stabilitas dan keamanan yang disediakan. 5. Skype Aplikasi ini merupakan aplikasi chatting dan video call. Skype menyediakan internet telephony yaitu kita bisa menelfon melalui jaringan internet. Skype juga bisa menelfon dari aplikasi Skype ke nomor telepon seluler ataupun telepon rumah tujuan akan tetapi kita harus memiliki kredit guna membayar biaya dari telefon yang kita pakai. APLIKASI ENTERTAINMENT (MUSIK, FOTO, VIDEO) LINUX 6. Clementine Music Player Diambil dari nama varietas jeruk mandarin, Clementine memiliki logo sepotong jeruk. Clementine merupakan aplikasi musik yang bisa berjalan di Windows, Linux, dan Android. Untuk menginstal Clementine kita bisa menuju website resminya dan download sesuai versi Linux yang kita miliki. Kelebihan utamanya adalah kita bisa menyimpan playlist di banyak tab yang desediakan Clementine, pengaturan notifikasi custom, dan user interface yang baik. 7. Audacity Bagi Anda yang suka dengan music editing, ada lagu bagus terus dipotong untuk dijadikan ringtone maka aplikasi ini cucok. Audacity merupakan multi track audio editor dan recorder yang bisa berjalan di lingkungan multiplatform mulai dari Linux, Windows, dan Mac OS. Audacity, aplikasi pengolah lagu di Linux ini bisa membaca file wav, aiff, flac, mp2, mp3, dan ogg. Audacity banyak digunakan oleh penggunanya karena merupakan aplikasi yang cukup handal untuk music editing dengan tampilan yang mudah dipahami. Cara menginstal Audacity di Linux adalah dengan membuka Application Manager di Linux Anda, ketikkan via search Audacity, Install, dan tunggu sampai selesai. 8. Image Viewer Dengan nama Eye of GNOME aplikasi ini sudah include di berbagai distro linux. Aplikasi ini saya masukan kedalam aplikasi top linux karena ringan dijalankan dengan tampilan yang tidak kalah dengan ACDSee. 9. GIMP (GNU Image Manipulation Program) Berfungsi sebagaimana dan menyerupai Adobe PhotoShop, GIMP hadir di Linux dan Mac OS. GIMP merupakan aplikasi untuk mengedit foto di Linux dan sudah include di berbagai distro Linux. Hal ini menjadi kelebihannya dan paling banyak digunakan sebagai foto editing di Linux. Halaman 3 dari 5 (Top 19 Aplikasi Terbaik Linux Mint / Ubuntu Tahun 2014)
  4. 4. Dapatkan Artikel Linux Mint dan Referensi Aplikasi Linux Terbaik Lainnya Hanya di http://www.fahdumam.com 9. VLC Media Player VLC Media Player adalah aplikasi yang digunakan untuk memutar berbagai jenis video baik di lingkungan Linux, Windows, Mac OS, iOS, maupun Android. Keuggulan VLC dibanding dengan pemutar video lainnya adalah dalam segi dukungan codec sudah sangat lengkap. Hal ini memudahkan bagi para penggunanya jika memiliki beragam jenis file video bisa dengan mudah diputar dengan VLC ini. Pada edisi Linux Mint 16 Petra, VLC sudah include dalam aplikasi bawaan Linux. Cara menginstal VLC adalah melalui Application Manager seperti biasa. 10. OpenShoot Untuk membuat ataupun mengedit video di Linux kita bisa mengguknakan OpenShoot. OpenShoot sebagai vdeo editor dipilih sebagai aplikasi terbaik karena kemudahan penggunaan dan fasilitas yang dimiliki sudah cukup untuk mengedit video dengan hasil yang memuaskan. Jika Anda menginginkan fasilitas yang lebih kompleks boleh mencoba Lightworks. Cara menginstal OpenShoot adalah via Software Manager. Lebih jauh mengenai OpenShoot bisa dibaca pada postingan saya disini. APLIKASI PROGRAMMING LINUX 11. XAMPP Linux XAMPP merupakan produk paketan dari Apache yang didalamnya ada kemasan produk PHP, MySQL, dan Perl. XAMPP sudah banyak digunakan baik dari sistem operasi Windows maupun Linux. Cara menginstal XAMPP di Linux sudah saya jelaskan pada pembahasan sebelumnya. 12. File Zilla Sebagai file transfer protocol client, File Zilla banyak digunakan. File Zilla digunakan untuk keperluan manajemen website secara online. Dengan File Zilla kita bisa mengupload file-file yang digunakan untuk membangun sebuah website ke server tujuan.Cara menginstall File Zilla di Linux adalah melalui Software Manager. 13. Geany Sebagai pengganti Notepad++, di Linux kita bisa menggunakan Geany untuk teks editor. Kelebihan Geany dibandingkan dengan aplikasi teks editor lain adalah lebih ringan ketika dijalankan dan banyak fitur-fitur yang tidak terdapat pada aplikasi lain yang seringan Geany. Untuk instalasi Geany kita bisa melakukannya via "Software Manager" Linux. Halaman 4 dari 5 (Top 19 Aplikasi Terbaik Linux Mint / Ubuntu Tahun 2014)
  5. 5. Dapatkan Artikel Linux Mint dan Referensi Aplikasi Linux Terbaik Lainnya Hanya di http://www.fahdumam.com 14. Eclipse Eclipse merupakan sebuah IDE untuk Java dan berguna untuk memproduksi aplikasi Java baik untuk platform desktop maupun smartphone. Jika Anda terbiasa dengan NetBeans, maka bisa memakai Netbeans karena Eclipse maupun Netbeans keduanya sama-sama IDE. Cara menginstall Eclipse adalah bisa melalui Software Manager maupun download file melalui website resminya. Karena ukurannya yang bisa dibilang besar, maka saya sarankan untuk menginstal Eclipse via download dari website resminya. APLIKASI UTILITAS LINUX 15. PlayOnLinux PlayOnLinux merupakan aplikasi front-end dari Wine. Jadi kita bisa menjalankan aplikasi Windows di Linux dengan bantuan aplikasi ini. Lebih banyak mengenai PlayOnLinux dan bagaimana cara menginstall PlayOnLinux dengan mudah bisa dilihat pada tulisan saya yang ini. 16. USB Stick Formater Cara memformat flashdisk di Linux Mint 16 Petra ini adalah dengan menggunakan aplikasi yang sudah include bernama USB Stick Formatter. Aplikasi ini bisa memformat flashdisk di Linux dengan file system FAT32, NTFS, dan EXT4. 17. Transmission Masing-masing distro Linux sudah menyediakan torrent client. Linux Mint 16 sudah include menyediakan Transmission sebagai torrent client. Anda tidak perlu menginstal torrent client lain karena sudah tersedia di masing-masing distro Linux. 18. SimpleScreenRecorder Untuk keperluan merekam gambar dan suara yang terlihat pada desktop Linux Mint kita bisa menggunakan aplikasi bernama SimpleScreenRecorder. merupakan aplikasi tandingan Camtasia Studio di Windows. Selain fasilitas yang dimiliki aplkikasi ini juga mudah digunakan. Cara instalasi SimpleScreenRecorder adalah melalui terminal dengan menambahkan PPA bisa dilihat disini. 19. Okular Sebagai utilitas pembaca file pdf, terdapat Adobe Reader untuk Linux, tetapi penilaian saya jatuh kepada Okular sebagai top aplikasi Linux. Waktu load time Okular lebih singkat dibandingkan Adobe Reader, disamping itu user interface untuk Okular lebih enak dilihat dari pada Adobe Reader. Demikian TOP 19 Aplikasi Terbaik Linux Mint / Ubuntu versi saya. Semoga bermanfaat.....dan Dukung Indonesia Menggunakan Linux Mint! Halaman 5 dari 5 (Top 19 Aplikasi Terbaik Linux Mint / Ubuntu Tahun 2014)

×